cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 11 (2018)" : 20 Documents clear
PENGARUH KEPEMIMPINAN, PEMBERDAYAAN KARYAWAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA HOTEL KLAPA RESORT PECATU Bagus Indra Dwi Putra; I Wayan Suana
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.309 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p17

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, pemberdayaan karyawan, dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini dilakukan pada Hotel Klapa Resort Pecatu. Jumlah populasi yang diambil sebanyak 60 orang, dalam penelitian ini metode penentuan sampel yang digunakan adalah sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui data primer berupa kuesioner dan wawancara. Teknik analisis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan variabel bebas kepemimpinan, pemberdayaan karyawan, dan kepuasan kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan. Pemberdayaan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Serta kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Berdasarkan hasil penelitian manajemen Hotel Klapa Resort Pecatu perlu menciptakan kepemimpinan dengan sikap yang teladan. Jika pemimpin telah menjadi sosok yang teladan bagi karyawannya dalam memimpin perusahaan, maka karyawan akan mengikuti sikap teladan dari pimpinan. Peningkatan terhadap sikap kepemimpinan diharapkan mampu meningkatkan komitmen organisasi demi tercapainya tujuan organisasi
PENGARUH BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI ULANG Kadek Dika Ardimas Sanjaya; I Gst. A.Kt. Sri Ardani
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.484 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p13

Abstract

The purpose of this study To explain the effect of pocari sweat product quality on brand image, the effect of pocari sweat product quality on repurchase intention, the effect of pocari sweat brand image to repurchaseintention in Denpasar city, the effect of brand image in mediating pocari sweat product quality to purchase intention at city ??of Denpasar. Respondents in the researcher is on consumers who have ever bought isotonic drink products Pocari Sweat in Denpasar City. The number of samples is 108 respondents, with purposive sampling method. The data were collected through questionnaires, interviews, and observations. Analytical technique used is path analysis, showing that: (1) product quality have positive and significant effect to brand image; (2) product quality has a positive and significant effect on repurchase intention; (3) the brand image has a positive and significant impact on repurchase intention; (4) brand image acts as a mediating variable between product quality variables and repurchase intention. The findings of this study conclude that product quality has a positive and significant effect on brand image and consumer buy-back intention to isotonic pocari sweat drink product in Denpasar city, brand image is able to mediate product quality to repurchase intention. Keywords: brand image, product quality, repurchase intention
PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA DENPASAR Yande Agus Ardana; Ni Made Rastini
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.587 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p04

Abstract

Minat beli terhadap suatu produk muncul karena adanya dasar kepercayaan terhadap suatu produk yang diiringi dengan kemampuan untuk membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran citra merek memediasi pengaruh e-WOM terhadap minat beli. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan objek penelitian adalah konsumen smartphone Samsung dengan menggunakan 110 responden. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah non propability sampling dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli serta citra merek dapat memediasi pengaruh e-WOM terhadap minat beli. Pihak manajemen Samsung perlu memperhatikan komunikasi e-WOM yang terjadi lebih bersifat komunikasi yang positif seperti komunikasi tentang keunggulan smartphone samsung dan harus berusaha membangun opini yang baik kepada masyarakat mengenai smartphone Samsung agar lebih mudah untuk memunculkan minat beli dari konsumen. Kata Kunci: citra merek, e-wom, minat beli, smartphone
PENGARUH TALENT MANAGEMENT TERHADAP EMPLOYEE RETENTION DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Dian Putri Dewi Ratnawati; Made Subudi
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.518 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p18

Abstract

Perkembangan jaman yang semakin maju berdampak pada bisnis terutama bidang kuliner, persaingan usaha yang terjadi perlu diimbangi dengan pemanfaatan sumber daya perusahaan secara optimal. Employee retention dibutuhkan sebagai fungsi dan daya saing perusahaan. Perusahaan perlu berfokus pada talent management dan employee engagement untuk melibatkan karyawan yang dapat berpengaruh pada peningkatan employee retention. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh talent management terhadap employee retention dengan employee engagement sebagai variabel mediasi pada karyawan Sardine Restaurant Seminyak Bali. Penelitian menggunakan metode sensus dalam menentukan sampel sebanyak 60 responden, melalui teknik analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa talent management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement. Talent management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap employee retention. Employee engagement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap employee retention. Employee engagement mampu memberikan pengaruh positif dalam memediasi hubungan talent management terhadap employee retention pada karyawan Sardine Restaurant Seminyak Bali. Kata Kunci: talent management, employee engagement, employee retention
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN GOJEK DI KOTA DENPASAR Dewa Gede Adi Adnyana; Ni Wayan Sri Suprapti
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.911 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p09

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Gojek di Kota Denpasar. Metode pengempulan data yang digunakan adalah survey dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden pengguna jasa transportasi Gojek dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima yaitu 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, 2) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, 3) kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 4) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 5) kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.Kata Kunci: kualitas pelayanan, persepsi harga, kepuasan, loyalitas pelanggan.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA BPR DI KABUPATEN KLUNGKUNG Ni Putu Devy Ermawati; I Komang Ardana
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.312 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p19

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan motivasi terhadap komitmen organisasional karyawan. Penelitian ini dilakukan pada lima BPR di Kabupaten Klungkung. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 orang karyawan yang ditentukan dengan metode probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Komitmen organisasional merupakan konsep manajemen yang menempatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai fitur sentral bagi organisasi. Agar karyawan memiliki komitmen organisasional yang tinggi, suatu organisasi perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen organisasional. Perusahaan sebaiknya memperhatikan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan motivasi untuk ditingkatkan komitmen organisasional.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN DAN WOM PASIEN DI RSU PRIMA MEDIKA Ni Kadek Tjintiadewi; I Ketut Rahyuda
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.201 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p14

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality and price perceptions on customer satisfaction and word of mouth in outpatients at RSU Prima Medika. This research was conducted in Denpasar City by using sample size of 100 people with non-probability method in the form of purposive sampling. Data collection was obtained from questionnaires distributed at RSU Prima Medika Denpasar by using 19 indicators and the indicators were measured using Likert scale. The data analysis technique used in this research that is path analysis (path analyis) and accompanied by test of classical assumption. The results of the study found that service quality and price perception partially have a positive and significant effect on customer satisfaction. In addition, service quality, price perception and customer satisfaction simultaneously have a positive and significant influence on word of mouth. Keywords: Service Quality, Price Perception, Customer Satisfaction, Word Of Mouth
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN I Putu Agus Praditya Adi Putra; I Wayan Mudiartha Utama
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.617 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p05

Abstract

Retensi karyawan merupakan upaya perusahaan untuk mempertahankan karyawan agar tetap di dalam perusahaan. Dalam mempertahankan karyawan perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi retensi karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, komitmen organisasional, dan kompensasi terhadap retensi karyawan. Penelitian dilakukan di PT. Nindya Karya Wilayah IV Denpasar. Jumlah sampel sebanyak 37 orang karyawan, dengan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling (judgmental sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa budaya organisasi, komitmen organisasional, dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan budaya organisasi yang baik, komitmen organisasional yang tinggi, dan sistem kompensasi yang baik mendorong karyawan untuk tetap bertahan di dalam perusahaan. Untuk selanjutnya dalam upaya perusahaan mempertahankan karyawan yang memiliki kompetensi tinggi penting untuk memperhatikan ketiga variabel tersebut. Kata kunci: budaya organisasi, komitmen organisasional, kompensasi, retensi karyawan
PERAN KEPERCAYAAN PADA PENGAWAS MEMEDIASI PENGARUH PEMBERDAYAN KARYAWAN TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF Ni Nyoman Surya Cahyani; Ayu Desi Indrawati
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.87 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p20

Abstract

Innovative work behaviors are behaviors that include exploration of new idea ideas, which also include implementing new ideas, applying new knowledge and efforts to achieve personal or business performance improvements to the company. The aim of this researchmis to determine the influence of employee empowerment on Trust in supervisor and innovative work behaviour in Bale Udang Mang Engking Ubud. This research is conducted on Bale Udang Mang Engking Ubud. The population in this research is all of the employees in Bale Udang Mang Engking Ubud. The total population sampling method is used, which results in a total of 74 sample. The data collection method is conducted by interviews and distributing questionnaires. The analysis technique utilized is the path analysis. In this research, the sobel test is used to detect the mediating variable, which is trus in supervisor . The research result shows that employee empowerment has positive and significant influence on trust in supervisor. Employee Empowerment has positive and significant influence on trust in supervisor. Trust in supervisor has positive and significant influence on innovative work behaviou. Furthermore, Trust in supervisor is accepted as an intervening variable in mediating the employee empowerment on innovative work behaviour.
PENGARUH IKLIM ORGANISASI, DISIPLIN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DISNAKER DAN ESDM BALI Ni Kadek Novi Saridewi; I Gusti Ayu Dewi Adnyani
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.277 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p10

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh iklim organisasi, disiplin kerja, dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai tetap Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, dimana seluruh populasi penelitian dipilih menjadi sampel. Jumlah pegawai tetap Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali sebanyak 75 orang, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 75 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan Iklim organisasi, disiplin kerja, dan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan kerja pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali. Semakin baik iklim organisasi, semakin tinggi sikap disiplin pegawai dan semakin baik kepemimpinan di Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali maka akan semakin meningkatkan kepuasan kerja yang dirasakan pegawai.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 6 (2024) Vol 13 No 5 (2024) Vol 13 No 4 (2024) Vol 13 No 3 (2024) Vol 13 No 2 (2024) Vol 13 No 1 (2024) Vol 12 No 12 (2023) Vol 12 No 11 (2023) Vol 12 No 10 (2023) Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue