cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2019)" : 20 Documents clear
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR, KOMPENSASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP RETENSI KARYAWAN PADA BINTANG KUTA HOTEL Kadek Osiana Elsa Dewi; I Gede Riana
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.173 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kompensasi, pengembangan karir, dan komitmen organisasional terhadap retensi karyawan. Penelitian ini dilakukan di Bintang Kuta Hotel. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 92 orang karyawan dengan metode sampling jenuh. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dengan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan. Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan. Komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan. Untuk meningkatkan retensi karyawan maka penting bagi perusahaan meninjau kembali kesesuaian gaji yang diterima dengan tingkat jabatan sehingga karyawan dapat merasakan kepuasan, kemudian untuk menumbuhkan komitmen diharapkan perusahaan mampu menjalin hubungan yang baik satu dengan yang lainnya dan perusahaan diharapkan mampu memberikan kontinuitas pelatihan kepada tiap karyawan dimana nantinya karyawan merasa diperhatikan dan dihargai kemampuannya sehingga memiliki keinginan kuat untuk tetap menjadi bagian didalam perusahaan.
PENGARUH JOB INSECURITY DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN HOTEL A A Gede Agung Januartha; I.G.A Dewi Adnyani
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.883 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p01

Abstract

Turnover intention akan berdampak bagi kinerja dan keberlangsungan perusahaan untuk kedepannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh job insecurity dan kepuasan kerja terhadap turnover intention. Penelitian dilakukan di Hotel Grand Zuri Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Jumlah responden yang di gunakan sebanyak 75 karyawan dengan menggunakan metode sensus. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengumpulam data melalui, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa job insecurity berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap turnover intention, dan kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Untuk menurunkan tingkat turnover intention sangatlah penting untuk memeperhatikan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja. Oleh karena itu sangat perlu untuk meminimalisir ancaman-ancaman sikis maupun psikologi terhadap karyawan karna akan berdampak pada kinerja dan juga menjadi acuan yang kuat untuk meminimalisir turnover intention. Selain keamanan dalam bekerja (job insecurity) kepuasan kerja juga menjadi acuan yang kuat dalam mempenguruhi intensi turnover intention. Oleh karena itu sangatlah penting untuk memperhatikan kepuasan kerja dari karyawan agar tingkat kepuasan karyawan tinggi, dengan demikian akan menunjukkan tingkat positif dari karyawan, baik terhadap pekerjaannya maupun lingkungannya. Kata kunci: job insecurity, kepuasan kerja, turnover intrntion
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. DESTINATION ASIA BALI Ade Agus Diama Purwa Diputra; Ida Bagus Ketut Surya
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.74 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p16

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the direct influence of work stress and job satisfaction on employee performance, to determine and analyze the direct effect of work stress on job satisfaction, as well as to know and analyze the effect of job satisfaction in mediating the effect of work stress on employee performance at PT. Destination Asia Bali. The results showed that work stress had a negative and significant effect on job satisfaction and employee performance, job satisfaction had a positive and significant effect on employee performance, job satisfaction positively and significantly mediated the effect of work stress on employee performance. The population in this study were all permanent employees at PT. Destination Asia Bali. Employees remain selected as research population because it is assumed that the employee has more information about the condition of the company. Sampling in this study uses saturated sample or census techniques, so the number of research samples is 56 employees. Data were collected using a questionnaire then analyzed using Path Analysis techniques.
PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN I Putu Hendra Sintyana; Luh Gede Sri Artini
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.863 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p07

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa profitabilitas dan kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Manajemen perusahaan harus memperhatikan profitabilitas dan kebijakan dividen pada perusahaan serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi profitabiltas dan kebijakan dividen. Hal ini dikarenakan profitabilitas dan kebijakan dividen terbukti berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sehingga dapat memberikan sinyal bagi investor. Kata kunci: nilai perusahaan, profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan, kebijakan dividen
PENGARUH NILAI TUKAR RIIL DAN TINGKAT SUKU BUNGA RIIL TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN I Made Bayu Terayana; Nyoman Triaryati
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.602 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p12

Abstract

Indeks Harga Saham Gabungan dapat menjadi leading indicator economic pada suatu negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh nilai tukar riil dan tingkat suku bunga riil terhadap Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk asosiatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder dari BEI dan BI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai Tukar Riil mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG); dan Tingkat Suku Bunga Riil mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap IHSG adalah variabel nilai tukar riil. Kata kunci: nilai tukar riil, tingkat suku bunga, dan indeks harga saham gabungan
PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEWAJARAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Mega Kristiana; Kastawan Mandala
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.999 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p02

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepuasan pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas pelayanan dan kewajaran harga terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan di perusahaan UD. Anugrah Sentosa, Denpasar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 115 orang responden, dengan metode non-probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analisys) dan uji sobel dengan program SPSS for Windows. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa seluruh hipotesis diterima. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kewajaran harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kewajaran harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan memediasi kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan memediasi kewajaran harga dengan loyalitas pelanggan. Kata kunci: kualitas pelayanan, kewajaran harga, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
PERAN BRAND AWARENESS DALAM MEMEDIASI PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP BRAND ATTITUDE I Wayan Pandit Praschita; I. G. A. Ketut Giantari
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.771 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p17

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study is to explain the role of brand awareness in mediating the effect of ad attractiveness on brand attitude. The population used is Shampoo Clear consumers in Denpasar City. The sample was determined by purposive sampling method totaling 110 respondents. Data were collected through questionnaires and analyzed using path analysis techniques and double test. The results showed that the attractiveness of advertising and brand awareness each had a positive and significant impact on the brand attitude and the mediating role of brand awareness that increased the relationship between ad attractiveness and brand attitude. Shampoo Clear Men must strengthen the attractiveness used in its advertisements because it will have an impact on consumer awareness of the Clear Men Shampoo brand. High brand awareness will encourage positive consumer attitudes towards the Clear Men Shampoo brand. Keywords: ad attractiveness, brand awareness, brand attitude
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, STRES KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN I Wayan Sentana Putra; Anak Agung Ayu Sriathi
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.539 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p08

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pengaruh lingkungan kerja, stres kerja dan kompensasi terhadap loyalitas karyawan. Penelitian ini dilakukan pada seluruh karyawan yang bekerja di Inna Bali Heritage Hotel. Populasi dari penelitian ini adalah 70 orang karyawan, dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik metode sensus. Sampel penelitian ini berjumlah 70 orang karyawan hotel Inna Bali Heritage Hotel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan kerja dan kompensasi terhadap loyalitas karyawan pada Inna Bali Heritage Hotel dan terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara stress kerja terhadap loyalitas karyawan pada Inna Bali Heritage Hotel. Hasil penelitian ini memiliki teoritis dan praktis. Secara teoritis, hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan. Pemimpin hendaknya memperhatikan stres kerja yang dialami oleh karyawannya. Hal ini perlu diperhatikan yaitu perbedaan antara nilai – nilai dari perusahaan dan karyawan harus dapat dibijaksanakan oleh pihak manajemen. Kata Kunci: lingkungan kerja, stres kerja, kompensasi, loyalitas
PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON PERFORMING LOAN, DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS Putu Khanti Paramita; I Made Dana
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.688 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p04

Abstract

Profitabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba dari modal yang dimiliki. Profitabilitas bank dapat diukur dengan return on asset. Return on asset dapat digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen suatu perusahaan dalam mencapai keuntungan dengan memanfaatkan aktiva yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur capital adequacy ratio, non performing loan dan loan to deposit ratio terhadap profitabilitas pada bank umum di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 bank umum. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah variabel capital adequacy ratio dan loan to deposit ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Non performing loan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Kata kunci: capital adequacy ratio, non performing loan, loan to deposit ratio, profitabilitas
PERAN CITRA TOKO DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT BELI ULANG KONSUMEN I Made Ari Santikayasa; I Wayan Santika
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.567 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap citra toko, pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat beli ulang, pengaruh citra toko terhadap niat beli ulang, dan peran citra tokomemediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat beli ulang Carrefour di Provinsi Bali. Niat beli ulang merupakan salah satu tujuan perusahaan karena niat beli ulang adalah tindakan konsumen untuk setia kepada perusahaan.Penelitian ini dilakukan di wilayah Provinsi Bali dengan menggunakan 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra toko. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Citra tokoberpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Citra toko sebagai variabel mediasi berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap niat beli ulang melalui variabel kualitas pelayanan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 6 (2024) Vol 13 No 5 (2024) Vol 13 No 4 (2024) Vol 13 No 3 (2024) Vol 13 No 2 (2024) Vol 13 No 1 (2024) Vol 12 No 12 (2023) Vol 12 No 11 (2023) Vol 12 No 10 (2023) Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue