cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 20852487     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The empirical research includes studies on the implementation of Islamic education in educational Islamic institution while theoretical study covers historical studies, expert finding and Islamic education content analysis from al-qur’an and hadist.
Arjuna Subject : -
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam" : 31 Documents clear
SYUHUDI ISMAIL DAN PENGEMBANGAN PEMIKIRAN HADIS DI INDONESIA: TELAAH KRITIS TERHADAP KONSEPSI PEMAHAMAN HADIS SECARA TEMPORAL DAN LOKAL Muhammad Nasrullah; Jannatul Husna; Waharjani
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i2.243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hadis dalam Islam adalah sesuatu yang didasarkan pada nabi muhammad saw yang merupakan salah satu sumber utama dalam kehidupan umat islam. akan tetapi dalam penafsiran pemahaman hadits nabi sering terjadi perbedaan pendapat dikalangan ulama, hal ini tentunya dikarenakan banyak faktor salah satunya rentan waktu dan tempat yang berbeda. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan tinjauan pustaka, yaitu serangkaian penelitian dengan mengumpulkan data kepustakaan seperti jurnal ilmiah, dokumen, buku, artikel yang berkaitan dengan pemikiran syhudi ismail tentang pemahaman hadis. syuhudi ismail dalam menafsirkan tinjauan hadis dari perspektif tekstual dan kontekstual yang mampu membuktikan bahwa beberapa hadits nabi mengandung ajaran islam yang bersifat temporal dan lokal.artikel; itu tidak harus mengandung hasil yang tidak disajikan dan dibuktikan dalam teks utama dan tidak melebih-lebihkan kesimpulan utama.
Problematika Hukum LGBT dan Akibatnya : Studi atas Persepsi Masyarakat Kabupaten Karawang Oyoh Bariah; Iwan Hermawan; Anggi Ramdania Hermawan
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i2.252

Abstract

LGBT merupakan tindakan penyimpangan seksual yang melanggar hukum Islam, sunnatullah, dan hukum positif. LGBT juga bentuk  perilaku tindak pidana (jarimah) dan dosa yang amat besar serta dapat     mendatangkan azab, sebagaimana azab yang Allah SWT timpakan pada kaum Luth. Selain itu, terdapat kontroversial terhadap perilaku ini, ada yang menyatakan bahwa LGBT merupakan perilaku yang melanggar berbagai hukum, dan ada pula yang memperjuangkan hak para LGBT agar legal secara hukum. Kabupaten Karawang menjadi salah satu daerah yang ditemukan terdapat komunitas LGBT didalamnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh, komunitas LGBT bergerak secara online. Maka, penelitian ditujukan  Untuk menganalisis  persepsi dan pemahaman masyarakat kabupaten Karawang terhadap isu LGBT secara komprehensif, dengan  menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam (in-depth interview) dan angket  disebar secara luas. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa persepsi dan pemahaman masyarakat kabupaten Karawang tentang LGBT mengarah pada persepsi dan pemahaman yang seharusnya, yaitu sesuai dengan pandangan hukum Islam. Mayoritas masyarakat memahami LGBT merupakan penyimpangan seksual, LGBT dikategorikan sebagai perbuatan fahisyah dan jarimah, had dan ta’zir bagi pelaku LGBT, akibatnya dapat menimbulkan berbagai penyakit dan merusak tatanan kehidupan sosial.
UNDERSTANDING THE CURRENT TREND OF HIJRAH: BETWEEN SELF-EXISTANCE AND RELIGIOUS UNDERSTANDING Dian Ayuningtyas; Tuti Hidayati; Inayatillah; Putri Rahmawati
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i2.253

Abstract

Hijrah is a great momentum in the history of da’wa Islam and was designated as the first year of Islamic calendar. Although it was initially associated with process of migration, the interpretation of hijrah is not limited to simply as moving from one place to another. In fact, it is referred to a significant milestones as a process of migrating or transforming to a better situation or a better self. These days, hijrah has become a phenomenal trend that is not only popular among those who are active in following Islamic group discussions but also among the youths who are the social media worshipers. Hijrah is viewed as the process of self-transformation and as an effort to practice all Islamic teachings performed by Rasulullah in daily life. During the process, however, the substantial values and the real meaning of hijrah are often considered missing. Rather than the change of attitudes and characters, it is often represented merely as changing physical appearances or ways of speaking. This paper is aimed to revisit the concept of hijrah in Islam and analyze its values and meanings within the current developing social phenomena. The study is conducted in a qualitative descriptive approach, and data collection was performed through literature study. The result shows that the dynamic practice of Islam highlights the current concept of hijrah. The core values in this self-transformation is to leave all the bad habits, to be more religious, and to embrace the modernity without compromising the faith.
PEMBELAJARAN FATHUL QORIB BERBASIS MASALAH MELALUI FORUM SYAWIR (MUSYAWARAH) DI PONDOK PESANTREN DENANYAR JOMBANG. mahfudz syamsul hadi
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i2.266

Abstract

Di Pondok Pesantren Denanyar Jombang, Jawa Timur, pembelajaran fiqh (fathul qorib) berbasis masalah dipadukan dengan kegiatan diskusi. Penelitian ini berfokus pada dua hal: bagaimana penerapan problem based learning di Pondok Pesantren Denanyar Jombang dengan menggunakan model berbasis masalah Fathul Qorib dan model Musyawarah dasar, serta kelebihan dan kekurangan problem based learning berbasis fiqh dengan kegiatan Musyawarah. Pendekatan studi kasus digunakan untuk melakukan penelitian kualitatif untuk penelitian ini. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi dari individu. Penelitian ini menggunakan teknik terstruktur dan snowball sampling untuk mengidentifikasi sumber data sampel sebagai informan. Analisis data deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Penyelidikan dimulai segera setelah peneliti tiba di lokasi dan berlanjut secara real time sampai selesai. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fathul qorib dalam hal ini sesuai dengan konsep pembelajaran berbasis masalah, yang dibuktikan dengan gagasan, kualitas, dan fase pembelajaran deliberatif kegiatan.
Indonesia PHILOLOGICAL APPROACH IN ISLAMIC STUDIES Saadah; Fuad Fansuri
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i2.267

Abstract

Filologis sebagai salah satu metode pendekatan yang dilakukan dalam proses mempelajari Islam dan agama lain. Pendekatan Filologis menggunakan naskah dan manuskrip sebagai objek dari pendekatan yang difokuskan, meskipun saat ini pendekatan filologis tidak terlalu trend dan diminati untuk dilakukan, namun pendekatan ini memegang peran yang sangat penting dalam kemajuan intelektual di seluruh dunia karena istilah filologi sendiri berasal dari Bahasa Yunani dan di terapkan pertama kali oleh peneliti barat. Studi Islam sebagai sebuah pembelajaran tentang bagaimana pendidikan Islam diajarkan kepada pelajar dan mengenal tentang sejarah Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif  dengan jenis studi pustaka. Penelitian ini akan mencoba menelusuri keterkaitan studi Islam dengan pendekatan filologis. Penelitian ini memiliki manfaat untuk menambah pengetahuan dan khazanah keilmuan di bidang studi Islam. Pendekatan filologis dipakai pada kajian studi Islam untuk mendapatkan informasi dari sebuah manuskrip melalui pengkajian terhadap beberapa teks Islam yang dikaji. Mengingat warisan cendekiawan muslim yang kaya, dibutuhkan beberapa saat untuk meneliti semua informasi tersebut.
KONSEPTUALISASI PEMIKIRAN MUHAMMAD DAWAM RAHARJO TENTANG MASA DEPAN EKONOMI ISLAM DI INDONESIA Hari Widiyanto; Jamal Abdul Aziz
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i2.269

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang konseptualisasi pemikiran Muhammad Dawam Raharjo tentang masa depan ekonomi Islam di Indonesia. dimana beliau adalah salah satu tokoh ekonomi Islam yang ada pada masa perkembangan ekonomi di Indonesia dan diharapkan mampu memberi jalan terbaik untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi Islam yang ada di Indonesia.  Adapun metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model studi pustaka. jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga yaitu data primer, sekunder dan tersier. Data primer adalah data yang diperoleh dari objek yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu karya-karya dari M. Dawam Rahardjo. konseptualisasi pemikiran Muhammad Dawam Raharjo tentang masa depan ekonomi islam di Indonesia bahwa strategi ekonomi Islam yang diperlukan dalam pengembangan ekonomi rakyat yaitu dengan cara meningkatkan partisipasi UKM dan masyarakat miskin produktif dalam perbankan syariah melalui Lembaga intermediasi berupa koperasi, konsep berikutnya yaitu Gerakan ekonomi kerakyatan dengan upaya mendirikan kembali sarekat dagang Islam Indonesia (SDII) yang mengikuti ekonomi Pancasila yaitu SDII menjadi organisasi yang didasarkan pada asas kekluargaan dan gotong-royong yang difungsikan untuk membantu dibidang permodalan juga menggerakan sector riil dengan mengembangkan faktor-faktor produksi, seperti sumber daya manusia, manajemen dan tekhnologi.
TRANSFORMASI KEILMUAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG IDEAL DI ABAD-21 PERSPEKTIF RAHMAH EL YUNUSIYAH M. Afiqul Adib
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i2.276

Abstract

Penelitian ini adalah kajian pemikiran Rahmah El Yunusiyah yang spesifik membahas tentang transformasi keilmuan sebagai konsep Pendidikan Islam yang ideal. Kajian ini bertujuan untuk mengurai salah satu permasalahan dalam pendidikan, yakni dikotomi keilmuan. Kajian ini merupakan penelitian Pustaka. Tahapan dalam pengumpulan data dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur, yakni lewat analisis beberapa literatur yang berfokus pada pemikiran Rahmah El Yunusiyah, serta seputar transformasi keilmuan dan pendidikan agama Islam yang ideal. Setelah itu dicari relevansi atas permasalahan yang dikaji. Analisis deskriptif dipakai dalam kajian ini agar mendapat gambaran utus yang terstruktur secara definisi istilah, dan temuan-temuan lainnya secara akurat, valid, tepat sasaran, dan terhindar dari bias subjektifitas. Hasil dari penelitian ini didapatkan sebuah pernyataan bahwa salah satu solusi dari dikotomi keilmuan adalah dilakukannya transformasi keilmuan. Rahmah El Yunusiyyah menerapkan hal tersebut pada perguruan Diniyah Puteri yang mengintegrasikan pengajaran ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum secara klasikal, serta memberi pelajaran kemahiran. Rahmah tidak pernah menolak apa yang disebut dengan penggabungan keilmuan atau transformasi. Karena baginya keadaan zaman sudah berbeda. Hanya karena dulu dianggap benar, bukan berarti sekarang juga bisa dibenarkan, karena situasi dan kondisi selalu berubah.
HUKUM MENINGGALKAN SHOLAT JUMAT 3 KALI DI MASA PANDEMIC COVID 19 Ahmad Fadhly Roza; Dhiauddin Tanjung
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i2.283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hukum meninggalkan sholat jumat sebanyak 3 kali selama Covid-19 berdasarkan syariat Islam. Sebagaimana kita ketahui bersama pada awal wabah Covid-19 ditengah gegap gempitanya masyarakat Indonesia akan hal tersebut sehingga pemerintah memberlakukan berbagai regulasi untuk mencegah wabah tersebut mulai dari peniadaan sholat jumat, pembelajaran berbasis daring dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka. Karena penelitian ini akan menganalisis secara kritis hukum meninggalkan sholat jumat. Hasil penelitian menunjukan bahwa meninggalkan sholat jumat selama pandemi Covid-19 terdapat 2 versi yaitu ada yang membolehkan karena kondisi darurat akan tetapi disisi lain ada yang mengatakan haram meninggalkan sholat jumat.
SENI SEBAGAI PERANTARA MEDIA DOA DALAM MENGHADAPI AKULTURASI BUDAYA JAWA DENGAN AGAMA ISLAM DI DESA PLANDIREJO Nurul Baiti Rohmah; Rizal Zamzami; Nochita Yusma Intan
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i2.284

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya masyarakat Desa Plandirejo yang tetap memegang teguh pada keberbedaan dengan tidak menciptakan kelompok baru demi terwujudnya keserasian bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana sejarah berdirinya Desa Plandirejo, bagaimana akulturasi budaya Jawa dengan agama Islam, dan bagaimana seni dijadikan sebagai media pemersatu akulturasi tersebut. Setiap tempat memiliki cerita tersendiri. Seperti halnya cerita asal usul Desa Plandisari yang erat kaitannya dengan tanaman petai cina atau mlanding. Dengan kondisi masyarakat yang heterogen mulai dari suku, bahasa, ras, dan juga agama, masyarakat di Desa Plandisari ini mampu hidup rukun berdampingan dengan tetap mengutamakan kebersamaan. Salah satu media yang digunakan untuk menghadapi keberbedaan yaitu kesenian meminta hujan yang di dalamnya terdapat upacara selamatan, seni gamelan, seni tari jaranan, dan seni jedhoran yang memuat nilai akulturasi budaya Jawa dengan agama Islam.
INTEGRASI PENDIDIKAN AKHLAK DAN KEILMUAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR Ahmad Tantowi; Rifqil Muslim; Camila Fatah Suroyya
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i2.285

Abstract

Pendidikan dapat dimaknai sebagai proses memanusiakan manusia. Salah satu upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal adalah melalui pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak akhir-akhir ini menjadi perhatian khusus dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengintegrasian Pendidikan Akhlak dan Keilmuan dalam suatu disiplin ilmu pengetahuan, secara khusus pada pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam An-Nawawiyah Rembang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam An-Nawawiyah Rembang. Data diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konsep dan praktik pendidikan akhlak sudah terintegrasi dalam pembelajaran Bahasa Arab, adapun nilai pendidikan akhlak yang ditemukan antara lain sopan santun, bertanggung jawab dan kejujuran. Begitu pula pengintegrasian keilmuan juga sudah ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Arab seperti keilmuan tentang lingkuangan alam dan lingkungan sosial.

Page 1 of 4 | Total Record : 31


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 3 No 1 (2106): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 3 No. 1 (2106): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 3 (2023) Vol. 9 No. 2 (2023) Vol. 9 No. 1 (2023) Vol. 8 No. 4 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol 8 No 1 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 1 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 7 No. 2 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol 7 No 2 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol 7 No 1 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 7 No. 1 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 6 No. 2 (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 6 No 2 (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 6 No. 1, March (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 6 No 1, March (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 5 No 2, Sept (2019): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 5 No. 2, Sept (2019): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 5 No. 1, March (2019): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 5 No 1, March (2019): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 2, Sept (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 2, Sept (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1, March (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 1, March (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 2 No. 1 (2015): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 2 No 1 (2015): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2014): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 1 (2014): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam More Issue