cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
ISSN : 23391510     EISSN : 26847841     DOI : https://doi.org/10.35906/jurman
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019)" : 7 Documents clear
FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN WISATAWAN (Studi Kasus Water Blaster Semarang) ray octafian; dyah palupiningtyas
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.633 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v5i2.362

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan di Water Blaster Semarang dengan tujuan untuk menganalisa serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan di Water Blaster Semarang dimana dalam beberapa bulan terakhir ini ada penurunan jumlah wisatawan dengan jumlah yang cukup signifikan. Kepuasan ketika seseorang berkunjung ke suatu daya tarik wisata yang menyediakan produk dan layanan jasa sangat diperhatikan oleh manajemen dari Water Blaster Semarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif yang pengolahan data dibantu oleh program SPSS 16 for windows, dimana data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner.Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil penelitian yaitu berdasarkan uji t bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Water Blaster Semarang dan varaibel bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Water Blaster Semarang. Selanjutnya berdasarakan uji F bahwa kualitas pelayanan dan bauran promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan wisatawan Water Blaster Semarang, dan variabel kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Water Blaster Semarang.Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Bauran Promosi, dan Kepuasan Wisatawan.  AbstractThis research was conducted at Semarang Water Blaster. The aimed to analyze and find out the factors that influence tourist satisfaction at Semarang Water Blaster where in recent months, there has been a significant decrease in the number of tourists. Achievement, when someone visits a tourist attraction that provides products and services, is highly considered by the management of the Water Blaster Semarang. This research conducted using a quantitative approach that data processing was assisted by the SPSS 16 for windows program, where the research data obtained through questionnaires. Samples used in the study were 100 respondents selected using the Accidental Sampling technique. The results of the survey based on the t-test that service quality variables significantly influence tourist satisfaction in Water Blaster Semarang and promotional mix variables have a significant effect on tourist satisfaction in Water Blaster Semarang. Furthermore, based on the F test that the quality of service and promotion mix simultaneously affect the achievement of Water Blaster Semarang tourists, and the service quality variable is the most dominant variable affecting the Water Blaster Semarang.Keywords: Service Quality, Promotion Mix, and Tourist Satisfaction.
PENTINGNYA ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SDM (Studi Kasus Usaha Mikro Kecil dan Menengah Malang) Rahayu Puji Suci; Adya Hermawati; Suwarta Suwarta
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.041 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v5i2.369

Abstract

AbstrakPerlunya evaluasi strategi dalam menghadapi pasar yang dinamis dapat mendukung suatu organisasi untuk mampu berkompetisi, bahkan mampu memenangkan persaingan. Namun UMKM walaupun memiliki fleksibilitas dan ketahanan yang tinggi dalam perekonomian, beberapa keterbatasan seperti kapabilitas finansial dan sumber daya manusia membuat UMKM harus dapat menentukan strategi yang tepat dalam meraih keunggulan kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategi pengembangan kinerja sumber daya manusia pada UMKM di Kota Malang melalu implementasti analisis SWOT (Strengths, Weakneses, Opportunities, dan Threatments). Hasil menunjukkan indikator Strength yang paling tinggi adalah S5 (Pelayanan) yaitu sebesar 4.20. Sementara itu, indikator Weakness yang paling tinggi adalah W4 (Kualitas Sumber Daya Manusia), yaitu sebesar 3.20. Kemudian indikator Opportunity yang paling tinggi adalah O1 (Oleh-oleh khas daerah) dan O5 (Bahan Baku) yaitu sebesar 4. Sementara itu, indikator Threat yang paling tinggi adalah T3 (Pesaing pendatang baru), yaitu sebesar 2.3. Kemudian untuk lokasi titik potong A, B, C, dan D, yaitu titik E, berada kuadran I (Strategi agresif). Dengan demikian, analisis SWOT terhadap UMKM di Kota Malang menunjukkan posisi yang bagus, sehingga dapat diterapkan strategi SO.Kata kunci: SWOT, UMKM, strategi peningkatan kinerja.AbstractThe need for evaluation of strategies in dealing with dynamic markets can support an organization to be able to compete, even able to win the competition. However, although UMKM has high flexibility and resilience in the economy, several limitations such as financial capabilities and human resources make MSMEs must be able to determine the right strategy in achieving competitive advantage. The purpose of this study is to determine the strategy for developing human resource performance at MSMEs in Malang through the implementation of SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Treatments). The results show the highest Strength indicator is S5 (Service), which is equal to 4.20. Meanwhile, the most top Weakness indicator is W4 (Quality of Human Resources), which is 3.20. Then the highest Opportunity indicator is O1 (By-Products typical) and O5 (Raw Materials) that is equal to 4. Meanwhile, the most top Threat indicator is T3 (Competing new entrants), which is 2.3. Then for the intersection points A, B, C, and D, which are point E, are in quadrant I (aggressive strategy). Thus, SWOT analysis of MSMEs in Malang shows a good position, so that SO strategies can be applied.Keywords: SWOT, SMEs, performance improvement strategies
EFEK IMPLEMENTASI QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA TERINTEGRASI (Studi Kasus Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kota Malang) Adya Hermawati; Suhermin Suhermin; Rahayu Puji Suci
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.65 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v5i2.367

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh quality of work life, organizational citizenship behavior, dan keterlibatan kerja terhadap kinerja SDM. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 340 SDM UMKM di Kota Malang. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan formula slovin dengan margin error 10% atau 0,10 diperoleh jumlah sampel sebesar 73. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) quality of work life berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja SDM; (2) quality of work life berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior, (3) quality of work life berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan kerja, 4) organizational citizenship behavior berpengaruh signifikan terhadap kinerja SDM,  5) keterlibatan kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja SDM,  6) quality of work life berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja SDM yang dimediasi oleh organizational citizenship behavior, (7) quality of work life tidak berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja SDM yang dimediasi oleh Keterlibatan kerja, (8) quality of work life (X) tidak berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja SDM yang dimediasi oleh organizational citizenship behavior dan Keterlibatan kerja, dan quality of work life tidak berpengaruh signifikan secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja SDM yang dimediasi oleh organizational citizenship behavior dan keterlibatan kerja.Kata kunci: Quality of work life, organizational citizenship behavior, keterlibatan kerja, kinerja SDM.  AbstractThe purpose of this study was to determine the effect of quality of work-life, organizational citizenship behavior, and work involvement on HR performance. The population in this study is 340 MSME HR in Malang City. Determination of the number of samples carried out using the Slovin formula with a margin of error of 10% or 0.10 obtained a sample size of 73. The results showed that (1) quality of work-life had no significant effect on HR performance; (2) quality of work-life has a substantial impact on organizational citizenship behavior, (3) quality of work-life has a considerable effect on work engagement, 4) corporate citizenship behavior has a significant impact on HR performance, 5) work engagement has no significant effect on HR performance, 6 ) quality of work-life has a direct and indirect impact on HR performance mediated by organizational citizenship behavior, (7) quality of work-life does not directly or indirectly affect HR performance mediated by work involvement, (8) quality of work-life (X) has no direct or indirect effect on HR performance mediated by organizational citizenship behavior and work involvement. Quality of work life does not have a direct and indirect significant impact on HR performance mediated by organizational citizenship behavior and work involvement.Keywords: Quality of work life, organizational citizenship behavior, work involvement, HR performance.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DENGAN METODE SERVQUAL (SERVICE QUALITY) (Studi Kasus pada Kantor Kelurahan Tembong Kota Serang) Aria Cendana Kusuma; Suflani Suflani
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.064 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v5i2.359

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Metode Service Quality bisa digunakan untuk menganalisis dan memberikan solusi terhadap permasalahan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Tembong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dan ditunjang oleh data-data kuantitatif, digunakan juga metode SERVQUAL yang terdiri dari 5 dimensi untuk menganalisis kualitas pelayanan publik di kantor Kelurahan Tembong. Hasil penelitian berdasarkan indikator dalam analisis pelayanan publik di Kantor Kelurahan Tembong, dimensi yang belum berjalan dengan baik yaitu (1) Tangible, kurangnya fasilitas kantor untuk menunjang kegiatan pelayanan (2) Reliability, kurangnya pegawai profesional yang dapat diandalkan (3) Assurance, lambatnya pelayanan yang diberikan (4) Emphaty, aparatur kelurahan yang kurang ramah dan sopan.Kata kunci: Tangible, Reliability, Assurance, dan Emphaty.AbstractThe purpose of this study was to find out how the Service Quality Method can be used to analyze and provide solutions to problems of Public Service Quality at the Tembong Village Office. The research method used is qualitative and supported by quantitative data, also used the SERVQUAL method, which consists of 5 dimensions to analyze the quality of public services in the Tembong District Administrate Office. The results of the study were the data based on indicators in the analysis of public services at the Tembong District Administrate Office. The dimensions that had not gone well, namely (1) Tangible, lack of office facilities to support service activities (2) Reliability, lack of reliable, professional employees (3) Assurance, slow service has given (4) Empathy, a village official who was not friendly and polite.Keywords: Tangible, Reliability, Assurance, and Empathy.
PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA MOBILIO (Survei Pada Pengguna Honda Mobilio di Karawang) Nanda Eka Pawitri; Mulyani Sholeha
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jm001.v5i2.406

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian Honda Mobilio. Variabel dependen pada penelitian ini adalah Keputusan Pembelian (Y), dan variabel independen adalah Promosi (X1) dan Inovasi Produk (X2). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling, yaitu dengan teknik purposive sampling terhadap 100 orang yang membeli produk Honda Mobilio melalui penyebaran kuesioner (angket). Uji instrument dilakukan pada penelitian ini adalah dengan uji validitas dan uji reabilitas. Metode analisis data dilakukan menggunakan uji statistic data deskriptif dan verifikatif. Data verifikatif menggunakan uji asumsi klasik, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi () dengan menggunakan program Software SPSS versi 16.0 dan Lisrel versi 8.8. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh promosi dan inovasi produk secara simultan terhadap keputusan pembelian Honda Mobilio. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa promosi dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Mobilio.Kata kunci: Promosi, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian.AbstractThis study aimed to determine the effect of product promotion and innovation on Honda Mobilio purchasing decisions. The dependent variable in this study was the Purchasing Decision (Y), and the independent variables are Promotion (X1) and Product Innovation (X2). The population in this study were Honda Mobilio users in Karawang. The sample was determined by purposive sampling technique, with 100 respondents. Data collection techniques in this study were primary data that is obtained through questionnaires (questionnaire). The analysis technique used in this study is the instrument test (validity and reliability test), the classic assumption test, hypothesis testing, and the coefficient of determination using the SPSS software program version 16.0 and the Lisrel Program. The results showed a simultaneous influence of product promotions and innovations on Honda Mobilio's purchasing decisions. Based on the partial test results, it can be seen that product promotion and change have a positive and significant effect on the purchase decision of Honda Mobilio.Keywords: Promotion, Product Innovation, Purchasing Decisions.
ANALISIS NILAI SAHAM DENGAN DIVIDEND DISCOUNT MODEL (DDM) (Studi kasus Perusahaan Tekstil Dan Garmen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018) Yuliah Yuliah; Leni Triana; Ihwan Satria Lesmana
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.643 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v5i2.360

Abstract

AbstrakPenilaian saham digunakan untuk membandingkan antara nilai intrinsik dan nilai pasar saham, yang mana akhirnya akan dijadikan sebagai dasar keputusan investasi apakah investor akan menjual atau membeli saham. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan manganalisa hasil dari perhitungan penilaiain saham menggunakan Dividend Discount Model (DDM) dengan model pertumbuhan konstan. Metode  penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian pada perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa efek Indonesia tahun 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan puposive sampling dan didapat 5 sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 5 perusahaan memiliki hasil yang berbeda, dimana saham BELL dan RICY berada dalam kondisi overvalued karena nilai intrinsik lebih rendah dibanding dengan nilai pasar, sedangkan pada saham PBRX, SRIL dan TRIS berada pada posisi undervalued karena nilai intrinsik lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pasar.Kata Kunci: Nilai Saham, Dividend Discount Model.AbstractStock valuation uses to compare between intrinsic value and stock market value, which ultimately will be used as a basis for investment decisions whether investors will sell or buy shares. This study aimed to determine and analyze the results of stock valuation calculations using the Dividend Discount Model (DDM) with a constant growth model. The research method used is descriptive quantitative research objects in textile and garment companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018. The sampling technique uses purposive sampling and obtained five research samples. The results of this study indicate that all of the five companies having different effects. Where BELL and RICY shares were in overvalued conditions because the intrinsic value was lower than the market value, while in PBRX, SRIL and TRIS stocks undervalued because the inherent value is higher than with market value.Keywords: Stock Valuation, Dividend Discount Model.
STRATEGI PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA UNTUK MENGURANGI URBANISASI (Studi Kasus Kampung Cinyurup Kelurahan Juhut Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang) Pramudi Harsono; Suhandi Suhandi
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.038 KB) | DOI: 10.35906/jm001.v5i2.361

Abstract

AbstrakKampung Cinyurup merupakan wilayah keluruahan Juhut, kecamatan Karangtanjung kabupaten Pandeglang memiliki potensi internal dan eksternal pariwisata yang dapat dikembangkan menjadi kampung wisata. Analisis potensi berdasarkan aspek atau kriteria konsep kampung wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Kabupaten Pandeglang. masih perlu ditingkatkan, yaitu  aspek  daya tarik wisata, motivasi masyarakat, sarana dan prasarana, kelembagaan dan ketersediaan lahan secara umum telah memadai untuk dikembangkan menjadi Kampung Wisata.  Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif, dan menggunakan  metode analisis data yaitu analisis SWOT. Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT tentang potensi internal dan eksternal maka model kampung wisata yang sesuai untuk dikembangkan yaitu dengan mengusung tema kampung wisata berperspektif go green yang unik, khas dan sehat yang berbasis pada keunggulan hortikultura, keindahan alam dan budaya lokal yang masih kuat.Kata kunci: Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats, Potensi, Kampung Wisata.AbstractCinyurup village is part of Juhut village, Karangtanjung sub-district Pandeglang district has internal and external potential for tourism that has the potential to become a tourist village. Prospective analysis based on aspects or criteria of the concept of the tourism village in the Culture and Tourism Office of Pandeglang Regency. It still needs to be improved in the elements of tourist attraction, community motivation, facilities and infrastructure, institutions, and availability of land, in general, are sufficient to be developed into a Tourism Village. This type of research is descriptive qualitative research and using data analysis methods, namely SWOT analysis. The results of the study based on a SWOT analysis of internal and external potential were suitable for developing this tourism village. The proper model of the tourism village to be grown is by carrying the theme of a unique, unique and healthy go green tourism village based on horticultural excellence, natural beauty and local culture that is still strong.Keywords: Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats, Potential, Tourism Village.

Page 1 of 1 | Total Record : 7