Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pen

Pengembangan Keterampilan Guru Matematika Kota Pagaralam dalam Mendesain Bahan Ajar Menggunakan Geogebra Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Hapizah Hapizah (Universitas Sriwijaya)
Indaryanti Indaryanti (Universitas Sriwijaya)
Ely Susanti (Universitas Sriwijaya)
Jeri Araiku (Universitas Sriwijaya)
Scristia Scristia (Universitas Sriwijaya)
Novita Sari (Universitas Sriwijaya)
Zuli Nuraeni (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pemanfaatan android dalam pembelajaran matematika sudah selayaknya dilakukan karena siswa telah terbiasa menggunakan smartphone namun pemanfaatannya untuk belajar masih kurang. Berdasarkan permintaan kelompok guru Matematika Kota Pagaralam untuk dilakukan pendampingan dalam membuat bahan ajar berbasis android, serta keunggulan dari aplikasi Geogebra, maka tujuan dari kegiatan Pendampingan Pada Masyarakat (PPM) ini adalah untuk mendampingi guru mengembangkan bahan ajar berbasis android menggunakan Geogebra, melihat respon guru peserta terhadap pendampingan, serta melihat peningkatan hasil belajar siswa dari salah satu guru peserta setelah belajar menggunakan Geogebra android. Metode yang digunakan dalam PPM ini adalah ceramah, pembagian bahan, dan demonstrasi. Analisis keberhasilan kegiatan dilakukan dengan melihat ketercapaian seluruh rencana kegiatan, nilai rerata respon peserta minimal baik, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan uji bertanda Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh rencana kegiatan terlaksana dengan baik, di mana Tim PPM berhasil mendapatkan 12 bahan ajar berbasis android dari guru peserta. Respon peserta terhadap kegiatan pelatihan tergolong baik dan sangat baik pada semua indikator. Hasil uji Wilcoxon , yang berarti hasil belajar siswa tidak berbeda secara signifikan pada taraf 5% setelah pemanfaatan android dalam pembelajaran. Namun, berdasarkan analisis deskriptif berupa ukuran pemusatan, hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya. Oleh sebab itu, disarankan agar guru secara konsisten menggunakan memanfaatkan teknologi berupa android dalam pembelajaran matematika, dan terus memperbaiki cara penerapan pembelajaran berbantuan teknologi di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

anugerah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Anugerah mempublikasikan artikel ilmiah hasil kegiatan PkM dalam bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan fokus sebagai berikut Matematika dan Sains Sosial Humaniora Bahasa dan Sastra Seni dan Budaya Artikel dengan fokus di atas dapat mencakup hal-hal sebagai berikut Layanan kepada ...