cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557176     EISSN : 26208504     DOI : -
PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan November)
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2020): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi" : 8 Documents clear
PENINGKATAN PEMAHAMAN KEPUTUSAN MARGINAL DENGAN PEMANFAATAN KERTAS BERKAS DAN PENGGUNAAN COKLAT DI SMAN 17 PALEMBANG Muhammad Efrin Sofyan
Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7, No 2 (2020): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v7i2.11792

Abstract

Pembelajaran Keputusan Marginal merupakan pembelajaran yang memerlukan pendekatan yang berbeda dengan kompetensi lain, pendekatan konvensional akan mengakibatkan kebosanan peserta didik, sehinga dapat menimbulkan pemahaman yang kurang terhadap kompetensi tersebut. Subjek pelaku pembelajaran guru Ekonomi kelas XI PSIS dan subjek penerima tindakan adalah peserta didik kelas XI PSIS, semester I tahun pelajaran 2019/2020 SMA Plus Negeri 17 Palembang. Data dikumpulkan melalui observasi, dan data-data tes model Kaki kiri dan coklat. Keabsahan data diperiksa dengan bantuan pengamat lain melalui tabel observasi.  Dari penerapan tindakan pada siklus 1 dan 2 dapat disimpulkan bahwa ternyata penggunaan model Kaki kiri dan coklat  dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi Materi Keputusan Marginal. Pada siklus 1 Berdasarkan hasil pengamatan kolaborator Berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik diperoleh data sebagai berikut. Dari tujuh aspek yang diamati persentase peserta didik yang tidak aktif 6,77% selebihnya 93,23 % aktif. Berdasarkan hasil  tes peserta didik dapat diketahui bahwa 12 peserta didik (63%) belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal sedangkan 7 peserta didik (37%) sudah memenuhi ketuntasan minimal. Rata-rata kemampuan keputusan marginal pada siklus I adalah 82,83. Nilai tersebut belum memuaskan. Pada siklus tahap 2 Berdasarkan hasil pengamatan kolaborator terhadap aktivitas belajar peserta didik, diketahui bahwa 0% peserta didik keaktifannya kurang,  0% keaktifannya cukup, 9,02% keaktifannya baik, dan 90,98% keaktifannya sangat baik. Dengan demikian, berdasarkan pengamatan, maka sudah 100% sudah aktif, dan 0% belum aktif. Selanjutnya, mencermati hasil kaki kiri dan coklat roca keputusan marginal, 100% peserta didik sudah tuntas,  dan keaktifan peserta didik, 100%  sudah memenuhi kriteria. Sudah  mencapai target 100%. Hasil PTK ini diharapkan menemukan model yang cocok untuk kompetensi Keputusan Marginal. Konsep belajar yang menyenangkan dan berhasil mungkin menjadi pilihan guru dan siswa. Siswa  akan secara aktif mengikuti pembelajaran tersebut, sehingga tujuan proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik.
Evaluasi RPS Rumpun Ilmu Ekonomi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unsri Siti Fatimah Fatimah; Dewi Koryati; Dewi Pratita
Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7, No 2 (2020): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v7i2.12881

Abstract

AbstractThis study aims to determine how effective the Semester Learning Plan (RPS) for the economics course in the Economic Education Study Program. The evaluation model used in this research is the CIPP Evaluation Model. Determination of the effectiveness of a RPS that is used is seen from the level of student understanding of economic science material which is interrelated with one another under the clump of economics. This research is a type of qualitative researach that uses the CIPP model by evaluating each component of the context, input, process and product to reaach an agreement in compiling an effective RPS between lecturers who teach courses in the economics cluster with students as learners. Sources of research data are RPS and lecturers who are teaching courses under theeconomics cluster. Primary data collection uses observation instruments, while secondary data is obtained through documentation and interviews. The observation data obtained werethen analyzed qualitatively. The results of the analysis of the CIPP model instrument from the context component are very effective, the input component is effective, the process component is effective and the product component is quite effective in the RPS for courses under the clump of economics to be used in learning activities.Keywords: RPS Evaluation, CIPP ModelAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah rumpun ilmu ekonomi pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model Evaluasi CIPP. Penentuan keefektifan suatu RPS yang digunakan dilihat dari seberapa besar tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi ilmu ekonomi yang saling berkaitan satu sama lain dibawah rumpun ilmu ekonomi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen konteks, input, proses, dan produk untuk mencapai suatu kesepakatan dalam menyusun RPS yang efektif antara dosen yang mengampu mata kuliah didalam rumpun ilmu ekonomi dengan mahasiswa sebagai pembelajar. Sumber data penelitian adalah RPS serta dosen pengampu mata kuliah dibawah rumpun ilmu ekonomi. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen observasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui hasil dokumentasi dan wawancara.Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis instrumen model CIPP dari komponen context sangat efektif, komponen input efektif, komponen process efektif dan komponen product cukup efektif RPS mata kuliah dibawah rumpun ilmu ekonomi untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.Kata Kunci: Evaluasi RPS, Model CIPP
Pengaruh ROE, BVPS, dan Volume Perdagangan Saham Terhadap Return Saham Jefri Jefri; Edo S Siregar; Destria Kurnianti
Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7, No 2 (2020): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v7i2.11875

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Equity (ROE), Book Value Per Share (BVPS) dan Volume perdagangan saham terhadap return saham pada perusahaan sektor pertambangan batubara yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013 hingga 2018. Variabel dependen dalam penelitian ini diwakili oleh return saham, sedangkan variabel independent terdiri dari pengaruh Return on Equity (ROE), Book Value Per Share (BVPS) dan Volume perdagangan saham. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode purposive sampling. Sehingga dari 22 perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian, hanya ada 15 perusahaan yang memenuhi syarat untuk dijadikan sampel. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Regresi Data Panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga variabel independent yang diuji terhadap return saham perusahaan pertambangan batubara, ada satu variabel yang berpengaruh signifikan terhadap return saham yaitu volume perdagangan saham, sedangkan variabel ROE dan BVPS tidak berpengaruh terhadap return saham
Gaya kepemimpinan dalam mendukung perilaku organisasi di PT. Kerry Ingredients Indonesia pada masa pandemi covid-19 Ismie Fauziah Sutisna
Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7, No 2 (2020): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v7i2.12904

Abstract

Organisasi itu jadi sangat penting untukmenentukan bagi manusia untuk yang berkarya, atau menciptakan sesuatu pengharapan dan memenuhi kebutuhan yang mendedikasikan diripada suatu organisasi.Organisasi juga dapat mempengaruhi perilaku manusia dan perilaku manusia yang dapat mengubah organisasi dengan membentuk suatu kebiasaan yang lama kelamaan bisa menjadi suatu budaya.Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja yang mendukung perilaku organisasi di PT. Kerry Ingredients Indonesia.  Dari hasil penelitian bahwa gaya kepemimpinan dalam mendukung perilaku organisasi di PT. Kerry Ingredients Indonesia pada masa pandemi COVID-19 pemimpin melakukan perintah untuk para karyawannya untuk melakukan work from home (WFH) dan juga pemimpin menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan yaitu wajib memakai masker ketika berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Serta melakukan sosial distancing untuk memutus rantai penyebaran dan penularan COVID-19.
Analisis Pengaruh PDRB Perkapita, IPM, Kemiskinan dan Pengangguran Terhadap Migrasi Tenaga Kerja ke Luar Negeri Moh faizin faizin Faizin
Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7, No 2 (2020): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v7i2.11921

Abstract

Abstract Problems related to employment are a problem that often occurs in developing countries such as Indonesia. Placement of migrant workers abroad, in addition to contributing about the country often also provide assistance in the community specifically for migrant workers themselves. This study aims to analyze the factors that increase the workforce abroad. By using panel regression data analysis conducted in several districts in East Java for the period 2011-2018. GRDP variable per capita against TKI variables, while for other variables not. The fourth variable also shows a simultaneous and significant effect on the TKI variable.Keywords: migrant workers, GRDP, HDI, poverty, unemployment  Abstrak Permasalahan terkait ketenaga kerjaan merupakan masalah yang banyak terjadi khususnya di negara berkembang seperti Indonesia. Penempatan para pekerja migran ke luar negeri, selain memberikan sumbangan penambahan devisa bagi negara sering kali juga memberikan dampak permasalahan di masyarakat khususnya bagi sebagian pekerja migran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi migrasi tenaga kerja ke luar negeri. Dengan menggunakan analisis regresi data panel yang dilakukan di beberapa kabupaten di JawaTimur untuk periode 2011-2018. Hasil yang didapat bahwa secara parsial terdapat efek signifikan varibael PDRB perkapita terhadap variabel TKI, sementara untuk variabel yang lain tidak. Keempat variabel juga menunjukkan pengaruh simultan dan signifikan terhadap variabel TKI.Kata Kunci: pekerja migran, PDRB, IPM, kemiskinan, pengangguran
PENGEMBANGAN BUKU AJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN BERBASIS MASALAH Edutivia Mardetini; Dian Eka Amrina; Sani Safitri
Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7, No 2 (2020): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v7i2.13043

Abstract

Evaluasi Program Pembelajaran Kewirausahaan SMA Negeri 1 Prembun Kabupaten Kebumen Eko Putro Widoyoko; Sri Kustilah; Sri Endah Pamilih
Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7, No 2 (2020): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v7i2.11965

Abstract

Abstract This study aims at determining the effectiveness of the entrepreneurship instructional program at SMAN 1 Prembun, Kebumen Regency in the academic year of 2018/2019. The evaluation model used is the EKO2P model. The population of the eleventh grade students majoring in social studies in the academic year of  2018/2019 consists of 156 students. The research sample of 101 students is determined based on the sample determination table by Isaac and Michael. Sampling is done by using a sample random sampling technique. Data collection instruments use the questionnaire method, document analysis, observation and interviews. Data analysis uses descriptive analysis.The results showed that instructional quality gained a score = 2.95 belonging to good qualifications, instructional output obtained a mean score = 3.03 belonging to good qualifications, instructional outcomes obtained a mean score = 2.62 belonging to good qualifications. The overall score of the quality, output, and outcome of entrepreneurship instructional program was 2.87 belonging to good qualifications. Thus, it can be concluded that the entrepreneurship programs at SMA Negeri 1 Prembun in the academic year of 2018/2019 has been implemented successfully.Keywords : instructional quality, instructional output, instructional outcome AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pembelajaran kewirausahaan SMAN 1 Prembun Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2018/2019. Model evaluasi yang digunakan adalah model EKO2P. Populasi semua siswa kelas XI jurusan IPS tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 156 siswa. Sampel penelitian sebanyak 101 siswa ditentukan berdasarkan tabel penentuan sampel dari Isaac dan Michael. Pengambilan sampel dengan teknik sample random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode angket, analisis dokumen, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran memperoleh skor = 2,95 dengan kualifikasi baik,  output pembelajaran memperoleh rerata skor = 3,03 dengan kualifikasi  baik, outcome pembelajaran memperoleh rerata skor = 2,62 kualifikasi baik. Rerata skor secara keseluruhan dari kualitas, output dan outcome program pembelajaran  kewirausahaan sebesar 2,87 kualifikasi baik.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program pembelajaran kewirausahaan di SMA Negeri 1 Prembun Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2018/2019 telah berjalan dengan baik.Kata-kata kunci : kualitas pembelajaran, output pembelajaran, outcome pembelajaran
Pemanfaatan Limbah Kain Songket dan Jumputan Khas Sumatera Selatan Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan Masnunah Masnunah; Neta Dian Lestari; Riswan Aradea
Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7, No 2 (2020): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v7i2.12237

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini bagaimana Pemanfaatan Limbah Kain Songket dan Jumputan Khas Sumatera Selatan Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui Motivasi dan menumbuhkan jiwa berwirausaha kepada mahasiswa, dalam pemanfaatan Limbah Kain Songket dan Jumputan khas Sumatera Selatan Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan mahasiswa Semeter IV di Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2019/2020. Metode penelitian deskriptif, metode ini dijalankan dengan berbagai langkah yaitu dari perencanaan, pemprosesan, pemasaran, evaluasi sampai plow up. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan limbah kain songket dan jumputan sebagai media pembelajaran kewirausahaan rata-rata tergolong sangat tinggi yaitu sebesar 79.44%. Hal tersebut terlihat dari pertanyaan mahasiswa pada 5 indikator; merancang produk sebesar 79.36% pada kategori sangat tinggi. Indikator memproses produk sebesar 77.49%, Indikator memasarkan produk sebesar 78.67%, Indikator mengembangkan produk sebesar 79.87% dan indikator melestarikan, mempertahankan produk atau semangat sebesar 81.82% pada kategori sangat tinggi. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8