cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jalan Jembatan
ISSN : 19070284     EISSN : 25278681     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap Jalan. Terbit pertama kali tahun 1984, dengan frekuensi terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Mulai tahun 2016 terbit dengan frekuensi dua kali setahun, edisi Januari - Juni dan edisi Juli - Desember, dalam versi cetak dan versi elektronik.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 4 (1993)" : 5 Documents clear
PERSIAPAN TANAH DASAR UNTUK KONSTRUKSI JALAN Tjahyati, Hermin
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 9 No 4 (1993)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tanah dasar ada/ah bagian bawah !apisan perkerasan yang akan menerima beban sampai batas-batas yang masih mampu dipikulnya. Sifat-sifat fisik dan daya dukung serta modulus reaksi tanah dasar adalah faktor penting dalam menentukan danmempersiapkan pemadatan tanah dasar dilapangan. Parameter dan daya dukung tanah dasar dapat diperbaiki dengan cara stabilisasi atau penggantian material. Pemilihan a/at dan cara pemadatan di lapangan akan ikut menentukan kestabilan tanah dasar.
KOREKSI NILAI LENDUTAN PER - KERASAN JALAN DENGAN ALAT BENKELMAN BEAM Dachlan, A.Tatang
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 9 No 4 (1993)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prosedur pengujian lendutan sesaat atau transient deflection dengana/at Benkelman Beam adalah salah satu metode pengukuran lendutan perkerasan jalan yang digunakan oleh Pusat Utbang Jalan, TRRL- lnggris dan negara - negara /ainnya. Pengukuran lendutan yang biasa digunakan adalah /endutan balik, yaitu besarnya lendutan vertikal suatu permukaan j alan akibat dihilangkannya beban. Lendutan sesaat adalah besarnyalendutan vertika/ akibat lewatnyabeban. Berbeda dengan pengukur an lendutan balik yang selama ini digunakan Bina Marga untuk salah satu tujuan penilaian struktur perkerasanjalan atau untuk tujuan perencanaan teknik perkerasan baru atau lapis tambahan di atas perkerasan lama. Pengukuran lendutan-sesaat ini lebih didasarkan pada penilaian adanya ketidak seragaman lapis perkerasan yang ada di bagian bawahnya, sehingga dengan mengukur lendutan sesaat diharapkan akan diperoleh suatu nilai lendutan yang sesuai dengan kondisi beban la/u lintas yang mela/uinya. Pada pengukuran lendutan balik, maka sedikitnya ada unsurbeban statis yang menekan titik uji sertapengukurannya relatip lebih lama dibandingkan dengan pengukuran lendutan sesaat. Dari hasil penelitian ini ternyata diper/ukan suatu cara pengukuran yang sesungguhnya perlu direvisi agar hasil-hasil pengukuran ini dapat dika/ibrasi secara lebih tepat dan dapat dilaporkan sebagai nilai lendutan perkerasan jalan yang sudah dikoreksi pada suhu standar 3SJ C.
HASIL PENELITIAN PENGARUH PEMANASAN BERULANG TERHADAP MUTU ASPAL KERAS suroso, tjitjik wasiah
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 9 No 4 (1993)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan aspal sebagai bahan konstruksi jalan makin lama makin meningkat, dilain pihak banyak ditemuiperkerasanjalan yang telah mengalami kerusakan sebelum umurrencana dicapai. Banyak faktorpenyebab kerusakan perkerasanjalan sebelum umur tercapai antara lain mutuaspal tidak memenuhi syarat. Agar mutu perkerasan jalan yang dihasilkan sesuai yang diharap maka mutlak pengendalian mutu bahan kontruksi jalan, misal pengendalian mutu aspal. Pada saat ini pengiriman aspal dari pabrik/tangki penimbunan melalui dua cara yaitu langsung dalam drum atau melalui tangki mobil. Pengiriman melalui tangki mobil disertai pemanasan karena untuk menghindari penyumbatan atau untuk memudahkan pemindahan aspal dari tangki ke AMP atau dalam drum-drum di lokasi tujuan. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemanasan berulang terhadap penurunan mutu aspal sehingga tidak memenuhi persyaratan, perlu dilakukan penelitian. Dari hasil penelitian pengaruh pemanasan terhadap mutu aspal diperoleh hasil sebagai berikut : Pada pemanasan tscf - 16cf C secara terbuka/ dengan adanya oksidasi 02, maka hanya dapat dilakukan 2 kali, 3 jam , sifat fisik dan kimianya tidak menunjukkan penurunan mutu. Pada pemanasan tscf - 16cf C secara tertutup/ tanpa adanya oksidasi maka pemanasan hanya diijinkan sampai 4 x 3 jam, mutu aspal pada batas Pada pemanasan 95' C secara tertutup/ tanpa adanya oksidasi secara berulang tidak terjadi perubahan mutu
PERKEMBANGAN LEBAR RETAK APABILA TERJADI PADA BALOK BETON Suhud, Ridwan
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 9 No 4 (1993)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beton prategang penuh memungkinkan struktur beton /ebih ekonomis, terutama untuk struktur­ struktur yang mempunyai bentang yang panjang. Dalam ha/ ini kita tidak pernah memikirkan akan terjadinya retak. Bagaimana apabila suatu waktu pada beton prategang penuh ini terjadi retak, misalnya karena adanya beban yang melebihi beban kerja atau evaluasi kehilangan tegangannya kurang tepat ? Untuk mendapatkan gambaran (informasi) mengenai masalah diatas, telah di/akukan percobaan­ percobaan terhadap balok-balok segi empat yang diprategang dengan persentase 80 % (prategang parsial) dan persentase 100 % (prategang penuh). Percobaan-percobaan ini dilakukan di Laboratorium Struktur, Departement de Genie Civil, INSA - Toulouse, Perancis.
PENDEKATAN LINIER PROGRAMMING METODA FINITE DIFFER ENCE DALAM MENGHITUNG BEBAN DARI PELAT BUNDAR sukarja, Wawan witarnawan
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 9 No 4 (1993)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan pemograman matematis terhadap analisa batas digunakan untuk menghitung beban runtuh dari pelat-pelat bundar yang menerima beban berat merata. Kondisi le/eh dari bidang tegangan 'Modified Tresca' digunakan didalam seluruh perhitungan. Hasi/ yang diperoleh dari pendekatan ini mendekati hasi/ teoritis yang sudah diterbitkan terdahu/u.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

1993 1993


Filter By Issues
All Issue Vol 39 No 1 (2022) Vol 38 No 2 (2021) Vol 38 No 1 (2021) Vol 37 No 2 (2020) Vol 37 No 1 (2020) Vol 36 No 2 (2019) Vol 36 No 1 (2019) Vol 35 No 2 (2018) Vol 35 No 1 (2018) Vol 34 No 2 (2017) Vol 34 No 1 (2017) Vol 33 No 2 (2016) Vol 33 No 1 (2016) Vol 32 No 3 (2015) Vol 32 No 2 (2015) Vol 32 No 1 (2015) Vol 31 No 3 (2014) Vol 31 No 2 (2014) Vol 31 No 1 (2014) Vol 30 No 3 (2013) Vol 30 No 2 (2013) Vol 30 No 1 (2013) Vol 29 No 3 (2012) Vol 29 No 2 (2012) Vol 29 No 1 (2012) Vol 28 No 3 (2011) Vol 28 No 2 (2011) Vol 28 No 1 (2011) Vol 27 No 3 (2010) Vol 27 No 2 (2010) Vol 27 No 1 (2010) Vol 26 No 3 (2009) Vol 26 No 2 (2009) Vol 26 No 1 (2009) Vol 25 No 3 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 1 (2008) Vol 24 No 3 (2007) Vol 24 No 2 (2007) Vol 24 No 1 (2007) Vol 23 No 3 (2006) Vol 23 No 2 (2006) Vol 23 No 1 (2006) Vol 22 No 4 (2005) Vol 22 No 3 (2005) Vol 22 No 2 (2005) Vol 22 No 1 (2005) Vol 21 No 4 (2004) Vol 21 No 3 (2004) Vol 21 No 2 (2004) Vol 21 No 1 (2004) Vol 20 No 4 (2003) Vol 19 No 3 (2002) Vol 19 No 2 (2002) Vol 19 No 1 (2002) Vol 18 No 2 (2001) Vol 18 No 1 (2001) Vol 17 No 2 (2000) Vol 17 No 1 (2000) Vol 16 No 3 (2000) Vol 16 No 2 (1999) Vol 15 No 4 (1999) Vol 15 No 1 (1998) Vol 15 No 3 (1997) Vol 15 No 1 (1997) No 4 (1997) No 2 (1997) Vol 13 No 2 (1996) Vol 13 No 1 (1996) No 4 (1996) No 3 (1996) Vol 12 No 3 (1995) Vol 12 No 2 (1995) Vol 12 No 1 (1995) Vol 11 No 1 (1994) Vol 10 No 3 (1993) Vol 10 No 2 (1993) Vol 10 No 1 (1993) Vol 9 No 4 (1993) Vol 9 No 3 (1992) Vol 9 No 2 (1992) Vol 9 No 1 (1992) Vol 8 No 3 (1992) Vol 7 No 3 (1991) No 2 (1991) No 1 (1991) No 1 (1990) No 2 (1989) No 1 (1989) No 4 (1987) No 2 (1987) No 1 (1987) No 1 (1986) No 3 (1985) No 3 (1984) No 2 (1984) No 1 (1984) More Issue