cover
Contact Name
Wiwin Hartanto
Contact Email
wiwinhartanto@unej.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpe.fkip@unej.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Published by Universitas Jember
ISSN : 19079990     EISSN : 25487175     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and business.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan" : 22 Documents clear
PENGARUH KUALITAS APLIKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOJEK DI KOTA JEMBER Intan Lestari; Joko Widodo; Sri Wahyuni
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i2.16255

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kualitas aplikasi terhadap kepuasan pelanggan GOJEK di kota Jember. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Kota Jember. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling yaitu sebanyak 60 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Uji instrumen data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektivitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas aplikasi terhadap kepuasan pelanggan GOJEK di Kota Jember yang dapat dilihat dari besarnya Fhitung = 323,606 > Ftabel = 4,007 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Untuk nilai varian garis regresi yaitu sebesar 0,921. Besarnya persentase kualitas aplikasi terhadap kepuasan pelanggan sebesar 84,8%. sedangkan sisanya yaitu 15,2% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin baik kualitas aplikasi maka akan semakin tinggi kepuasan pelanggan GOJEK di Kota Jember.
PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA STKIP PGRI JOMBANG shanti nugroho sulistyowati
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i2.19526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan, pengaruh Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Angkatan 2016 STKIP PGRI Jombang. Self efficacy merupakan keyakinan yang dimiliki seseorang dengan kemampuannya sendiri untuk mampu menyelesaikan tugas yang bermanfaat dan bisa menguasai atas apa yang dikerjakannya. Adanya Self efficacy dalam suatu usaha dapat memahami seberapa minat seseorang dalam berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 STKIP PGRI Jombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan jumlah responden 109 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Angkatan 2016 STKIP PGRI Jombang. Berdasarkan uji f yang telah dilakukan terdapat nilai Fhitung sebesar 106,603 > Ftabel 3,93 dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh self efficacy (X) secara simultan terhadap variabel minat berwirausaha (Y) Mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Kata Kunci: self efficacy, minat berwirausaha
ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS DAN MENGENTRI DATA TRANSAKSI PADA APLIKASI MYOB ACCOUNTING (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI-AKL 2 di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020) Rinda Sukma Ningrum; Titin Kartini; Sri Kantun
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i2.16394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kesulitan belajar akuntansi kompetensi dasar menganalisis dan mengentri data transaksi pada aplikasi MYOB Accounting pada siswa kelas XI-AKL 2 di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI-AKL 2 di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi yang beberapa kali mendapat nilai dibawah KKM (75) dan informan pendukung yaitu guru komputer akuntansi kelas XI-AKL. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Langkah-langkah analisis data yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar akuntansi pada siswa kelas XI-AKL 2 meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi rendahnya keterampilan siswa, rendahnya kesiapan siswa, dan rendahnya minat siswa terhadap pelajaran komputer akuntansi. Untuk faktor eksternal meliputi rendahnya dukungan sarana dan prasarana
PERUBAHAN KONDISI EKONOMI MASYARAKAT DENGAN ADANYA KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM PADA TAMAN NASIONAL MERU BETIRI DESA SARONGAN KECAMATAN PESANGGARAN KABUPATEN BANYUWANGI Anik Andri Puspitasari; Pudjo Suharso; Wiwin Hartanto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i2.16025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan kondisi ekonomi masyarakat dengan adanya kerjasama pengembangan wisata konservasi penyu di Taman Nasional Meru Betiri Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi.Daerah penelitian ditentukan dengan purposive area. Penentuan informan penelitian mengguanakan snowball sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu metode wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan perubahan ekonomi masyarakat setelah adanya kerjasama pengembangan kawasan konservasi penyu menjadi kawasan wisata penangkaran penyu dilihat dari perubahan mata pencaharian dan pendapatan. Perubahan mata pencaharian masyarakat dengan adanya wisata penangkaran penyu yaitu ibu rumah tangga menjadi pedagang makanan, karyawan perkebunan menjadi guide , karyawan penyewaan kendaraan dan ticketing serta petani menjadi penjaga wisma penginapan. Perubahan pendapatan masyarakat setelah adanya wisata penangkaran penyu yaitu dari yang tidak mempunyai pengasilan menjaadi memiliki penghasilan sebesar Rp1.000.000,00 per bulan; masyarakat yang memiliki penghasilan Rp1.000.000,00 per bulan bertambah menjadi Rp1.500.000,00 per bulan; dan masyarakat yang memiliki penghasilan Rp1.500.000,00 per bulan berubah menjadi Rp2.500.000,00 hingga Rp3.250.000,00 per bulan.
ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KOMPETENSI DASAR PENYAJIAN REKONSILIASI BANK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 2 di SMK Al-Qodiri Jember Tahun Ajaran 2018/2019) Lusia Septina Endita; Titin Kartini; Sri Kantun
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i2.12836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kesulitan belajar mata pelajaran akuntansi keuangan kompetensi dasar penyajian rekonsiliasi bank pada siswa kelas XI Akuntansi 2 di SMK Al-Qodiri Jember tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 15 siswa kelas XI AK 2 SMK Al-Qodiri Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penyebab kesulitan belajar yang disebabkan oleh faktor internal yang meliputi dari keterampilan siswa dalam mengerjakan soal rekonsiliasi bank, kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas rekonsiliasi bank, ketelitian siswa dalam mengerjakan soal rekonsiliasi bank dan minat siswa terhadap pelajaran Akuntansi, sedangkan faktor eksternal yang meliputi cara guru mengajar dan sarana prasarana di sekolah.
Penerapan Model Pembelajaran AIR Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020) Nurmala Tiara Asih; Sri Kantun; Mukhammad Zulianto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i2.16257

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kompetensi dasar jurnal khusus semester gasal tahun ajaran 2019/2020 di Kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember melalui penerapan model pembelajaran AIR. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dimana peneliti bekerjasama dengan Guru Kelas sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember sebanyak 26 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Data yang yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan memaparkan data yang diperoleh oleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal khusus kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari skor rata-rata aktivitas belajar pada siklus I mencapai kategori sedang yaitu sebesar 2,5 dan pada siklus II meningkat sebesar 0,9 mencapai kategori tinggi sebesar 3,4. Sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai akhir siswa yang diperoleh dari nilai tugas individu dan nilai ulangan harian siswa pada kompetensi dasar jurnal khusus. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,7% pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,9 dan ketuntasan klasikal 88,5%. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal khusus kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember.
PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN UNTUK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 JEMBER Aisa Nur Fitri; Sri Kantun; Titin Kartini
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i2.15549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul akuntansi pada KD menyusun laporan keuangan untuk siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Jember yang menarik, efisien, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four – D dari Thiagarajan et al yang terdiri dari tahap define, design, develope, disseminate. Kelayakan modul dinilai melalui tahap validasi yang terdiri dari validasi isi materi, desain modul, dan bahasa. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu uji kelompok terbatas pada 12 siswa XI Akuntansi 2 dan uji kelompok lebih luas pada 38 siswa XI Akuntansi 3. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tingkat daya tarik modul, tingkat efisiensi, dan efektivitas modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik pada uji kelompok terbatas adalah 93% dalam kategori (sangat menarik) dan pada uji kelompok lebih luas adalah 97% dalam kategori (sangat menarik). Modul yang dikembangkan juga lebih efisien, pada uji kelompok terbatas dan uji kelompok lebih luas diketahui bahwa dengan menggunakan modul waktu lebih singkat. Modul yang dikembangkan juga lebih efektif karena dapat mencapai tujuan pembelajaran, terjadi peningkatkan hasil belajar siswa pada uji kelompok terbatas dari 76,83 meningkat menjadi 85,16, pada uji kelompok lebih luas dari 76,71 meningkat menjadi 85,34. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah modul akuntansi yang dikembangkan lebih menarik, lebih efisien, dan lebih efektif dari bahan ajar sebelumnya.
MOBILITAS ULANG ALIK BURUH PEREMPUAN (Studi Kasus Buruh Yang Bekerja Di PT.Tempu Rejo Gudang Mayang, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember) Tamara Putri Hadi; Sukidin Sukidin; Wiwin Hartanto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i2.16401

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mobilitas ulang alik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dan informan penelitian ini yaitu kepala gudang, Mandor buruh dan buruh di PT. Tempu Rejo Gudang Mayang Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumen. Langkah-langkah analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mobilitas ulang alik buruh ada 4 faktor yaitu pertama faktor daya tarik daerah tujuan yakni adanya kesempatan kerja di daerah asal dan penghasilan tau gaji yang ditawarkan di daerah tujuan lebih tinggi daripada daerah asal, Kedua daya dorong daerah asal karena mayoritas buruh masih erat kaitannya dengan jalinan persaudaraan yang kuat, gotong royong yang sangat kental, biaya hidup daerah asal lebih rendah daripada biaya hidup daerah asal dan adanya matapencaharian penghasilan lain di daerah asal untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ketiga tersedianya prasarana sarana transportasi, buruh banyak menggunakan transportasi menggunakan pick up dan angkutan umum untuk menuju daerah tujuan. Keempat kesempatan kerja yang ditawarkan daerah tujuan yakni PT. Tempu Rejo Gudang Mayang merupakan salah satu gudang yang bergerah di usaha tembakau cukup besar dan dengan penghasilan yang ditawarkan atau memberikan penghasilan kepada buruh udh termasuk UMR. Mobilitas ulang alik buruh perempuan yang memutuskan bekerja di daerah lain lebih tepatnya bekerja di PT.Tempu Rejo Gudang Mayang dan beberapa dampak yang di rasakan dari buruh tersebut dampak setelah buruh perempuan yang beberapa dari kecamatan lain atau di luar kecamatan mereka bekerja untuk pengambilan keputusan melakukan mobilitas ulang alik karena adanya masalah sosial yaitu kesejahteraan keluarga yang berkaitan dengan penghasilan dan tidak mengatur keuangan dengan baik kemudian setelah buruh perempuan tersebut bekerja di PT.Tempu Rejo Gudang Mayang, mencukupi kebutuhan hidup buruh tersebut.
STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA EDUKASI PADA PUSAT PENELITIAN KOPI DAN KAKAO INDONESIA DI KABUPATEN JEMBER Halimatus Sadiyah; Pudjo Suharso; Titin Kartini
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i2.16027

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan wisata edukasi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Kabupaten Jember. Daerah penelitian ditentukan dengan purposive area. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengembangan wisata edukasi yang dilakukan Puslitkoka Kabupaten Jember yaitu tetap mempertahankan keunggulan wisata yang ditawarkan yang berkaitan dengan kopi dan kakao dengan memperhatikan kenyamanan pengunjungan, kebersihan lokasi wisata dan kelestarian wisata. Puslitkoka tidak takut untuk bersaing dengan wisata-wisata yang dikembangkan di Kabupaten Jember. Puslitkoka mewajibkan semua karyawan ramah terhadap wisatawan agar wisatawan merasa nyaman dalam berkunjung. Puslitkoka juga menjaga kebersihan kawasan wisata edukasi dengan mempekerjakan pekerja kebersihan. Puslitkoka juga akan menambah wahana baru yaitu lokasi persemaian bibit untuk memperkaya informasi mengenai pembibitan kopi dan kakao, merenovasi foodcourt, serta mengembangkan kawasan agroforestry yang telah ada di lokasi wisata.
PENERAPAN MEDIA MOTIF (MONOPOLI EDUKATIF) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN JAMAK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTIKA IX-35 PATRANG, JEMBER Luh Putu Indah Budyawati
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i2.19364

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan jamak pada anak kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember dengan menggunakan media MOTIF (monopoli edukatif) dan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap penerapan media MOTIF. Penggunaan media pembelajaran berupa media MOTIF (monooli edukatif) yang ditujukan untuk meningkatkan kecerdasan jamak pada anak kelompok B. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B dengan jumlah 19 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitiannya yaitu media MOTIF (monopoli edukatif), kecerdasan jamak anak, dan respon guru terhadap pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan media MOTIF(monopoli edukatif) dapat meningkatkan kecerdasan jamak anak kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember. Adanya peningkatan kecerdasan jamak anak dari siklus I ke siklus II sebesar 21,05%. (2) Respon guru kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember terhadap pembelajaran menggunakan media MOTIF (monopoli edukatif) sangat positif. Anak kelompok B menyatakan senang mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.Kata Kunci: Media Pembelajaran, MOTIF (Monopoli Edukatif), Kecerdasan Jamak Anak.

Page 1 of 3 | Total Record : 22