cover
Contact Name
Indah Juwita Sari
Contact Email
indah.juwitasari@untirta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
biodidaktika@untirta.ac.id
Editorial Address
Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Ciwaru No. 25, Kota Serang, Banten
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
ISSN : 1907087X     EISSN : 25274562     DOI : 10.30870/biodidaktika.v18i1.17311
Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya is a peer-reviewed journal that covers research and review articles in Biology and Biology Education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2020)" : 8 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIRE SHARE) KELAS VIII A SMPN 13 KOTA SERANG Tina Kholisoh
Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya Vol 15, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/biodidaktika.v15i1.7826

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika materi bangun datar.  Kurang tepatnya dalam pemilihan metode dan media pembelajaran, hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah, sehingga peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajran TPS untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Apakah penerapan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi peredaran darah manusia di kelas VIII A SMPN 13 Kota Serang, 2). Apakah penerapan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktifitas belajar IPA pada materi peredaran darah manusia di kelas VIII A SMPN 13 Kota Serang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penerapan model TPS dapat meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan peredaran darah manusia. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model Penelitian Tindakan Kelas Mc Taggart dan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek peneitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII A sebanyak 33 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan hasil penelitian pada  siklus I peningkatannya yaitu 70 dan siklus II sebesar 85. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar IPA pada bahasan peredaran darah manusia. Disarankan kepada peneliti maupun guru diharapkan untuk menerapkan TPS dalam pembelajaran IPA.
AKTIVITAS IMUNOGLOBULIN Y ANTI-WSSV PADA SERUM DAN TELUR AYAM Betutu Sengagau; Manja Mekky Bond
Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya Vol 15, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/biodidaktika.v15i1.7821

Abstract

ABSTRAKPenyakit White Spot Syndrom Virus (WSSV) merupakan salah satu jenis patogen yang sering terjadi dalam budidaya udang pada skala intensif maupun tradisional. Penggunaan antibiotik untuk menangani penyakit ini dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan masalah baru antara lain terjadinya resistensi bakteri atau virus patogen terhadap antibiotik, residu antibiotik dalam produk udang dan dapat menurunkan kualitas lingkungan budidaya. Salah satu alternatif penanganan penyakit WSSV ini adalah dengan pendekatan sistem imun secara pasif menggunakan imunoglobulin Y (IgY) anti-WSSV. Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui aktivitas imunoglobulin Y anti-WSSV terhadap patogen WSSV dalam telur dan serum ayam. Antigen WSSV berasal dari sampel udang positif WSSV berdasarkan hasil uji PCR. Sampel positif diekstraksi dan dipurifikasi, lalu diukur konsentrasi DNA dengan nanodrop. Antigen-WSSV diinaktivasi pada suhu 60° selama 1 jam dan disuntikan pada 2 ekor ayam petelur selama 4 minggu berturut-turut dengan dosis sebanyak 0,4 ml pada penyuntikan awal, 0,3 ml pada minggu ke-2 hingga ke-3 dan 0,5 ml pada minggu ke-4. Serum dan telur ayam yang dihasilkan dikoleksi selama 4 minggu. Aktivitas IgY anti-WSSV pada serum dan telur ayam diuji dengan metode AGP (Presipitasi Gel Agar). Karakteristik serum yang mengandung IgY anti-WSSV diukur dengan SDS-PAGE. Konsentrasi DNA antigen WSSV dan rasio kemurniannya diperoleh dengan rerata sebesar 2452,75 ng/µldan 1,605 untuk karkas (udang utuh) ditambah elution buffer, 30,35 ng/µl dan 1,83 untuk tahapan ekstraksi, 2,55 ng/µl dan 1,935 untuk tahapan purifikasi. Hasil uji AGP menunjukkan bahwa serum dan telur ayam positif mengandung antibodi WSSV berupa IgY anti-WSSV mulai minggu ke-2 setelah vaksinasi ke-2 dengan terbentuknya garis presipitasi dalam agar gel antara antigen WSSV dengan IgY anti-WSSV. Hasil pembacaan SDS-PAGE, pita protein menunjukkan berat molekul IgY spesifik anti-WSSVsebesar 38,8 kDa. Adanya aktivitas IgY anti-WSSV dalam serum dan telur ayam berpotensi untuk menangani penyakit WSSV melalui metode pasif imunoterapi.
PENGARUH PEMBELAJARAN PROYEK MINI RISET TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PERMASALAHAN KONSERVASI LINGKUNGAN Suroso Mukti Leksono; Shabrina Nur Dini; Bambang Ekanara
Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya Vol 15, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/biodidaktika.v15i1.8203

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek mini riset terhadap kemampuan menganalisis permasalahan Konservasi lingkungan.  Metode yang digunakan adalah quasi experiment. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 4 Pandeglang yang mengikuti pelajaran biologi tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan menganalisis masalah konservasi berupa tes uraian, sedangkan analisis data dengan uji beda rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran proyek mini riset berpengaruh positif terhadap kemampuan menganalisis permasalahan Konservasi lingkungan. Hal ini disebabkan karena pada tahapan proses pembelajaran mini riset yang diawali dengan menyiapkan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal kegiatan, memonitoring, menguji hasil dan diakhiri dengan mengevaluasi proyek dapat membekali siswa dalam proeses menganalisis masalah. Sehingga pada akhirnya kemampuan menganalisis yang merupakan proses menghasilkan pengetahuan berupa mampu mengolah data, membedakan fenomena, meramalkan peristiwa, merinci, menguraikan, mencari hubungan dan dapat membuat kesimpulan berdasarkan penyelidikan dapat meningkat.
TRIPLOIDISASI IKAN MAS (Cyprinus carpio L.) MENGGUNAKAN EKSTRAK UMBI KEMBANG SUNGSANG (Gloriosa superba L.) DENGAN LAMA PERENDAMAN YANG BERBEDA Swastika Oktavia; Tuti Setiawati
Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya Vol 15, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/biodidaktika.v15i1.7822

Abstract

ABSTRAKPengelolaan budidaya perikanan termasuk Ikan Mas (Cyprinus carpio L.)perlu memperhatikan efisiensi dan produktivitas usaha serta kualitas ikan. Hal ini harus diimbangi dengan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas induk maupun benih ikan.Triploidisasi merupakan salah satu metode manipulasi kromosom untuk perbaikan dan peningkatan kualitas genetik ikan guna menghasilkan benih ikan yang unggul.Bahan kimia yang umum digunakan untuk teknik triploidisasi adalah kolkisin.Namun, senyawa kolkisin dalam bentuk sediaan murni memiliki nilai pasar yang tinggi dan permintaan yang konsisten di bidang kedokteran. Kembang Sungsang (Gloriosa superba L.) merupakan tanaman yang seluruh bagian tanamannya mengandung senyawa aktif kolkisin (0,1-1,8%), pada bagian umbinya sekitar0,3%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama perendaman ekstrak umbi Kembang Sungsang terhadap fertilitas, daya tetas telur, sintasan, dan pertumbuhan larva Ikan Mas dan untuk mengetahui efektivitas ekstrak umbi Kembang Sungsang dalam menginduksi Ikan Mas triploid.Penelitian dilakukan menggunakanmetode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri atas 5 perlakuan dan 3 kali ulangan.Perlakuan yang diberikan adalah perlakuan telur tanpa perendaman dan perendaman telur pada ekstrak Kembang Sungsang konsentrasi 50% dengan lama perendaman 1 menit, 1,5 menit, 2 menit dan 2,5 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama perendaman yang berbeda ekstrak umbi Kembang Sungsangmempunyai pengaruh terhadap terhadap fertilitas,daya tetas telur,sintasan,dan pertumbuhan larva ikan Mas. Perendaman telur dengan ekstrak umbi Kembang Sungsang konsentrasi 50% selama 2,5 menitsangat efektif  dalam menginduksi Ikan Mastriploid. 
ANALISIS KUALITAS AIR DAS CIBANTEN DAN CIDANAU KABUPATEN SERANG Aditya Rahman KN; Mauliddina Trihasti; Muas Sisul Haq
Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya Vol 15, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/biodidaktika.v15i1.8204

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air dan status baku mutu DAS Cibanten dan Cidanau. Dilakukan pengukuran parameter fisika (TDS dan TSS) dan kimia (pH, DO, COD, BOD) pada DAS Cibanten dan Cidanau pada Januari-Desember 2018. Pada sampel air DAS Cibanten hanya 19,44% sampel yang memenuhi kondisi kelas II atau dapat dinyatakan baik. Sedangkan 80,56% lainnya dinyatakan cemar ringan. Pada data pemantauan DAS Cidanau didapatkan hasil bahwa 38,3% sampel air dinyatakan memenuhi baku mutu kelas II, sedangkan 59,57% lainnya dinyatakan cemar ringan dan 2,13% yang dinyatakan cemar sedang. Sampel yang dinyatakan cemar sedang.
MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MIPA PADA KONSEP KEANEAKARAGAMAN HAYATI Ahmad Nana Permana; Endang Surahman; Rita Fitriani
Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya Vol 15, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/biodidaktika.v15i1.7824

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran pemaknaan terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati kelas X MIPA SMAN 5 Kota Tasikmalaya, tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan September 2019, di SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain randomized Pretest-Posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruhkelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya, sebanyak tujuh kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 247 orang, dengan teknik cluster random sampling, hasilnya adalah kelas X MIPA 4 (eksperimen) dan X MIPA 6 (kontrol). Instrumen penelitian menggunakan instrumen tervalidasi Anates (32 butir) berbentuk pilihan majemuk dengan lima option. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pemaknaan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA pada konsep keanekaragaman hayatidi SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya, tahun ajaran 2019/2020. 
PENERAPAN BIOMAGAZINE SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI TERHADAP LITERASI MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 PANDEGLANG Ika Rifqiawati; Dwi Ratnasari; Indria Wahyuni; Indah Juwita Sari
Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya Vol 15, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/biodidaktika.v15i1.8205

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian biomagazine sebagai bahan ajar biologi terhadap literasi membaca dan motivasi belajar siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode weak eksperiment dengan desain penelitian static group pretest and posttest design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Pandeglang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 di SMA Negeri 7 Pandeglang. Pengumpulan data melalui angket literasi membaca dan angket motivasi belajar siswa. Angket literasi membaca mengukur aspek pemerolehan informasi eksplisit, aspek penarikan hubungan antar informasi dalam teks, aspek penyimpulan, dan aspek pengistegrasian ide dan informasi. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa penerapan biomagazine berpengaruh terhadap literasi membaca siswa di SMA Negeri 7 Pandeglang dengan p-value  sebesar 0.0000002528. Aspek literasi membaca yang tertinggi adalah aspek pengintegrasian ide dan informasi, dan aspek terendah adalah aspek penentuan ide pokok. Motivasi belajar siswa setelah diberikan biomagazine mendapatkan skor rata-rata yaitu 66,6. Penggunaan biomagazine membantu siswa dalam mengintegrasikan ide dan informasi karena informasi-informasi yang disajikan di biomagazine bermanfaat, bahasanya mudah dipahami, dan disertakan dengan contoh-contoh yang berkaitan dengan materi. Selain itu biomagazine berisi informasi dan tampilan yang menarik, sehingga dapat mendorong motivasi belajar siswa.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DALAM MATERI KEMAGNETAN MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA DI KELAS IX A SMPN 13 KOTA SERANG Omah Rohmawati
Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya Vol 15, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/biodidaktika.v15i1.7825

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil pembelajaran siswa dalam mata pelajaran IPA pada materi kemagnetan, hal ini dikarenakan dari strategi pembelajaran yang belum cocok dan kurang menarik bagi siswa sehingga aktivitas serta motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sangat rendah. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut dilakukan lah proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga untuk mengaktifkan kembali motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kontribusi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar IPA pada materi kemagnetan. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model Penelitian Tindakan Kelas Mc Taggart dan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX A SMPN 13 Kota Serang, sebanyak 33 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan hasil penelitian pada  siklus I peningkatannya yaitu sebesar 70 dan siklus II 80. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penggunaan alat peraga memiliki kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar IPA materi kemagnetan kelas IX A SMPN 13 Kota Serang. Disarankan kepada peneliti maupun guru diharapkan untuk menggunakan alat peraga dalam pembelajaran IPA pada materi kemagnetan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8