cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
Published by STKIP Melawi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018" : 10 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS VI A SDN 13 NANGA PINOH Nasi, Lukas Nesim; Sahputra, Rachmat; Apsari, Nurul
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.142 KB)

Abstract

Abstract: The purposed of this research is to finded out there are differences in SAINS student learned outcome before and after the applied problem based learning model in grade VI student of SDN 13 Nanga Pinoh. Besided this research also provide benefits for researcher, school, teachers, students and for ather researchers. This research used pre experimental type with One Group Pretest-Posttest design. Consist of four meetings. The population in this research has all students of grade VI A SDN 13 Nanga Pinoh, and sample selection in this research used saturated sample technique that is all member of population, with details of 9 female students and 13 male students. The data collection techniques in this research used multiple choice tes questions, and used content validity, instrument reliability KR 20, normality test and hypothesis test (t test). The validation on this research based on exspert opinion was valid without notation. Result of reliability test was rcount > rtable (0,600 > 0,443 on pre test and 0,937 > 0,443 on post test). Result of Normality test was zhitung < ztabel (0,180 < 0,183 on pre test and 0,118 < 0,183 on post test).The results in this research was the average pre test is 55,11 and average of post test was 76,9. So it can be know the difference of the average is 21,79. Then the hypothesis test is obtained thitung < ttabel (0,977 < 2,086) H0 is rejected and H1 accepted.so it can be cocluded that there is significant diffeence of average before and after given the treatment. This means is The different from the application of problem based learning model to student learning outcome. Keyword: student learning outcome. Problem based learning, Science Abstrak: Tujuan penelitian yang dilaksanakan ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar belajar IPA siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VI SDN 13 Nanga Pinoh. Selain itu juga penelitian ini memberikan manfaat bagi peneliti, sekolah, guru, siswa dan bagi peneliti lainnya. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest yang terdiri dari empat kali pertemuan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI A SDN 13 Nanga Pinoh, dan pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu semua anggota populasi, terdapat 22 siswa dengan rincian 9 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes soal pilihan ganda, dan menggunakan validasi isi, reliabilitas instrumen KR 20, uji normalitas dan uji hipotesis (uji t).  Validasi dalam penelitian ini berdasarkan pendapat ahli yaitu valid dengan catatan. Hasil perhitungan reliabilitas rhitung > rtabel (0,600 > 0,443 pada pre test dan 0,937 > 0,443 pada post test). Uji normalitas dengan hasil zhitung < ztabel (0,180 < 0,183 pada pre test dan 0,118 < 0,118 pada post test). Hasil dalam penelitian ini adalah rata-rata pretest yaitu  55,11 dan rata-rata post test yaitu 76,9. sehingga dapat diketahui selisih rata-ratanya yaitu 21,79. Kemudian pada uji hipotesisnya di peroleh thitung < ttabel  (0,977 < 2,086) maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, Artinya ada perbedaan dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci :Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BAGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV SDN 04 BATU AMPAR Sinarti, Sinarti; Rif'at, Mohamad; Mutazam, Mutazam
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.039 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this research was to : (1) To acknowledge geometry concept understanding on the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar before and after using group investigation learning model with support of booklet. (2) To acknowledge the influence of group investigation learning model with support of booklet to geometry concept understanding on the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar. (3) To acknowledge the influence percentage group investigation learning model with support of booklet to geometry concept understanding on the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar. This reseacrh was a pre experimental design, and this design is one group pretest-postest. This research did to the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar, there were have 22 students (13 boys and 9 girls). The result of this research : (1) The student’s geometry concept understanding before and after using group investigation learning model with support of booklet was different. (2) This research shown that there was a significant influence from group investigation with support of booklet to geometry concept understanding on the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar. (3) The influence of group investigation learning model with support of booklet to geometry concept understanding on the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar was 49,53 %. Keywords : group investigation, booklet, concept understanding, geometry. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar. (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar. Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperimen (Pre Experimental Design), dengan bentuk one group pretest-postest design. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar yang berjumlah 22 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian (1) Pemahaman konsep siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet adalah berbeda, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar, (3) Pengaruh dari model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar adalah sebesar 49,53%. Kata Kunci : group investigation, booklet, pemahaman konsep, bangun ruang.
MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN PADA SISWA KELAS III SDN 13 POPAI Ason, Ason; Peterianus, Septian; Widiyasari, Tanti
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.469 KB)

Abstract

Abstract: This classroom action research aims to determine the growth of speaking skills with Time Token model model. To facilitate the used in applying the Time Token model on the students of class III SDN 13 Popai. The research method used is descriptive method, with type of classroom action research (PTK) which in Kemmis Mc Taggart model. This research is conducted in two cycles, each cycle is divided into 4 steps, consisting of planning, action implementation, observation, and reflection. Data collecting. The technique data used is the observation sheet. The research data is described through the table to see the growth of language skills that are quantitative.The result of this research can be seen by used Time Token model to grow the language training for Indonesian class III SDN13 Popai students. Language equation in cycle I is 66.67%, in cycle II to 87.5%, increase of 20.83%. Keyword: Student Speaking Study, Token Time Model. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tumbuhnya keterampilan berbicara siswa dengan penerapan model Time Token. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tumbuhnya keterampilan berbicara siswa dengan penerapan model Time Token pada siswa kelas III SDN 13 Popai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis Mc Taggart Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi menjadi 4 langkah, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa nilai keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan berbicara. Data penelitian dideskripsikan melalui tabel untuk melihat tumbuhnya keterampilan berbicara siswa yang bersifat kuantitatif. Hasil penelitian dapat dilihat apakah penerapan model Time Token dapat menumbuhkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 13 Popai. Keterampilan berbicara siswa pada siklus I sebesar 50%, pada siklus II menjadi 79.16%, mengalami peningkatan sebesar 29.16%. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara Siswa, Model Time Token.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUN ALAM (IPA) DI KELAS V SDN 04 NANGA PINOH Kurniawati, Rini; Sahputra, Rachmat; Kartini, Kartini
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.654 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to determine how big the influence of learning model pair checks on science learning outcomes. Based on the results of observations and interviews conducted by researchers on 19-27 July 2017 researchers found students are less involved in the learning process because the model of learning in the teacher applied more focused on the book. This resulted in student learning outcomes are still under the KKM, of 26 students only 6 students who scored above the KKM and 20 students whose value is still below the KKM is equal 65. This research is an experimental research, pre-experimental type with One Group Pretest-Posttest design consisting of two meetings. Population in this research is all student of class V SDN 04 Nanga Pinoh, sample use saturated sample technique that is all member of population counted 26 student with details 12 female student and 14 male student. Variable in this research there are two that is independent variable is Pair Checks study model and dependent variable is result of study of science. Techniques and instruments of data collection in this research is a test by using a brief questionnaire consisting of 10 questions of pretest and 10 posttest questions and observation sheet of learning implementation of RPP. Data analysis techniques use written tests. Based on the results of the research note that the average implementation of RPP meeting I is 100% and at the second meeting is 100%. The average pretest is 51.15 and the posttest average is 78.07. So it can be known the difference is 26.92 average. Normality test shows that the value of sig> 0.05 ie pretes 0.144>0.05 and posttest 0.062>0.05 can be concluded normal distributed data. Hypothesis test results obtained tcount> ttable (9.03>1.71) then H0 rejected and H1 accepted, based on the analysis results can be concluded that there is significant average influence before and after given treatment, That is there is influence from the use of learning model Pair Chechks on learning outcomes IPA students. Keywords: Learning Outcomes, Pair Checks Learning Model, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran pair checks terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti pada tanggal 19-27 juli 2017 peneliti menemukan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran dikarenakan model pembelajaran yang di terapkan guru lebih berfokus pada buku. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih di bawah KKM, dari 26 siswa hanya 6 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dan 20 siswa nilainya masih di bawah KKM yaitu sebesar 65. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest yang terdiri dari dua kali pertemuan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 04 Nanga Pinoh, sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu semua anggota populasi sebanyak 26 siswa dengan rincian 12 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel bebasnya adalah model pembelajaran Pair Checks dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Teknik dan instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dengan menggunakan lembar soal isian singkat yang terdiri dari 10 soal pretest dan 10 soal posttest serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran RPP. Teknik analisis data menggunakan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ratarata keterlaksanaan RPP pertemuan I yaitu 100% dan pada pertemuan II yaitu 100 %. Rata-rata pretest yaitu 51.15 dan rata-rata posttest yaitu 78.07. Sehingga dapat diketahui selisih rata-ratanya yaitu 26.92. Uji normalitas menunjukkan bahwa nilai sig>0.05 yaitu pretes 0.144>0.05 dan posttest 0.062>0.05 dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel (9.03>1.71) maka H0 ditolak dan H1 diterima, berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh ratarata yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, Artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pemeblajaran Pair Chechks terhadap hasil belajar IPA siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Pair Checks, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SDN 11 NANGA PINOH Kastia, Lia; Sahputra, Rachmat; Saputra, Eko Fery Haryadi
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (698.656 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to see the significance effect of bamboo dancing learning model on learning outcomes in natural science subjects (IPA). The location of this research is at State Elementary School No. 11 Nanga Pinoh. The location of this research is at State Elementary School No. 11 Nanga Pinoh. This type of research is a pre-experiment research with one-group pretest-posttest design. The population of this research is the students of class VI SDN 11 Nanga Pinoh academic year 2017/2018. The sample was obtained by class VI with 29 students. The data analysis technique used is t-test. The result of this research shows that the influence of bamboo dancing learning model on the result of study on the subject of Natural Science (IPA) obtained by t-test calculation is obtained tcount = 3,75> table = 2,10. based on the results of data analysis obtained conclusion from pretest value before applied bamboo dancing learning model that is with average 60,46 and posttest value after applied bamboo dancing learning model that is with average 77,47. meaning the results of this study indicate that the influence of bamboo dancing learning model has a significant effect on the results of learning, especially on subjects of Natural Sciences (IPA). Based on the data analysis of N-Gain High category score of 6 students, medium category as many as 16 students, and low category as many as 7 students. Keywords: Bamboo Dancing Learning Model, Science learning out comesn Nature (Science Learning) Abstrak: Penelitian ini bertujuan Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 11 Nanga Pinoh sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di Sekolah Dasar Negeri No. 11 Nanga Pinoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan design one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 11 Nanga Pinoh tahun ajaran 2017/2018. Sampel diperoleh kelas VI dengan jumlah 29 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diperoleh hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,75 > ttabel = 2,10. berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan dari nilai pretest sebelum diterapkan model pembelajaran bamboo dancing yaitu dengan rata-rata 60,46 dan nilai posttest sesudah diterapkan model pembelajaran bamboo dancing yaitu dengan rata-rata 77,47. artinya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran bamboo dancing ini berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan analisis data hasil nilai N-Gain kategori Tinggi sebanyak 6 siswa, kategori sedang sebanyak 16 siswa, dan kategori rendah sebanyak 7 siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Bamboo Dancing, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 
MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN PADA SISWA KELAS III SDN 13 POPAI Tanti Widiyasari; Ason Ason; Septian Peterianus
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.469 KB) | DOI: 10.46368/jpd.v6i1.139

Abstract

Abstract: This classroom action research aims to determine the growth of speaking skills with Time Token model model. To facilitate the used in applying the Time Token model on the students of class III SDN 13 Popai. The research method used is descriptive method, with type of classroom action research (PTK) which in Kemmis Mc Taggart model. This research is conducted in two cycles, each cycle is divided into 4 steps, consisting of planning, action implementation, observation, and reflection. Data collecting. The technique data used is the observation sheet. The research data is described through the table to see the growth of language skills that are quantitative.The result of this research can be seen by used Time Token model to grow the language training for Indonesian class III SDN13 Popai students. Language equation in cycle I is 66.67%, in cycle II to 87.5%, increase of 20.83%. Keyword: Student Speaking Study, Token Time Model. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tumbuhnya keterampilan berbicara siswa dengan penerapan model Time Token. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tumbuhnya keterampilan berbicara siswa dengan penerapan model Time Token pada siswa kelas III SDN 13 Popai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis Mc Taggart Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi menjadi 4 langkah, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa nilai keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan berbicara. Data penelitian dideskripsikan melalui tabel untuk melihat tumbuhnya keterampilan berbicara siswa yang bersifat kuantitatif. Hasil penelitian dapat dilihat apakah penerapan model Time Token dapat menumbuhkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 13 Popai. Keterampilan berbicara siswa pada siklus I sebesar 50%, pada siklus II menjadi 79.16%, mengalami peningkatan sebesar 29.16%. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara Siswa, Model Time Token.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUN ALAM (IPA) DI KELAS V SDN 04 NANGA PINOH Rini Kurniawati; Rachmat Sahputra; Kartini Kartini
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.654 KB) | DOI: 10.46368/jpd.v6i1.140

Abstract

Abstract: This study aims to determine how big the influence of learning model pair checks on science learning outcomes. Based on the results of observations and interviews conducted by researchers on 19-27 July 2017 researchers found students are less involved in the learning process because the model of learning in the teacher applied more focused on the book. This resulted in student learning outcomes are still under the KKM, of 26 students only 6 students who scored above the KKM and 20 students whose value is still below the KKM is equal 65. This research is an experimental research, pre-experimental type with One Group Pretest-Posttest design consisting of two meetings. Population in this research is all student of class V SDN 04 Nanga Pinoh, sample use saturated sample technique that is all member of population counted 26 student with details 12 female student and 14 male student. Variable in this research there are two that is independent variable is Pair Checks study model and dependent variable is result of study of science. Techniques and instruments of data collection in this research is a test by using a brief questionnaire consisting of 10 questions of pretest and 10 posttest questions and observation sheet of learning implementation of RPP. Data analysis techniques use written tests. Based on the results of the research note that the average implementation of RPP meeting I is 100% and at the second meeting is 100%. The average pretest is 51.15 and the posttest average is 78.07. So it can be known the difference is 26.92 average. Normality test shows that the value of sig 0.05 ie pretes 0.1440.05 and posttest 0.0620.05 can be concluded normal distributed data. Hypothesis test results obtained tcount ttable (9.031.71) then H0 rejected and H1 accepted, based on the analysis results can be concluded that there is significant average influence before and after given treatment, That is there is influence from the use of learning model Pair Chechks on learning outcomes IPA students. Keywords: Learning Outcomes, Pair Checks Learning Model, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran pair checks terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti pada tanggal 19-27 juli 2017 peneliti menemukan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran dikarenakan model pembelajaran yang di terapkan guru lebih berfokus pada buku. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih di bawah KKM, dari 26 siswa hanya 6 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dan 20 siswa nilainya masih di bawah KKM yaitu sebesar 65. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest yang terdiri dari dua kali pertemuan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 04 Nanga Pinoh, sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu semua anggota populasi sebanyak 26 siswa dengan rincian 12 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel bebasnya adalah model pembelajaran Pair Checks dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Teknik dan instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dengan menggunakan lembar soal isian singkat yang terdiri dari 10 soal pretest dan 10 soal posttest serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran RPP. Teknik analisis data menggunakan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ratarata keterlaksanaan RPP pertemuan I yaitu 100% dan pada pertemuan II yaitu 100 %. Rata-rata pretest yaitu 51.15 dan rata-rata posttest yaitu 78.07. Sehingga dapat diketahui selisih rata-ratanya yaitu 26.92. Uji normalitas menunjukkan bahwa nilai sig0.05 yaitu pretes 0.1440.05 dan posttest 0.0620.05 dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis diperoleh thitungttabel (9.031.71) maka H0 ditolak dan H1 diterima, berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh ratarata yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, Artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pemeblajaran Pair Chechks terhadap hasil belajar IPA siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Pair Checks, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS VI A SDN 13 NANGA PINOH Lukas Nesim Nasi; Rachmat Sahputra; Nurul Apsari
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.142 KB) | DOI: 10.46368/jpd.v6i1.136

Abstract

Abstract: The purposed of this research is to finded out there are differences in SAINS student learned outcome before and after the applied problem based learning model in grade VI student of SDN 13 Nanga Pinoh. Besided this research also provide benefits for researcher, school, teachers, students and for ather researchers. This research used pre experimental type with One Group Pretest-Posttest design. Consist of four meetings. The population in this research has all students of grade VI A SDN 13 Nanga Pinoh, and sample selection in this research used saturated sample technique that is all member of population, with details of 9 female students and 13 male students. The data collection techniques in this research used multiple choice tes questions, and used content validity, instrument reliability KR 20, normality test and hypothesis test (t test). The validation on this research based on exspert opinion was valid without notation. Result of reliability test was rcount rtable (0,600 0,443 on pre test and 0,937 0,443 on post test). Result of Normality test was zhitung ztabel (0,180 0,183 on pre test and 0,118 0,183 on post test).The results in this research was the average pre test is 55,11 and average of post test was 76,9. So it can be know the difference of the average is 21,79. Then the hypothesis test is obtained thitung ttabel (0,977 2,086) H0 is rejected and H1 accepted.so it can be cocluded that there is significant diffeence of average before and after given the treatment. This means is The different from the application of problem based learning model to student learning outcome. Keyword: student learning outcome. Problem based learning, Science Abstrak: Tujuan penelitian yang dilaksanakan ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar belajar IPA siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VI SDN 13 Nanga Pinoh. Selain itu juga penelitian ini memberikan manfaat bagi peneliti, sekolah, guru, siswa dan bagi peneliti lainnya. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest yang terdiri dari empat kali pertemuan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI A SDN 13 Nanga Pinoh, dan pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu semua anggota populasi, terdapat 22 siswa dengan rincian 9 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes soal pilihan ganda, dan menggunakan validasi isi, reliabilitas instrumen KR 20, uji normalitas dan uji hipotesis (uji t).  Validasi dalam penelitian ini berdasarkan pendapat ahli yaitu valid dengan catatan. Hasil perhitungan reliabilitas rhitung rtabel (0,600 0,443 pada pre test dan 0,937 0,443 pada post test). Uji normalitas dengan hasil zhitung ztabel (0,180 0,183 pada pre test dan 0,118 0,118 pada post test). Hasil dalam penelitian ini adalah rata-rata pretest yaitu  55,11 dan rata-rata post test yaitu 76,9. sehingga dapat diketahui selisih rata-ratanya yaitu 21,79. Kemudian pada uji hipotesisnya di peroleh thitung ttabel  (0,977 2,086) maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, Artinya ada perbedaan dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci :Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BAGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV SDN 04 BATU AMPAR Sinarti Sinarti; Mohamad Rif'at; Mutazam Mutazam
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.039 KB) | DOI: 10.46368/jpd.v6i1.137

Abstract

Abstract: The purpose of this research was to : (1) To acknowledge geometry concept understanding on the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar before and after using group investigation learning model with support of booklet. (2) To acknowledge the influence of group investigation learning model with support of booklet to geometry concept understanding on the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar. (3) To acknowledge the influence percentage group investigation learning model with support of booklet to geometry concept understanding on the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar. This reseacrh was a pre experimental design, and this design is one group pretest-postest. This research did to the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar, there were have 22 students (13 boys and 9 girls). The result of this research : (1) The student’s geometry concept understanding before and after using group investigation learning model with support of booklet was different. (2) This research shown that there was a significant influence from group investigation with support of booklet to geometry concept understanding on the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar. (3) The influence of group investigation learning model with support of booklet to geometry concept understanding on the fourth grade students at SDN 04 Batu Ampar was 49,53 %. Keywords : group investigation, booklet, concept understanding, geometry. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar. (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar. Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperimen (Pre Experimental Design), dengan bentuk one group pretest-postest design. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar yang berjumlah 22 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian (1) Pemahaman konsep siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet adalah berbeda, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar, (3) Pengaruh dari model pembelajaran group investigation berbantuan media booklet terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN 04 Batu Ampar adalah sebesar 49,53%. Kata Kunci : group investigation, booklet, pemahaman konsep, bangun ruang.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SDN 11 NANGA PINOH Lia Kastia; Rachmat Sahputra; Eko Fery Haryadi Saputra
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (698.656 KB) | DOI: 10.46368/jpd.v6i1.138

Abstract

Abstract: This study aims to see the significance effect of bamboo dancing learning model on learning outcomes in natural science subjects (IPA). The location of this research is at State Elementary School No. 11 Nanga Pinoh. The location of this research is at State Elementary School No. 11 Nanga Pinoh. This type of research is a pre-experiment research with one-group pretest-posttest design. The population of this research is the students of class VI SDN 11 Nanga Pinoh academic year 2017/2018. The sample was obtained by class VI with 29 students. The data analysis technique used is t-test. The result of this research shows that the influence of bamboo dancing learning model on the result of study on the subject of Natural Science (IPA) obtained by t-test calculation is obtained tcount = 3,75 table = 2,10. based on the results of data analysis obtained conclusion from pretest value before applied bamboo dancing learning model that is with average 60,46 and posttest value after applied bamboo dancing learning model that is with average 77,47. meaning the results of this study indicate that the influence of bamboo dancing learning model has a significant effect on the results of learning, especially on subjects of Natural Sciences (IPA). Based on the data analysis of N-Gain High category score of 6 students, medium category as many as 16 students, and low category as many as 7 students. Keywords: Bamboo Dancing Learning Model, Science learning out comesn Nature (Science Learning) Abstrak: Penelitian ini bertujuan Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 11 Nanga Pinoh sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di Sekolah Dasar Negeri No. 11 Nanga Pinoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan design one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 11 Nanga Pinoh tahun ajaran 2017/2018. Sampel diperoleh kelas VI dengan jumlah 29 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diperoleh hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,75 ttabel = 2,10. berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan dari nilai pretest sebelum diterapkan model pembelajaran bamboo dancing yaitu dengan rata-rata 60,46 dan nilai posttest sesudah diterapkan model pembelajaran bamboo dancing yaitu dengan rata-rata 77,47. artinya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran bamboo dancing ini berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan analisis data hasil nilai N-Gain kategori Tinggi sebanyak 6 siswa, kategori sedang sebanyak 16 siswa, dan kategori rendah sebanyak 7 siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Bamboo Dancing, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 

Page 1 of 1 | Total Record : 10