Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 9 No 2 (2021)

Mungkinkah gender mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak?

Syarief Fajaruddin (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Heri Retnawati (Universitas Negeri Yogyakarta)
Eko Wahyunanto Prihono (Institut Agama ISlam Negeri Ambon)
Eri Yusron (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yuli Prihatni (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab pada tingkat MTs/SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kauantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Gunungkidul tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah sampel sebanyak 118. Data dianalisis menggunakan Uji Analisis Varian Multivariate (MANOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab berdasarkan jenis kelamin. Jenis kelamin tidak berpengaruh pada hasil ujian Bahasa Indonesia, sedangkan pada hasil ujian Bahasa Inggris dan Bahasa Arab berpengaruh secara signifikan.   Could gender affect children's language learning outcomes?   Abstract: This study aims to describe the effect of gender on learning outcomes of Indonesian, English, and Arabic at the MTs/SMP level. The study used a quantitative approach with the research subjects being graded IX students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Gunungkidul in the academic year 2021/2022 with a total sample of 118. The data were analyzed using the Multivariate Analysis of Variance Test (MANOVA). The analysis results show significant differences in learning outcomes of Indonesian, English, and Arabic based on gender. Gender has no effect on the Indonesian language test results, while the English and Arabic tests have a significant effect.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wd

Publisher

Subject

Education

Description

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan publishes high-quality manuscripts of evaluation, assessment, and measurement in varied instructional settings, including economics, mathematics, physics, vocation, engineering, and linguistics with their own particular phenomena, and ...