Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar

Nur Zahwa (Universitas Sriwijaya)
Shalsabila Shafa (Universitas Sriwijaya)
Viki Himatul Ulya (Universitas Pekalongan)
Ratu Ilma Indra Putri (Universitas Sriwijaya)
Jeri Araiku (Universitas Sriwijaya)
Novita Sari (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Model pembelajaran dan motivasi berpotensi mempengaruhi hasil belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran oleh pendidik mendorong semangat belajar siswa dari luar sedangkan motivasi mendorong siswa dari dalam dirinya sendiri agar dapat memaksimalkan pemahaman pada materi pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi baris dan deret terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. Seluruh siswa kelas X SMK Maarif NU Kajen merupakan populasi penelitian. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas X TKR 1 dan X TKR 2 yang jumlah siswanya masing-masing 36 siswa dan 37 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester Ganjil TA 2021-2022. Instrumen pada penelitian ini yakni tes uraian, angket motivasi belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Nonparametrik dan menggunakan Uji Rank Transformasi setara Anava Dua Jalur. Kesimpulan yang diperoleh yakni: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan konvensional terhadap hasil belajar; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa; dan 3) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...