cover
Contact Name
Yudi Guntara
Contact Email
guntaray@untirta.ac.id
Phone
+6281327787035
Journal Mail Official
gravity@untirta.ac.id
Editorial Address
Departemen of Physics Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jl. Raya Ciwaru No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten, 42117.
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika
ISSN : 2442515X     EISSN : 25281976     DOI : http://dx.doi.org/10.30870/gravity.vxix
Core Subject : Science, Education,
The focuses of the manuscript received in the Gravity journal is limited to the topic: Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) Theoretical Physics Material Physics Earth and Environmental Physics Astrophysics Medical Physics Computational Physics and Instrumentation
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019)" : 10 Documents clear
PERBANDINGAN SIFAT MEKANIK BIOPLASTIK TERHADAP PENAMBAHAN ZINC OXIDE (ZnO) Syamsul Hidayat; Akbar Hanif Dawam Abdullah; Rahmat Firman Septiyanto; Yus Rama Denny Muchtar; Isriyanti Affifah
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.904 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.5939

Abstract

Bioplastik merupakan jenis plastik yang terbuat dari bahan alami sehingga dapat dengan mudah terdegradasi oleh aktivitas mikroorganisme salah bahannya adalah pati singkong. Akan tetapi bioplastik belum bisa diproduksi secara masal dan digunakan sehari-hari karena mamiliki sifat yang belum sesuai untuk menggantikan plastik yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan sifat dan karakterisasi bioplastik tanpa penambahan filler lain dan bioplastik dengan penambahan nanopartikel Zinc Oxide. Beberapa pengujian dan karakterisasi dilakukan dalam penelitian ini, meliputi struktur morfologi, kekuatan mekanik, dan biodegradasi. Dari karakterisasi SEM dihasilkan bahwa bioplastik dengan penambahan nanopartikel Zinc Oxide cenderung memiliki morfologi yang lebih baik, tidak retak, walaupun terdapat agregasi partikel. Pengujian lain menunjukan bahwa nanopartikel Zinc Oxide mampu meningkatkan kekuatan tarik bioplastik namun menghambat pertumbuhan mikroorganisme 
MODEL DINAMIKA ALAM SEMESTA DENGAN TEORI BSBM DAN GAS CHAPLYGIN Azrul Sulaiman Karim Pohan
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.533 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.5948

Abstract

Model alam semesta ini dibangun dengan sumber dinamika berupa densitas medan skalar, densitas radiasi dan densitas energi gelap yang dalam hal ini dikaitkan dengan gas Chaplygin. Aksi dibangun dengan mengintegrasikan teori BSBM dengan model gas Chaplygin. Model matematika yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan sistem dinamika. Trajektori dari model yang dibangun menggambarkan bentuk kestabilan dari model. Nilai eigen yang negatif berkaitan dengan kestabilan dari sistem dan sebaliknya harga eigen positif berkaitan dengan ketidakstabilan. Nilai medan skalar bervariasi sesuai dengan perubahan waktu. Waktu dalam model ini bukan merupakan waktu nyata (waktu kosmik), hanya sebagai parameter yang mengaitkan bahwa nilai medan skalar bervariasi terhadap waktu. Hal ini mengindikasikan bahwa konstanta struktur halus memiliki nilai yang tidak konstan atau dengan kata lain nilainya bervariasi. Hal ini sesuai dengan hasil pengamatan bahwa konstanta struktur halus memiliki nilai yang tidak sepenuhnya konstan. 
BLENDED LEARNING BERBANTUAN WHATSAPP: PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Wayan Suana; Mirda Raviany; Feriansyah Sesunan
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.144 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.4990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh blended learning berbantuan Whatsapp pada materi listrik statis terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan desain the non-equivalent control group design. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes. Uji independent sample t-test digunakan untuk menguji pengaruh model blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan blended learning dengan kelas kontrol yang menggunakan direct instruction. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penggunaan blended learning berbantuan Whatsapp berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
INTEGRASI INQUIRY TRAINING: PENGEMBANGAN PHYSICS SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA Yudi Guntara; Maria Magdalena Nona
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.535 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.6031

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan subject specific pedagogy (SSP) fisika model inquiry training yang layak untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik SMA, dan (2) menguji keefektifan subject specific pedagogy fisika model inquiry training dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik SMA. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 dan X MIA 2 di SMAN 1 Kragilan. Teknik analisis data menggunakan analisis N-Gain dan Independent-sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan subject specific pedagogy fisika model inquiry training yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan guru serta respon peserta didik, (2) efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis secara signifikan berdasarkan hasil analisis independent sample t-test dengan sig. 0,038<0,05 serta mean differences 9,4232.
PENGARUH LKPD DENGAN STRATEGI REACT PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK Mala Pratiwi; Eko Suyanto; Nengah Maharta
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11583.875 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.5029

Abstract

Pengaruh LKPD dengan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Coorperating, Transfering (REACT) pada Materi Energi Terbarukan terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD dengan strategi REACT pada materi energi terbarukan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penggunaan LKPD dengan strategi REACT pada materi energi terbarukan. Desain penelitian ini menggunakan eksperimen non equivalent control grup design. Data pada penelitian ini diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, analisis N-Gain, uji independent sample t-test, dan perhitungan effect size. Berdasarkan hasil uji hipotesis, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol secara signifikan. Hasil N-Gain kelas yang menggunakan LKPD berstrategi REACT 0,7 sedangkan kelas yang menggunakan LKPD konvensional sebesar 0,5. Cohen’s d effect size yang didapatkan dikategorikan sangat besar yaitu 1,5 sehinggga efektivitas pembelajaran menggunakan LKPD berstrategi REACT tinggi.
APLIKASI MODEL ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MEDIA PhET BERBASIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR Ilham Akbar Darmawan; Yunisa Dwijayati
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.005 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.5940

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan model advance organizer menggunakan media PhET dan pembelajaran yang biasa dilakukan; perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan kemampuan berpikir kritis rendah; interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitan quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Mulia Sei Balai Kabupaten Batu Bara yang terdiri dari dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Bentuk tes yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa tes objektif atau pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran advance organizer   menggunakan media   PhET dan pembelajaran konvensional; terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan kemampuan berpikir kritis rendah;
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM Zara Paradita; Wayan Suana
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.407 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.5389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) yang valid untuk pembelajaran model blended learning yang beorientasi pada higher order thinking skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan desain research and development (R & D) yang mengadopsi tahapan pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, yaitu terdiri dari define, design, dan develop. Pada tahap define, terdapat lima kegiatan, yaitu analisis kurikulum, analisis kebutuhan siswa, analisis tugas, analisisi konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Pada tahap design, dilakukan pemilihan format produk dan membuat rancangan awal produk. Pada tahap develop, dilakukan penilaian terhadap produk oleh para ahli dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, produk yang dihasilkan telah teruji validitasnya menurut penilaian para ahli. Di samping itu, LKS hasil pengembangan juga dinilai sangat menarik dan sangat mudah dipakai oleh siswa. Dengan demikian, LKS model blended learning yang berorientasi HOTS pada pokok bahasan impuls dan momentum layak untuk dipakai dalam kegiatan pembelajaran.
Halaman Sampul, Dewan Redaksi, Kata Pengantar, Daftar Isi Dewan Redaksi
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1165.164 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.6101

Abstract

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA Eka Yustia Al Husnul; Feriansyah Sesunan; Undang Rosidin
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.774 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.5192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi Hukum Newton tentang Gerak. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Gedongtataan, Lampung, Indonesia. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu sebanyak dua kelas yang berjumlah 64 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran problem solving. Pengambilan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda beralasan dengan jumlah sepuluh soal Analisis peningkatan menggunakan perhitungan dari skor gain yang ternormalisasi (N-gain). Hasil penelitian diketahui bahwa kelas kontrol memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,59, sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata N-gain 0,67. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Hukum Newton tentang gerak.
KERANGKA PEMBELAJARAN NGSS DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING Purwoko Haryadi Santoso
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.763 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.5946

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas perangkat pembelajaran PjBL berorientasi NGSS dalam mencapai kemampuan peserta didik dalam planning & carrying out investigation dan constructing explanation & designing solution. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIED (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation, Disseminate) yang merupakan modifikasi dari model 4D dan ADDIE. Subjek uji coba tahap implement adalah 32 peserta didik kelas X-IPA 1 (kelas eksperimen) dan 26 peserta didik kelas X-IPA 4 (kelas kontrol) SMA Negeri 6 Yogyakarta. Analisis efektivitas dengan menggunakan MANOVA dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perangkat pembelajaran PjBL berorientasi NGSS layak digunakan dengan nilai pada RPP (3.67), LKPD (3.55), Bahan Ajar (3.63), dan Instrumen Penilaian (3.75). Perangkat pembelajaran PjBL berorientasi NGSS terbukti efektif dalam memfasilitasi peserta didik untuk mencapai kemampuan PCOI dan CEDS  yang ditunjukkan dengan nilai sig. yang kurang dari 0.05.

Page 1 of 1 | Total Record : 10