cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021)" : 10 Documents clear
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI MASA PANDEMI COVID-19 Victoria Aziz; Abdul Wachid
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v8i2.16881

Abstract

Teacher creativity and innovation as facilitators in learning activities are very important. The purpose of this paper is to explain how to study chemistry during a pandemic and to explain how teachers can increase student interest in learning chemistry during a pandemic. The research method used is descriptive qualitative. Learning chemistry during a pandemic can be done by taking advantage of advances in information technology. One of them is by accessing online learning media that has been provided by the Ministry of Education and Culture. Meanwhile, so that students are interested in learning chemistry during a pandemic, it can be done by providing worksheets that can make students work on assignments creatively. As well as making use of tools and materials in the surrounding environment.
PENGARUH LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM BIOKIMIA Diah Kartika Sari; Elsha Melinda; Jejem Mujamil S; M Hadeli L
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v8i2.16012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif menggunakan Laboratorium Virtual terhadap Minat  belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktikum Biokimia. Berdasarkan hasil dari kuesioner responden sebesar 91,04% mengalami kesulitan mengalami kesulitan selama belajar daring dalam melakukan Praktikum Biokimia. Serta Materi praktikum biokimia selama daring termasuk materi yang sulit dipahami dengan persentase sebesar 52.23%. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Deskriptif, sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester 5 Prodi Pendidikan Kimia. Sampel yang digunakan Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling.  Laboratorium Virtual sangat berpengaruh besar terhadap minat belajar mahasiswa selama pembelajaran daring masa pandemi saat ini.
KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI HUKUM HESS : STUDI KASUS DI SMAN 2 SUNGAI SELAN Vera Septiana; Muhammad Win Afgani; Etrie Jayanti
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v8i2.15717

Abstract

Banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan menunjukan bahwa adanya gejala kesulitan dalam memahami Hukum Hess. Kesulitan siswa dikarenakan kurangnya pemahaman dan penguasaan materi dalam mempelajari Hukum Hess. Penelitian ini dilakukan, bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa dan menganalisis faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami Hukum Hess di SMAN 2 Sungai Selan. Jenis penelitian ini digolongkan kedalam pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif  studi kasus. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 35 siswa. instrumen dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, lembar tes uraian, lembar angket dan wawancara.Berdasarkan hasil validasi dengan menggunakan penelaah item oleh ahli evaluasi  instrumen dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil analisis kesulitan yang dialami siswa pada Hukum Hess, siswa kesulitan dalam perhitungan seperti menentukan perubahan entalpi (?H) berdasarkan  diagram tingkat energi pembentukan senyawa sebesar 77,14%.  Menentukan perubahan entalpi (?H) berdasarkan selisih entalpi pembentukan sebesar 60%. Dan  100%  dalam menentukan perubahan entalpi (?H) berdasarkan energi ikatan rata-rata.Sedangkan faktor penyebab kesulitan siswa yaitu terletak pada faktor internal yaitu pada aspek minat dengan indikator ketertarikan siswa pada materi Hukum Hess sebasar 58,57%,  pada  aspek kemampuan siswa, dengan indikator pengetahuan siswa atau kemampuan kognitif siswa sebesar 57,14%  dan juga pada aspek keadaan fisik siswa cukup berpengaruh sebesar 47,14% dengan kualifikasi cukup berpengaruh dalam kesulitan siswa. Berdasarkan hasil temuan, kesulitan siswa terletak pada perhitungan perubahan entalpi (?H) dan faktor penyebab kesulitan tersebut terdapat dalam diri siswa itu sendiri.Kata Kunci : faktor penyebab, hukum Hess, kesulitan siswa
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MAHASISWA DI PRODI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSRI Effendi Nawawi; Kodri Madang; Ketang wiyono; Hapizah Hapizah; Yenny Anwar
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v8i2.16579

Abstract

Pandemi Covid-19 berakibat pada perubahan kegiatan pembelajaran diantaranya kebijakan pemerintah tentang Belajar dari Rumah. Pembelajaran daring yang terjadi secara tiba-tiba sangat berdampat pada hasil belajar, baik pada tingkat sekolah menengah sampai pada mahasiwa di peruruan tinggi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa tahun kedua Program Studi Pendidikan Kimia. Sampel yang diambil seluruh mahasiswa program studi pendidikan kimia tahun kedua sebanyak 33 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket dilakukan secara daring (google form) dan nilai hasil belajar komulatif semester genap tahun pertama berupa IPK. Uji keabsahan instrumen angket dengan validasi ahli, uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan tabel output diketahui Asymp. Sig (2-sided) pada uji Pearson Chi-Square adalah sebesar 0,745. Karena nilai Asymp. Sig (2-sided) 0,7450 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat diartikan bahwa “ Tidak terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan hasil belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unsri”. Hal ini juga dapat diartikan bahwa pembelajaran daring tidak mempengaruhi hasil belajar mahasiswa atau Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unsri.Kata Kunci: Pembelajaran daring, hasil belajar, Era Pandemi Covid-19.
Pengembangan Instrumen Validasi Untuk Expert Review Tentang Media Berbasis Inquiry Eva Sianna Siburian; Tatang Suhery
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v8i2.16637

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen validasi untuk expert review tentang media berbasis inquiry berdasarkan sintak inquiry Joyce dan Weil. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE dengan evaluasi formatif Tessmer. Langkah-langkah model pengembangan ADDIE yang dilakukan terdiri dari analisis, perancangan,dan pengembangan. Evaluasi formatif Tessmer yang dilakukan dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap expert review saja. Analisa data pada penelitian ini menggunakan skor penilaian Aiken dan menggunakan skala likert. Hasil  pada tahap expert review untuk validiasi media didapatkan skor 0,93 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, maka instrumen validasi untuk expert review tentang media berbasis inquiry telah memenuhi kriteria valid.Kata kunci: instrumen validasi, inquiry, expert review
PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA Fahruroji Fahruroji; Bibin Rubini; Didit Ardianto
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v8i2.14972

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen IPA berupa soal tes HOTS yang valid, reliabel, dan mendeskripsikan respon guru IPA terhadap instrumen asesemen0 HOTS. Model dan rancangan penelitian yang digunakan diadaptasi dari model Borg & Gall yang meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMP Armaniyah Serang Baru Kabupaten Bekasi. Instrumen asesmen HOTS yang dikembangkan dinyatakan valid karena telah memenuhi kaidah soal HOTS.  Hasil penelitian dari 30 soal tes HOTS pilihan ganda yang digunakan dinyatakan 26 soal yang valid dan layak digunakan. Dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,907 termasuk kategori sangat tinggi. Soal tes memiliki tingkat kesulitan sebesar 0,62 termasuk dalam kategori sedang, dan daya beda soal sebesar 0,450 dengan kategori baik. Pengujian soal HOTS terhadap 100 peserta didik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, homogen, H1 diterima dan Ho ditolak dengan sebaran pada C4 sebesar 65,69%, C5 sebesar 68,85%, dan C6 65,69% dengan keseluruhan rata-rata mencapai 65,51% termasuk kategori sedang. Kata Kunci:  Pengembangan, Instrumen, HOTS, Suhu dan Perubahannya
PENGEMBANGAN MODUL LAJU REAKSI BERBASIS KONSTRUKTIVISME LEARNING CYCLE 5E Mimi Amelia; Effendi Nawawi
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v8i2.16659

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul laju reaksi berbasis konstruktivisme Learning Cycle 5E yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan modifikasi dari model pengembangan Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer. Tahapan pengembangan Rowntree pada penelitian ini meliputi tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap evaluasi. Tahapan evaluasi formatif Tessmer pada penelitian ini meliputi self evaluation, expert review evaluation, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Hasil yang diperoleh pada tahap expert review evaluation merujuk pada kriteria skor kevalidan Aiken didapat skor akhir validasi aspek pedagogik 0,636 (sedang), aspek materi 0,683 (tinggi), dan aspek desain 0,700 (tinggi). Untuk skor akhir kepraktisan didapatkan dari uji coba one-to-one sebesar 0,69 (tinggi) dan small group 0,89 (tinggi). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul berbasis konstruktivisme Learning Cycle 5E untuk pembelajaran Laju Reaksi yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS KIMIA HIJAU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA Maefa Eka Haryani; Eka Ad'hiya
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v8i2.15759

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa akan pengembangan petunjuk praktikum kimia dasar berbasis kimia hijau di program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan instrumen berupa kuesioner yang terdiri dari 6 pertanyaan pilihan yang disertai jawaban terbuka. Partisipan pada penelitian ini adalah 50 mahasiswa aktif semester 1 di Program studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya tahun akademik 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan pengembangan petunjuk praktikum berbasis kimia hijau pada mata kuliah kimia dasar di program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Sriwijaya. 
Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Anorganik 1 di Program Studi Pendididikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwiwjaya. Muhammad Hadeli; Sanjaya sanjaya; Rodi Edi
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v8i2.16660

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) yang ditujukan untuk mengembangkan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Anorganik 1 yang valid, praktis dan memiliki efektivitas untuk pembelajaran Praktikum Kimia Anorganik 1 pada mahasiswa Program studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Unsri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan produk ADDIE yang dimodifikasi dengan Tessmer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket, dan data nilai pre dan post test. subjek expert review terdiri dari ahli content, desain dan pedagogik, sedangkan subjek ujicoba kepraktisan adalah maha siswa yang mengambil mata kulian Kimia naorgani 1 di p;rodi pendidikan kimia kelas Palembang. validasi draft menghasilkan prototype 1 dikategorikan sangat valid dengan skor validasi content 3,60 (sangat valid), validasi pedagogik 3,5 (sangat valid) dan validasi desain 3,50 (Sangat valid). Pada ujicoba One to one diperoleh nilai kepraktisan sebesar 3,27(sangat praktis) untuk prototype 1 yang kemudian menjadi prototype 2, yang selanjutnya diujicoba small group diperoleh nilai 3,31 (sangat praktis). prototype 3 pada uji field test diperoleh nilai keefektifan sebesar 0,53 (sedang). Hasil peneltian di dapatkan buku petunjuk praktikum kimia anorganik 1 untuk pembelajaran mahasiswa program studi pendidikan kimia jurusan pendidikan MIPA FKIP Unsri adalah valid, praktis dengan tingkat efektivitas kategori sedang.
The Effect of Use Virtual Labs Media in Problem Based Learning (PBL) Model Toward Students Learning Outcomes in Class XI MIA SMA Negeri 1 Jeneponto (Study on Acid Base Titration) Suarni -; Halimah Husain; Pince Salempa
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v8i2.16425

Abstract

This study is a quasi-experimental research which aims to determine the effect of using virtual labs media in problem based learning (PBL) model toward students learning outcomes in class XI MIA SMA Negeri 1 Jeneponto study on acid base titration. This study design used is posttest-only control group design. These study population were all the students of class XI MIA of SMAN 1 Jeneponto which consists of six classes. The sampling technique is simple random sampling. The class XI MIA 3 as experiment group and XI MIA 5 as control group each of which consists of 31 students, the learning process is carried out online. Technique of collecting data of the learning result done by giving post-test to experiment group dan control group. In analysing the data, the researcher used descriptive and inferential statistics. The result of the analysis shows that the average of learning outcomes of experiment group is 77,47 higher than the control  group is 62,25. Result of hypothesis test by using Mann-Whitney test with ?= 0,05 (non-parametrik test) obtained that H1 is accepted and H0 is rejected. It shows that there is an influence of using virtual labs media in problem based learning (PBL) model toward students learning outcomes in class XI MIA SMA Negeri 1 Jeneponto study on acid base titration.

Page 1 of 1 | Total Record : 10