cover
Contact Name
galuh
Contact Email
jurnalbastra@uho.ac.id
Phone
+6285241410992
Journal Mail Official
jurnalbastra@uho.ac.id
Editorial Address
KAMPUS BUMI TRIDHARMA ANDONOHU, KENDARI SULAWESI TENGGARA
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25033875     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jb
JURNAL BASTRA (Bahasa dan Sastra) adalah jurnal yang dapat diakses publik yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Universitas Halu Oleo. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, setiap bulan Januari, April, Juli dan Desember. Jurnal ini berisi hasil penelitian (lapangan atau studi pustaka), kajian teoretis maupun kajian kritis yang meliputi beberapa ranah kajian sebagai berikut: Pendidikan bahasa Indonesia, mencakup kajian mengenai pembelajaran linguistik, pembelajaran fonologi, pembelajaran morfologi, pembelajaran sintaksis, pembelajaran semantik, pembelajaran pragmatik, pembelajaran wacana, pembelajaran sosiolinguistik, dan pembelajaran psikolinguistik. Pendidikan sastra Indonesia, mencakup kajian mengenai pembelajaran puisi, pembelajaran prosa fiksi, serta pembelajaran drama dan film. Bahasa Indonesia, mencakup kajian mengenai linguistik, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, wacana, sosiolinguistik, dan psikolinguistik. Sastra Indonesia, mencakup kajian mengenai puisi, prosa fiksi, drama, dan film dengan pendekatan struktural, stilistika, semiotika, sosiologi sastra, psikologi sastra, psikoanalis, ekologi sastra, dekonstruksi, filologi, fenomenologi, feminisme, resepsi sastra, dan antropologi sastra.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021" : 14 Documents clear
NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA Anista, Rimin; Harijaty, Erny
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i4.21362

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan moral dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: (1) sebagai bahan ajar/masukan bagi Guru Bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif pemilihan bahan pembelajaran Sastra Indonesia di Sekolah, (2) sumbangan pemikiran bagi pembaca dalam menganalisis nilai-nilai pendidikan moral dalam novel, dan (3) pembaca sebagai penikmat sastra akan lebih memahami nilai-nilai pendidikan moral yang terkandung dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata.Desain / metodologi / pendekatan - Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata yang diterbitkan PT. Bentang Pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca-catat. Teknik analisis data menggunakan pendekatan objektif dan sosiologi sastra.Temuan/ Hasil - Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan moral dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata, yaitu: (1) nilai pendidikan moral dalam hubungan manusia dengan Tuhannya, (2) nilai pendidikan moral dalam hubungan manusia dengan diri sendiri, dan (3) nilai pendidikan moral dalam hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkungan sosial dan alam.
Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa SMPN 9 Kendari Lestari, Sandra Ayu; Anton, Anton
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i4.21316

Abstract

Tujuan - Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran online terhadap keterampilan berbicara siswa SMPN 9 Kendari.Desain / metodologi / pendekatan- Penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Terdiri dari kelas control dan kelas treatment kedua kelas ini akan diberikan pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Kendari tahun ajar 2020/2021. Penetapan sampel secara purposive sample. Intruments keterampilan berbicara diperoleh melalui praktek berbicara dengan topik yang sudah di ajarkan yaitu mendeskripsikan objek atau seseorang.Kemudian penilaianya sesuai dengan aspek kebahasaan yang terdiri dari tekanan, ucapan, kosa kata, dan struktur kalimat, dan non kebahasaan yang terdiri dari kelancaran, keberanian, pengungkapan wacana materi dan sikap, dengan jumlah responden 38 siswa.Temuan/ Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran online lebih rendah dari pada pemebelajaran konvensional pada hasil belajar melalui kemampuan berbicara siswa materi pokok membaca cerita dikelas VIII SMPN 9 Kendari. Kurang efektifnya kerterampilan berbicara dikarenakan proses pembelajaran berbicara tidak bisa maksimal dalam pembeljaran online. 
KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL KETIKA LAMPU BERWARNA MERAH KARYA HAMSAD RANGKUTI Hidayat, La Ode Marfin; Syukur, La Ode
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i4.21344

Abstract

Tujuan - Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kritik sosial yang terdapat dalam novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti. Masalah dalam penelitian ini yaitu kritik sosial apa sajakah yang terdapat dalam novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti?Desain / metodologi / pendekatan - Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah teks novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti, cetakan pertama tahun 2016 dan diterbitkan oleh Penerbit Diva Press Yogyakarta. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan kritik sosial.Data diperoleh dengan menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra, khususnya sosiologi karya sastra yang menitikberatkan pada kritik sosial yang terdiri dari: identifikasi data, deskripsi data, analisis data, dan interpretasi data.Temuan/ Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kritik sosial yang terdapat dalam novel ini ditujukan kepada masyarakat maupun pemerintah atas berbagai masalah yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 WATUBANGGA DALAM MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN TEKNIK TREFFINGER BERBASIS KREATIVITAS SISWA Kadirun Kadirun
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i4.21740

Abstract

ABSTRACTThe Objective -This study aims to describe students' ability in writing short story texts at seventh grade students of SMP Negeri 1 Kolaka. The type of research was classroom action research.The Design/methodology/approach - The method used in this research was descriptive quantitative method. The sampling technique used was the total sampling technique, which is as many as 30 people. This research was an essay test for students in writing short stories. To find out the category of students' ability in writing short story texts, it refers to the mastery or student learning outcomes individually and classically used in SMP Negeri 1 Kolaka.The Findings/Results - Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the process and results of writing short story text skills for class VII SMP Negeri 1 Kolaka through learning the treffenger model based on students' creativity have increased. In terms of process, in pre-action observations, students seemed to complain when asked to write short story texts, and did not participate actively during learning. In the first cycle, students were no longer complaining, students are starting to complain less, and students are already actively participating in learning. In cycle II, students were more interested when asked to write anecdotal texts, were more active independently during short story writing activities, and actively participated in learning in a coherent and well manner. Furthermore, in terms of results, the results of anecdotal text writing skills, class VII students of SMP Negeri 1 Kolaka through learning the treffenger model based on students' creativity increased. The percentage of students' completed in the first cycle was 60.00%, and the second cycle was 86.67%.Keywords: short stories, student's ability, writing, and treffinger
KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATAP 10 KONAWE SELATAN Imelda, Imelda; Sailan, Zalili
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i4.21291

Abstract

Tujuan - Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri Satap 10 Konawe Selatan.Desain / metodologi / pendekatan - Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan. Sumber data berhasil di data  oleh peneliti saat kelapangan guna pengambilan data kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri Satap 10 Konawe Selatan ternyata tidak sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan dari total 51 orang yang terkumpul hanya 38 orang siswa.Temuan/ Hasil - Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri Satap 10 Konawe Selatan yang dijadikan sampel penelitian, secara individual terdapat 15 orang siswa atau 39,47% berada pada kategori mampu dalam kemampuan menulis teks deskripsi dan 23 orang siswa atau 60,52% masuk kategori tidak mampu dalam menentukan menulis teks deskripsi. Secara klasikal dapat dikatakan bahwa kempuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri Satap 10 Konawe Selatan masuk kategori tidak mampu. Dikatakan tidak mampu karena siswa yang secara individual mencapai kemampuan minimal 70% hanya sebesar 39,47% tidak mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%.
ANALISIS KARAKTER TOKOH DALAM NOVEL PEREMPUAN BATIH KARYA A.R. RIZAL Ailani, Arla; Adili, La Ode
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i4.21347

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tokoh yang terdapat dalam novel Perempuan Batih karya A.R. Rizal.Desain / metodologi / pendekatan- Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Jenis penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan.Data dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa teks novel yang memuat karakter tokoh dalam novel Perempuan Batih karya A.R. Rizal. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua cara yakni teknik baca dan teknik catat. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan struktural.Temuan/ Hasil - Hasil penelitian dalam novel Perempuan Batih karya A.R. Rizal yaitu yaitu karakter tokoh  protagonist bernama Gadis, Cakni dan Nilam, Arman, Kirai dan Sonia mengingat memiliki watak baik, disenangi pembaca, dan sangat menginspirasi. Itu tergambar dari beberapa aspek budi pekerti, nilai moral yang ditunjukannya.Tokoh antagonis yakni Zainun, Darso, Mail, Zaki dan Nani.Tokoh-tokoh tesebut memiliki watak yang buruk dan dibenci pembaca.Tokoh-tokoh tersebut hadir sebagai lawan dari tokoh protagonis. Kehadiran mereka berhasil menjadi pemicu konflik-konflik dalam novel Perempuan Batih Karya A.R. Rizal
MASALAH-MASALAH SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN YANG BERTAHAN DAN BINASA PERLAHAN KARYA OKKY MADASARI Alman, La Ode; Ana, Haerun
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i4.21317

Abstract

Tujuan - Tujuan dalam penelitian ini ialah mendeskripsikan masalah-masalah sosial yang terdapat dalam kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, Bagaimanakah masalah-masalah sosial dalam kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari?Desain / metodologi / pendekatan- Metode penelitian yang digunakan  dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah delapan judul cerpen pada kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari yang terdiri dari 194 halaman, yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah baca-catat serta dianalisis menggunakan  pendekatan Sosiologi Sastra yang terfokus pada Sosiologi Karya Sastra. Dalam analisis diperoleh bahwa kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari memuat masalah-masalah sosial.Temuan/ Hasil - Berdasarkan hasil analisis penelitian ini yakni pada kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari, maka dalam ananlisis ini ditemukan berbagai jenis masalah-masalah sosial yang terdapat pada kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan, meliputi masalah kemiskinan, kejahatan, masalah generasi muda dalam masyarkat modern, masalah pelanggaran norma-norma masyarakat meliputi alkoholisme, masalah kependudukan, dan masalah lingkungan hidup. Dalam kumpulan cerpen tersebut ditemukan beberapa analisis penyebab utama terjadinya masalah sosial dan yang lebih dominan adalah masalah ekonomi dan kejahatan.
ETIMOLOGI NAMA-NAMA TEMPAT DI KABUPATEN MUNA BARAT Sahur, La; Dinar, Sri Suryana
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i4.21348

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengungkap dengan menganalisis nama-nama tempat yang ada di Kabupaten Muna Barat yang mempunyai etimologi. Etimologi terbagi menjadi dua yaitu etimologi rakyat dan etimologi ilmiah.Desain / metodologi / pendekatan- Jenis penelitian ini termaksud penelitian lapangan. Data yang digunakan dalam penelitian berupa data lisan, dimana penelitian ini menggunakan instrumen yakni alat perekam untuk merekam percakapan dengan informan mengenai penamaan tempat. Selain itu, data juga diperoleh dari observasi untuk mendukung data yang dikumpulkan dari hasil wawancara dengan informan. Penelitian ini dianalisis berdasarkan etimologi kata dalam penamaan.Temuan/ Hasil - Hasil penelitian menunjukan bahwa nama-nama tempat di Kabupaten Muna Barat diangkat dari cerita rakyat seperti nama danau, gua, desa, kecamatan, bukit, dan sumur. Etimologi nama-nama tempat diklasifikasikan dalam beberapa hal yaitu etimologi yang berkaitan dengan mata air, berkaitan dengan binatang, berkaitan dengan tumbuhan, berkaitan dengan penambahan la dan wa, dan berkaitan dengan sejarah.
STRUKTUR ALUR DALAM NOVEL SI ANAK SPESIAL KARYA TERE LIYE Sirait, Mikson; Rahim, Amirudin
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i4.21364

Abstract

Tujuan - Penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang struktur alur yang terdapat dalam novel Si Anak Spesial karya Tere Liye.Desain / metodologi / pendekatan- Data dalam penelitian ini adalah data tertulis yang memuat struktur alur dalam novel Si Anak Spesial karya Tere Liye. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Si Anak Spesial karya Tere Liye yang diterbitkan oleh Republik Penerbit. Jakarta, tahun 2018 dengan tebal 333 halaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik baca dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan objektif. Sedangkan teknik analisis data menggunakan dengan tahapan identifikasi data, dan analisis data.Temuan/ Hasil - Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan struktur alur. Adapun dari hasil analisis data, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, pengenalan situasi cerita (exposition). Kedua, tahap pertikaian yang dialami tokoh. Ketiga, tahapan perumitan memaparkan konfik tokoh semakin naik. Empat, klimaks terjadi karena konfik sudah mencapai titik optimalnya. Lima,  tahapan peleraian ini konflik dalam cerita mulai menurun. Enam, Tahap penyelesaian (ending) berisi final dari segala konfik yang disajikan.
MASALAH SOSIAL DALAM NOVEL BUMI ASING KARYA KALA SANGGURDI Yuniarti, Della; Yunus, Yunus
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 4 (2021): Edisi Oktober-Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i4.21358

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah sosial yang terdapat dalam novel Bumi Asingkarya Kala SanggurdiDesain / metodologi / pendekatan- Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Bumi Asing karya Kala Sanggurdi yang diterbitkan Bhuana Ilmu Populer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca-catat. Teknik analisis data menggunakan pendekatan sosiologi sastra.Temuan/ Hasil -Hasil penelitian menunjukkan masalah sosial dalam novel Bumi Asing karya Kala Sanggurdi, yaitu: (1) masalah sosial kemiskinan, (2) masalah sosial kejahatan, (3) masalah social disorganisasi keluarga dan (4) masalah sosial lingkungan hidup.

Page 1 of 2 | Total Record : 14