AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 10, No 4 (2021)

ANALISIS KARAKTERISTIK SOAL UJIAN SEKOLAH HASIL MUSYAWARAH GURU MATEMATIKA DI TASIKMALAYA

Rosid Bahar (Universitas Negeri Yogyakarta Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Andina Sukabumi)
Edi Istiyono (Universitas Negeri Yogyakarta)
Widihastuti Widihastuti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Sudji Munadi (Universitas Negeri Yogyakarta)
Zalik Nuryana (Nanjing Normal University)
Syarief Fajaruddin (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Ujian sekolah merupakan tahap akhir seorang siswa dalam proses pembelajaran. Di tahap ini, seorang siswa akan ditentukan kelulusannya dengan cara melihat salah satu nilai mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik butir soal tes matematika dalam instrumen penilaian Ujian Sekolah yang dibuat oleh tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Analisis butir soal untuk membuktikan validitas isi, mengecek estimasi reliabilitas, tingkat kesulitan, daya pembeda soal, dan untuk mengidentifikasi kategori soal yang memiliki nilai rendah, sedang dan tinggi, serta menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan item soal-soal tersebut sulit bagi siswa. Validitas content butir instrumen penilaian Ujian Sekolah dihitung menggunakan rumus Forumula Aiken dengan melibatkan 3 orang ahli pada bidang matematika, dilanjutkan dengan validitas konstruk menggunakan analisis faktor eksploratori (exploratoty factor analysis, EFA), sedangkan untuk reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 125 orang yang diambil dari siswa SMA Negeri dan swasta di Kabupaten Tasikmlaya, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data diperoleh melalui hasil jawaban siswa yang dibandingkan dengan kunci jawaban Ujian Sekolah. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pendekatan Classical Test Theory (CTT) dan Item Response Theory (IRT) model Rasch. Analisis data kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tes dengan kategori sulit. Hasilnya menunjukkan bahwa estimasi reliabilitas cukup reliabel. Berdasarkan hasil analisis CTT dan IRT, rata-rata tingkat kesukaran dikategorikan sedang, dan rata-rata kemampuan membedakan dikategorikan baik. Dalam analisis kualitatif diperoleh satu butir soal menjadi sulit dijawab karena pemahaman konsep yang rendah, materi pembelajaran yang belum tuntas, dan kesulitan belajar selama di kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...