cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Pendidikan Kewarganegaraan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan" : 12 Documents clear
PENANAMAN SIKAP CINTA TANAH AIR MELALUI KAJIAN EKOLOGI SASTRA DALAM NOVEL BERSETTING DI KALIMANTAN SELATAN Sri Normuliati; Jamiatul Hamidah; M. Ridha Anwari
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sastra dengan lingkungan melalui kajian ekologi sastra, sehingga dapat diperoleh nilai-nilai kehidupan dalam karya sastra. Salah satunya adalah penanaman sikap cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang dijadikan objek dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, dan dialog yang terdapat dalam novel bersetting di Kalimantan Selatan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan melakukan pembacaan terhadap novel yang bersetting di Kalimantan Selatan, mendata  semua kata-kata, frasa, kalimat, dialog dan paragraf yang berhubungan lingkungan yang terdapat dalam novel bersetting di Kalimantan Selatan, setelah data terkumpul, data akan dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan keindahan alam dan kerusakan alam yang digambarkan dalam novel. Keindahan alam loksado yang hendaknya selalu dijaga dan kerusakan hutan yang diakibatkan oleh aktivitas tambang illegal memberikan dampak bagi alam dan bagi masyarakat sekitar. Melalui gambaran tersebut memberikan pemahaman kepada pembaca agar memiliki sikap cinta tanah air yang dapat dilakukan dengan mencegah kerusakan hutan, menjaga keberadaan hutan-hutan hijau, dan mempertahankan kebudayaan.  Kata kunci: ekologi sastra, novel, cinta tanah air 
ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA HIDUP SEHAT DI SD KALIPUCANG Beny Dwi Lukitoaji; Meisya Lutfhia Dewi
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9498

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui budaya hidup sehat di SD Kalipucang. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembentukan karakter disiplin di SD Kalipucang dilakukan melalui pembiasaan budaya hidup bersih dan sehat, yaitu mentaati tata tertib sekolah dalam menjaga dan merawat lingkungan sekolah; melaksanakan tugas piket kelas; mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah; membiasakan mencuci tangan sebelum makan; membiasakan membuang sampah pada tempatnya; menjaga kebersihan kuku; menjaga kebersihan jamban; dan menimbang berat dan tinggi badan setiap enam bulan sekali. Upaya pembentukan karakter disiplin pada peserta didik juga mencakup unsur-unsur nilai disiplin yaitu peraturan; hukuman; konsistensi; dan hukuman. Keempat unsur tersebut untuk membantu berpedoman peserta didik dalam berperilaku.Kata Kunci: karakter disiplin, budaya hidup sehat.
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PELAKSANAAN KABASANO KAMPANAHA Amisbah Ramly; Farid Wajdi; Zulfikar Putera
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9339

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan yang terdapat dalam  ritual kabasano kampanaha di Desa Lianosa, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif studi etnografi, yaitu dengan pengamatan yang mendalam, wawancara serta dokumentasi yang terkait dengan pelaksanaannya. Ritual kabasano kampanaha di mulai dengan penetapan waktu serta penyediaan sarana prosesi ritualnya. Pada tahap pelaksanaan (prosesi) ritual tersebut terdapat beberapa nilai pendidikan di antaranya yaitu:  religius, budaya,  etika dan moral, dan gotong royong. Apa dan bagaimana muatan pendidikan yang terdapat dalam ritual kabasano kampanaha?, hal ini dapat dilihat  dari beberapa tahapan prosesi pelaksanaannya, diawali dengan keterlibatan warga sampai kepada tata cara mandi keluarga. Dengan demikian, ritual kabasano kampanaha, didalamnya sarat dengan nilai-nilai pendidikan.Kata kunci: Ritual, Nilai, Kabasano Kampanaha.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI TEKNIK KOGNITIF MORAL DALAM PERSPEKTIF KEBERANIAN BERARGUMENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn Dadang Mulyana
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9417

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengembangkan daya nalar anak didik dalam kemampuan berargumentasi dan berpikir logis serta membangun karakter kebangsaan. Motode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengamatan, studi pustaka, dokumentasi dan test studi siklus I dan II. Analisis hasil penelitian dipakai adalah reduksi data dan penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian, bahwa siklus I pembelajaran pembelajaran dengan kualifikasi guru cukup baik, dan siklus II meningkat sangat baik dengan kualifikasi baik. Pada aspek keberanian dan proses pembelajaran secara ekspresi yang terdorong melalui teknik kognitif moral sehingga muncul keberanian berargumen pada setiap siswa. Dari hasil pembahasan di atas, diharapkan anak didik mampu meningkatkan daya nalar, argumentasi logis, dan miliki karakter kebangsaan hasil pembelajaran PPkn.Kata kunci : Argumentasi, Pembelajaran, dan Kognitif
PENYEDIAAN AIR BERSIH DAN SANITASI : BENTUK KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Ludovikus Bomans Wadu; Andri Fransiskus Gultom; Fronialdus Pantus
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9318

Abstract

Keterlibatan masyarakat dengan ikut melibatkan diri dalam kegiatan penyediaan air bersih dan sanitasi merupakan tujuan utama dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan gambaran kondisi masyarakat yang dengan sukarela terlibat dalam kegiatan-kegiatan untuk kepentingan bersama. Dalam konsep keterlibatan warga negara, tindakan ini merupakan perwujudan dari kompetensi kewarganegaraan terutama dalam bidang keterampilan warga negara. Keterampilan warga negara akan terwujud jika Warga negara menerapkan kewajibannya. Melalui keterlibatan masyarakat dalam penyediaan air bersih dan sanitasi untuk kepentingan bersama merupakan bentuk keterlibatan warga negara dalam pembangunan berkelanjutan.Kata Kunci ; Keterlibatan Masyarakat, Sanitasi, Pembangunan Berkelanjutan 
PENGUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI DIGITALISASI MEDIA PEMBELAJARAN Anita Trisiana
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Abstract

Digitalisasi media pembelajaran dalam dunia Pendidikan semakin nyata terlihat. Tujuan pemelitian ini adalah menganalisis penguatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, dengan menggunakan analisis data yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digitalilsasi media pembelajaran sebagai suatu penguatan dalam Pendidikan Kewarganegaraan dilakukan antara lain: Memberdayakan dirinya sebagai warganegara yang independen, aktif, kritis, dan bertanggungjawab untuk berpartisipasi secara efektif dan efisien dalam berbagai aktifitas masyarakat, politik dan pemerintahan pada semua tingkatan (daerah dan nasional); Memahami bagaimana warganegara melaksanakan peranan, hak, dan tanggung jawab personal untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat pada semua tingkatan (daerah dan nasional); Memahami, menghayati, dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti, demokrasi, hak asasi manusia, dan nasionalisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan demikian implikasi dari hasil penelitian ini adalah inovasi pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan sangat dibutuhkan sebagai salah satu upaya menguatkan dan mencapai kompetensi kewarganegaraan, sekaligus sebagai hiliralisasi pengembangan keilmuan Pendidikan Kewarganegaraan yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan pembelajaran di era digitalisasi media pembelajaran.Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan; Media Pembelajaran; Media Digital
IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 5 BANJARMASIN Rabiatul Adawiah
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9792

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui implementasi program Adiwiyata di SMA Negeri 5 Banjarmasin dan mengetahui kepedulian siswa  terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan data dikumpulkan melalui observasi dan  wawancara.  Analisis data dilakukan secara kualitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi program adiwiyata  dalam membentuk sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan dilakukan melalui kegiatan Jumat bersih yang dilaksanakan setiap bulan, mendirikan bank sampah, yang kegiatannya dikoordinir oleh salah satu guru dan beberapa siswa, dan menyediakan sarana dan prasarana penunjang kebersihan lingkungan sekolah.  Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah masih kurang. Rekomendasi dari Penelitian ini diantaranya, program Adiwiyata hendaknya dirancang dengan melibatkan berbagai unsur di luar sekolah seperti orang tua dan masyarakat,  penanaman sikap peduli lingkungan hendaknya dilakukan secara kuntinu dan konsisten dan untuk memotivasi siswa peduli terhadap lingkungan, hendaknya secara periodik dilakukan lomba kebersihan antar kelas. Kata Kunci : Implementasi, Adiwiyata, Sikap, Peduli Lingkungan.  
MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENGUATAN KOMPETENSI PKn DAN PENERAPAN ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN Jasrudin Jasrudin; Zulfikar Putera; Farid Wajdi
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8629

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru (maupun calon guru) dalam membangun karakter peserta didik melalui keteladanan nilai, pendekatan perkembangan pengetahuan karakter, pendekatan analisis nilai, pendekatan klarifikasi nilai, dan pendekatan pembelajaran berbuat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif secara deskriptif dengan menerapkan studi dokumentasi dan wawancara. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pada pembahasan karya ilmiah ini, penulis mengkombain nilai-nilai karakter yang teraktualisasi dari olah pikir, olah hati, olahraga, serta olah rasa dan karsa seseorang atau sekelompok orang. Hasil penelitian yang merupakan tahap implementasi, adalah pengalaman belajar dan proses belajar mengajar yang arahnya pada pembentukan nilai-nilai karakter. Proses ini dilakukan dalam tiga lingkungan yaitu pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga) dan nonformal (masyarakat). Adapun sebagai kesimpulan dalam upaya yang dapat ditempuh adalah dengan membangun karakter melalui sistem pendidikan yang tercerminkan dalam bentuk yang lebih luas, di mulai dari tahap implementasi melalui pengalaman belajar maupun dalam bentuk lebih kecil, yaitu berupa pengembangan nilai/karakter.Kata Kunci: Membangun karakter, pkn, moral kognitif
INSTURUMEN PENAATAN HUKUM LINGKUNGAN DALAM PERATURAN WALIKOTA BANJARMASIN NOMOR 18 TAHUN 2016 TENTANG PENGURANGAN PENGUNAAN KANTONG PLASTIK Ahmad Fikri Hadin; Muhammad Erfa Redhani
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9536

Abstract

Tujuan tulisan ini untuk memberikan solusi terhadap upaya peningkatan pengurangan sampah plastik di Kota Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan Yuridis Normatif. Keberhasilan Kota Banjarmasin dalam mengurangi penggunaan sampah plastik melalui Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik telah terbukti memiliki hasil yang signifikan yang dapat dilihat dari data-data yang telah disajikan dalam penelitian ini. Penggunaan Instrumen Command and Control yang selama ini dianggap tradisional dan cenderung tidak berhasil justru malah berhasil diterapkan dalam melalui Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Kedepan Perlu meningkatkan kebijakan pengurangan penggunaan kantong plastik di dalam peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi seperti peraturan daerah atau peraturan menteri serta perlu kiranya pengambil kebijakan baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar dapat merumuskan kebijakan pengurangan kantong plastik yang dapat memuat sanksi yang lebih tegas. Kata Kunci : Instrumen Penataan, Hukum Lingkungan, Pengurangan Kantong Plastik 
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KEMASYRAKATAN DALAM MEMBANGUN WAWASAN WARGA NEGARA GLOBAL Sutrisno Sutrisno; Sapriya Sapriya; Kokom Komalasari; Rahmad Rahmad
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8000

Abstract

Kajian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan kewarganegaraan kemasyarakatan dalam membangun wawasan warga negara global.  Penelitian ini adalah penelitian konseptual dengan menggunakan metode Library Research, yakni mengumpulkan data-data dari artikel ilmiah, laporan penelitian atau hal lain yang relevan dengan topik. Analisis dari pembahasan ini menjelaskan bahwa Pendidikan dan kewarganegaraan kemasyarakatan merupakan komponan dasar dalam membangun karakter kepribadian masyarakat. Maka untuk membangun wawasan warga negara global diperlukan beberapa upaya yang sistematis dan strategi diantaranya adalah 1) pelaksanaan program kegiatan masyarakat yang berorientasi pada nilai-nilai sosial kearifan lokal masyarakat. 2) program pemerdayaan masyarakat abad ke-21 yang bersumber pada perencanaan jangka panjang beroreintasi pada sektor pertumbuhan ekonomi mikro. 3) program kurikulum pendidikan di lingkungan keluarga dan masyarakat dengan dasar penguatan pengetahuan kewarganegaraan. 4) mambangun budaya partisipasi dalam setiap kegiatan kemasyarakatan. Upaya inilah yang kemudiaan diaktualisasikan pada konsep pendidikan kewarganegaraan kemasyarakatan yang di kembangkan pada lingkungan pendidikan, formal dan norformal sehingga akan terbentuk karakter warga negara yang berfikir global dan berperilaku lokal yang berorientasi pada nilai-nilai karakter jati diri bangsa. Sehingga perlu adanya peran serta pemerintah pusat dan daerah dalam mengaktualisasikan keempat nilai dasar ini dalam bentuk kegiatan sosial kemasyarakatan.Kata kunci: Pendidikan, Kewarganegaraan, kemasyarakatan, Wawasan Warga Negara Global  

Page 1 of 2 | Total Record : 12