cover
Contact Name
Vina Amilia Suganda
Contact Email
vinaamilia.pgsdunsri@gmail.com
Phone
+6281273638727
Journal Mail Official
jisd@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
Kampus Indralaya Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557346     EISSN : 26856433     DOI : http://doi.org/10.36706/jisd.v8i2.15847
Core Subject : Education,
Inovasi Sekolah Dasar Journal is a journal which is managed by the Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Sriwijaya. Inovasi Sekolah Dasar Journal already has p-ISSN 2355-7346 and online version e-ISSN 2685-6433. Inovasi Sekolah Dasar Journal publishes the result of literature studies as well as research result in the scope of education in general and basic education in particular. The focus and scope of articles published in this journal include elementary school learning innovations, elementary school learning media, elementary school assessments, elementary school curriculum development, and teaching materials used in learning in elementary schools.The study cover education and learning in basic education, the studies of five areas of elementary school namely mathematics, Indonesian language, science, social studies, and civics and additional fields such as English in basic education includes the study of local content studied in the scope of basic education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar" : 10 Documents clear
PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD MITRA PGSD FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA DI PALEMBANG Toybah Toybah
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21154.304 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v4i2.8337

Abstract

Kemampuan membuat media pembelajaran oleh guru termasuk guru sekolah dasar (SD) merupakan salah satu tun¬tutan profesinya. Hal ini bertujuan agar guru memiliki inovasi dalam memberikan materi pembelajaran matematika, sehingga siswa dengan mudah memahami apa yang guru berikan. Mengingat masih rendahnya kemampuan dan minat siswa terhadap pembelajaran matematika. Pelatihan ini bertujuan untuk mengatahui kemampuan membuat dan menggunakan media pembelajaran matematika bagi guru-guru SD mitra PGSD FKIP Universitas Sriwijaya di Palembang. Materi pembelajaran matematika SD yang menjadi fokus pelatihan ini yaitu materi bilangan bulat dan pecahan. Tahapan Kegiatan terdiri dari pelatihan terbimbing dan pelatihan mandiri. Guru-guru SD Mitra yang mengikuti pelatihan ini berasal dari SD Negeri 24 dan 238 Palembang yang berjumlah 30 peserta. Hasil dari pelatihan ini setelah peserta dapat membuat dan menggunakan alat peraga yaitu dalam pelatihan ini mistar bilangan dan pecahan, akan dihasilkan diktat petunjuk pembuatan dan penggunaan alat peraga tersebut. Pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran matematika pada guru-guru SD Mitra PGSD di Palembang berdampak positif terhadap pengetahuan dan pengembangan diri pada guru, terutama dapat membantu guru untuk menanamkan konsep materi tersebut kepada siswa. Kata Kunci: Media Pembelaran Matematika, Guru-guru SD Mitra PGSD di Palembang
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PENGUMUMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Lidia Wati
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.642 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v4i2.8344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelaja­ran Pair Check terhadap keterampilan menyimak pengumuman siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SD Negeri 24 Palembang. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Pair Check (X) dan keterampilan menyimak (Y). Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV A dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas IV C SD Negeri 24 Palembang. Instrumen penelitian yang diguna­kan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Berdasarkan hasil ujinya data pretest dan posttest  tersebut berdistri­busi normal dan bersifat homogen. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t. Sete­lah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh thitung = 2,75 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 1,9 sehingga terlihat bahwa thitung ? ttabel. Oleh karena itu, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Check efektif digunakan dalam pembelajaran me­nyimak pengumuman siswa kelas IV A SD Negeri 24 Palembang. Kata-kata kunci: Keefektifan, model pembelajaran Pair Check, keterampilan menyimak
PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMA INDAHNYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL INDEX CARD MATCH KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG Huda Warohma
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.628 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v4i2.8340

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Index Card Match pada tema Indahnya Negeriku di kelas IV SD Muhammadiyah 6 Palembang, yang meliputi: (1) pelaksanaan pembelajaran, dan (2) keterlibatan siswa dalam pembelajaran di kelas IV SD Muhammadiyah 6 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IVa dan siswa kelas IVa yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada saat pelaksanaan pembelajaran guru melakukan model Index Card Match dengan baik. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 90,3 pada subtema Keindahan Alam Negeriku dan 90,8 pada subtema Indahnya Peninggalan Sejarah yang termasuk dalam kategori sangat baik, karena telah mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah sehingga siswa dinyatakan tuntas. Dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan guru kelas IVa SD Muhammadiyah 6 Palembang sudah baik. Kata kunci: Model Index Card Match, keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan nilai hasil belajar siswa.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TIGA DIMENSI DI KELAS IV SDN 110/I TENAM MOHAMAD MUSPAWI
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.764 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v4i2.8336

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 110 / I Muarabulian dengan menggunakan media gambar tiga dimensi. Dalam prakteknya, masih ada kesulitan guru yang berpengalaman, kesulitan dalam mengkondisikan suasana kegiatan kelompok, karena ada siswa yang tidak fokus pada proses pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, melalui prosedur penelitian, perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi, analisis dan refleksi. Untuk menganalisa rumus persentase yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama persentase hasil belajar siswa sebesar 46% dalam kriteria penilaian cukup, siklus kedua menjadi 62,5% pada kriteria penilaian dan Siklus III sampai 83% dalam kriteria penilaian sangat baik. Kesimpulannya, bahwa penggunaan media gambar tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di mata pelajaran sains dalam tampilan material permukaan bumi. Maka disarankan dalam proses pembelajaran sains, terutama tampilan bahan permukaan bumi untuk menggunakan media gambar tiga dimensi yang meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: hasil belajar, perubahan kenampakan permukaan bumi, media gambar tiga dimensi
PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IVB SD NEGERI 24 PALEMBANG Qodarianti Rahma
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.843 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v4i2.8345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV SD Negeri 24 Palembang, pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media Teka – Teki Silang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 24 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B, yang berjumlah 34 orang, terdiri dari 22 siswa laki – laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016 / 2017. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran IPS di SD Negeri 24 Palembang yaitu 63 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 61% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 71, sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan sebesar 82% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 79. Dari hasil yang telah didapatkan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Teka-Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahan Sosial (IPS). Kata kunci: ilmu pengetahuan sosial (IPS), media teka-teki silang, hasil belajar siswa.
PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SDN 64/I MUARA BULIAN Arsil Arsil
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.924 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v4i2.8341

Abstract

Kepramukaan merupakan kegiatan di alam terbuka yang di dalam pelaksanaannya banyak mengandung kegiatan yang menyenangkan dan penuh dengan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendsekripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah. Penelitian ini dilakukan terhadap dua regu anggota penggalang putra dan anggota penggalang putri sebagai subjek penelitian di SD Negeri 64/I Muara Bulian. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengumpulkan data menggunakan lembar observasi, melakukan wawancara tidak terstruktur atau bebas dan dokumentasi kegiatan baik kegiatan yang sudah berlangsung maupun kegiatan yang sedang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini dapat membentuk karakter peserta didik, terutama karakter disiplin dan tanggung jawab. Sedangkan untuk karakter religius yang diharapkan dapat terbentuk belum terlihat dimiliki peserta didik dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan peserta didik selalu melaksanakan ibadah di sekolah. Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Karakter Siswa
TEKNIK-TEKNIK YANG DILAKUKAN GURU DALAM MEMBUKA PELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI 57 PALEMBANG Ummu Hani
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.759 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v4i2.8346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik guru dalam menarik perhatian, membuat siswa termotivasi, memberi acuan dan mengaitkan materi pelajaran. Subjek penelitiannya adalah guru kelas IV.A, IV.B, dan IV.C di SD Negeri 57 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa teknik guru dalam membuka pelajaran di kelas IV SD Negeri 57 Palembang telah baik. Teknik guru dalam menarik perhatian berada pada kategori sangat baik. Teknik guru dalam menimbulkan motivasi berada pada kategori baik. Teknik guru dalam memberi acuan berada pada kategori cukup. Teknik guru dalam mengaitkan materi pelajaran berada pada kategori baik. Dari sejumlah teknik tersebut, mengemuka­kan ide bertentangan pada teknik menimbulkan motivasi dan membandingkan atau mempertentangkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang diketahui pada teknik mengaitkan materi dikategorikan kurang. Jika dilihat berdasarkan pengalaman mengajar atau masa kerja, pengala­man mengajar guru yang masih baru mendapat jumlah nilai terbesar dimana guru masih mem­punyai semangat tinggi dalam meningkatkan kompetensi profesional, namun tetap saja jumlah nilai ketiga guru dalam  membuka pelajaran berada pada kategori baik.Kata Kunci : teknik-teknik, guru, membuka pelajaran
PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS III SD NEGERI 166 PALEMBANG Ariska Setiana
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.694 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v4i2.8342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaranseni budaya dan keterampi­lan di kelas III SD Negeri 166 Palembang tahun ajaran 2016/2017. Menca­kup perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajar­an seni keterampilan di Kelas III SD Negeri 166 Palembang. Peneliti menggunakan design penelitan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunak­an adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IIIB dan siswa kelas IIIB yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan mela­lui dokumentasi (RPP guru dan rekaman video), wawancara dan observasi. Se­lama penelitian, peneliti merekam proses pembelajaran dan mengisi lembar obser­vasi guru yang meliputi lembar penilaian perencanaan pembelajaran, dan pelaksana­an pembelajaran. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah,guru ke­las dan peserta didik mengenai pembelajaran SBK.  Berdasarkan nilai hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada pertemuan pertama 79 dan pertemuan kedua di­peroleh rata-rata 81 yang termasuk dikategorikan baik.Telah mencapai KKM ya­ng ditetapkan oleh sekolah sehingga peserta didik dinyatakan tuntas.  Evaluasi telah dilaksanakan oleh guru namun belum maksimal pada penilaian hasil karya siswa. Kata kunci: Pembelajaran seni budaya dan keterampilan, seni keterampilan
PENGARUH MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NO 135/VII PASAR SINGKUT KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Yantoro Yantoro
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.772 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v4i2.8343

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar motivasi dan kebiasaan belajar mempengaruhi hasil belajar matematika kelas V SD No 135/VII Pasar Singkut tahun pelajaran 2013/2014. Sedangkan tujuan penelitian yaitu ingin mendeskripsikan pengaruh antara motivasi terhadap hasil belajar, kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, motivasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Regresi ganda pada variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar Fhitung > Ftabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD No 135/VII Pasar Singkut tahun pelajaran 2013/2014 sebesar 28,52% dan 71,48% dipengaruhi variabel lain. Kata Kunci: motivasi, hasil belajar
ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 11 KOTA LANGSA Nuryanis Nuryanis
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.173 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v4i2.8339

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 sejak beberapa tahun lalu perlu dievaluasi apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau belum. Oleh karena itu, perlu kiranya dilakukan penelitian untuk mengungkap pelaksanaan kurikulum 2013 ini pada sekolah yang telah menerapkannya, salah sekolah tersebut adalah di SD Negeri 11 Kota Langsa. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah guru kelas I dan guru kelas IV SD Negeri 11 Kota Langsa. Penyampelan menggunakan teknik purpose random sampling, yaitu guru yang telah menerapkan kurikulum 2013 di kelasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SD Negeri 11 Kota Langsa  memperoleh nilai  rata-rata 84,6. Nilai tersebut  berada pada peringkat baik. Meskipun demikian, peningkatan masih perlu dilakukan karena ada beberapa indikator yang diamati belum dilaksanakan dengan maksimal oleh guru. Kata Kunci: analisis, pelaksanaan pembelajaran, kurikulum 2013, pendekatan tematik terpadu, pendekatan saintifik

Page 1 of 1 | Total Record : 10