cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
AKSIOMA
ISSN : 20862725     EISSN : 25797646     DOI : -
Core Subject : Education,
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika" : 16 Documents clear
Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) Berbantuan Kartu Soal terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Umi Sya'adah; Sutrisno Sutrisno; Nurina Happy
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i2.15073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TGT berbantuan kartu soal efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Quasi Eksperimental Design berbentuk Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pegandon tahun ajaran 2022/2023. Melalui teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Multivariat, Uji Homogenitas Matriks Kovarian, Uji Hotelling T2 dan Uji t. Pada analisis awal, yang diambil dari nilai ulangan harian dan lembar angket minat belajar siswa, menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen. Pada analisis data akhir, yang diambil dari nilai posttest dan angket minat belajar siswa, menunjukan hasil bahwa minat belajar dan hasil belajar siswa pada model pembelajaran TGT berbantuan kartu soal lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan kartu soal efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Metode Peramalan Gusmi Kholijah; Corry Sormin; Gusmanely Z
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i2.16253

Abstract

Pendidikan tinggi memiliki tujuan terhadap capaian kualitas lulusan mahasiswa dalam bentuk sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan. Pencapaian kualitas lulusan direalisasikan dalam mata kuliah yang diajarkan dalam perkuliahan yang dilaksanakan. Salah satunya dengan mengembangkan capaian pembelajaran mata kuliah melalui penelitian terhadap pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan harus menumbuhkan skill mahasiswa, sehingga pembelajaran yang diadakan berbasis kepada proyek. Pembelajaran dilakukan dengan proyek pada mata kuliah metode peramalan. Metode Peramalan memiliki capaian mata kuliah berupa keahlian dalam analisis data. Mata kuliah ini dapat dikerjakan dalam bentuk proyek pada topik analisis regresi sederhana, regresi berganda dan regresi dummy. Pelaksanaan proyek dikerjakan oleh mahasiswa dalam skema team-based yang dilaksanakan dalam bentuk tim. Kemudian mata kuliah ini juga dilaksanakan dalam bentuk penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk Capaian Pembelajaran Mata Kuliah, Silabus dan Kontrak Perkuliahan, Rencana Pembelajaran Semester, Rencana Tugas Project Mahasiswa atau Lembar Kerja Project Mahasiswa, Lembar Penilaian Hasil Belajar sesuai dengan model pembelajaran berbasis proyek, soal ujian serta rubrik penilaian yang telah di-review. Kemudian hasil evaluasi melalui indikator motivasi belajar dan indikator aktivitas belajar mahasiswa diperoleh bahwa persepsi yang baik terhadap kegiatan model pembelajaran Metode Peramalan menggunakan projek. Hasil angket persepsi tersebut dianalisis dengan uji reliabilitas, didapatkan nilai cronbach’s alpha sebesar 0,799. Nilai ini mengartikan bahwa reliabilitas mata kuliah metode peramalan tinggi. Hal ini menyampaikan bahwa angket persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah metode peramalan tinggi.
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Perbandingan Pada Siswa Kelas V Anggun Cintya Dewantari; F. Soufika Hilyana; Diana Ermawati
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i2.16315

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yaitu adanya siswa yang kurang bersemangat dalam menyelesaikan soal cerita, ada beberapa siswa yang dalam menyelesaikan soal matematika masih bingung dalam menyelesaikan soal dengan cara/langkah yang berbeda-beda, selain itu siswa cenderung malas untuk menyelesaikan soal secara mandiri dengan langkah yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam kategori tinggi dalam kemampuan matematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilakukan di SD 1 Peganjaran. Dua orang siswa kelas V dan seorang guru kelas V yang menjadi informan dalam penelitian tersebut. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Efektifitas Media Plastisin Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pecahan Kelas II SDIT Makarimal Akhlaq Achmad Nazarudin
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i2.16108

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika, disebabkan karena kurangnya variasi strategi pembelajaran dalam mengajar berupa media pembelajaran. Proses pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran sehingga kurangnya partisipati siswa dalam belajar, sehingga mengakibatkan pemahaman konsep siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media plastisin terhadap pemahaman konsep materi pecahan kelas II SDIT Makarimal Akhlaq. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDIT Makarimal Akhlak yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Jadi, sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDIT Makarimal Akhlaq yang berjumlah 17 siswa atau diperoleh sejumlah dengan populasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis data yang mencakup uji hipotesis dan uji t. Diperoleh thitung> ttabel dengan diperoleh hasil 6,503 > 1,746, maka menunjukan terdapat perbedaan pemahaman konsep antara sebelum dan sesudah menggunakan media plastisin. Diperoleh hasil sig= 0,000 yang berarti lebih 0,000 < 0.05, maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, maka diperoleh hasil bahwa penggunaan media plastisin efektif  terhadap pada pemahaman konsep siswa materi pecahan di kelas II SDIT Makarimal Akhlaq.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bedilius Gunur; Apolonia Hendrice Ramda; Anjelina Riska; Maximus Tamur
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i2.16102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem solving berbantuan Geogebra dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri yang berjumlah 54 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbantuan geogebra lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional
Implementasi Model Direct Instruction dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Siswa Hanung Unggul Prastawa; Sutrisno Sutrisno; Sri Hastuti
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i2.15900

Abstract

Tujuan utama seorang guru saat mengajar di kelas adalah mencapai prestasi belajar siswa yang optimal, namun berdasarkan hasil observasi di kelas X-J MAN 2 Kota Semarang pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 prestasi belajar hanya 54,29% siswa yang nilai matematikanya ≥75 dari total 35 siswa, serta minat belajar matematika yang rendah dengan persentase 54,79%. Salah satu faktornya adalah penggunaan model pembelajaran ekspositori oleh guru yang masih menjadi penyebab, sehingga diperlukan adanya inovasi dalam model pembelajaran guna meningkatkan prestasi dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar matematika siswa melalui model Direct Instruction (DI) dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Tahapan penelitian ini yaitu (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan atau observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu (1) Tes prestasi belajar, (2) Angket minat belajar matematika, dan (3) observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil analisis pada penelitian ini ditemukan bahwa ketuntasan tes prestasi belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 65,71% dan pada siklus II sebesar 77,14% artinya terjadi peningkatan prestasi belajar dengan persentase 11,43%. Persentase angket minat belajar pada siklus I yaitu 65,07% dan pada siklus II yaitu 70,57% sehingga terjadi peningkatan 5,5% pada minat belajar matematika. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran DI dengan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar matematika siswa.Kata kunci: Direct Instruction; Inkuiri Terbimbing; Prestasi Belajar; Minat Belajar
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Kelas XI Enggri Deka Putra; Desi Rahmatina; Febrian Febrian
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i2.16243

Abstract

Penelitian mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan  kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Peneliti ini memakai jenis kualitatif bersifat studi kasus. Guna memperoleh nilai, riset memakai teknis angket, tes, serta wawancara. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisa data, Siswa dengan gaya belajar visual  mendapat kesulitan menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dengan 3 indikator. Siswa dengan gaya belajar auditorial mengalami kesulitan saamenjawab soal pemecahan masalah matematis dengan 4 indikator. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mendapat kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dengan 2 indikator. 
Perbandingan Regresi Logistik dan Random Forest pada Klasifikasi Cuaca Wilayah Jawa Tengah Niken Larasati
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i2.15985

Abstract

Cuaca merupakan salah satu aspek penting yang berpengaruh terhadap aktivitas manusia. Adanya perubahan cuaca yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti suhu, kelembapan udara, kecepatan angin, arah angin, waktu, dan lokasi, menjadikan pentingnya untuk mengetahui kemungkinan cuaca yang akan terjadi guna menghindari dan mempersiapkan solusi dari dampak yang ditimbulkan. Kemungkinan cuaca yang akan terjadi dapat ditentukan dengan lebih akurat menggunakan metode klasifikasi cuaca yang baik. Pada penelitian ini metode klasifikasi yang digunakan adalah regresi logistik dan random forest. Peneliti membandingkan kedua metode tersebut menggunakan data cuaca di wilayah Jawa Tengah yang dibagi dalam tiga proporsi data latih yang berbeda, yaitu 60%, 70% dan 80%, dan evaluasi modelnya menggunakan nilai area under curve (AUC). Rata-rata AUC dari metode regresi logistik dan random forest berturut-turut adalah 0,6923 dan 0,7419. Berdasarkan hasil analisis kedua metode tersebut, nilai AUC tertinggi didapatkan dari hasil klasifikasi menggunakan metode random forest.Kata kunci: klasifikasi cuaca; regresi logistik; random forest; AUC
Regresi Data Panel Pada Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah Di Provinsi Jambi Andi Zakiyah Ramadhana; Corry - Sormin; Sufri - -
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i2.16236

Abstract

Tingkat kemandirian daerah sangat bergantung pada potensi pendapatan yang ada di daerah. Salah satu sumber pendapatan daerah adalah pendapatan asli daerah. Rasio pendapatan asli daerah di Provinsi Jambi terhadap pendapatan daerah hanya sebesar 10,34% sementara sebesar 71,74% berasal dari dana perimbangan. Situasi ini menunjukkan bahwa pemerintah di Provinsi Jambi belum mandiri dan masih sangat bergantung kepada pemerintah pusat melalui dana perimbangan. Tahapan analisis yang dilakukan yaitu melakukan estimasi parameter dengan common effect model, fixed effect model dan random effect model. Selanjutnya, uji model regresi dengan menggunakan uji Chow dan uji Hausman. Setelah terpilih model regresinya kemudian lakukan uji asumsi. Apabila asumsi telah terpenuhi maka dilanjutkan dengan uji Goodness of fit yaitu uji kelayakan model dengan uji rasio likelihood dan uji parsial dengan uji t. Hasilnya diperoleh regresi data panel untuk Fixed Effect Model dengan tiga variabel yaitu pengeluaran pemerintah, jumlah wisatawan dan sektor petanian. Nilai koefisien determinasi sebesar 93,45% menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah, jumlah wisatawan dan sektor pertanian mampu menjelaskan pendapatan asli daerah sebesar 93,45% dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar model. Nilai koefisien variabel pengeluaran pemerintah bernilai positif sebesar , koefisien dari variabel jumlah wisatawan bernilai negatif yaitu sebesar  dan koefisien variabel sektor pertanian bernilai positif sebesar .
Respon Penggunaan E-LKPD Berbasis STEM Kearifan Lokal Bernuansa Pendidikan Karakter Materi Lingkaran Kelas VIII Istiqomah Yuliani; Martyana Prihaswati; Venissa Dian Mawarsari
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i2.15915

Abstract

Salah satu pengaruh keberhasilan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan adalah media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa dapat membantu dalam mempelajari konsep matematika yang disajikan. Oleh karena itu sangat penting untuk mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa yang bisa dipelajari secara mandiri maupun praktis digunakan saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif di MTS Muhammadiyah 03 Ngargosari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan E-LKPD berbasis STEM tema kearifan lokal bernuansa pendidikan karakter materi lingkaran kelas VIII. Pengumpulan data didapatkan dari lembar respon guru dan lembar respon siswa yang bernilai interval 1-4 kemudian diakumulasikan sesuai analisis kepraktisan dan diintepretasikan ke data deskriptif. Berdasarkan analisis uji kepraktisan, uji coba kelompok kecil dilaksanakan oleh 10 siswa kelas IX mendapatkan rerata 87% dengan kategori praktis. Hasil uji lapangan berdasarkan penilaian 19 siswa kelas VIII mendapatkan rerata 85% dengan kategori praktis, sedangkan berdasarkan penilaian 2 guru pengampu matematika mendapatkan rerata 90% dengan kategori sangat praktis. Rerata uji lapangan secara keseluruhan mendapatkan nilai 87% dengan kategori praktis. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis STEM tema kearifan lokal bernuansa pendidikan karakter materi lingkaran kelas VIII praktis dan dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 3 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 3 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 2 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2018): AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2/september (2014): aksioma Vol 5, No 2/septembe (2014): aksioma Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 4, No 2/Septembe (2013): AKSIOMA Vol 4, No 2/September (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 2, No 2/Septembe (2011): AKSIOMA Vol 2, No 2/September (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 1, No 2/September (2010): AKSIOMA Vol 1, No 2/Septembe (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA More Issue