cover
Contact Name
Saeful Bahri
Contact Email
lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id
Phone
+622666251992
Journal Mail Official
lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id
Editorial Address
Jln cemerlang no 8 sukakarya kota sukabumi jawabarat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi) : Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial
ISSN : 2355990X     EISSN : 25495178     DOI : 10.31294/swabumi
SWABUMI merupakan jurnal di bidang Ilmu Komputer, Manajemen dan Sosial yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dan telah memiliki ISSN versi cetak. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang berfokus kepada: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, Sistem Penunjang Keputusan, Manajemen dan Humaniora
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018" : 13 Documents clear
PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SELEKSI CALON KARYAWAN Nia Nuraeni
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3317

Abstract

Abstrak PT. Dolarindo Intravalas Primatama adalah perusahaan jasa keuangan non-perbankan di bidang money changer yang telah berdiri sejak 1999. Dalam proses pengembangan bisnis, PT Dollarindo membutuhkan tenaga kerja yang memiliki tingkat profesionalisme yang cukup. Proses rekrutmen adalah proses yang sangat awal yang menentukan prosesnya, sebuah tes seleksi yang efektif dan efisien adalah kuncinya. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang sering juga dikenal dengan metode penjumlahan tertimbang. Konsep dasar metode Saw adalah menemukan jumlah penilaian kinerja tertimbang pada setiap alternatif pada semua atribut. Data yang ditampilkan pada penelitian ini sebanyak 30 data calon Karyawan (dari ±281 calon Karyawan). Pemanfaatan metode ini akan menghasilkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu tim rekrutmen dalam melakukan proses seleksi di PT. Dolarindo Intravalas Primatama, sehingga bisa mempermudah proses pemilihan karyawan sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Simple Additive Weighting (SAW) memiliki nilai keakuratan tinggi (sebesar 81%), sehingga dapat diaplikasikan dalam proses perekrutan calon karyawan dibandingkan dengan penilaian tes seleksi karyawan secara manual. Kata Kunci: Pemilihan Karyawan, Pengambilan Keputusan, Simple Additive Weighting Abstract PT. Dolarindo Intravalas Primatama is a non-banking financial services company in the field of money changer which has been established since 1999. In the process of business development, PT Dollarindo requires a workforce that has a sufficient level of professionalism. the recruitment process is a very early process that determines the process, an effective and efficient selection test is the key. This research uses Simple Additive Weighting (SAW) method which is often also known as weighted summing method. The basic concept of the Saw method is to find a weighted sum of performance ratings on each alternative on all attributes. The data that exist in this research as many as 30 data prospective Employees (from ± 281 prospective employees).The utilization of this method will produce a decision support system that can assist the recruitment team in conducting the selection process at PT. Dolarindo Intravalas Primatama, so that it can simplify the process of selecting the appropriate employee with the needs. Based on the result of the research, it can be concluded that the use of Simple Additive Weighting (SAW) method has high accuracy value (81%), so it can be applied in the recruitment process of employee candidates compared to the assessment of employee selection test manually. Keywords: Decision Maker, Employee Selection, Simple Additive Weighting
IMPLEMENTASI NEURAL NETWORK PADA PREDIKSI PENDAPATAN RUMAH TANGGA Priyanti, Evy
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3312

Abstract

ABSTRAK Pendapatan rumah tangga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu, untuk memprediksi bagaimana pendapatan rumah tangga dapat ditingkatkan di sini, penulis menggunakan algoritma jaringan syaraf tiruan untuk memprediksi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan rumah tangga. Algoritma jaringan syaraf tiruan merupakan teknik peramalan yang paling umum digunakan, karena algoritma Neural Network dapat cepat dan akurat, banyak peneliti menggunakan jaringan syaraf tiruan untuk memecahkan masalah peramalan. Jaringan Syaraf Tiruan memiliki keunggulan bahwa jaringan syaraf tiruan dapat mengatasi masalah nonlinier, memiliki toleransi yang tinggi terhadap data yang mengandung noise dan mampu menangkap hubungan yang sangat kompleks antara variabel prediktor dan keluaran. Pada data pendapatan rumah tangga ini algoritma jaringan syaraf tiruan dapat memprediksi jumlah pendapatan dengan akurasi sebesar 83,62%. Nilai akurasi yang didapat sangat tinggi dan dapat membantu dalam menata keuangan di setiap rumah tangga, sehingga jaringan syaraf tiruan dapat memecahkan masalah dalam memprediksi pendapatan rumah tangga di berbagai negara di dunia sesuai dengan data dari UCI dataset dibandingkan menggunakan algoritma KNN yang nilai akurasinya sebesar 79.18%. Kata Kunci : Data Mining, Neural Network, Rumah Tangga ABSTRACT Household income is very important in everyday life, therefore, to predict how household incomes can be improved here, the authors use artificial neural network algorithms to predict factors that may affect household incomes. Artificial neural network algorithms are the most commonly used forecasting techniques, because the Neural Network algorithm can be fast and accurate, many researchers using artificial neural networks to solve forecasting problems. Artificial Neural Networks have the advantage that artificial neural networks can overcome nonlinear problems, have high tolerance to noise-containing data and be able to capture the very complex relationship between predictor and output variables. In this household income data artificial neural network algorithm can predict the amount of income with an accuracy of 83.62%. The accuracy of the value obtained is very high and can help in managing the finances in every household, so that neural networks can solve the problem in predicting household income in various countries in the world according to data from UCI dataset than using KNN algorithm whose accuracy value is 79.18%. Keyword : Data Mining, Household, Neural Network
RANCANG BANGUN APLIKASI PENGELOLAAN PINJAMAN KOPERASI BERBASIS MOBILE PADA KOPERASI PKK SEJAHTERA SUKABUMI Ovi Sovia Maranti; Lis Saumi Ramdhani; Rusli Nugraha; Khairul Rizal
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3318

Abstract

Abstrak Koperasi adalah Suatu badan usaha yang beranggotakan dimana salah satu fungsinya yaitu sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Namun Kebanyakan Koperasi simpan pinjam, yang sudah memiliki badan hukum, jumlah anggota yang cukup banyak itu mengakibatkan sistem pelaporan, pembukuan simpan pinjam dan pengajuan pinjaman menjadi kurang efektif, itu diakibatkan sistem yang digunakan masih menggunakan sistem konvensional, terutama dalam pengajuan pinjaman, hal ini yang mengakibatkan perputaran modal menjadi lambat. Untuk itu perlu upaya sebuah sistem yang berbasis mobile. Untuk pengelolaan pinjaman agar para anggota dapat mengajukan pinjaman yang lebih efektif. Penelitian ini dilakukan di Koperasi PKK Sejahtera Sukabumi pada pengajuan pinjaman dan pelaporan simpan pinjam, aplikasi mobile yang dibuat diintegrasikan dengan web server untuk memudahkan pengelolaan data dengan dibuat menggunakan bahasa PHP dan MySql serta model pengembangan perangkat lunak metode waterfall.Dengan sistem berbasis mobile, anggota dapat mengajukan pinjaman dari mana saja dan kapan saja, dan pengelolaan data untuk pengurus yang berbasis web diharapkan akan mempermudah pengelolaan sistem keuangan pada Koperasi. Kata Kunci: Koperasi, Mobile, Pengajuan Pinjaman, Sistem Informasi Abstract Cooperative is a business entity consisting of a person or a cooperative, as well as a people's economic movement based on the principle of kinship. However, most savings and credit cooperatives, which already have legal entities, the large number of members resulted in the reporting system, savings and loan bookkeeping and loan application becomes less effective, it caused the system used still using conventional system, especially in the loan application, it is that resulting in slow turnover of capital. For that we need a mobile-based system. Android Mobile app technology one of the most widely used on Smartphone, has several advantages compared with the operating system on other mobile devices. This research was conducted at PKK Sejahtera Sukabumi Cooperative on loan application and reporting of savings and loan, mobile application that was made integrated with web server to facilitate data management by using PHP and MySql language and software development. With a mobile-based system, members can apply for loans from anywhere and anytime, and data management for web-based administrators is expected to facilitate the management of the financial system in the Cooperative. Keywords: Cooperative, Mobile, Information System, Loan Application
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KUE DAN ROTI BERBASIS WEB PADA YUKI BAKERY JAKARTA Riswandi Ishak; Handini Widyastuti; Setiaji Setiaji
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3313

Abstract

ABSTRAK Yuki Bakery merupakan toko yang bergerak dalam bidang penjualan Kue dan Roti yang berlokasi di Jalan Joglo Raya, Jakarta Barat. Sampai saat ini Yuki Bakery hanya menggunakan sistem sederhana dalam pemasaran informasi dan pencatatan, sehingga menimbulkan kelambatan dalam pemasaran informasi dan dalam pencatatan perhitungan penjualan. Berdasarkan permasalahan di atas penulis merancang dan membuat sistem informasi pada Yuki Bakery. Sistem informasi ini menerapkan waterfall model dalam pembangunannya, dan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySql. Perancangan program yang akan dikerjakan, dengan acuan program yang dibuat harus user friendly dan dengan menggunakan metode UML (unifed Modeling Language) dengan membuat Use Case Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram, desain database dan ERD. Sistem informasi ini mampu memperkenalkan dan menjual secara online serta menghasilkan informasi produk-produk yang dijual dan laporan penjualan bagi pemilik toko dengan menggunakan sebuah website. Dengan adanya website pemasaran ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan di berbagai wilayah baik dalam kota maupun luar kota. Kata kunci : Sistem Informasi, Website, Waterfall Abstract Yuki Bakery is a shop engaged in the sale of Cakes and Breads at Jalan Joglo Raya, West Jakarta. Until now Yuki Bakery uses only a simple system in marketing information and recordings, thus causing delays in information marketing and in recording sales calculations. Based on the above questions the author of information and information about Yuki Bakery. This information system applies the waterfall model in its development, and is built with PHP programming language and uses MySql. The design of the program will be done, with the program chosen to be user friendly and by using UML (Unifed Modeling Language) method by making Use Case Diagram, Class Diagram and Sequence Diagram, database design and ERD. This information system is able to introduce and sell online and generate information about sales of products and sales reports for shop owners using the website. With the existence of this marketing site can help companies in improving services and sales in various areas both within the city and outside the city. Keyword : Information System, Website, Waterfall
Penerapan Metode Single Moving Average untuk Prediksi Penjualan Pada Aby Manyu Cell Desi Susilawati; Nova Setiawan; Ita Yulianti; Dicki Prayudi
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3319

Abstract

Abstrak Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat pesat, sehingga telah mendorong kemajuan di berbagai bidang. Adapun handphone merupakan peralatan yang di ciptakan untuk mempermudah komunikasi. Saat ini handphone tidak hanya beredar di kalangan dewasa saja tetapi anak kecil pun sudah menggunakan handphone untuk berkomunikasi dengan oranglain. Sehingga penjualan handphone semakin pesat dan cepat. Pada saat ini sistem penjualan handphone pada counter Aby Manyu Cell masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan customer yang membeli handphone, sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses penjualan hingga sampai pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar lebih efektif dan efisien serta sistem penjualan yang lebih kondusif di bandingkan dengan sistem yang lebih terdahulu. Selain itu, dikarenakan harga yang terjangkau, Aby Manyu Cell terkadang mengalami kehabisan stok, sehingga beberapa konsumen tidak dapat membeli barang yang diinginkan pada Aby Manyu Cell. Perancangan penjualan handphone menggunakan metode K-Neirest Neighbor ini merupakan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada counter ini, sehingga dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada counter ini. Kata Kunci: Counter, Prediksi Penjualan, Single Moving Average. Abstract The development of the world of information and communication technology is currently very rapid, so it has driven progress in various fields. The mobile phone is a device that is created to facilitate communication. Currently mobile phones are not only circulating among adults only but even small children are using mobile phones to communicate with other people. So that mobile phone sales more rapidly and fast. At this time the system of mobile phone sales on counter Aby Manyu Cell is still done manually, starting from the recording of customers who buy mobile phones, until the storage of other data related to the sales process up to the making of the report, making it possible at the time of the process occurred error in recording , the inaccuracy of reports made and the delays in searching the necessary data. The computerized system is better than the manual system to be more effective and efficient and the sales system more conducive in comparison with the previous system. In addition, due to the affordable price, Aby Manyu Cell sometimes run out of stock, so some consumers can not buy the desired goods on Aby Manyu Cell. The design of handphone sales using K-Neirest Neighbor method is the best solution to solve the problems that exist in this counter, so that with a computerized system can be achieved an effective and efficient activity in supporting activities on this counter. Keywords: Counter, Sales Prediction, Single Moving Average.
PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH DEPOK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 Khairunnisa Khairunnisa; Sri Wasiyanti
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3314

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses pemerintahan akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, telah disadari oleh negara Indonesia melalui Inpres No. 3 Th 2003, pemerintah dalam hal ini Departemen Komunikasi dan Informatika telah menetapkan Kebijakan dan Strategi Nasional tentang pengembangan e-government. Sehingga dituntut adanya website pemerintah yang berkualitas. Berdasarkan hal itu, penelitian ini mencoba untuk mengukur kualitas website pemerintah kota Depok yaitu www.depok.go.id yang ditinjau dari sisi kepuasan pengguna akhir menggunakan metode webqual 4.0, yang terdiri dari tiga dimensi yaitu usability (kemudahan penggunaan), information quality (kualitas informasi) dan interaction quality (kualitas interaksi). Pengambilan sampelnya adalah pegawai yang ada di Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) kota Depok karena dianggap dapat mewakili keseluruhan pegawai yang ada di kantor pemerintahan kota Depok dan sering mengakses website tersebut. Penelitian ini mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa dari 3 dimensi webqual 4.0 hanya dimensi information quality dan interaction quality yang dinilai berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website, sedangkan dimensi usability dinilai tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website. Kata Kunci : e-government, Kualitas Website, Webqual 4.0 Abstract The utilization of information and communication technology in the governmental process will improve the efficiency, effectiveness, transparency and accountability of the government administration, has been recognized by the state of Indonesia through Presidential Decree No. 3 Th 2003, the government in this case the Ministry of Communications and Information Technology has set a National Policy and Strategy of the development of e-government. So this required quality government website. Accordingly, this study attempts to measure the quality of Depok city government website that www.depok.go.id viewed from the side of end user satisfaction using WebQual 4.0, which consists of three dimensions, namely usability (ease of use), information quality (quality information), and interaction quality (quality of interaction). The sample collection is an employee in the Office of Communications and Information Technology (diskominfo) Depok city as a whole is considered to represent an employee in Depok city government offices and often access the website. This research get a conclusion that from 3 dimension of webqual 4.0 only dimension of information quality and interaction quality which assessed have an effect on to website user's satisfaction, while usability dimension is not influenced to website user's satisfaction. Keyword : e-government, Website Quality, Webqual 4.0
RANCANG BANGUN WEB E-LEARNING UNTUK PENGELOLAAN MATA PELAJARAN TIK PADA SMPIT ADZKIA SUKABUMI Ramdhan Saepul Rohman; Erni Ermawati; Yusti Farlina; Rifa Nurafifah Syabaniah
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3320

Abstract

Abstrak Sekolah merupakan dunia pendidikan yang syarat akan kegiatan belajar mengajar. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk kegiatan belajar mengajar ini, mulai dari cara yang paling mudah sampai dengan cara yang cukup sulit untuk dilakukan. E-learning ini sendiri merupakan alternatif yang dapat mempermudah kegiatan belajar mengajar antar guru dan siswa tanpa harus bertatap muka antara keduanya. Itulah kenapa kegiatan ini dikatakan sebagai kegiatan yang mudah dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Pada setiap kegiatan belajar di sekolah selalu diselingi dengan adanya ujian. Maka dari itu, demi terlaksananya ujian dengan lancar dan agar siswa tidak salah dalam menjawab soal, maka dibuatlah soal latihan serta ulasan materi yang ditampikan dalam sebuah halaman web. Hal ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dan juga sebagai acuan bagi siswa dalam menjawab soal-soal ujian yang mungkin tidak jauh berbeda dengan soal latihan serta materi dari matapelajaran yang diberikan. Disamping guru dan siswa dapat melakukan aktivitas masing-masing, mereka juga dapat saling berkomunikasi antara satu sama lain melalui forum diskusi yang telah disediakan ketika siswa mengalami kesulitan dalam mengakses web. Kata Kunci : E-Learning, Sekolah, Siswa, Website Abstract School is the world of education that the requirement of teaching and learning activities. Many ways can be done for this learning activity, ranging from the easiest way to the way that is quite difficult to do. E-learning itself is an alternative that can facilitate teaching and learning activities between teachers and students without having face to face between the two. That's why this activity is said to be an easy activity and can be done anywhere and anytime. In every learning activity in school is always interspersed with the test. Therefore, for the implementation of the exam smoothly and so that students are not wrong in answering the matter, then made a matter of exercise and material reviews are displayed in a web page. It aims to test the ability of students and also as a reference for students in answering test questions that may not be much different from the exercise questions and materials from the given lesson. In addition to teachers and students can do their respective activities, they can also communicate with each other through discussion forums that have been provided when students have difficulty in accessing the web. Keywords: E-Learning, School, Studen, Website
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemilihan Smartphone bagi Pengguna Nining Suryani
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3315

Abstract

Abstrak Kehadiran smartphone memberikan banyak manfaat diantaranya adalah komunikasi menjadi lebih praktis dan efesien, karena dengan smartphone kita dapat berkomunikasi dimana dan kapan saja. Beragamnya smartphone yang ditawarkan dan daya beli masyarakat yang semakin tinggi dengan kriteria-kriteria yang ada, mulai dari daya guna, sistem operasi sampai dengan jaringannya, sehingga memicu timbulnya masalah yang membuat konsumen bingung dalam menentukan produk smartphone yang sesuai dengan keinginan. Kondisi tersebut biasanya sering dialami konsumen ketika ingin mencoba menentukan keputusan dalam membeli sebuah smartphone, sehingga tak heran jika konsumen kadang salah memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhannya dikarenakan beragamanya tipe, spesifikasinya dan harga yang ditawarkan karenanya diperlukan rekomendasi kepada para pembeli handphone, untuk dapat memilih atribut, fitur, dan merek handphone berdasarkan spesifikasi handphone yang sesuai dengan kriteria yang diajukan, namun pengambilan keputusan akhirnya tetap ditentukan oleh pembeli. Metode yang digunakan untuk menentukan pemilihan adalah metode ANP. Dengan metode ini diharapkan konsumen tepat dalam memilih smartphone yang akan dibeli dan digunakan. Kata kunci: ANP, Smartphone, Spk Abstract The presence of smartphones provide many benefits including communication becomes more practical and efficient, because with a smartphone we can communicate where and anytime. The variety of smartphones offered and the higher purchasing power of the existing criteria, ranging from usability, operating system to network, so that trigger the emergence of problems that make consumers confused in determining smartphone products in accordance with the wishes. The condition is usually experienced by consumers when trying to determine the decision in buying a smartphone, so no wonder if consumers sometimes choose the wrong smartphone according to their needs due to the variety of types, specifications and prices offered therefore required recommendations to mobile phone buyers, to be able to choose the attributes , features, and brands of mobile phones based on the specification of mobile phones in accordance with the criteria proposed, but decision-making ultimately remains determined by the buyer. The method used to determine the selection is the ANP method. With this method is expected the right consumer in choosing a smartphone to be purchased and used. Keywords: ANP, Smartphone, Spk
USABILITY TESTING DENGAN USE QUESTIONNAIRE PADA APLIKASI SIPOLIN PROVINSI JAWA BARAT Ricky Firmansyah
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3310

Abstract

Abstrak Salah satu sumber pendapatan provinsi berasal dari pajak kendaraan yang disebut PKB. Pemprov Jabar sendiri menyebutkan jumlah kendaraan di Jawa Barat pada bulan September 2016 mencapai 15.750.624 unit. Sebanyak 13.447.117 unit atau 85,38 persen sepeda motor. Pemprov Jabar dan Pemprov Jabar meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pajak Online yang disebut SIPOLIN pada 21 Mei 2017. Aplikasi tersebut diperkenalkan kepada masyarakat terkait kemudahan pembayaran pajak kendaraan secara online. Aplikasi ini bisa diunduh via PlayStore sehingga orang tidak perlu lagi berbaris atau datang ke kantor Samsat. Dalam aplikasi ini,orang akan mengetahui informasi pajak kendaraan mereka. Tingkat kegunaan menjadi patokan, apakah sistem akan berguna, dapat diterima oleh pengguna dan bertahan lama di pasaran. Penelitian ini berfokus pada bagaimana menguji antarmuka pengguna SIPOLIN dengan menggunakan Usability Testing dengan USE Questionnaire pada SIPOLIN versi 1.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua atribut memiliki nilai rata-rata di atas 3 yang mengindikasikan bahwa SIPOLIN memiliki aspek nilai kegunaan yang sangat baik. Kata Kunci: Antarmuka, Aplikasi, Sipolin, Pajak, Penggunaan Abstract One of the provincial revenue source is derived from vehicle tax called PKB. West Java Provincial Government itself states the number of vehicles in West Java at September 2016 reached 15,750,624 units. A total of 13,447,117 units of which or 85.38 percent are motorcycles. West Java Provincial Police and West Java provincial government launched the Online Tax Information System application called SIPOLIN on May 21, 2017. The application introduced to the public related to the ease of paying vehicle taxes online. This application can be downloaded via PlayStore so that people no longer need to line up or come to the Samsat office. In this application, people will know their vehicle tax information. Usability level becomes a benchmark, whether the system will be useful, acceptable to the user and last long in the market. This study focuses on how to test the user interface of SIPOLIN using Usability Testing with USE Questionnaire on SIPOLIN version 1.0. Result of this research is show all attributes have an average value above 3 that indicates SIPOLIN has very good aspect of usability value. Keywords: application, interface, sipolin, tax, use
WEB E-COMMERCE DENGAN SISTEM PREDIKSI TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR Denny Pribadi; Rizki Ramadhan; Rizal Amegia Saputra; Jamal Maulana Hudin
Swabumi Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i1.3321

Abstract

Abstrak Besarnya angka pengguna internet di Indonesia semakin membuka peluang bisnis baik di tingkat lokal maupun global. Perusahaan kecil dan besar berlomba-lomba memanfaatkan internet demi menunjang bisnis mereka. Penerapan teknologi e-commerce merupakan salah satu faktor yang penting untuk menunjang keberhasilan penjualan suatu produk dari sebuah perusahaan. Sistem prediksi jumlah transaksi penjualan dapat diterapkan pada aplikasi e-commerce. Metode K-Nearest Neighbor digunakan karena memiliki akurasi yang tinggi dengan rasio kesalahan kecil. Adapun hasil dari prediksi atau peramalan bermanfaat untuk membantu meningkatkan omzet penjualan perusahaan. Studi kasus penelitian ini dilakukan di Distro Folder yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan pakaian seperti baju, jaket, celana, topi, tas dan aksesoris lainnya di Sukabumi. Dengan menggunakan website pembeli dapat lebih mudah dalam memilih dan memesan barang kapanpun dan dimanapun tanpa harus mengunjungi distro. Pembangunan website e-commerce yang memiliki sistem prediksi transaksi penjualan menggunakan metode K-Nearest Neighbour diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan dengan lebih cepat, lebih luas jangkauan pasarnya serta lebih mudah dalam mengelola laporan penjualan. Kata Kunci: E-commerce, K-Nearest Neighbor, Web Abstract The large number of internet users in Indonesia increasingly opened business opportunities both at local and global levels. Small and big companies vying to use the internet to support their business. Application of e-commerce technology is one important factor to support the successful sale of a product of a company. The prediction system of the number of sales transactions can be applied to e-commerce applications. The K-Nearest Neighbor method is used because it has high accuracy with small error ratios. The result of prediction or forecasting is useful to help increase sales turnover of the company. Case study of this research is done in Distro Folder which is a company engaged in the sale of clothes such as clothes, jackets, pants, hats, bags and other accessories in Sukabumi. By using the buyer's website can be easier in choosing and ordering goods anytime and anywhere without having to visit the distro. The development of e-commerce website that has a sales transaction prediction system using K-Nearest Neighbors method is expected to increase sales figures with faster, wider range of market and easier in managing sales report. Keywords: E-commerce, K-Nearest Neighbor, Web

Page 1 of 2 | Total Record : 13