Wahana Didaktika
Vol. 22 No. 1 (2024): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan

Studi Literatur: Implementasi Modul Seni Pertunjukkan Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikatif di Abad 21

Hesti, Hesti (Unknown)
Sutama, Sutama (Unknown)
Murtiyasa, Budi (Unknown)
Markamah, Markamah (Unknown)
Prayitno, Prayitno (Unknown)
Muhibbin, Muhibbin (Unknown)
Anif, Anif (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui implementasi modul seni pertunjukan untuk meningkatkan keterampilan komunikatif di Abad 21 dalam pembelajaran seni budaya di SMA. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik penelitian studi literatur. Data yang diperoleh berdasarkan 12 artikel jurnal yang dianalisis, penggunaan modul dapat disimpulkan; dengan penggunaan modul dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan komunikatif peserta didik. Teknik analisis data yang dilalui dengan mengumpulkan data, menyederhanakan data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan. Dalam implementasi modul memiliki kelebihan sehingga peserta didik dan guru dapat terbantu di mana pembelajaran menjadi efektif dan efisien serta materi pembelajaran mudah dipahami. Selain itu, terdapat kekurangan dalam penggunaan modul yang tidak tepat saat proses pembelajaran. Oleh karenanya, guru harus mampu memilah serta mengimplementasikan modul dan materi yang tepat dengan cara yang sesuai dengan jenjang pendidikan agar mudah tersampaikan kepada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...