cover
Contact Name
Yudi Guntara
Contact Email
guntaray@untirta.ac.id
Phone
+6281327787035
Journal Mail Official
gravity@untirta.ac.id
Editorial Address
Departemen of Physics Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jl. Raya Ciwaru No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten, 42117.
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika
ISSN : 2442515X     EISSN : 25281976     DOI : http://dx.doi.org/10.30870/gravity.vxix
Core Subject : Science, Education,
The focuses of the manuscript received in the Gravity journal is limited to the topic: Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) Theoretical Physics Material Physics Earth and Environmental Physics Astrophysics Medical Physics Computational Physics and Instrumentation
Articles 175 Documents
PERBANDINGAN SIFAT MEKANIK BIOPLASTIK TERHADAP PENAMBAHAN ZINC OXIDE (ZnO) Syamsul Hidayat; Akbar Hanif Dawam Abdullah; Rahmat Firman Septiyanto; Yus Rama Denny Muchtar; Isriyanti Affifah
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.904 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i2.5939

Abstract

Bioplastik merupakan jenis plastik yang terbuat dari bahan alami sehingga dapat dengan mudah terdegradasi oleh aktivitas mikroorganisme salah bahannya adalah pati singkong. Akan tetapi bioplastik belum bisa diproduksi secara masal dan digunakan sehari-hari karena mamiliki sifat yang belum sesuai untuk menggantikan plastik yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan sifat dan karakterisasi bioplastik tanpa penambahan filler lain dan bioplastik dengan penambahan nanopartikel Zinc Oxide. Beberapa pengujian dan karakterisasi dilakukan dalam penelitian ini, meliputi struktur morfologi, kekuatan mekanik, dan biodegradasi. Dari karakterisasi SEM dihasilkan bahwa bioplastik dengan penambahan nanopartikel Zinc Oxide cenderung memiliki morfologi yang lebih baik, tidak retak, walaupun terdapat agregasi partikel. Pengujian lain menunjukan bahwa nanopartikel Zinc Oxide mampu meningkatkan kekuatan tarik bioplastik namun menghambat pertumbuhan mikroorganisme 
MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL KOLB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJELASKAN FENOMENA FISIS PADA KONSEP OPTIK Eidelweis Dewi Jannati
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.163 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v2i2.1129

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan, proses pembelajaran Fisika pada sekolah yang menjadi tempat penelitian menggunakan model pembelajaran konvensional, pada proses pembelajarannya siswa cenderung  pasif. Akibatnya, kemampuan menjelaskan fenomena fisis siswa sangatlah rendah. Untuk itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dan sesuai. Model Pembelajaran Experiential Kolb dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang diterapkan, karena dalam model pembelajaran Experiential Kolb, siswa dituntut untuk aktif dan kreatif membangun pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menjelaskan fenomena fisis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Experiential Kolb pada materi alat optik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Control Group Pretest-Potstest Design dengan sampel eksperimen kelas X di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Majalengka. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain kemampuan menjelaskan fenomena fisis 0,61  untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran Experiential Kolb dan 0,29  untuk kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Experiential Kolb dapat lebih meningkatkan kemampuan menjelaskan fenomena fisis di bandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis terhadap respon siswa menunjukkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap penerapan model pembelajaran Experiential Kolb.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS EKSPRIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MELATIHKAN LITERASI TEKNOLOGI SISWA M Taher; Yeni Abtaria
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.555 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v3i2.2598

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LABORATORY MENGGUNAKAN PENDEKATAN MINI LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK CALON GURU PADA MATAKULIAH EKSPERIMEN DAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA Sohibun Sohibun; Rofiza Yolanda
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.301 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v5i1.5208

Abstract

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA HIDAYATUN NAJAH Suprianto Suprianto; S. Ida Kholida
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/gravity.v2i1.915

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan pembelajaran STM terhadap peningkatan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STM. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang membagi sampel menjadi dua kelompok yaitu kelas X-1 sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan pendekatan pembelajaran STM sedangkan kelas X-2 sebagai kelompok kontrol yang menerapkan model model pembelajaran Langsung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dengan uji N-gain diperoleh 0,64 sedangkan kelompok kontrol yaitu 0,46. Hasil uji-t peningkatan hasil belajar siswa memperoleh thitung= 2,37 sedangkan ttabel=2,00 dengan taraf signifikansi 0,05. Rata-rata persentase hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran STM adalah 61,8% sedangkan model pembelajaran Langsung sebesar 45,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat dikategorikan sedang, sedangkan aktivitas belajar siswa yang menerapkan pembelajaran STM lebih baik dari pada pembelajaran Langsung.
SMART ORBITAL (SO) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA SMP POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR Firmanul Catur Wibowo
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.674 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v1i1.2533

Abstract

Ilmu pengetahuan berkembang, dan bersifat dinamis seiring tuntutan perkembangan ilmu pendidikan yang semakin tinggi. Fisika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang menjadi perhatian bagi guru maupun siswa karena menggunakan rumus. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar fisika. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan menggunakan media pembelajaran yang menarik yaitu menggunakan Smart Orbital (SO). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penggunaan SO terhadap hasil belajar fisika sebagai media pembelajaran pokok bahasan kalor, dan perpindahan kalor. SO merupakan media pembelajaran yang cerdas, asyik, dan menyenangkan berbentuk garis perjalanan bintang atau orbit. Penggunaan SO sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan daya ingat, dan pemahaman.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen pembelajaran dilakukan dengan menggunakan SO. Pada kelompok kontrol pembelajaran dilakukan secara konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, dan angket.Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang pada kelompok eksperimen. Hal tersebut terlihat pada nilai rata-rata kelas kelompok eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan pada kelompok kontrol. Selain itu penggunaan media pembelajaran menggunakan SO mampu meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran fisika. Siswa termotivasi dalam melakukan pembelajaran menggunakan media SO. Tanggapan guru terhadap media pembelajaran menunjukkan hal yang positif. Tanggapan siswa, dan guru terhadap penggunaan SO sebagai media pembelajaran ini sudah baik, menarik, dan positif.
Pengembangan E-Learning Menggunakan Chamilo Untuk Membantu Proses Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester II Ayu Rezky Yulita; Diah Ambarwulan; Fauzi Bakri
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.252 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i2.4029

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran E-Learning berbasis Chamilo. E-Learning ini diharapkan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi dan tugas-tugas terstruktur untuk siswa pada materi Fisika SMA Kelas X Semester II. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Dick and Carey. E-Learning yang dihasilkan menampilkan materi pembelajaran yang dapat dibaca dan diunduh. Konten E-Learning yang dikembangkan juga diperkaya dengan video pembelajaran, tes pemahaman siswa, agenda dan forum diskusi antar pengguna. E-Learning yang dikembangkan sudah melalui tahap validasi dengan perolehan persentase sebesar 86,67% dari ahli materi, 92,39% dari ahli media, dan 94,47% dari ahli pembelajaran. Dari hasil uji kelayakan perangkat e-learning, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat e-learning yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran yang dapat membantu menyampaikan materi dan tugas terstruktur siswa.
Development of video learning media based on powtoon application on the concept of the properties of light for elementary school students Anisa Khayati Nur Kafah; Lukman Nulhakim; Aan Subhan Pamungkas
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.351 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v6i1.6825

Abstract

The purpose of this research is to know the process of development and feasibility of the learning media of Powtoon and analyze student's understanding after using media in the learning. This research is research and development, the models of construction adopted by Borg and Gall. The product is tested for eligibility through validation testing by the content and media experts. The subject of this study was a student of class IV SDN 3 Attack as much as 20 students. Based on the analysis of the data acquired that a learning-based media of Powtoon is declared feasible by the media experts with an average percentage score of 88% and content expert with a percentage of 80%. the response of students with a rate of 98% the which included "excellent," as well as  test of student's understanding, gained an average of scores of 89.25, which belongs to the category of "excellent." From the study, it can to be concluded that learning deserves media of powtoon use in the learning process on the property of light topic. 
Sebaran Suhu pada Pengering Surya Efek Rumah Kaca (ERK) Tipe Kabinetdalam Proses Pengeringan Komoditi Pertanian Yayat Ruhiat
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.193 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v1i1.2484

Abstract

Secara umum pengeringan komoditi pertanian dilakukan dengan cara penjemuran atau dengan menggunakan alat pengering buatan. Salah satu mesin pengering untuk proses pengeringan komoditi pertanian digunakan mesin pengering Surya Efek Rumah Kaca (ERK) tipe kabinet. Untuk mengetahui efektivitas mesin pengering Surya ERK tipe kabinet, dilakukan kajian tentang sebaran suhu pada alat selama proses pengeringan. Dalam mengkaji sebaran suhu, dilakukan analisis suhu pada plat penyerap dan suhu udara lingkungan. Manfaat dari kajian ini yakni efektivitas sistem pengeringan yang dapat meningkatkan mutu komoditi pertanian. Untuk menganalisis sebaran suhu pada alat pengering berlaku hukum pendinginan Newton tentang perpindahan panas konveksi. Hasil analisis sebaran menunjukkan suhu ruangan pada bagian atas alat pengering Surya ERK tipe kabinet lebih tinggi dari pada suhu ruangan bagian bawah.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL MAHASISWA Rahmat Firman Septiyanto; Dina Rahmi Darman
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.313 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i1.3114

Abstract

Page 1 of 18 | Total Record : 175