cover
Contact Name
Edy Karno
Contact Email
pekon@uho.ac.id
Phone
+6281341805999
Journal Mail Official
edy.karno@uho.ac.id
Editorial Address
Ruangan Jurusan Pendidikan Ekonomi, Lantai 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggar. Kode Pos 93132.
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 2502275X     DOI : https://doi.org/10.36709/jopspe
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan, Ekonomi, Ekonomi Koperasi, Geografi Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Pariwisata, Ekonomi Sumber Daya Manusia, Manajemen, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pengembangan Kurikulum, Media Pembelajaran dan Kewirausahaan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi" : 5 Documents clear
ANALISIS USAHA BATU MERAH SEBAGAI SUMBER MATA PENCAHARIAN DAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA MABULUGO KECAMATAN KAPONTORI KABUPATEN BUTON Nurmina, Nurmina; Halim, Muliha; Ilham, Muh
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.993 KB) | DOI: 10.36709/jopspe.v5i4.13481

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui berapa besar pendapatan usaha batu merah di Desa Mabulugo Kecamatan Kapontori Kabupaten Buton. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis penelitian dan sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Deskriptif. Hasil penelitian dilapangan mengungkapkan bahwa di Desa Mabulugo kehadiran usaha batu merah yang ada di Desa Mabulugo  Kecamatan Kapontori Kabupaten Buton adalah sumber mata pencaharian dan pendapatan responden termasuk masyarakat terutama tenaga kerjanya telah memberikan sumbangsih dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Mabulugo. Usaha batu merah telah menciptakan lapangan kerja dan optimalisasi fungsi lahan di desa karena pada umumnya lahan pembuatan batu merah adalah lahan yang kurang produktif. Kemudian pada hasil pembahasan di atas menunjukan bahwa nilai penerimaan atas biaya R/C Ratio rata-rata responden adalah > 1 yang artinya usaha batu merah ini layak untuk diteruskan dan menguntungkan.
IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 MAGINTI KABUPATEN MUNA BARAT Surahman, Surahman; Hasniah, hasniah; Ahiri, jafar
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.678 KB) | DOI: 10.36709/jopspe.v5i4.13433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mrndeksripsikan dan menganalisis  Faktor apa yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMA Negeri 1 Maginti Kabupaten Muna Barat. Prosedur yang digunakan dalam skripsi ini adalah sumber perolehan data penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penetuan informan untuk tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan Trianggulasi yang terdiri dari (1) Observasi, (2) wawancara (interview) dan (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data dan interpretasi data (4) penarikan  kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian dilapangan mengungkapkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dimana siswa-siswa sebagai subjek Penelitian memiliki penyebab dalam kesulitan belajarnya serta tidak melakukan hal yang memperbaiki kesulitan belajarnya dimana kesulitan belajar ini di faktorisasi oleh guru tidakmemiliki komunikatif yang baik dsengan siswa, hubungan antara guru dengan murid yang kurang harmonis, metode mengajar guru yang kurang disenangi oleh siswa. Kesulitan belajar juga dipengaruhi oleh factor kurikulum dimana bahan pelajaran terlalu sulit untuk dipahami siswa, pembagian materi tiap semester kurang seimbang, factor sarana pendidikan media pembelajaran masih kurang, serta alat peraga belum tersedia. Kesulitan belajar juga disebabkan oleh factor kedisiplinan dimana kurang efektif waktu belajar, siswa terlambat mengikuti pelajaran, sering bolos dan sekolah tidak tegas mendisiplinkan siswa, dan juga dipengaruhi oleh factor keluarga dimana antara orang tua dan anak kurang harmonis, kondisi keluarga yang kurang mampu, cara mendidik anak kurang disukai subjek, serta suasana rumah yang haduh dan rebut. Kesimpulan yang ditarik dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi menjadi acuan guru dalam memahami para peserta didik dalam proses upaya mendisiplinkan siswa serta mengubah kebiasaan buruk dalam proses belajar mengajar. Orang tua juga perlu memberikan motivasi dan dorongan guna meningkatkan kedisiplinan anak sehingga kesulitan yang membebani belajar anak dapat di ubah
NILAI-NILAI KALASORA DALAM MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT TOLAKI DI DESA ASUNDE Wati, Wija; Rizal, Rizal; Ilham, Muh
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.39 KB) | DOI: 10.36709/jopspe.v5i4.13435

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendekripsikan nilai-nilai kalosara dalam kegiatan ekonomi (pengolahan sagu) di Desa Asunde dan mendekripsikan bentuk kegiatan mata pencaharian (pengolah sagu)  masyarakat tolaki di Desa Asunde serta mendekripsikan kondisi ekonomi masyarakat dari pekerjaan sebagai pengolah sagu di Desa Asunde. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif pendekatan etnografi. Sumber perolehan data penelitian ini ditentukan secara sengaja (Purposive sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi berpartisipasi, wawancara mendalam dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif dan pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil penelitian dilapangan mengungkapkan bahwa di Desa Asunde mata pencaharian sebagai pengolah sagu di dalam bentuk kegiatan atau aktivitas yang dilakukan menanamkan nilai-nilai kalosara di dalam kegiatan pengolahan sagu mulai dari produksi sagu (proses mowuwu, mondusa, mondue, mowota, sumaku, lumanda dan sumandu), distribusi sagu sampai konsumsi sagu yang di implementasikan menggunakan nilai samaturu (gotong royong), nilai kohanu (malu), dan nilai olawi (sistem pemberian upah) dalam proses produksi sagu sampai sistem pemberian upah.  Dengan adanya impelemtasi nilai budaya kalosara di dalam kegiatan ekonomi dapat memberikan manfaat dan keuntungan tersendiri bagi pemilik dan pekerja pengolah sagu dalam pengembangan masyarakat yang berkelanjutan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X SMA NEGERI 9 KENDARI Amalia, Riski; B.D, Abdullah Igo; Murniati, Murniati
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.791 KB) | DOI: 10.36709/jopspe.v5i4.13528

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Ekonomi dan adakah pengaruh hasil belajar ekonomi dengan menggunakan metode pendekatan saintifik. Jenis data dalam penelitian ini penelitian tindakan kelas Metodelogi dalam penelitian yang di gunakan dalam teknik pengumpulan data adalah dengan Observasi, angket dan mengajar dikelas sesuai dengan data yang di butuhkan. Data dari hasil penelitian di analisis dengan menggunakan analisis Deskriptif. Kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan dua siklus dimana perbandingan antara siklus pertama dan siklus kedua dalam enam kali pertemuan dimana setiap siklusnya dibagi menjadi tiga kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data yaitu penerapan Pendekatan Saintifik dikatakan berhasil meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas X IPS 4 apabila minimal sebanyak 15 siswa atau 85% dari total siswa satu kelas memperoleh nilai ≥75. Terlihat bahwa sebanyak 15 siswa atau 75% siswa mempunyai respon yang sangat baik, 3 siswa atau sebesar 15% memberikan respon yang baik, dan 1 siswa atau 5% siswa memberikan respon yang negatif dan 1 siswa atau 5% memberikan respon sangat negatif. Dari hasil tersebut terlihat bahwa jumlah siswa yang memberikan respon yang sangat postif dan positif atau mencapai kriteria A dan atau B pada skor angketnya sebanyak 18 siswa atau 90% dari jumlah siswa di kelas. Berdasarkan Hasil pembahasan dan kesimpulan, peneliti memberikan saran Bahwa sebaiknya Siswa diharapkan dapat mengikuti setiap tahap dalam pembelajaran Pendekatan Saintifik karena hal ini sangat mempengaruhi hasil pemahaman siswa, karena tahap demi tahap ini akan sangat mempengaruhi hasil pemikiran siswa yang dapat dicerminkan dari hasil belajar siswa
PENGARUH PENGAJARAN REMEDIAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI MAN 2 KONAWE SELATAN Lutfiah, Lutfiah; Ahiri, Jafar; Ilham, Muh
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.426 KB) | DOI: 10.36709/jopspe.v5i4.13461

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa sebelum pelaksanaan remedial dengan setelah mengikuti pelaksanaan remedial pada kelas XI di MAN 2 Konawe Selatan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi sebelum pelaksanaan remedial dengan setelah mengikuti pelaksanaan remedial pada kelas XI di MAN 2 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN 2 Konawe Selatan yang berjumlah 68 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang belum tuntas sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa sebelum pelaksanaan remedial dengan setelah mengikuti pelaksanaan remedial, dimana hasil belajar ekonomi siswa setelah mengikuti pelaksanaan remedial lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelaksanaan remedial, sehingga dengan demikian siswa dianggap tuntas dan berhak untuk lanjut pada materi pelajaran berikutnya

Page 1 of 1 | Total Record : 5