INTEGRALISTIK
Vol 33, No 1 (2022): Januari 2022

Internasionalisasi Kapasitas Mahasiswa sebagai Upaya Penguatan Prestasi dan Rekognisi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang

Wijayanti, Tutik (Unknown)
Rachman, Maman (Unknown)
Ruhadi, Ruhadi (Unknown)
Kurniawan, Muhammad Andi (Unknown)
Irawan, Hendri (Unknown)
Paramita, Niken Diah (Unknown)
Hermawan, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai Perguruan Tinggi Negeri mempunyai visi besar menjadi kampus berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Seiring dengan tuntutan internasionalisasi, perlu adanya loncatan akselerasi baik oleh mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan. Melalui optimalisasi pelayanan Tri Darma Perguruan Tinggi dengan standardisasi internasional guna memenuhi tantangan pencapaian prestasi dan rekognisi dalam pengembangan kapasitas diri capacity building melalui Pendidikan non-formal. Capacity building bagi mahasiswa merupakan serangkaian pola pembinaan yang berkelanjutan guna mengarahkan mahasiswa pada potensi terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi minat dan bakat mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNNES; menganalisis peran mahasiswa dalam internasionalisasi kapasitas mahasiswa sebagai upaya penguatan prestasi dan rekognisi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNNES; dan mengembangkan model pendampingan melalui penddikan non formal sebagai upaya internasionalisasi kapasitas mahasiswa dalam penguatan prestasi dan rekognisi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNNES. Dalam Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Research and Development (RnD) yang terbagi dari tiga kerangka besar. Pertama, tahapan studi pendahuluan. Kedua, tahapan pengembangan dan validasi. Ketiga, tahapan uji coba dan validasi. Adapun hasil dari penelitian ini dengan memberikan serangkaian pola pembinaan yang berkelanjutan dalam mengarahkan mahasiswa pada potensi terbaiknya sebagai upaya mewujudkan visi besar UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

integralistik

Publisher

Subject

Description

Integralistik is a peer reviewed journal that covers the fields of scientific knowledge or academic that civics education studies. The Integralistik is a academic journal that centered in citizenship studies i.e. civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political ...