cover
Contact Name
Wiwin Hartanto
Contact Email
wiwinhartanto@unej.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpe.fkip@unej.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Published by Universitas Jember
ISSN : 19079990     EISSN : 25487175     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and business.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2019): September 2019" : 20 Documents clear
STRATEGI SALURAN DISTRIBUSI OBAT TRADISIONAL PADA PT KARYA PAK OLES TOKCER Erina Diah Nur'aini; Sri Wahyuni; Joko Widodo
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 2 (2019): September 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i2.10680

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi saluran distribusi yang diterapkan pada PT Karya Pak Oles Tokcer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dan informan penelitian yaitu kepala cabang Jember, kepala unit Probolinggo, Team Leader (TL), SPG dan penjaga counter. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menentukan strategi saluran distribusi perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya pasar, produk, perantara, dan perusahaan. Sehingga dapat diketahui strategi saluran distribusi intensiflah yang diterapkan oleh PT Karya Pak Oles Tokcer dengan menggunakan saluran distribusi tidak langsung yang terdiri dari satu tingkat perantara yaitu pengecer. Pengecer yang digunakan yaitu Sales Promotion Group (SPG), counter penjualan dan apotik. Pengecer tersebut dipilih perusahaan untuk mendistribusikan produk hingga ke konsumen akhir. Strategi yang digunakan oleh PT Karya Pak Oles Tokcer untuk apotik yaitu dengan memberikan potongan harga sebesar 20%, sehingga produk yang terjual kepada konsumen akhir sama Kata Kunci: Strategi Saluran Distribusi
EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SUMBER KEJAYAN KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER Nurul Infitah; Sukidin Sukidin; Wiwin Hartanto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 2 (2019): September 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i2.11346

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas PKH pada aspek input, proses dan output di Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Sumber Kejayan yang terdiri dari 84 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumen dan observasi dengan teknik analisis data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKH di Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember telah efektif pada aspek input, proses dan output bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial. Persentase hasil penelitian pada aspek input menunjukkan hasil sebesar 68,3%, aspek proses sebesar 84% dan output bidang pendidikan untuk kriteria anak usia sekolah didaftarkan di satuan pendidikan sebesar 99% dan persentase kehadiran anak usia sekolah sebesar 88% serta kesejahteraan sosial sebesar 84%. Sedangkan pada aspek output bidang kesehatan pada kategori KPM usia 1-5 tahun belum efektif. Hal itu dikarenakan dari 8 (delapan) kriteria terdapat 2 (dua) kriteria responden yang memiliki anak usia 0-11 bulan yang tidak sesuai dengan persentase yang diharapkan. Kriteria tersebut adalah frekuensi Ibu yang kurang dalam memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan pada masa nifas sebesar 44% dan kriteria tentang frekuensi yang kurang pada pemeriksaan kesehatan bayi 0-1 bulan di fasilitas kesehatan sebesar 32%. Kemudian indikator output PKH yang belum efektif juga terdapat pada pola makan anak usia 1-5 tahun dalam kesehariannya yang belum memenuhi 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna yaitu sebesar 40%.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GALLERY BATIK SISIKMELIK KABUPATEN BANYUWANGI Mita Lestari; Joko Widodo; Mukhamad Zulianto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 2 (2019): September 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan teridiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi dalam memperkenalkan produknya kepada masyarakat menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Adapun strategi komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan yaitu periklanan melalui media cetak, media elektronik, dan media internet. Kegiatan penjualan personal dilakukan oleh pemilik dan karyawan Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Promosi penjualan yang dilakukan yaitu dengan memberikan voucher belanja, diskon dan mengikuti kegiatan yang diadakan pemerintah daerah seperti Banyuwangi Ethno Carnival dan Banyuwangi Batik Festival. Hubungan yang baik juga dijalin oleh Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi, baik dengan masyarakat maupun konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan citra baik dari masyarakat. Selain itu, produsen juga memasarkan produknya secara langsung kepada masyarakat tanpa melalui distributor atau perantara. Pemasaran via internet juga dilakukan oleh Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi yakni melalui instagram, dan facebook.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 2 SMAN PAKUSARI JEMBER (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Khusus Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019) Siti Halimatus Sa'dia; Titin Kartini; Sri Kantun
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 2 (2019): September 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i2.11347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbalik dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 SMAN Pakusari Jember pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal khusus semester genap tahun ajaran 2018/2019, serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 SMAN Pakusari Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yakni tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbalik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 SMAN Pakusari Jember pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal khusus semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa mencapai skor rata-rata 2,4 pada kategori sedang dan meningkat sebesar 0,9 menjadi 3,3 pada kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang didapat dari tugas studi kasus dan ulangan harian pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 79,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 79,4%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,1 dan ketuntasan klasikal sebesar 88,2%.
ANALISIS KONSEPTUAL TEORETIK PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI SOLUSI DAMPAK ERA INDUSTRI 4.0 DI INDONESIA Sumarno Sumarno; Gimin Gimin
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 2 (2019): September 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i2.12557

Abstract

This article aims to find out entrepreneurial education as a solution to the impact of the industrial era 4.0 (E.I.4.0). The data were collected by documentation techniques and observation, and then analyzed using descriptive exploratory techniques. The results indicate that E.I.4.0 had a negative impact is the loss of various jobs, but on the other hand had a positive impact, that are the emergence of business and employment opportunities. In E.I.4.0, human resources are required to have the ability to create, innovate, think critically, and collaborate and self-confidence. Entrepreneurship education provides knowledge and skills and develops attitudes that can be a solution to the impact of E.I 4.0. Entrepreneurial knowledge, skills and attitudes will shape human beings in accordance with E.I.4.0, which were the ability to create, innovate, think critically, collaborate, and be confident. This ability will be able to reach opportunities that arise in order to replace lost jobs. At the level of pre-school education, basic education and general secondary education (SMA/MA), entrepreneurship education should be emphasized more on developing entrepreneurial attitudes and knowledge. At the level of vocational secondary education (SMK/MAK) and higher education, entrepreneurship education should be emphasized more on the development of entrepreneurial skills. Effective implementation of entrepreneurship education for E.I.4.0 requires synergy and integration between subjects or subjects, teachers / lecturers, education levels, and among various stakeholders in a sustainable. Keywords: Industrial era 4.0, entrepreneurship, entrepreneurship education.
STRATEGI PEMASARAN STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) LARISSA AESTHETIC CENTER CABANG JEMBER Fitria Fitria Rismawati; Sri Wahyuni; Joko Widodo
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 2 (2019): September 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i2.10793

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan segmenting, targeting dan positioning dalam pemasaran Larissa Aesthetic Center cabang Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dan informan penelitian yaitu Branch Manager, Customer Service dan Pelanggan Larissa Aesthetic Center cabang Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumen. Langkah-langkah analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa strategi segmenting yang dilakukan Larissa Aesthetic Center cabang Jember yaitu didasarkan pada segmentasi geografis dan demografis. Segmentasi geografis, wilayah yang dituju yaitu wilayah Tapal Kuda, meliputi; Jember, Bondowoso, dan Lumajang. Segmentasi demografisnya meliputi PNS, karyawan swasta, mahasiswa, ibu-ibu muda dengan usia 17-60 tahun, melayani perempuan dan laki-laki yang berpendapatan sedang dan menengah kebawah Targeting, target pasar yang utama yaitu mahasiswa, ibu-ibu muda dan karyawan swasta. Strategi penetapan sasaran yang digunakan yaitu strategi penetapan sasaran majemuk yaitu menciptakan berbagai jenis perawatan dan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara luas. positioning yang dilakukan Larissa Aesthetic Center cabang Jember yaitu menciptakan citra merek dan slogan dibenak konsumen, bahwa produk dan jasa yang ditawarkan memiliki manfaat kesehatan karena produk dan perawatan menggunakan bahan alami yang mudah diterima semua jenis kulit dan harga yang ditawarkan lebih terjangkau dibanding dengan yang lain.
Pengaruh Intensitas Adat Terhadap Etos Kerja Perempuan Pedagang Kerajinan Di Tanah Lot, Tabanan, Bali Putu Devi Saraswati; Sukidin sukidin; Pudjo Suharso
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 2 (2019): September 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan yang signifikan antara intensitas adat terhadap etos kerja perempuan pedagang kerajinan di Tanah Lot, Tabanan, Bali dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang signifikan antara intensitas adat terhadap etos kerja perempuan pedagang kerajinan di Tanah Lot, Tabanan, Bali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Tanah Lot yang berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Dalam penelitian ini terdiri dari 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode kuesioner. Metode pengolahan data yang digunakan yaitu metode editing, metode skoring dan metode tabulasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis one – way anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas adat yang dilakukan oleh perempuan pedagang kerajinan di Tanah Lot, Tabanan, Bali memiliki perbedaan yang signifikan terhadap etos kerja perempuan pedagang kerajinan di Tanah Lot, Tabanan, Bali dan intensitas adat yang dilakukan oleh perempuan pedagang kerajinan di Tanah Lot, Tabanan, Bali berpengaruh terhadap etos kerja mereka. Hal tersebut terjadi karena menurut mereka intensitas adat yang sering mereka lakukan adalah suatu kewajiban yang harus mereka lakukan dalam bermasyarakat di lingkungannya.
Pengaruh Jam Baca Terhadap IPK Mahasiswa FEB UNPAD Siska Musdalifah; Estro Dariatno Sihaloho
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 2 (2019): September 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i2.11267

Abstract

Untuk mendapatkan jumlah IPK yang memuaskan, mahasiswa perlu melakukan berbagai usaha. Salah satu usaha yang dapat dilakukan ialah belajar, dalam proses belajar tersebut diperlukan minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh jam baca terhadap besarnya IPK yang diperoleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. Jam baca dalam penelitian ini merupakan pengasumsian dari seberapa besar minat baca yang dimiliki mahasiswa tersebut. Analisisnya menggunakan lama waktu yang dihabiskan untuk membaca, lama waktu kuliah dan partisipasi dalam organisasi sebagai variabel independen. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa mahasiswi aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan bersumber dari data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung ke 111 mahasiswa aktif. Analisis data menggunakan regresi linear berganda (Multiple Regression Model) dengan metode OLS (Ordinary Least Squares) menggunakan bantuan software Stata versi 15 for windows. Hasil pengujian menunjukan bahwa secara parsial, lama waktu yang dihabiskan untuk membaca, lama waktu kuliah dan partisipasi dalam organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap IPK yang diperoleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. Sementara secara simultan, lama waktu yang dihabiskan untuk membaca, lama waktu kuliah dan partisipasi dalam organisasi berpengaruh juga secara signifikan terhadap IPK yang diperoleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masya M. saiful Rizal; Sri Kantun; Titin Kartini
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 2 (2019): September 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i2.10818

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Plus Sunan Drajat Jember pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada siklus I mendapatkan kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 2,67 meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II dengan skor rata-rata 3,62. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 78,03 dengan ketuntasan klasikal 71,42% menjadi 86,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,86% pada siklus II.
PENGARUH PENGALAMAN KERJA TERHADAP VOLUME PRODUKSI USAHA BATU BATA DI DESA SONOPATIK KABUPATEN NGANJUK Dimas Sasongko Bhakti; Sri Wahyuni; Titin Kartini
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 2 (2019): September 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i2.11478

Abstract

Penelitian ini brtujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pengalaman kerja terhadap volume produksi. Adapun penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Desa Sonopatik Kabupaten Nganjuk, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Qouta Sampling dengan jumlah responden 80 pengrajin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume produksi usaha batu bata di Dea Sonopatik Kabupaten Nganjuk. Hasil Uji F menunjukkan Fhitung = 323,820 > Ftabel = 3,963 dengan tingkat signifikansi 0,000 < a = 0,05 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 489.756 + 156.319X. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,806, hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentase pengaruh Pengalaman kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume produksi usaha batu bata di Dea Sonopatik Kabupaten Nganjuk sebesar 80,6%, sedangkan sisanya yakni 19,4% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Page 1 of 2 | Total Record : 20