cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia
ISSN : 23384557     EISSN : 25976230     DOI : -
Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), ISSN 2597-6230 online ; 2338-4557 print , diterbitkan sejak tahun 2013 oleh Pengurus Pusat Asosiasi Forum Manajemen Indonesia (FMI). Terbit secara berkala 3 (tiga) kali dalam 1 tahun, dengan frekwensi penerbitan di bulan Februari, Juni, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017" : 10 Documents clear
Analisis Sektor Usaha Kecil & Menengah Menjadi Model Kewirausahaan Sosial Berbasis Ekonomi Kreatif Dedi Rianto Rahadi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v4i2.115

Abstract

Kewirausahaan Sosial merupakan suatu konsep kewirausahaan (entrepreneurship) yang mengedepankan aktivitas sosial dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Usaha Kecil & Menengah (UKM) dapat dilibatkan menjadi bagian dari Social-entrepreneurship, untuk mendukung kemandirian masyarakat secara ekonomi. Untuk mendukung keberlangsungan UKM serta jangkauan yang lebih global dapat digunakan pendekatan ekonomi kreatif dari setiap sektor yang dilakukan UKM. Hal ini bertujuan keberlangsungan UKM dapat berlangsung lama dan menjadi pondasi bagi perekonomian Indonesia. Tujuan penelitian untuk melakukan analisis UKM agar menjadi bagian dari social entrepreneuship berbasis ekonomi kreatif. Metode penelitian secara kuantitatif (statistik deskriptif) dan kualitatif (model analisis interaktif), dimana pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara mendalam, dan pendekatan Teknik PRA (Participatory Rural Appraisal). Hasil penelitian menunjukkan pemerintah daerah mendukung sepenuhnya keberadaan UKM khususnya sektor kerajinan, dengan memberikan fasilitas berubah kebijakan maupun bantuan pendanaan. Sebagian pengrajin sudah memiliki konsep ide maupun kreatifitas dalam meningkatkan kualitas produk, hal ini terlihat dari inovasi produk yang dikembangkan. Masyarakat, pemerintah dan komunitas pengrajin mendukung keberadaan kewirausahaan sosial berbasis ekonomi kreatif guna mendukung peningkatan perekonomian. Untuk mendukung keberlangsungan kewirausahaan sosial berbasis ekonomi kreatif dibutuhkan keterlibatan pemerintah, pengusaha, masyarakat melalui pendampingan secara berkelanjutan dengan dukungan kebijakan yang berpihak kepada UKM. Keywords: social entrepreneurship, Usaha Kecil & Menengah (UKM), ekonomi kreatif
Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking (Studi pada Pengguna Mobile Banking Bank Sinarmas Cabang Malang) Olivia Mimin Trisnawati; Syaifuddin Fahmi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v4i2.116

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan mobile banking yang terdiri dari dimensi skala inti e-SERVQUAL (reability, efficiency, privacy,dan fulfillment) terhadap kepuasan nasabah. Jumlah sampeladalah 100 responden. Teknik analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat.Hasil Uji T menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dari hasil analisis hipotesis diketahui bahwa 55,7% kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel reability, efficiency, privacy,dan fulfillment, sedangkan 44,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Berdasarkan keseluruhan variabel, reability memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan nasabah pengguna SimobiPlus. Kata kunci: Kualitas Layanan Elektronik, Kepuasan Nasabah, Bank, Mobile Banking
Apakah Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSO) Memediasi Pengaruh Nilai Tukar Terhadap Return Saham Syariah ? Sri Hermuningsih; Hanita Yuniati; Mujino Mujino
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v4i2.117

Abstract

This study aims to analyze the effect of Exchange Rate on Stock Return with Sharia Stock Index as Mediation. The population in this study is the sharia shares listing on the Indonesia Stock Exchange. Sampling using purposive sampling method, with criteria List of sharia firms in the Property and Real Estate sectors which are categorized as Sharia (ISSI) Index which is constant (fixed) during December 2015-May 2016 period. Data analysis using regression analysis. The result of the research shows that the exchange rate has an effect on the Return of Sharia Shares and Sharia Stock Index of Indonesia influential on Sharia Return Shares. Indonesia Sharia Stock Index is able to mediate between Exchange Rate and Sharia Return Shares Keywords : Nilai Tukar, Indeks Saham Syariah Indonesia, Return Saham Syariah.
Analisis Pengaruh Perceived Quality Terhadap Brand Trust, Brand Attachment, dan Brand Commitment (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung) Reno Vancasavio; Farida Indriani
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v4i2.118

Abstract

This study aims to analyze perceived quality towards brand trust, brand attachment, and brand commitment to smartphone users especially Samsung. The reasons why using perceived quality as a variable because it has direct role to the users that takes a parts of having Samsung smartphone. Non-probability technique was used for sampling and the population are Samsung smartphone users that has 18-24 years old range. Data were collected from 150 respondents which were selected using criteria of judgments that should has Samsung as their smartphone for minimal one year and students at Semarang. Test method is a Maximum likelihood analysis with AMOS program version 21.0. The results showed that perceived quality variable directly giving positive influence towards brand trust, brand attachment, and brand commitment. Since three of the variables that have been influenced by perceived quality, one of the most influenced by perceived quality is brand trust. Keywords: Perceived Quality, Brand Trust, Brand Attachment, and Brand Commitment
Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Preferensi Merek, dan Harga Dengan Citra Negara Asal sebagai Variabel Moderasi Terhadap Minat Pembelian Laptop Oleh Mahasiswa di Kota Batam Lily Purwianti; Mehdar Badrus Zaman
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v4i2.119

Abstract

The main purpose of this study is to investigate the relationships among brand equity, brand preference, price and purchase intention. Moreover secondary aim of this research is examining the moderate role of country of origin image. Independent variables used in this research are brand equity, brand preference and price. Data were collected from 500 students in Batam who recognized the selected brand of laptop using judgmental sampling from 5 universities they are Universitas Putera Batam, Universitas Riau Kepulauan, Politeknik Negeri Batam, Universitas Internasional Batam, and Universitas Batam. Hypotheses were tested using SPSS program version 21. Results indicated that brand equity, brand preference and price positively influence consumer’s purchase intention. But results unsupported moderating role of country of origin image in the relationships among brand equity, brand preference and purchase intention. Keywords: brand equity, brand preference, price, country of origin and purchase intention.
Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Klinik Kecantikan dengan Kelompok Referensi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pengguna Jasa Klinik Kecantikan di Surabaya) Ana Fitria; Sri Setyo Iriani; Sanaji Sanaji
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v4i2.120

Abstract

Consumer perceptions of brands are based on experience and information obtained by consumers. Consumers seek information to evaluate brands before deciding to use the brand. Friends are one of the most effective sources of information in influencing consumer purchasing decisions. This study aims to analyze and discuss the influence of brand image on purchase decision of beauty clinic services that moderated by reference group. This reseach used 220 sample from four beauty clinic services in Surabaya and applied moderating regression analysis to test the research model. The results showed that brand image had a positive and significant influence on the decision to use the beauty clinic services, while reference group con not moderating the influence brand image on the decision to use the beauty clinic services. Keywords : brand image, reference group, use decision
Pengaruh Lokasi, Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung di Taman Satwa Taru Jurug Solo Sudarwati Sudarwati; Eny Kustiyah; Atika Fikri Tsani
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v4i2.121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama lokasi,fasilitas dan pelayanan terhadap keputusan berkunjung di Taman Satwa Taru Jurug Solo. Dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial lokasi, fasilitas dan pelayanan terhadap keputusan berkunjung di Taman Satwa Taru Jurug Solo. Populasi dalam penelitian ini seluruh wisatawan yang berkunjung di Taman Satwa Taru Jurug dengan sampel yang berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan questioner Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil uji hipotesa secara simultan dalam penelitian ini, maka dapat diketahui nilai Fhitung> Ftabel (29,768>2,24) ada pengaruh secara simultan antara variabel lokasi, fasilitas, dan pelayanan terhadap keputusan berkunjung. (2) Berdasarkan hasil uji hipotesa secara parsial lokasi thitung (2,264 > ttabel (1,895), berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh terhadap keputusan berkunjung. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesa secara parsial fasilitas thitung (3,858 > ttabel (1,895), berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh terhadap keputusanberkunjung. (4) Berdasarkan hasil uji hipotesa secara parsial pelayanan thitung (0,741 > ttabel (1,895, berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh terhadap keputusan berkunjung Kata kunci : Lokasi, Fasilitas, Pelayanan, Keputusan Berkunjung
Pengaruh Kepercayaan Merek, Citra Merek, dan Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek Serta Keinginan Pembelian Ulang Koran Jawa Pos Pada Masyarakat Surabaya Hendri Rahman Susetyo; Mochamad Rizal Yulianto
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v4i2.122

Abstract

The purpose of this study is to examine the influence of brand trust, brand image, and brand satisfaction on brand loyalty as well as the desire to repurchase Jawa Pos newspaper in Surabaya city. Based on the literature review, this research hypothesis states that brand trust, brand image, and brand satisfaction have an effect on brand loyalty, besides the result of literature review indicate that brand loyalty influence to repurchase desire. The data of this study were collected by using questionnaires from respondents consisting of 210 Jawa Pos newspaper customers in Surabaya. Hypothesis testing technique is done by using structure equation model analysis (sem) with SmartPLS statistic application. The results of this study indicate that brand trust, brand image, and brand satisfaction have a positive effect on brand loyalty, as well as brand loyalty have a positive effect on repurchase desire. Specifically, this study shows that loyal customers will continue to make repeat purchases. Keywords: Image, trust, satisfaction, loyalty, brand, repurchase intentions.
Hubungan Penampilan Fisik, Kepuasan Diri, Media, dan Self-Esteem pada Wanita Conny Tjandra Rahardja
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v4i2.123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antar variabel penampilan fisik, kepuasan diri, media, dan self-esteem pada gender wanita. Penampilan fisik dibedakan menjadi dua dimensi: penampilan fisik original dan asesoris. Penelitian ini melibatkan 144 responden yang sedang mengambil pendidikan S1 jurusan ekonomi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penampilan fisik original berkorelasi positif dengan variabel penampilan fisik asesoris, media, dan self-estee; (2) penampilan fisik asesoris berkorelasi positif dengan variabel media, dan self-esteem; (3) penampilan fisik secara keseluruhan berkorelasi positif dengan variabel kepuasan diri; (4) kepuasan diri berkorelasi positif dengan variabel media, dan self-esteem; (5) media berkorelasi positif dengan self-esteem. Keywords: penampilan fisik, kepuasan diri, media, dan self-esteem.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Deekey Shoes Garage Wa Ode Zusnita Muizu; Muhammad Irfan; Umi Kaltum
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v4i2.124

Abstract

Di era globalisasi, perusahaan dituntut untuk memperbaiki segala aspek yang terkait dalam perusahaan tersebut dan lebih responsif agar terus bertahan dan berkembang. Salah satu aspek yang harus menjadi perhatian lebih oleh perusahaan adalah sumber daya manusia. Oleh karena itu, sumber daya manusia pada setiap perusahaan menjadi sangat penting dan sulit untuk dikelola karena berhubungan dengan pembentuk sikap seseorang yang tentunya dapat berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia tersebut terhadap performansi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada Deekey Shoes Garage. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Sampel penelitian yaitu seluruh karyawan Deekey Shoes Garage yaitu berjumlah 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh positif dan signifikan 5% terhadap kinerja karyawan, dengan koefisien determinasi sebesar 69% dimana kinerja karyawan dipengaruhi olah gaya kepemimpinan. Sementara sisanya 31% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar variabel yang diteliti misalnya variabel individu (Kemampuan dan keterampinan, latar belakang pribadi dan demografis), variabel organisasi (Sumber daya, imbala, struktur dan desainpekerjaan) dan atau variabel psikologis (Persepsi, sikap, kepribadian, belajar dan motivasi). Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan

Page 1 of 1 | Total Record : 10