Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)

Gerakan sport for all kunci keberhasilan olahraga Indonesia

Adi Rahadian (Universitas Pendidikan Indonesia)
Amung Ma’mun (Universitas Pendidikan Indonesia)
Berliana Berliana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nuryadi Nuryadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Toho Cholik Mutohir (Universitas Negeri Surabaya)
Djoko Pekik Irianto (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2021

Abstract

Haornas merupakan momentum keberhasilan olahraga, yang digambarkan sebagai simbol kebangkitan nasional dan juara olahraga menjadi ikon nasional. Hal ini merupakan pembudayaan olahraga yang dilakukan secara koheren, terpadu, dan berkesinambungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta mengungkap sejarah yang berkaitan dengan catatan perjalanan Haornas beserta perkembangan olahraga di Indonesia. Pendekatan kualitatif dengan deskriptif eksploratif dipilih dalam penelitian ini. Partisipan berjumlah 8 responden, terdiri dari pejabat publik, akademisi, atlet, dan masyarakat, yang diambil dengan menggunakan teknik qualitative purposive sampling. Lokasi bertempat di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat, pelaksanaan pada bulan Juli-Agustus. Observasi dan wawancara semi terstruktur digunakan dalam pengumpulan data. Temuan ini menunjukkan bahwa upaya olahraga untuk semua, mengintegrasikan jalur pembinaan dan pengembangan olahraga di Indonesia yang mengarah kepada pergeseran paradigma dari ‘pengembangan olahraga’ menjadi ‘pengembangan melalui olahraga. Dengan demikian, olahraga sebagai instrumen pembangunan yang berpotensi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Sehingga, peringatan Haornas dengan gerakan “sport for all” perlu dikembangkan menjadi pembangkit budaya olahraga di tanah air.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jopi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) particularly focuses on the main problems in the development of the sport education areas as follows: 1. Physical education learning and educational technology 2. Adaptive physical education 3. Physical Activities 4. Comparison of physical education and ...