cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016)" : 11 Documents clear
POMPA AIR BERTENAGA HIBRID UNTUK IRIGASI TANAMAN BUAH NAGA Danar Susilo Wijayanto; Indah Widiastuti
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1120.322 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1018

Abstract

Pemanfaatan angin dan radiasi matahari sebagai sumber energi bisa mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar fosil, mengurangi biaya operasional dalam jangka panjang, dan mendukung konservasi sumber daya alam. Pengabdian ini menerapkan penggunaan sumber energi terbarukan untuk pompa air yang digunakan sebagai sumber irigasi tanaman buah dan sayuran pada pertanian organik di Balai Percontohan Pertanian (BPP) Ngasinan, Kelurahan Beji, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Teknologi hibrid menggabungkan turbin tenaga angin dan sel surya untuk memberikan pasokan listrik kepada pompa yang mengangkat air dengan Total Dynamic Head (TDH) 12 meter. Sistem hibrid turbin angin dan solar sel mampu menghidupkan pompa air, sehingga pompa bisa mengalirkan air dari sumur ke tandon air. Sistem irigasi tetes dari tandon ke tanaman buah naga menyebabkan tanaman selalu lembab, sehingga mengurangi resiko kekeringan dan penyakit tanaman.
PROFIL SOFT SKILLS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PENDIDIKAN TEKNIK MESIN DI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA Dianna Ratnawati; Setuju Setuju
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.984 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kekuatan dan kelemahan Soft skills mahasiswa tingkat akhir prodi Pendidikan Teknik Mesin UST; dan (2) atribut Soft skills yang masih perlu dikembangkan untuk dikuasai mahasiswa tingkat akhir prodi Pendidikan Teknik Mesin UST. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Adapun sampelnya berjumlah 59 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa angket tentang penilaian Soft skills yang dinilai oleh guru pembimbing Magang III di SMK. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 19.00.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas Soft skills mahasiswa PTM sudah baik, dengan perolehan mean 263,86 dan capaian percentages correction-nya 76,48%; (2) tiap indikator atribut Soft skills masuk dalam kategori cukup, baik, dan sangat baik. Adapun urutan pengembangannya disesuaikan dengan penghitungan nilai rata-rata terendah tiap indikator yaitu inisiatif, manajemen waktu, kerja dalam tim, kemampuan analitis, komunikasi lisan, kreatif, menyelesaikan persoalan, motivasi, mendengarkan, berpikir kritis, kemauan belajar, dapat meringkas, berargumentasi logis, manajemen diri, dapat diandalkan, tangguh, berkoperasi, komitmen, mandiri, dapat mengatasi stres, bersemangat, etika, dan fleksibel.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR MEKANIK MELALUI PERAGA ALAT UKUR MEKANIK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN Hengki Irawan
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.82 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, untuk mengetahui Bagaimanakah Penggunaan Alat Peraga dalam pembelajara alat ukur mekanik Dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Pokok Bahasan Menggunakan alat ukur mekanik Pada Peserta didik Kelas X Teknik Kendaraan Ringan1 SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi dan prestasi belajar yang pada kondisi awal motivasi belajar sangat rendah sampai kondisi akhir motivasi belajar sangat baik dan prestasi belajar pada kondisi awal tuntas 66,67 %, kondisi siklus I tuntas 83,33 % dan kondisi siklus II tuntas 94,44 %. 
PERANCANGAN PERAGA SENSOR KETUKAN UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN Dwi Sudarno Putra; Donny Fernandez; Yogianda Aprilindo
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.145 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1015

Abstract

Sensor merupakan bagian tak terpisahkan dari bidang ilmu elektronika. Teknologi sensor dalam perkembangannya banyak dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang otomotif. Bahkan perkembangan teknologi otomotif saat ini mengarah pada penggunaan sensor dan aktuator yang dipadu dengan fungsi unit pengaturan elektronis (ECU). Bagi sebagian besar peserta didik jurusan/bidang otomotif, pengetahuan tentang sensor merupakan hal yang baru. Pemahaman dasar-dasar sebuah teknologi mutlak diperlukan sebelum berlanjut ke tahap pembahasan yang lebih luas dan kompleks. Sehubungan dengan dua hal di atas maka dirasa perlu untuk mengembangkan sebuah metode pembelajaran tentang sensor  yang praktis, efisien dan dekat dengan teknologi otomotif agar peserta didik dari jurusan/bidang otomotif mampu dengan cepat memahami dasar-dasar dari sensor.   Jurnal ini mengungkapkan hasil penelitian yang telah berhasil mengembangkan peraga sensor ketukan. Sensor tersebut merupakan salahsatu sensor penting dalam bidang otomotif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Riset dan Development.
PENGARUH PENGGUNAAN KAMPAS REM BERALUR TERHADAP JARAK PENGEREMAN DAN TEMPERATUR REM TROMOL PADA SEPEDA MOTOR HONDA FIT S Wagino Wagino; Angga Bahri Pratama; Donny Fernandez
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.972 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1020

Abstract

Kampas rem tromol biasanya tidak memiliki alur. Fungsi alur adalah sebagai aliran udara dan tempat terbuangnya debu hasil pergesekan kampas rem dengan tromol. Pengujian dilakukan tiga kali percobaan kecepatan 40 km/jam, 50 km/jam, dan 60 km/jam pada beban penekanan tuas dan pedal rem 4 kg dan 5 kg. Teknik analisis data menggunakan rumus T test pada taraf signifikan 5%. Setelah dilakukan uji t, kampas rem alur berlawanan menunjukkan pengaruh besar terhadap jarak pengereman yaitu pada beban 5 kg dengan hasil (T hitung 10.211 > T tabel 4.303) pada taraf signifikan 5%. Kampas rem alur searah putaran roda terhadap temperatur rem tromol roda depan pada beban 4 kg dengan hasil (T hitung 16.385 > T tabel 4.303) pada taraf signifikan 5%. Temperatur rem tromol roda belakang, kampas rem alur searah putaran roda pada beban 5 kg menunjukkan hasil yang paling signifikan dimana (T hitung 13.942 > T tabel 4.303) dengan taraf signifikan 5%.
PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) MODEL SIMULASI PADA MATERI FUNGSI KODE G MESIN CNC FRAIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK Reza Setiawan; Rahmat Hidayat
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.623 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1016

Abstract

Rendahnya hasil belajar materi fungsi kode G mesin CNC frais pada siswa kelas XI SMKN 6 Bandung menjadi salah satu pendorong untuk menerapkan MMI dalam proses pembelajaran. Penelitian  ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan MMI dengan siswa yang menggunakan handout. Metode penelitian  yang digunakan adalah eksperimental semu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan soal tes sebagai soal pretest  maupun posttest dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi pada kelas yang menggunakan MMI dengan nilai rata-rata N-Gain 0,80 yang termasuk kategori tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan handout dengan nilai rata-rata N-Gain yang hanya 0,56 yang termasuk kategori sedang. Penerapan MMI direspon baik hingga mencapai persentase 90% yang termasuk respon dengan kategori tinggi. 
PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MELALUI PEMBELAJARAN TERBIMBING Muhammad Nurtanto
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.896 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1021

Abstract

Motivasi dan prestasi dalam belajar merupakan dua aspek yang saling berhubungan, dimana peningkatan prestasi disebabkan motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini merupakan PTK yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa PTM kompetensi interpretasi gambar teknik pada bidang otomotif melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PBL  mampu meningkatkan motivasi belajar dengan kriteria (a) tekun dalam tugas, (b) ulet dalam kesulitan, (c) minat dalam permasalahan, (d) senang bekerja mandiri, (e) mengerjakan tugas dengan rutin, (f) mempertahankan pendapat, dan (g) senang mencari dan memecahkan masalah, adapun peningkatan motivasi belajar sebesar 10.33%. Metode PBL dapat meningkatkan prestasi unjuk kerja sebesar 9.58%. Selain itu PBL menjadikan peran instruktur sebagai fasilitator dan menjadikan mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran.
TUGAS DAN ETIKA GURU SMK DALAM PERSPEKTIF HADIS TARBAWI Iwan Ridwan
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.881 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1017

Abstract

Pandangan para ahli pendidikan imam al-Ghazali, athiyyah al-Abrasyi, Ahmad Tafsir dan Abdurahman an-Nahlawi berpendapat bahwa tugas guru adalah; (1) guru SMK hendaklah memiliki rasa kasih sayang kepada muridnya. (2) Guru SMK hendaklah berfungsi sebagai pengarah dan penunjuk bagi siswanya. (3) Guru SMK dalam mengajar dan memberikan bimbingan hendaklah bermaksud mendekatkan diri kepada Allah. (4) Guru SMK hendaknya mencegah peserta didik dari perbuatan dekadensi moral. (5) Guru SMK dalam proses belajar mengajar menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat berfikir siswa. (6) Guru SMK mensucikan dan membersihkan siswa dari sifat tercela dan menghiasi dengan sifat yang mulia. (7) Guru SMK mentransformasikan pengetahuan dan mengamalkan ilmunya. (8) Guru SMK hendaklah meluruskan niat siswanya dengan ikhlas dalam menuntut ilmu. Sedangkan etika guru SMK menurut hadis Tarbawi adalah: (1) guru SMK dalam mengajar hendaklah bertujuan mengharap ridha Allah, menyebarkan ilmu dan menghidupkan syari’at. (2) Guru SMK hendaklah tidak merendahkan siswanya disebabkan karena bebal otaknya. (3) Guru SMK hendaklah menanamkan akhlak mulia terhadap siswanya. (4) Guru SMK hendaklah menjadi sumber tauladan bagi siswanya. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini dibagi dua, yaitu data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari buku “Hadis Tarbawi” Karangan Samsu Nizar dan Zainal Effendi Hasibuan. Kitab Riyadhul al-Shalihin; min kalami sayyidil mursalin, kitab ini dikarang oleh Abi Zakaria Yahya bin Syarif an-Nawawi. Data sekunder yaitu buku, artikel, literatur dan referensi terkait lainnya.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LESSON STUDY PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK Haris Abizar
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (909.527 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.1013

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran silabus dan RPP lesson study; (2) mengevaluasi kelayakan silabus dan RPP lesson study; (3) mengukur efektivitas produk silabus dan RPP lesson study pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut; dan (4) mengukur keterlaksanaan lesson study dan efektivitas pembelajaran teknik pemesinan bubut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan produk berdasarkan Richey & Klein (2010). Penelitian diterapkan di SMK Negeri 2 Depok, Sleman pada 30 peserta didik kelas XI TP-B. Tahapan pengembangan terdiri dari analisis, perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Uji validasi dilakukan melalui uji coba internal dan eksternal. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan produk silabus dan RPP lesson study memiliki karakteristik yaitu pembelajaran bersama (mutual learning) dan pendekatan saintifik; (2) penilaian produk silabus dan RPP lesson study layak untuk digunakan; (3) efektivitas penerapan produk silabus dan RPP lesson study menghasilkan penilaian pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang baik  dari  pada nilai  standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); dan (4) respon guru dan observer terhadap keterlaksanaan lesson study adalah sangat baik dan respon peserta didik terhadap efektivitas pembelajaran teknik pemesinan bubut adalah baik.
Back matter (index, acknowledgement, author guidelines) vanos team editorial
VANOS Journal of Mechanical Engineering Education Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1066.822 KB) | DOI: 10.30870/vanos.v1i2.3910

Abstract

Back matter (index, acknowledgement, author guidelines)

Page 1 of 2 | Total Record : 11