cover
Contact Name
kathryn widhiyanti
Contact Email
kathrynwidhiyanti@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jags@isi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Animation & Games Studies
ISSN : 24605662     EISSN : 2502499X     DOI : -
Journal of Animation & Games Studies (JAGS) merupakan jurnal interdisipliner mengenai perkembangan riset, rekayasa cipta, studi pustaka maupun kajian di bidang animasi dan game yang termasuk dalam ranah seni terapan media rekam.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): Oktober 2021" : 6 Documents clear
Navigasi Karakter 3D Pada Game Shooter Dengan Menggunakan Voice Command Berbasis Android Much Miftachur Rohman; Maulana Rizqi
Journal of Animation and Games Studies Vol 7, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jags.v7i2.4183

Abstract

First Player Shooter merupakan permainan sebuah permainan yang menunjukan konten kekerasan tinggi,dimana terdapat aksi tembak menembak,memukul dan juga menusuk orang,tergantung cerita dan tokoh didalam permainan tersebut. Pada permainan ini dibagi menjadi 2 mode yaitu TPS ( Third-Person Shooter ) dan FPS (First-Person Shooter).perbedaannya ada pada view kita dalam bermain, dimana TPS memperlihatkan karakter yang sedang kita jalankan sedangkan FPS hanya memperlihatkan sebagian karakter yang sedang kita jalankan ( biasanya hanya memperlihatkan tangan ). Pada kali ini,penulis ingin membuat sebuah kombinasi permainan FPS dengan menggunakan Speech Recognition sebagai kontrol karakter utama. Speech Recognition sendiri merupakan sebuah Teknik yang memungkinkan perangkat untuk mengenali dan memahami suara yang kita hasilkan.
Kecerdasan Buatan Virtual Assistant Pada Permainan Menggunakan Metode Finite State Machine Jeremia Christian Putra; Much Miftachur Rohman; Maulana Rizqi
Journal of Animation and Games Studies Vol 7, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jags.v7i2.4184

Abstract

Game First Person Shooter (FPS) merupakan sebuah game yang banyak disukai oleh masyarakat luas. Game ini memiliki sudut pandang orang pertama sehingga para user dapat merasakan pengalaman bermain yang lebih baik lagi. Banyak sekali game FPS yang diminati oleh berbagai macam masyarakat luas seperti contohnya Call Of Duty yang bertipe Shooting Game ataupun game The Lasr Of Us yang bertipe Adventure. Pada pembuatan kecerdasan buatan atau AI ada banyak algoritma yang bisa digunakan, pada penelitian kali ini metode yang digunakan adalah metode Finite State Machine (FSM). FSM dipilih karena memiliki respon yang cukup baik dalam mengambil sebuah keputusan. Respon yang baik inilah yang nantinya dapat menarik minat masyarakat unutk memainkan game yang kita rancang. Untuk perancangan game, banyak game engine yang bisa kita pakai, namun pada penelitian kali ini kita menggunakan Unreal Engine karena dinilai lebih baik untuk melakukan pengembangan terhadap game 3D .
Indeks Subyek JAGS JAGS
Journal of Animation and Games Studies Vol 7, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model Appreciative Learning untuk Perancangan Aktivitas dalam Serious Game Mitigasi Bencana Hanny Haryanto; Rahmatsyam Lakoro; Umi Rosyidah; Sendi Novianto; Acun Kardianawati
Journal of Animation and Games Studies Vol 7, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jags.v7i2.4864

Abstract

Serious game merupakan sarana potensial untuk pelatihan mitigasi bencana karena memiliki kelebihan dalam memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sehingga materi dapat lebih mudah untuk dipahami. Permasalahan yang terjadi adalah perancangan aktivitas yang dilakukan dalam game belum terkonsep dengan baik. Dalam game edukasi, aktivitas inilah yang diisi oleh materi pembelajaran, oleh sebab itu perancangan aktivitas memerlukan konsep yang jelas. Appreciative Learning merupakan konsep pembelajaran yang didasarkan pada konsep Appreciative Inquiry, berfokus pada hal-hal positif seperti puncak pencapaian, peluang, eksplorasi potensi dan optimisme masa depan. Pembagian aktivitas berbasis Appreciative Learning dibagi menjadi empat tahap, yaitu : Discovery, Dream, Design, dan Destiny. Penelitian ini merancang aktivitas yang menggunakan konsep Appreciative Learning yang diterapkan pada serious game untuk pembelajaran mitigasi bencana dengan tujuan menghasilkan aktivitas dalam game yang lebih terkonsep. Hasil dari penelitian ini adalah serious game mitigasi bencana dengan aktivitas yang dirancang berdasarkan Appreciative Learning. 
Analisis Ulasan Indie Video Game Lokal pada Steam Menggunakan Analisis Sentimen dan Pemodelan Topik Berbasis Latent Dirichlet Allocation Mochamad Yudha Febrianta; Sri Widiyanesti; Syahrul Robbiansyah Ramadhan
Journal of Animation and Games Studies Vol 7, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jags.v7i2.5162

Abstract

Video game merupakan produk Ekonomi Kreatif yang berkembang pesat dan mempengaruhi perekonomian dunia. Di antara para pelakunya, pengembang indie video game memiliki keterbatasan sumber daya dan bergantung pada jasa distribusi digital untuk menjual produknya. Steam merupakan platform distribusi digital video game dengan fitur ulasan yang dapat dijadikan acuan pengembangan video game. Ulasan produk online cenderung berjumlah banyak dan beragam sehingga menimbulkan tantangan bagi para pengembang indie video game untuk menganalisisnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis berbasis machine learning terhadap ulasan produk indie video game di Steam secara otomatis. Metode yang digunakan adalah analisis sentimen dengan algoritma klasifikasi Naïve Bayes dan pemodelan topik berbasis LDA menggunakan perangkat lunak Rapidminer dan RStudio. Hasil penelitian menunjukkan sentimen positif dominan sebesar 69.8% dengan akurasi algoritma 75.45%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa “story”, “character”, “music”, dan “art” termasuk istilah yang sering muncul di antara topik-topik dominan.
Perancangan dan Pengembangan Avatar Character 2D Menggunakan Metode PDDIE Tony Wibowo; Felicia Canesta
Journal of Animation and Games Studies Vol 7, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jags.v7i2.5512

Abstract

Seiring dalam berjalannya waktu, bentuk karya seni dalam teknologi komputer mencapai cara yang populer di dalam aspek kehidupan. Salah satu bentuknya berupa “Digital Art”. Digital art merupakan sebuah karya seni yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital ataupun dengan teknologi komputer yang dapat berupa gambar, video, game, dan lain-lain. Tujuan penerapan digital art dalam perancangan ini adalah untuk menjadikan proses pembelajaran menjadi hal yang menarik dan tidak membosankan bagi pelajar. Menciptakan aspek berbeda dalam pembelajaran yang menekankan studi ini untuk mengangkat topik berupa “Perancangan Digital Avatar untuk Pembelajaran Online Berbasis Gamifikasi”. Dalam tahap perancangan / desain avatar, penelitian ini menggunakan metode pengembangan PDDIE (Planning, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode perancangan ini digunakan dalam pengembangan seni digital berupa “avatar” yang menggunakan teknik Digital Illustration secara 2D dalam sistem pembelajaran online. Penerapan dan pengembangan tersebut yang akhirnya dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi pelajar ataupun pendidik dalan institusi Pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6