cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR" : 12 Documents clear
Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Pada Karya Sastra Berbasis Budaya Lokal Kelas IV MI NW Tebaban Alwi, Mijahamuddin; Sholihat, Zurriyatun
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : universitas hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.639 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran pada karya sastra berbasis budaya lokal yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE  yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implemetasi), dan  evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, angket kepraktisan, dan instrumen evaluasi karya sastra. Lembar validasi dan angket dianalisis dengan mongkonfersikan skor menjadi data kualitatif menggunakan skala lima, sedangkan data tes hasil evaluasi dianalisis dengan persentase ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis uji validasi, angket, dan uji coba lapangan didapat instrumen evaluasi pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis. Kriteria kevalidan memenuhi kriteria valid pada ahli materi dengan interval 23,82<X≤29,46 dan ahli media telah memenuhi kriteria valid dengan interval 16,98>X≤20,94. Kriteria kepraktisan yang dianalisis dari hasil angket memiliki kriteria valid (praktis) dengan interval 20 > X ≤ 25,1. Dari 15 peserta didik yang mengikuti tes, 13 orang tuntas dan 2 orang siswa belum tuntas. Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh hasil 86% dengan kriteria sangat baik.
Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBI) Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Perubahan Benda Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Kesik TP. 2017/2018 Sahuri, Sahuri
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : universitas hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.303 KB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas model pembelajaran berbasis masalah dalam mengoptimalkan pemahaman siswa tentang perubahan benda pada siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI SDN 3 Kesik. Penelitian ini dilaukan pada semester I TP 2017/2018. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Prosedur penelitian terdiri dari  4 tahap, yakni  perencanaan, pelaksanaan atau  tindakan, pengamatan atau observasi,dan evaluasi. Keempat tahap tersebut akan berlangsung pada tahap pertama atau  siklus 1 dan akan berulang kembali pada tahap atau siklus ke 2. Hasil penelitian ini membutikan bahwa Metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif, digunakan dalam pembelajaran IPA topik perubahan benda. Keefektifan metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) terlihat dari beberapa hal, yaitu dalam hal waktu, metode, dan evaluasi. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran siswa kelas VI SDN 3 Kesik pada siklus ke II lebih efektif dalam pembelajaran IPA topik perubahan benda dibandingkan pembelajaran pada siklus I tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran IPS Tahun Pelajaran 2018-2019 Sururuddin, Muhammad; Hadi, Yul Alfian; Burhanuddin, Burhanuddin
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : universitas hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.495 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa audio visual menggunakan macromedia flash pada mata  pelajaran IPS untuk siswa kelas V SDN 5 Masbagek Selatan, dengan jumlah sampel 26 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) mengadopsi model pengembangan Borg and Gall dengan lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan atau desain, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media audio visual menggunakan macromedia flash, layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli media diketahui bahwa produk media audio visual menggunakan macromedia flash dikategorikan baik dengan perolehan skor 54 dan skor rata-rata 4,1 dan ahli materi mendapatkan kategori sangat baik dengan perolehan skor 48 dan skor rata-rata 4,8. Hasil respon siswa terhadap media audio visual menggunakan macromedia flash masuk dalam kategori sangat baik dengan presntase 84,6%. Simpulan yang bisa diambil dari data diatas adalah media audio visual menggunakan macromedia flash dikategorikan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata IPS.Kata Kunci: Audio visual, Macomedia Flash.
Komparasi Metode Cooperative Tipe Struktural Dyadic Methods Dengan Metode Cooperative Riview Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Hakim, Arif Rahman; Fadilah, Dina
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : universitas hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.938 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang ditimbulkan oleh  metode  cooperative  tipe struktural dyadic methods (SDM) dengan metode cooperative riview (CR) terhadap  hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN  Lendang Nangka Utara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model desain Static group comparision. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Lendang Nangka Utara dan sampel penelitian  ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas V SDN 06 sebagai kelas eksperimen 1, sedangkan kelas V SDN 02 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan angket. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis untuk motivasi belajar menunjukkan bahwa  (1,6819), artinya Ho diterima dan Ha ditolak, sedangkan untuk hasil belajar (1,6819) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan pengaruh yang ditimbulkan oleh metode  Cooperative  Tipe Struktural Dyadic Methods (SDM) dengan Metode Cooperative Riview (CR) terhadap  hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN  Lendang Nangka Utara tahun pelajaran 2018/2019.
Meningkatkan Membaca Menulis Melalui Teknik SAS Kelas 3 MI No. 1 Pancor Lombok Timur Siregar, M. Deni; Yunitasari, Dukha
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : universitas hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  teknik SAS dalam meningkatkan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas 3 MI No 1 Pancor di lombok timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi.  Alat yang digunakan untuk mengukur dan mengetahui data adalah menggunakan lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas membaca dan menulis siswa pada buku teks yang disediakan, tes dilakukan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dan menulis dengan teknik  SAS. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran baik pada siklus I maupun siklus II siswa sudah mamapu membaca dan menulis dengan cepat. Hasil tes dari pembelajaran siklus I diketahui 8 dari 30 orang siswa belum membaca cepat. Pada hasil pembelajaran siklus II 30 dari 30 orang semuanya sudah bisa membaca dengan cepat. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca dan menulis dapat ditingkatkan melalui teknik SAS. Kata kunci :  Membaca Cepat , Teknik SAS
Model Pembelajaran Kontekstual Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Pesera Didik Kelas V Sdn 2 Pancor Rohimah, Rohimah
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : universitas hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.604 KB)

Abstract

Salah satu dari keempat kemampuan berbahasa peseeta didik di sekolah dasar adalah kemampuan menulis disamping kemampuan membaca, berbicara dan mendengarkan. Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis dalam hal ini dikhususkan pada kemampuan menulis laporan adalah strategi pembelajaran yang belum mengena pada peserta didik. Langkah yang ditempuh penulis dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan penggunaan metode pembelajaran kontekstual. Penelitian ini mengangkat dua pokok permasalahan yakni: (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam materi menulis laporan pengamatan pada peserta didik kelas 6 SDN 2 Pancor dan  (2) Apakah ada peningkatan kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam materi menulis laporan pengamatan pada siswa kelas 6 SDN 2 Pancor. Guna menjawab pertanyaan ini, maka dilakukanlah penelitian tindakan kelas.  Penelitian tindakan kelas yang telah ditempuh, didesain berdasarkan model dan metode pembelajaran sesuai dengan yang telah dipersiapkan. Selama dua siklus, menempuh empat tahapan berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi/pengamatan, dan (4) refleksi. Setelah melakukan serangkaian kegiatan yang telah direncanakan, terbukti kemampuan menulis laporan pengamatan pada peserta didik kelas V SDN 2 Pancor, meningkat pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan Pada pra siklus sampai siklus pertama kenaikan dari 56,27 menjadi 73,6 kemudian pada siklus kedua rata-rata nilai kelas menjadi 85,4. Pada siklus pertama siswa dominan melakukan kesalahan penulisan ejaan, huruf kapital, dan kata depan. Siklus kedua, hanya ditemukan satu kelompok menggunakan kata tidak baku. Kualiatas setelah diadakan penelitian ini terlihat dalam penulisan tanda baca, huruf kapital, preposisi dan sistematika laporan pengamatan. siklus kedua siswa sudah dapat merinci lokasi pengamatan di ruang-ruang sekitar sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam upaya peningkatan kemampuan menulis Laporan siswa kelas VI SDN 2 Pancor Kecamatan Selong 2018/2019
Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBI) Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Perubahan Benda Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Kesik TP. 2017/2018 Sahuri, Sahuri
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : universitas hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v5i1.1775

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas model pembelajaran berbasis masalah dalam mengoptimalkan pemahaman siswa tentang perubahan benda pada siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI SDN 3 Kesik. Penelitian ini dilaukan pada semester I TP 2017/2018. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Prosedur penelitian terdiri dari  4 tahap, yakni  perencanaan, pelaksanaan atau  tindakan, pengamatan atau observasi,dan evaluasi. Keempat tahap tersebut akan berlangsung pada tahap pertama atau  siklus 1 dan akan berulang kembali pada tahap atau siklus ke 2. Hasil penelitian ini membutikan bahwa Metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif, digunakan dalam pembelajaran IPA topik perubahan benda. Keefektifan metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) terlihat dari beberapa hal, yaitu dalam hal waktu, metode, dan evaluasi. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran siswa kelas VI SDN 3 Kesik pada siklus ke II lebih efektif dalam pembelajaran IPA topik perubahan benda dibandingkan pembelajaran pada siklus I tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran IPS Tahun Pelajaran 2018-2019 Sururuddin, Muhammad; Hadi, Yul Alfian; Burhanuddin, Burhanuddin
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : universitas hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v5i1.1783

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa audio visual menggunakan macromedia flash pada mata  pelajaran IPS untuk siswa kelas V SDN 5 Masbagek Selatan, dengan jumlah sampel 26 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RD) mengadopsi model pengembangan Borg and Gall dengan lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan atau desain, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media audio visual menggunakan macromedia flash, layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli media diketahui bahwa produk media audio visual menggunakan macromedia flash dikategorikan baik dengan perolehan skor 54 dan skor rata-rata 4,1 dan ahli materi mendapatkan kategori sangat baik dengan perolehan skor 48 dan skor rata-rata 4,8. Hasil respon siswa terhadap media audio visual menggunakan macromedia flash masuk dalam kategori sangat baik dengan presntase 84,6%. Simpulan yang bisa diambil dari data diatas adalah media audio visual menggunakan macromedia flash dikategorikan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata IPS.Kata Kunci: Audio visual, Macomedia Flash.
Komparasi Metode Cooperative Tipe Struktural Dyadic Methods Dengan Metode Cooperative Riview Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Hakim, Arif Rahman; Fadilah, Dina
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : universitas hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v5i1.1776

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang ditimbulkan oleh  metode  cooperative  tipe struktural dyadic methods (SDM) dengan metode cooperative riview (CR) terhadap  hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN  Lendang Nangka Utara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model desain Static group comparision. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Lendang Nangka Utara dan sampel penelitian  ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas V SDN 06 sebagai kelas eksperimen 1, sedangkan kelas V SDN 02 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan angket. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis untuk motivasi belajar menunjukkan bahwa  (1,6819), artinya Ho diterima dan Ha ditolak, sedangkan untuk hasil belajar (1,6819) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan pengaruh yang ditimbulkan oleh metode  Cooperative  Tipe Struktural Dyadic Methods (SDM) dengan Metode Cooperative Riview (CR) terhadap  hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN  Lendang Nangka Utara tahun pelajaran 2018/2019.
Meningkatkan Membaca Menulis Melalui Teknik SAS Kelas 3 MI No. 1 Pancor Lombok Timur Siregar, M. Deni; Yunitasari, Dukha
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : universitas hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v5i1.1788

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  teknik SAS dalam meningkatkan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas 3 MI No 1 Pancor di lombok timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi.  Alat yang digunakan untuk mengukur dan mengetahui data adalah menggunakan lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas membaca dan menulis siswa pada buku teks yang disediakan, tes dilakukan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dan menulis dengan teknik  SAS. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran baik pada siklus I maupun siklus II siswa sudah mamapu membaca dan menulis dengan cepat. Hasil tes dari pembelajaran siklus I diketahui 8 dari 30 orang siswa belum membaca cepat. Pada hasil pembelajaran siklus II 30 dari 30 orang semuanya sudah bisa membaca dengan cepat. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca dan menulis dapat ditingkatkan melalui teknik SAS. Kata kunci :  Membaca Cepat , Teknik SAS

Page 1 of 2 | Total Record : 12