cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
JTT (Jurnal Teknologi Terpadu)
ISSN : 23386649     EISSN : 24775177     DOI : -
JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) dengan ISSN 2477-5177 (media online) dan 2338-6649 (media cetak), adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dibidang inovasi teknologi terapan dengan cakupan: Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Telekomunikasi.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013): JTT ( Jurnal Teknologi Terpadu )" : 8 Documents clear
Penentuan Faktor Keamanan pada Lereng Facies Delta Totok Sulistyo; Sunarno Sunarno
Jurnal Teknologi Terpadu Vol 1, No 1 (2013): JTT ( Jurnal Teknologi Terpadu )
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jtt.v1i1.12

Abstract

Abstract This study determines safety factor of slope and qualitative model of  subsidence in deltaic facies in Balikpapan City based on geotechnics, geologic and geomorphologic data. This study is carried out becausedeltaic deposits have characteristics in both texture and sructure which possibly has corelation with subsidence fenomenon. The Aims of this research are determine safety factor of critical slope and genetics of subsidence in research area, so that it could be taken into account in selecting of suitable prevention method and describes phases of subsidence of deltaic facies. This study was carried out by Desk Study of secondary data, field observation and measurement, sampling and laboratory test, their results were processed with software to obtain safety factor of slope. That was continued with analysis and drawing of conclution. Result of slope stability analysis safety factor of slope in research area less than 1.2 and can be classified as highly vulnerable slope, eventhough subsidence in research area is caused by geomorphologic processes whics is formation of void/megaphore due to the subsurface erosion which triger the depresion of land surface.Keywords : Landslide, Subsidence, Deltaic Facies  Abstrak  Penelitian ini dilakukan untuk menentukan faktor keamanan (FK) lereng serta model kualitatif berupa genesa penurunan pada sedimen facies delta di Kota Balikpapan berdasarkan data geoteknis, geologis dangeomorfologis. Penelitian  ini  dilakukan mengingat endapan delta mempunyai karakteristik dalam tekstur dan struktur, yang dimungkingkan mempunyai korelasi dengan adanya fenomena subsidence. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai faktor keamanan lereng kritis, menentukan genesa gerakan tanah dan penurunan tanah (subsidence), sehingga akan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan metode penanggulangan yang sesuai, serta menggambarkan tahapan dan mekanisme menjadi model gerakan tanah dan penurunan tanah pada facies delta. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan Desk Study dari data sekunder dan literatur, pengamatan dan pengukuran lapangan, pengambilan contoh batuan dan pengujian laboratorium, data hasil studi tersebut akan diolah dengan perangkat lunak untuk memperoleh nilai factor keamanan (FK) dari lereng. Dilanjutkan dengananalisis dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis kestabilan lereng Faktor keamanan lereng di lokasi penelitian kurang dari 1.2 dimana moment pendorong lebih besar dari momen penahan dan dapat dikelompokan dalam lereng dengan kerentanan sangat tinggi, namun demikan faktor yang menyebabkan subsidence adalah proses geomorfologi yaitu adanya erosi bawah permukaan yang membentuk rongga yang menyebabkan depresi pada permukaan tanah.Kata kunci : Gerakan Tanah, Subsidence, Facies Delta
Pemanfaatan Penginjeksian Elektron Sebagai Upaya Penghematan Bahan Bakar Bensin Pada Kendaraan Bermotor Ida Bagus Dharmawan; Riswan Asmaran; Yudi Kurniawan
Jurnal Teknologi Terpadu Vol 1, No 1 (2013): JTT ( Jurnal Teknologi Terpadu )
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jtt.v1i1.7

Abstract

ABSTRACTThis study is an engineering injection tool electrons in the input fuel flow. The tool was tested saving performance in motor vehicle fuel use. This study was a single factor (giving the voltage on the input fuel flow) done in completely randomized design with 3 levels of treatment, ie, 0 volts, 12 volts and 16 volts, each performed with four replications. The length of the input fuel flow pipe engineering tools tested were 24 that were attempted in motorcycle brands Honda Astrea Impressa gasoline in 1998. Later the use of different voltages on fuel saving devices with fuel flow pipe length of 24 cm gives a significant effect on fuel consumption in motor vehicles.Keywords: electron injection, fuel consumption, fuel flow.ABSTRAKPenelitian ini merupakan sebuah rekayasa alat penginjeksian elektron pada input aliran bahan bakar. Alat tersebut diuji kinerjanya dalam menghematan penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor. Penelitian ini merupakan penelitian faktor tunggal (pemberian tegangan pada aliran input bahan bakar) yang dilakukan dalam rancangan acak lengkap dengan 3 level perlakuan, yaitu, 0 volt, 12 volt dan 16 volt, masing-masing dilakukan dengan 4 ulangan. Panjang pipa aliran input bahan bakar alat rekayasa yang diuji adalah 24 yang dicobakan pada sepeda motor merk Honda Astrea Impressa tahun 1998 berbahan bakar bensin. Kemudian dalam penggunaan tegangan yang berbeda pada alat penghemat bahan bakar dengan panjang pipa aliran bahan bakar 24 cm memberikan pengaruh nyata terhadap konsumsi penggunaan bahan bakar pada kendaraan bermotor.Kata Kunci : Injeksi elektron, konsumsi bahan bakar, aliran bahan bakarJTT VOL 1 NO 1: 6-10
Metode Eksperimental Struktur Kolom Beton Bertulang Tahan Gempa Menggunakan CFRP Sebagai Eksternal Confinement Karmila Achmad; Agoes SMD; Tavio Tavio
Jurnal Teknologi Terpadu Vol 1, No 1 (2013): JTT ( Jurnal Teknologi Terpadu )
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jtt.v1i1.14

Abstract

AbstractThis paper analyzes about the increasing of the strength by seismic load in RC square column structure which has been given CFRP external confinement. There are two specimens will be compared. They are C-1and C-1C. C-1 is control column and C-1C is column with CFRP external confinement. Analysis experimental result got that collapse C-1 column at plastic hinge zone and collapse C-1C column until the end of the test the demage of column surface from all of plastic hinge zone. They are effected by the concrete demage and colour of the resin CFRP changing and the increasing displacement 77% from the plan. From 3 strength parameters, show that C-1C increases its strength for P max increase 54,97%, .max is 81,18% and M max is 55,36% for C-1.Keywords- Seismic load, CFRP, RC column, Experimental method, External confinement,AbstrakMakalah ini meneliti mengenai peningkatan kekuatan dengan adanya beban gempa yang bekerja pada elemen struktur kolom beton bertulang pada bangunan tinggi yang telah diberi pengekangan eksternal CFRP. Ada dua benda uji yang akan dibandingkan yaitu C-1 sebagai kolom control dan C-1C sebagai kolom dengan pengekangan CFRP. Dari hasil eksperimental kegagalan kolom C-1 terjadi pada zona sendi plastis dan C-1C sampai akhir pengujian permukaan kolom pada zona sendi plastis secara keseluruhan sudah tidak rata akibat rusak beton dibagian dalam dan perubahan warna resin CFRP serta terjadi peningkatan displacement 77% dari displacement rencana. Dari 3 parameter kekuatan menunjukan bahwa C-1C memiliki kekuatan meningkat dengan rincian P max meningkat 54,97%, .max meningkat 81,18% dan M max meningkat 55,36%.Kata Kunci- Beban gempa, CFRP, Kolom beton bertulang, Metode eksperimental, Pengekangan eksternal
Modul Sistem Parkir Kendaraan Roda 4 Menggunakan PLC OMRON CPM-1A Suhaedi Suhaedi
Jurnal Teknologi Terpadu Vol 1, No 1 (2013): JTT ( Jurnal Teknologi Terpadu )
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jtt.v1i1.6

Abstract

AbstractNow the current number of transportations such as cars are increasing, consequently and more transportations, the more solid as well for the car park area. The problem in this situations is the comfort by worried motorists. Therefore presented in this thesis about the planning that has been done that is making an example of a model where an automatic car parking area which can be controled of its capacity. The example of model an automatic parking area is a miniature as eight centimeters high , four centimeters wide and fifty centimeters long and can accommodate four cars as many as nine cars. Manufacture of miniature automatic car parking is to use actuators such as DC, many infrared sensors, some of the photo diode sensors, relay and limit switches. Programmable logic control (PLC) is used as a controller that control all hardware. To display information, it uses an indicator light marked “FULL” and “EMPTY”. The result of test is performed by running an automatic car parking system and the system can function properly and ready in use. Keyword : automatic car parking, capacity, programmable logic control, infrared and photo diode sensor, actuator, limit switch.AbstrakSaat ini jumlah kendaraan seperti mobil semakin meningkat, akibatnya semakin banyak kendaraan maka semakin padat juga untuk area tempat parkir mobil. Permasalahannya kenyamanan sangatlah di risaukan oleh para pengendara mobil . Karena itu pada tugas akhir ini dipaparkan tentang perancangan yang telah dilakukan yaitu pembuatan sebuah contoh model tempat area parkir mobil otomatis yang dapat di kontrol kapasitasnya. Contoh model area parkir otomatis ini berupa miniatur setinggi 15 cm, lebar 40 cm dan panjang 50 cm juga dapat menampung kendaraan mobil roda empat sebanyak sembilan kendaraan. Pembuatan miniatur parkir mobil otomatis ini menggunakan penggerak seperti motor DC juga beberapa sensor infra merah, photo diode, relai dan limit switch. Programmable Logic Control (PLC) digunakan sebagai kontroller yang mengontrol semua perangkat keras. Untuk displai informasi mengunakan sebuah indikator lampu bertulisan “FULL” dan “EMPTY”. Dengan hasil pengujian yang dilakukan dengan menjalankan sistem area parkir mobil otomatis dan sistem dapat berfungsi dengan baik dan siap digunakan.Kata kunci : Parkir mobil otomatis, kapasitas, PLC (Programmable Logic Control), Sensor Infra merah dan Foto dioda, Penggerak, Limit switch.JTT Vol 1 No 1 Hal: 1-5
Pemanfaatan Pasir Telaga Sari dan Styrofoam untuk Pembuatan Batako Ringan Sunarno Sunarno; Nuzulul Fauzan Abadan
Jurnal Teknologi Terpadu Vol 1, No 1 (2013): JTT ( Jurnal Teknologi Terpadu )
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jtt.v1i1.15

Abstract

AbstractResearch Utilization Sand Lake Sari and Styrofoam to Making Lightweight brick with a mixture ratio variations between ( cement : sand : Styrofoam ), namely ( 1 : \ 5 : 0 ), ( 1 : 4 : 1 ), (1 : 3 : 2 ), ( 1 : 2 : 3 ), ( 1 : 1 : 4 ), and ( 1 : 0 : 5 ) with a time of hardening / treatment 28 days The purpose of this study was to determine the effect of replacement of sand with Styrofoam comparison of concrete blocks, to determine the effect of washing the sand against the bricks, and how comparison of partial replacement of sand on the Styrofoam to produce concrete blocks with good compressive strength. The method used in this study is the experimental method, of conducting an experiment to obtain a result which confirms the relationship between the parameters of the study. The parameters tested the levels of silt and sand that has not washed that has been washed, unwashed sand gradation and which has been washed, the compressive strength of concrete blocks each each comparisonusing a sand that has not been washed and washed, and water absorption ofconcrete blocks each - each comparison using a sand that has not been washedand washed. From the results of the research content of sand silt, sand unwashed sludge had higher levels of average - average 7.6% and after the sand content of mud washed into the average - average 3.53%. From the results of research on thecompressive strength of lightweight concrete blocks concrete blocks showed that the best composition with the variation that is 1 cement : 4 sand was washed : 1 Styrofoam with a maximum of 69,55 kg/cm2 compressive strength. From the results of the study blocks the absorption of light, comparison of the best ingredients and produce the water absorption of at least that is the ratio 1 cement : 0 sand : 5 styrofoam with water absorption of 4.3%.Keyword : Styrofoam, lightweight brick, compressive strengthAbstrakPenelitian Pemanfaatan Pasir Telaga Sari dan Styrofoam untuk Pembuatan Batako Ringan dengan variasi perbandingan campuran antara (semen : pasir : Styrofoam) yaitu (1 : 5 : 0), (1 : 4 : 1), (1 : 3 : 2), (1 : 2 : 3), (1 : 1 : 4), dan (1 : 0 : 5) dengan waktu pengerasan / perawatan 28 hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan penggantian pasir dengan Styrofoam terhadap batako, untuk mengetahui pengaruh pencucian pasir terhadap batako, dan berapa perbandingan penggantian sebagian pasir terhadap Styrofoam untuk menghasilkan batako yang baik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu mengadakan suatu percobaan untuk mendapatkan suatu hasil yang menegaskan hubungan antara parameter penelitian. Adapun parameter yang diuji yaitu kadar lumpur pasir yang belum dicuci dan yang sudah dicuci, gradasi pasir yang belum dicuci dan yang sudah dicuci, kuat tekan batako dari tiap – tiap perbandingan menggunakan pasir yang belum dicuci dan yang sudah dicuci, dan penyerapan air batako tiap – tiap perbandingan dengan menggunakan pasir yang belum dicuci dan yang sudah dicuci. Dari hasil penelitian kadar lumpur pasir, pasir yang belum dicuci memiliki kadar lumpur rata – rata 7,6% dan setelah pasir dicuci kadar lumpurnya berkurang menjadi rata – rata 3,53 %. Dari hasil penelitian kuat tekan pada batako menunjukkan bahwa batako ringan styrofoam dengan variasi komposisi terbaik yaitu 1 semen : 4 pasir yang sudah dicuci : 1 styrofoam dengan kuat tekan maksimal 69,55 kg/cm2. Dari hasil penelitian penyerapan batako ringan, perbandingan bahan yang paling baik dan menghasilkan penyerapan air yang paling sedikit yaitu pada perbandingan 1 semen : 0 pasir : 5 styrofoam dengan penyerapan air 4,3 %.Kata Kunci :Stirofoam, beton ringan, kuat tekan
Sistem Informasi Jurnal Online Politeknik Negeri Balikpapan Armin Armin; Ali Abrar
Jurnal Teknologi Terpadu Vol 1, No 1 (2013): JTT ( Jurnal Teknologi Terpadu )
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jtt.v1i1.8

Abstract

AbstractBalikpapan State Polytechnic currently has a scientific journal that has been published on a regular basis, but so far it is still used in some print media have limited side to create and publish. Along with the development of information technology today, we need a media that can help the print media is limited by the online system. The objective and target of this research are to design, build and test online scientific journal of state Polytechnic of Balikpapan. Selection of online media is used to be accessible anytime and anywhere. With the online journal of information systems State Polytechnic of Balikpapan is to provide convenience in the management of information systems journals and the development of information technology in the field of online publishing.Keywords: Information System, Online JournalAbstrakPoliteknik Negeri Balikpapan saat ini sudah memiliki jurnal ilmiah yang sudah terbit secara berkala, namun sejauh ini masih menggunakan media cetak yang dalam beberapa sisi memiliki keterbatasan untuk membuat dan menerbitkannya. Seiring dengan perkembangn teknologi informasi dewasa ini maka diperlukan suatu media yang dapat membantu keterbatasan media cetak yaitu dengan sistem online. Tujuan dan target penelitian ini adalah untuk merancang, membuat dan menguji jurnal ilmiah online Politeknik Negeri Balikpapan. Pemilihan media online digunakan agar dapat diakses kapan dan dimana saja. Dengan adanya sistem informasi jurnal online Politeknik Negeri Balikpapan ini dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan sistem informasi jurnal dan pengembangan teknologi informatika dalam bidang penerbitan onlineKata Kunci: Sistem Informasi, Jurnal Online
Analisis Sistem Perawatan Mesin Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Sebagai Dasar Kebijakan Perawatan yang Optimal di PLTD “X” Syahruddin Syahruddin
Jurnal Teknologi Terpadu Vol 1, No 1 (2013): JTT ( Jurnal Teknologi Terpadu )
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jtt.v1i1.16

Abstract

AbstractGenerating engines in PLTD "X" has been in operation long enough and its operations are often damaged and disorders that result in decreased amounts of electricity production. In addition, it is not known which components categorized as critical, so the treatment becomes less effective with an indication of the damage still occurs. RCM studies using this method aims to determine the critical components, combining qualitative and quantitative factors in the RCM decision worksheet and determine the optimal treatment policy basis. The data collected is qualitative data and quantitative data. Qualitative data identified through the process of developing a functional block diagram, system failure and function failure and failure mode and effect analysis. Quantitative data is the data length of time between failures and repair time distribution is tested. Distribution test results, damage and maintenance cost data used to calculate the optimal maintenance interval. The results are set forth in the RCM Decision Worksheet is used as a source of information maintenance actions to be performed. Based on the calculation happens for increasing the reliability of the critical components. The largest increase in the exhaust valve rocker arm that is: 66.00% and the smallest on the exhaust valve seat as follows: 7.63%. Besides a decline in the total cost of care in these critical components. The largest decrease in thegasket that is: 45.85% and the smallest on the exhaust valve rocker arm by 10.29%, so the maintenance interval or all critical components can be used as the basis of the optimal maintenance policy.Keywords: Maintenance System, RCM Method, Maintenace Policy, PLTDAbstrakMesin-mesin pembangkit di PLTD “X” telah beroperasi cukup lama dan dalam operasionalnya masih sering mengalami kerusakan dan gangguan yang berakibat menurunnya jumlah produksi listrik. Di samping itu belum diketahui komponen-komponen yang masuk kategori kritis, sehingga proses perawatan menjadi kurang efektif dengan indikasi kerusakan yang masih terus terjadi. Penelitian dengan menggunakan metode RCM ini bertujuan untuk mengetahui komponen-komponen kritis, menggabungkan faktor kualitatif dan kuantitatif dalam RCM decision worksheet serta menentukan dasar kebijakan perawatan yang optimal. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif identifikasi melalui proses penyusunan functional block diagram, system failure and function failure dan failure mode and effect analysis. Data kuantitatif yaitu data waktu antar kerusakan dan lama waktu perbaikan diuji distribusinya. Hasil uji distribusi, data biaya kerusakan dan biaya perawatan digunakan untuk menghitung interval perawatan optimal. Hasilnya dituangkan dalam RCM Decision Worksheet yang digunakan sebagai sumber informasi tindakan perawatan yang akan dilakukan. Berdasarkan hasil perhitungan terjadi peningkatkan keandalan pada komponen-komponen kritis. Peningkatan terbesar pada exhaust valve rocker arm yaitu: 66,00% dan terkecil pada exhaust valve seat yaitu: 7.63%. Selain itu terjadi penurunan total biaya perawatan pada komponen-komponen kritis. Penurunan terbesar pada gasket yaitu: 45.85% dan terkecil pada exhaust valve rocker arm yaitu: 10,29%. Dalam hal ini interval perawatan untuk seluruh komponen kritis dapat dijadikan dasar kebijakan perawatan yang optimal.Kata kunci: Sistem Perawatan, Metode RCM, Kebijakan Perawatan, PLTD
Analisa Metode Penentuan Waktu Penggantian Komponen Undercarriage Pada Sistem Quality Track Service (QTS) Ali Abrar
Jurnal Teknologi Terpadu Vol 1, No 1 (2013): JTT ( Jurnal Teknologi Terpadu )
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32487/jtt.v1i1.10

Abstract

Abstract Determination Method Analysis of Duration Change Quality Track Service (QTS) Undercarriage component is required to compare data accurate level that resulted and predicted from depletion measurement.Undercarriage component is part that has main role on heavy equipment and usually it can be reach 60% from total maintenance cost. Besides that crushing between components that also influenced by several factors whichIt is relevant with soil condition, area of heavy equipment use and operational place. From the study result and data analysis as well as analysis trend component change when depletion reaches 120% with using analysis method of linear regression can be obtained duration change until 1600 hours, with exponential method 500 hours and with using polynomial method nearly 50 hours so that it can be concluded that analysis method uses polynomial have higher accurate level. The accurate level has economically aspect regard to cost inventory. When this is commutated on linear method analysis, exponential and polynomial can be obtained cost different as much as 11, 04 Milliard, 3, 45 Milliard with furthermore can be known that inventory cost budget uses polynomial method more efficient.  Keyword: Undercarriage, Trend Analysis, Polynomial method  Abstrak Analisa Metode Penentuan Waktu Penggantian Quality Track Service(QTS) komponen Undercarriage diperlukan untuk dapat membandingkan tingkat keakuratan data yang dihasilkan dan diprediksikan dari pengukuran keausan.  Komponen Undercarriage merupakan bagian yang memiliki peranan utama pada suatu alat berat dan biasanya penggantian komponen dapat mencapai hingga 60% dari total biaya perawatan. Selain karena terjadinya pergesekan antar komponen tingkat keausan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan dengan kondisi tanah, medan, penggunaan alat berat  dan lingkungan tempat beroperasi. Dari hasil penelitan dan analisa data serta trend analisis untuk penggantian komponen ketika keausan mencapai 120%, dengan menggunakan metode analisis regresi linier didapatkan perbedaan waktu penggantian hingga 1600 jam, dengan metode eksponensial 500 jam dan dengan metode polinomial mendekati 50 jam sehingga dapat disimpulkan bahwa metode analisis menggunakan polinomial memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi. Tingkat akurasi ini juga memiliki aspek ekonomis yang terkait dengan cost inventory. Jika dihitung berdasarkan analisis metode linear, eksponensial dan polinomial diperoleh perbedaan biaya Rp.11,04 Milyar, Rp. 3.45 Milyar dan Rp. 345 Juta, dengan demikian diketahui pula bahwa biaya yang dikeluarkan untuk inventory cost menggunakan metode polinomial lebih hemat.  Kata Kunci: Undercarriage, Tren Analisis, Metode  Polinomial

Page 1 of 1 | Total Record : 8