Jurnal Geocivic
Vol 5, No 1 (2022): Edisi April

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA MATERI HUBUNGAN DESA DAN PERKOTAAN KELAS VII SMP 31 HALMAHERA BARAT

Asnita Ode Samili (Dosen Prodi Pendidikan Geografi FKIP Unkhair)
Tamrin Robo (Dosen Prodi Pendidikan Geografi FKIP Unkhair)
Fitriana Ibrahim (Dosen Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unkhair)
Jainudin Hasim (Dosen Prodi Pendidikan Geografi FKIP Unkhair)
Muhammad Ikhsan (Dosen Prodi Pendidikan Geografi FKIP Unkhair)
Ningsi Saibi (Dosen Prodi Pendidikan Geografi FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Tujuan penilitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII IPS SMP 31 Halmahera Barat pada materi hubungan desa dan kota menggunakan model Reciprocal Learning. Peneliti ini merupakan penilitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dua siklus. Dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII IPS SMP 31 Halmahera Barat yang berjumlah 31 peserta didik. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Adapun metode pengumpulan data yaitu lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Reciprocal Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari tiap siklus. Hal ini dapat diketahui bahwa peserta didik yang tuntas pada siklus I yaitu 10 orang dengan persentae 25%. Dan ada juga peserta didik yang tidak tuntas 21 orang dengan persentase 75%. Kemudian mengalami ketuntasan pada siklus II yaitu seluruh peserta didik tuntas dengan persentase 100% maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Reciprocal Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VII IPS SMP 31 Halmahera Barat materi pokok hubungan desa dan perkotaan. Kata Kunci: Model Reciprocal Learning, Peserta Didik, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

geocivic

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Geocivic dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun yang terbit 2 kali dalam setahun, memuat tulisan dosen, praktisi, dan mahasiswa bidang ilmu pendidikan sosial. Setiap terbitan memuat sebanyak 6-15 naskah artikel dengan ...