Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan
Vol 5, No 1 (2022): Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan

Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pembelajaran E-Learning Bagi Guru SMK Pembangunan YPT Palembang

Sulistiawati Sulistiawati (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Patricia H.M. Lubis (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Lukman Hakim (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Rita Sulistyowati (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Sugiarti Sugiarti (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Linda Lia (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Lefudin Lefudin (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2022

Abstract

Untuk menjadi guru yang profesional, pemerintah mencanangkan Program Profesi Berkelanjutan (PKB). Salah satu komponen PKB adalah publikasi ilmiah. Seorang guru yang akan melakukan publikasi ilmiah harus mengawali kegiatannya dengan membuat proposal penelitian. Pembuatan proposal penelitian diawali dengan mencari masalah pendidikan yang dapat diangkat sebagai masalah penelitian. Masalah yang paling dekat dengan guru adalah proses pembelajaran di sekolah yang saat ini menggunakan e-learning akibat kondisi COVID-19. Masalah ini dapat diselesaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dengan target audiens adalah guru-guru di SMK Pembangunan YPT Palembang. Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta dan hasil dari kuisioner yang diberikan. Kesimpulan dari hasil kegiatan pelatihan ini adalah kegiatan telah dilaksanakan dengan lancar dan mendapat respon yang positif dari para peserta. Pelatihan ini telah memberikan informasi bagi guru dalam penyusunan proposal PTK. Harapannya, guru dapat memahami dan selanjutnya mampu mengembangkan proposal penelitian tindakan kelas untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Education

Description

Articles published by the focus and scope of community service activities are: 1. Education, 2. Social, 3. Human resource development, 4. Health, 5. Appropriate technology 6. Human development and national competitiveness 7. Small and medium enterprises and environmentally sound technological ...