cover
Contact Name
Wawan Gunawan
Contact Email
wawan.gunawan@mercubuana.ac.id
Phone
+6282126992470
Journal Mail Official
format@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana, Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650 Tlp./Fax: +62215840816
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Format : Jurnal Imiah Teknik Informatika
ISSN : 20895615     EISSN : 27227162     DOI : http://doi.org/10.22441/format
Core Subject : Science,
Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika merupakan jurnal peer-review yang berasal dari hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah di bidang Ilmu Komputer khususnya Informatika. Cakupan naskah artikel yang dapat dipublikasikan difokukuskan pada bidang berikut (namun tidak terbatas): ICT, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi Geografis, Data mining and Big Data, Komunikasi Data, Mobile Computing, Kesercasan Buatan, E-Learning, Multimedia and Pengolahan Gambar, Sistem Keamanan dan Basisdata, IOT, dan Jaringan Komputer. Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika diterbitkan oleh Program Studi Informatika, Universitas Mercu Buana Jakarta. Periode penerbitan adalah setahun dua kali, yaitu pada bulan Januari dan bulan Juli.
Articles 100 Documents
APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SD KELAS IV BERBASIS MULTIMEDIA Putu Eka Suarjaya
FORMAT Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Matematika merupakan ratunya ilmu. Matematika merupakan mata pelajaran yang menuntut siswanya untuk berfikir secara logis, kritis, tekun, kreatif, inisiatif, sehingga diharapkan karakteristik terdapat pada siswa yang mempelajari matematika. Proses pembelajaran Matematika kami tuangkan menggunakan aplikasi media android dengan metode penelitian Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Untuk material collecting untuk gambar, suara, teks tersebut dapat diperoleh secara gratis atau dengan pemesanan kepada pihak lain sesuai dengan rancangan yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Untuk jangka panjang kami berharap akan dapat dikembangkan dengan menggabungkan teknologi lainnya. Penelitian ini menggunakan Bahasa pemograman mobile sebagai alat bantu penelitian dalam menampilkan halaman utama aplikasi, aplikasi yang kami gunakan untuk pengembangan ini menggunakan Android Studio.
Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Umroh Berbasis Web (Studi Kasus PT Ameera Mekkah Travel Cabang Tangerang) Fajar Anugrah; Diky Firdaus
FORMAT Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/format.2021.v10.i1.006

Abstract

Jumlah jamaah umrah semakin bertambah setiap tahunnya. Namun Pandemi Covid 19 telah menyebabkan tidak beroperasinya banyak perusahaan Travel umrah termasuk PT Ameera Mekkah Travel Cabang Tangerang akibat dari permintaan umroh yang menurun dan pembatasan jamaah umrah Indonesia. Sistem ini dibuat untuk memberikan opsi lain dari pendaftaran umrah pada PT Ameera Mekkah Travel Cabang Tangerang yang dilakukan secara manual dengan mendatangi kantor fisik, kini bisa dilakukan secara online sehingga memberikan opsi pendaftaran yang lebih mudah, efisien dan cepat bagi calon jamaah. Sistem berbasis website ini dibuat untuk melakukan pendaftaran umrah, melakukan konfirmasi pembayaran, menggunggah dokumen dan melihat jadwal vaksinasi, jadwal pengambilan perlengkapan umroh serta pengunduhan sertifikat. Jadwal vaksinasi dan pengambilan perlengkapan umrah dibuat dengan menggunakan metode First Come First Serve untuk memudahkan pengguna memperoleh jadwal dengan lebih cepat tanpa memakan banyak waktu dalam pengerjaannya. Calon jamaah mendapatkan jadwal ketika sudah melakukan pelunasan pembayaran dan sudah divalidasi oleh admin. Ketika jamaah sudah menyelesaikan pelasksanaan umrah, jamaah dapat mengunduh sertifikat sesuai jadwal penunduhan sertifikat.
Aplikasi Monitoring Tender Project Dengan Metode Prototyping (Studi Kasus : PT Sinergy Informasi Pratama) Ilham Maulana; Ifan Prihandi
FORMAT Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/format.2019.v8.i2.004

Abstract

PT Sinergy Informasi Pratama merupakan salah satu perusahaan Sistem Integrator yang menyediakan produk dan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya di bidang Informasi Teknologi. PT  Sinergy Informasi Pratama  memiliki beberapa  masalah diantaranya tidak adanya sistem yang memantau perkembangan tender project, pencatatan keikut sertaan tender dan begitu juga dalam penomoran suatu tender. Setiap tender memiliki penomoran dan penomoran tersebut dinamakan dengan sebutan lead. Oleh karena itu diusulkan pembuatan sebuah aplikasi yang dapat memecahkan masalah tersebut. Dalam jurnal ini, penulis mencoba mengusulkan dan membuat sistem aplikasi monitoring tender project berbasis web untuk membantu dalam proses bisnis dan operasional di dalam perusahaan dengan dibantu  metode analisa PIECES dan  metode pengembangan  prototyping. Dengan ini diharapkan informasi menjadi lebih akurat sehingga membantu dalam pengambilan keputusan. 
Perancangan Maintenance Scorecard dan Penentuan Prioritas Key Performance Indicator dengan Metode Analitycal Hierarcy Process pada Industri Otomotif (Studi Kasus: PT. X) Fatimah Dian Ekawati
FORMAT Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/format.2020.v9.i2.007

Abstract

Pengukuran kinerja digunakan secara luas oleh unit-unit bisnis dan industri  untuk mengakses kemajuan atau progres dari rancangan tujuan dan sasaran secara kuantitatif untuk mencapai keefektifan dan efisiensinya. Pengukuran kinerja memberikan informasi yang dibutuhkan manajemen untuk pengambilan keputusan yang efektif. Pengukuran kinerja maintenance menjadi elemen penting dari pemikiran strategis bagi pemilik aset dan pengelola aset. Maintenance Scorecard adalah suatu pendekatan yang didesain untuk membantu dalam pembuatan dan pengimplementasian strategi dalam pengelolaan aset-aset perusahaan, diaplikasikan melalui suatu hirarki tujuan atau pendekatan yang terstruktur melalui tiga level fundamental yaitu corporate, strategic dan functional. MSC melalui tiap indikator yang kuantitatif dalam tiap level perusahaan mengukur performa dalam asset management tentang apa yang dilakukan, bagaimana kinerja selama ini dan bagaimana performa setiap tindakan yang sudah dilakukan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Terdapat 6 perspektif pengukuran performa dalam Maintenance Scorecard yaitu productivity, cost effectiveness, safety, environmental dan learning perspective. Penelitian ini dilakukan untuk merancang Maintenance Scorecard pada PT. X sebagai perusahaan otomotif. Hasil rancangannya adalah adanya usulan hirarki indikator (KPI) dari setiap level perusahaan yang terbagi dalam tiap perspektif Maintenance Scorecard. Dari 6 perspektif pada MSC dihasilkan sebanyak 18 usulan indikator performa yang relevan, yang terbagi menjadi : 4 indikator productivity, 5 indikator cost effectiveness, 3 indikator safety, 2 indikator quality, 2 indikator environmental dan 2 indikator learning perspective. KPI yang dihasilkan dari rancangan Maintenance Scorecard kemudian dibobotkan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan software super decision. Keluaran dari software adalah urutan prioritas KPI.
Aplikasi Enkripsi dan Dekripsi untuk Keamanan Komunikasi Data pada SMS (Short Message Service) Berbasis Android Menggunakan Algoritma Blowfish Anggi Puspita Sari; Ibrahim Mahardika Seno; Wawan Gunawan
FORMAT Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/format.2019.v8.i1/005

Abstract

SMS menjadi salah satu layanan komunikasi yang paling disukai, karena setiap telepon seluler yang beredar baik mahal maupun murah memiliki layanan SMS. Namun banyak celah keamanan pada pengiriman SMS seperti SMS interception dan SMS Snooping. SMS interception adalah pencurian isi pesan SMS ketika dalam proses transmisi dari pengirim melalui Short Message Service Center (SMSC) dan menuju ke  penerima. Dan SMS snooping lebih sering terjadi karena kelalaian pengguna telepon seluler. Contohnya ketika seseorang meminjamkan telepon selulernya pada orang lain untuk digunakan telepon. Pada saat itu orang tersebut dapat dengan sengaja atau tidak membuka isi pesan yang ada pada inbox SMS. Oleh karena itu, dengan menggunakan kriptografi memberikan jaminan keamanan data atau informasi dengan cara enkripsi dan dekripsi menggunakan salah satu algoritma kriptografi yaitu Algoritma Blowfish. Blowfish merupakan salah satu algoritma yang cukup kuat memiliki ruang kunci yang besar dan panjangnya bisa beragam, sehingga tidak mudah diserang pada bagian kuncinya. Aplikasi yang dihasilkan dibuat dengan Android Studio karena mudah dalam pengimplementasian algorima blowfish.
Rancang Bangun Aplikasi Pemeriksaan Kelayakan Keselamatan Kebakaran pada Bangunan Gedung Hari Nuriyanto; Sabar Rudiarto
FORMAT Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan infrastruktur bangunan di kota Jakarta saat ini sangat meningkat, hal ini ditandai dengan sudah banyaknya gedung-gedung tinggi disetiap sudut kota. Rata-rata bangunan gedung di wilayah Jakarta ini masih belum bisa kita ketahui tingkat kerawanan kebakarannya dan kesiapsiagaan sistem proteksi kebakaran sehingga tingkat kelayakan keselamatan kebakaran yang ada pada bangunan gedung itu belum dapat diketahui. Pengunjung ataupun penghuni gedung sering tidak waspada saat ada didalam gedung yang dapat mengancam jiwa mereka sendiri, padahal bisa saja gedung yang mereka masuki tersebut tidak memiliki system keselamatan kebakaran yang baik dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar jika terjadi kebakaran dalam gedung itu. Untuk itu sarana keselamatan dan proteksi kebakaran pada bangunan gedung harus dinilai dengan objektif dan secara berkala dengan sehingga dapat diketahui tingkat kelayakan keselamatan kebakaran pada bangunan gedung. Dalam penelitian ini penulis membuat aplikasi pemeriksaan kayakan keselamatan kebakaran dalam suatu gedung dengan menggunakan algoritma certainty factor sehingga dapat membantu dalam proses pemeriksaan proteksi kebakaran pada bangunan gedung serta dapat diketahui seberapa siapkah tingkat kesiapsiagaan suatu gedung dalam menghadapi suatu bahaya kebakaran. Dengan adanya hal ini akan membantu masyarakat ataupun penghuni gedung dalam melaksanakan kegiatan pada suatu gedung dengan lebih nyaman ataupun lebih meningkatkan kewaspadaannya.
Penerapan Kemampuan Problem solving pada Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Computational Thinking (CT) Berbasis Role Playing Game (RPG) Moch Ridho Alfikri Limandika Putra; Galang Prihadi Mahardhika; Hanson Prihantoro Putro
FORMAT Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/format.2019.v8.i2.009

Abstract

Problem solving adalah salah satu kemampuan untuk memecahkan sebuah masalah. Baik itu permasalahan komputasi maupun permasalahan sehari-hari. Kemampuan ini dapat memberikan penggunanya untuk menyelesaikan masalah dalam bentuk apapun. Karena pentingnya kemampuan tersebut, maka harus diterapkan sedari dini saat masih dalam usia sekolah. Kemampuan problem solving jika ditanamkan sejak dini, akan sangat membantu siswa-siswi dalam hal menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Namun tidak semudah yang dibayangkan, masih banyak siswa-siswi yang kurang menaruh perhatian lebih kepada kemampuan problem solving ini. Penyebabnya tidak lain adalah teknik pengajaran yang masih dianggap membosankan, ini menyebabkan rasa malas untuk mempelajari apalagi mendalami tentang problem solving. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan ini adalah pendekatan Computational Thinking. Pada penelitian ini penulis membuat sebuah game edukasi Computational Thinking berbasis Role Playing Game. Game ini dibuat dengan menggunanakan beberapa rancangan yaitu Game Design Document dan Hierarchy plus Input Process Output. Serta metode yang digunakan adalah metode Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dalam penelitian ini penulis mengujikan langsung kepada para murid dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Game yang dibuat dapat membuat para murid menjadi lebih termotivasi untuk belajar mengenai kemampuan problem solving. Ini berdasarkan data yang di dapat melalui pembuatan kuisioner. Metode yang digunakan dalam pembuatan kuisioner adalah skala likert. Game yang dibuat mendapatkan respon yang sangat positif dari para murid dalam berbagai aspek. Sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa game Role Playing Game ini telah layak untuk dijadikan sebagai media untuk memotivasi para murid dalam hal mempelajari serta menanamkan kemampuan problem solving yang baik sejak dini.
Adaptasi Model SDLC Iteratif Terhadap Pendekatan Mobile-first Untuk Pengembangan Antarmuka Web Responsive Aswar Hanif; Markus Lilik Martanto; Harna Adianto
FORMAT Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/format.2021.v10.i1.002

Abstract

Saat ini produk dan media informasi di internet sudah mengikuti perkembangan pasar digital untuk mengakomodasi antarmuka pengguna peralatan seluler. Karena itu pengembangan antarmuka situs web harus memenuhi kebutuhan akses dari peralatan-peralatan yang berbeda. Pendekatan mobile-first memulai pengembangan halaman web dari ukuran tampilan layar terkecil, dan akhirnya untuk tampilan layar besar. Dengan jumlah mayoritas akses internet menggunakan peralatan seluler, pendekatan mobile-first bisa lebih sesuai. Model SDLC iteratif, yang memungkinkan proyek untuk dibangun per bagian atau per iterasi, diadaptasi terhadap pendekatan mobile-first, dengan menjadikan pembuatan antarmuka untuk sebuah jangkauan ukuran tampilan layar, sebagai satu iterasi. Sebuah situs web responsive sederhana dibangun menggunakan metode pengembangan adaptasi ini. Tahap pengembangan ditentukan menjadi 3 iterasi untuk tiga jangkauan ukuran layar, yaitu mobile, tablet, dan desktop. Metode ini menuntut dihasilkannya sebuah situs web yang bisa memenuhi analisis kebutuhan serta melalui pengujian dengan baik pada tiap iterasinya. Sehingga saat sudah melewati iterasi terakhir, produk sudah melalui 3 kali pengujian dan review. Pada akhirnya, penerapan metode ini menunjukkan hasil produk yang cukup memuaskan. Jika dilihat dari produk yang dihasilkan, uji coba metode adaptasi ini bisa dibilang cukup berhasil.
Implementasi Data Mining dengan Algoritma C4.5 pada Penjualan Obat Reza Avrizal; Saruni Dwiasnati
FORMAT Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/format.2019.v8.i1/010

Abstract

Maraknya berbagai jenis obat yang dikeluarkan oleh BPOM membuat rumah sakit-rumah sakit, klinik-klinik ataupun apotek harus menyediakan obat dengan berbagai versi, bisa dalam versi standar ataupun exclusive. Permasalahan yang sering terjadi baik rumah sakit ataupun apotek seperti dalam menawarkan produk obat tersebut yang khususnya vitamin untuk di cross selling dengan produk yang biasa di beli oleh klien. Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengimplementasikan beberapa algoritma yang ada pada data mining, namun penulis lebih fokuskan pada algoritma C4.5 yang berfungsi untuk memprediksi penjualan obat yang khususnya vitamin dimana obat tersebut LAKU atau TIDAK LAKU untuk dikonsumsi oleh konsumen sehingga di dapat hasil accuracy nya digunakan untuk pemberian informasi produk mana yang LAKU atau TIDAK LAKU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pohon yang dihasilkan dari perangkat lunak yang dibuat dengan metode decision tree dengan algoritma C4.5 memiliki persentase 99.83% antara pohon kebenaran sampai 100%. Persentase besar pohon kebenaran sangat dipengaruhi oleh data training yang digunakan untuk membangun suatu model pohon keputusan.
Aplikasi Sistem Pakar Untuk Identifikasi Penyakit Pada Ibu Hamil Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android Gusti Putu Rudi Pratama; Kemal Ade Sekarwati; Romdhoni Susiloatmadja
FORMAT Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/format.2020.v9.i2.004

Abstract

Umumnya ibu hamil melakukan konsultasi kepada seorang pakar, yaitu dokter kandungan atau bidan apabila mengalami keluhan pada kehamilannya. Namun dokter atau bidan memiliki kelemahan yaitu keterbatasan jam praktek kerja. Terlebih lagi dalam situasi pandemi Covid-19 seperti pada tahun 2020 ini, yang mengharuskan untuk menjaga jarak sosial dan lebih berhati-hati. Saat ini teknologi android sedang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dan mengacu pada hasil penelitian terdahulu, maka pada penelitian ini dibuat aplikasi sistem pakar berbasis android, dengan metode forward chaining. Aplikasi ini dibuat sebagai panduan serta informasi seputar penyakit kehamilan. Aplikasi ini dibuat sebagai alternatif selain berkonsultasi atau periksa ke dokter kandungan atau bidan. Aplikasi ini dibuat menggunakan software Android Studio, JDK, SDK, Adobe Photoshop, StarUML, dan DIA. Aplikasi ini dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa pakar 96% setuju aplikasi ini dapat mengidentifikasi penyakit berdasarkan gejala-gejala yang dipilih oleh pengguna dan menampilkan solusi yang sesuai. Pengguna 84% setuju aplikasi ini telah memilih latar, konten dan huruf yang tepat, dan mudah dipahami.

Page 1 of 10 | Total Record : 100