cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
ISSN : 20862407     EISSN : 2549886X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and learning Physics research results that have been achieved, both at school and in college.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2011): SEPTEMBER 2011" : 8 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL TEAM TEACHING PADA SISWA KELAS XII IPA 2 SMA N 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2009-2010 M. Yasin Kholifudin
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2 (2011): SEPTEMBER 2011
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v2i2/septembe.134

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk meningkatkanmotivasi belajar melalui pembelajaran model team teachingpada siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 2 Kebumen. 2) Untukmeningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran model teamteaching pada siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 2 Kebumen. 3)Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melaluipembelajaran model team teaching pada siswa kelas XII IPA2SMA Negeri 2 Kebumen.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan3 siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas XII IPA2 yangberjumlah 40 siswa: 12 laki-laki dan 28 perempuan.Dari analisis data dapat disimpulkan:1).Meningkatanmotivasi belajar siswa;indikator siswa lebih konsentrasi untukmengikuti proses belajar mengajar, mempunyai buku catatanyang baik dan lengkap serta selalu siap mengikuti pelajaranfisika.2). Meningkatan hasil belajar siswa, dari tahapan sikluspertama, siklus kedua dan siklus ketiga hasil belajar siswameningkat dengan hasil 100% lulus UN, nilai rata-rata kelas8,01. 3). Meningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.Motivasi belajar siswa setelah diberi perlakuanmeningkat darirata-rata skor angket 77,83 menjadi 86,50 dandari sikluspertama, siklus kedua dan siklus ketiga hasil belajar siswameningkat diperoleh hasil 100% lulus UN, nilai rata-rata kelas8,01 dengan klasifikasi A (sangat baik).?é?áKata Kunci: Team Teaching, motivasi belajar, hasil belajar UN
PENGARUH PEMBELAJARAN MAKE A-MATCH DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/2011 Uswatun Khasanah
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2 (2011): SEPTEMBER 2011
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v2i2/septembe.135

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuiadakah perbedaan pemahaman siswa yang dikenai modelpembelajaran aktif menggunakan metode make a-match dansiswa yang dikenai model pembelajaran aktif menggunakanmetode index card match pada siswa kelas X SMA InstitutIndonsia Semarang tahun ajaran 2010/2011.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas Xdari X1 sampai X8 SMA Institut Indonsia Semarang tahun ajaran2010/2011 . Dengan teknik cluster random sampling terpilih duakelas sebagai sampel yaitu kelas X2 sebagai kelas kontrol dankelas X4 sebagai kelas eksperimen.Berdasarkan hasil perhitungan anava satu jalur diperolehFhitung= 7,18 dan Ftabel= 7,11. Hal tersebut menunjukkan bahwaFhitung >Ftabel maka Ho ditolak. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaran aktif menggunakanmetode make a-match lebih berpengaruh terhadap pemahamansiswa pada pokok bahasan suhu dan kalor kelas X semester 2SMA Institut Indonsia Semarang dibandingkan dengan yangmenggunakan model pembelajaran aktif menggunakan metodeindex card match. Untuk itu Pembelajaran aktif menggunakanmetode make a-match perlu terus diterapkan dan dikembangkanpada materi yang lain agar penguasaan pemahaman siswaterhadap materi lebih meningkat.?é?áKata kunci: Pembelajaran aktif, pemahaman konsep, make amatch,index card match.
MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU FISIKA KOTA SEMARANG PASCA SERTIFIKASI MELALUI MGMP Affandi Faisal Kurniawan; Ngurah Ayu Nyoman Murniati; Nur Khoiri
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2 (2011): SEPTEMBER 2011
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v2i2/septembe.131

Abstract

Pengakuan kinerja profesi dalam bentuk sertifikat pendidik tidaksaja memvonis seorang guru mumpuni diatas segalanya, tetapi jugamembuat arogansi tersendiri. Pengakuan sebagai agen pembelajaranyang profesional memang hanya bergantung pada selembarpenghargaan sertifikat pendidik.Permusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakahdeskripsi pengembangan kompetensi profesional guru fisika pascasertifikasi di kota Semarang ? Bagaimanakah model pengembanganguru fisika pasca sertifikasi di kota Semarang ? Tujuan yang akandicapai pada penelitian ini adalah mengetahui gambaranpengembangan kompetensi profesional guru fisika pasca sertifikasi dikota Semarang.Model pengembangan guru pasca sertifikasi dilakukan denganmenggunakan model Jigsaw yang tergambar dalam skema kegiatanMGMP, dilengkapi dengan sintaks, alokasi waktu dan monitoringserta pengawasan. Uji ahli dan praktisi sebanyak 6 orang. 1 orangmenyatakan model berada dalam kriteria sangat baik (1 orang daritim ahli), 4 orang menyatakan baik (1 tim ahli , 3 praktisi), dan 1orang dari tim praktisi menyatakan cukup. Berdasarkan uji ahli danpraktisi tersebut maka model ini dapat diimnplementasikan dalamkegiatan MGMP. Oleh karena keterbatasan waktu dan biaya maka ujicoba dan implementasi tidak dapat dilaksanakan.?é?áKata Kunci: pekerja profesi, perbaikan guru,fasilitas belajar,kompetensi guru, sertifikasi, MGMP
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPA DARI PENGOLAHAN LIMBAH KERTAS UNTUK PEMBELAJARAN LISTRIK STATIS Cikanawati ikip pgri semarang
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2 (2011): SEPTEMBER 2011
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v2i2/septembe.136

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelola sampahsecara tepat sehingga dapat mengurangi volume sampah yangada dimasyarakat dan membuat produk dari pengolahansampah dibidang pendidikan untuk meningkatkan keberhasilanpembelajaran.Kegiatan awal dalam penelitian dan pengembangan yaitustudi pustaka dan dilanjutkan dengan pengembangan. Langkahlangkahdalam penelitian R&D yang digunakan dalam skripsiini yaitu (1) potensi dan masalah. (2) pengumpulan data. (3)desain produk. (4) validasi desain. (5) revisi desain. (6) uji cobaproduk. (7) produk.Menurut uji ahli yang berkompeten kriteria pembelajaran,analisis angket didapatkan kategori kriteria pembelajaransebesar 80% yaitu termasuk dalam kriteria baik. Untuk kategorikriteria tampilan sebesar 60% termasuk dalam kriteria cukupbaik, sedangkan untuk indikator kriteria teknis sebesar 60%termasuk dalam kriteria cukup baik. Kemudaian untuk uji ahliyang kedua terdapat peningkatan untuk kriteria tampilan danteknis. Angket untuk ahli materi didapatkan indikator kriteriapembelajaran didapatkan 93% termasuk dalam kriteria baik.Untuk indikator kriteria tampilan didapatkan hasil 90%termasuk dalam kriteria baik. Sedangkan untuk indikatorkriteria tampilan didapatkan 74,2% termasuk dalam kriteriacukup baik. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu melaluipengembangan didapatkan produk baru dari alat peraga yangberbentuk tiga dimensi.?é?áKata kunci: pengembangan, alat peraga, limbah,pembelajaran, listrik statis
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING EFEK DOPPLER SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PEMBELAJARAN FISIKA YANG MENYENANGKAN Lukita Yuniati
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2 (2011): SEPTEMBER 2011
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v2i2/septembe.130

Abstract

Media pembelajaran mobile learning dikembangkan denganformat multimedia yang menyajikan teks, gambar, audio, dan animasi.Konsep-konsep yang bersifat abstrak dalam pelajaran Fisika dapatdivisualikasikan dengan bantuan simulasi dan diaplikasikan dalamHP. Konsep pembelajaran mobile learning diharapkan dapatmendorong terwujudnya pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif,efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot (PAIKEM GEMBROT).Potensi dan prospek pengembangan mobile learning ke depan sangatterbuka lebar mengingat kecenderungan masyarakat yang semakindinamis dan mobile serta tuntutan kebutuhan pendidikan yangberkualitas dan beragam.Kata kunci : media, mobile learning, efek dopler, menyenangkanMedia pembelajaran mobile learning dikembangkan denganformat multimedia yang menyajikan teks, gambar, audio, dan animasi.Konsep-konsep yang bersifat abstrak dalam pelajaran Fisika dapatdivisualikasikan dengan bantuan simulasi dan diaplikasikan dalamHP. Konsep pembelajaran mobile learning diharapkan dapatmendorong terwujudnya pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif,efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot (PAIKEM GEMBROT).Potensi dan prospek pengembangan mobile learning ke depan sangatterbuka lebar mengingat kecenderungan masyarakat yang semakindinamis dan mobile serta tuntutan kebutuhan pendidikan yangberkualitas dan beragam.Kata kunci : media, mobile learning, efek dopler, menyenangkan
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR GETARAN DAN GELOMBANG Haryanto ikip pgri semarang
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2 (2011): SEPTEMBER 2011
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v2i2/septembe.137

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adakahperbedaan pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort danIndex Card Match terhadap prestasi belajar pada materigetaran dan gelombang siswa kelas VIII Semester 2 MTsFutuhiyyah 1 Mranggen Demak Tahun Ajaran 2010/ 2011.Hasil dari tes prestasi belajar kedua kelas dilakukan ujinormalitas, uji homogenitas dan uji Kesamaan dua rata-rata/ujihipotesis menunjukkan bahwa kedua kelas berdistibusi normaldan tidak ada perbedaan varians atau kedua kelas tersebuthomogen. Serta ditunjukkan bahwa thitung = 2,461 dan ttabel =1,66. Karena thitung > ttabel berarti thitung berada pada daerahpenerimaan Ha. Setelah dilakukan pembuktian antar dua sampeldengan uji t tersebut diperoleh rata-rata hasil tes untuk kelasVIII-A sebesar 74,073 sedangkan rata-rata hasil tes pada kelasVIII-B sebesar 69,756 sehingga dapat disimpulkan bahwa adaperbedaan pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort danIndex Card Match terhadap prestasi belajar pada materigetaran dan gelombang siswa kelas VIII Semester 2 MTsFutuhiyyah 1 Mranggen Demak Tahun Ajaran 2010/ 2011 dandari hasil prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaranStrategi Pembelajaran Aktif Index Card Match lebih baikdaripada prestasi belajar siswa yang menggunakan StrategiPembelajaran Aktif Card Sort.?é?áKata kunci: strategi pembelajaran aktif card sort dan indexcard match, prestasi belajar
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA DIAGRAM ALIR KALOR BAGI SISWA KELAS SEPULUH SATU SMA 4 KOTA TEGAL Bambang Setiawan
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2 (2011): SEPTEMBER 2011
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v2i2/septembe.132

Abstract

Penelitian melalui Penelitian Tindakan Kelas inimempunyai tujuan meningkatkan hasil belajar Fisika di SMANegeri 4 Tegal pada umumnya dan meningkatkan hasil belajarFisika perhitunhan asa Black kelas sepuluh satu padakhususnya.Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua yaitu bulanJanuari sampai Juni 2011 (enam bulan) di lokasi SMA N 4Tegal, dimana peneliti bertugas mengajar. Adapun yangmenjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X(sepuluh)SMA N 4 Tegal.Dari hasil pengamatan diperoleh hasil penelitian, antaralain adanya peningkatan tindakan dari pembelajaran tanpamenggunakan alat peraga, menggunakan alat peraga dalamkelompok besar, meningkat lagi menggunakan alat peraga Ndalam kelompok kecil. Peningkatan hasil belajar dari nilai ratarataawal31,76 meningkat menjadi 54,24 dan meningkat lagimenjadi 65,90. Dalam proses pembelajaran terlihat adanyapeningkatan dari situasi awal siswa tidak aktif, meningkatmenjadi pembelajaran siswa aktif. Hal ini dikarenakan adanyaalat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran, yangmembantu siswa memahami konsep yang diajarkan, yaitudengan menggunakan diagram alir kalor.?é?áKata kunci : peningkatan, hasil belajar,pemanfaatan,media
KAJIAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU IPA DI SMP KOTA SEMARANG Ngurah Ayu NM; Susilawati ikip pgri semarang; Siti Patonah
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2 (2011): SEPTEMBER 2011
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v2i2/septembe.133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambarantentang kompetensi profesional guru SMP di kota Semarang.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukankebijakan dan pertimbangan untuk dikembangkan mengenaikompetensi profesional guru SMP di kota Semarang terhadappembelajaran IPA terpadu, dapat memperkaya wawasansehingga terpacu untuk selalu meningkatkan kompetensiprofesional khususnya terhadap pembelajaran IPA terpaduserta berupaya meningkatan kualitas proses pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru-guruSMP di kota Semarang tahun ajaran 2010/2011. Teknikpengampilan sampel dengan purposive sampling method.Pengumpulan data kompetensi profesional melalui kuisionerdan wawancara. Data penelitian dianalisis dengan analisisdeskriptif.Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata kompetensiprofessional guru 5,85. Tingkat kompetensi professional guruIPA di SMP kota Semarang termasuk dalam kategori cukup, halini berarti bahwa kompetensi professional guru di kotaSemarang masih memerlukan peningkatan kualitasnya.?é?áKata Kunci: Kompetensi profesional, Guru IPA

Page 1 of 1 | Total Record : 8