cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL KONSELING GUSJIGANG
ISSN : 24601187     EISSN : 2503281x     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022" : 11 Documents clear
Strategi AP3 Guru Bimbingan Konseling Terhadap Perencanaan Karir Siswa ikke nurjanah sinaga
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v8i2.7686

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi AP3 guru bimbingan konseling terhadap perencanaan karir siswa. Adapun kebaruan penelitian ini terletak pada jenis strategi AP3 yang digunakan guru bimbingan konseling terhadap perencanaan karir siswa. Selain itu, penelitian ini juga berbantukan media pohon karir dan layanan KONSIS dalam perencanaan karir siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Jumlah subjek yang digunakan sebanyak 13 orang, pengumpulan data didapatkan dengan melakukan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan melakukan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Hasil dari penelitian ini adalah strategi  yang dilakukan guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir siswa adalah dengan menerapkan 4 strategi khusus, yaitu 1) Melakukan Assessment; 2) menyusun Program; 3) Pelaksanakan kegiatan; dan 4) Penlilaian/evaluasi kegiatan. Adapun pelaksanaan kegiatan dengan berbantukan media bimbingan konseling seperti pohon karir dan menerapkan layanan konsultasi siswa (KONSIS) untuk membantu para siswa lebih memahami dalam menentukan dan memilih jenis karir yang sesuai dengan bakat, minat serta kemampuannya.
Teknik Cinematherapy dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa MAN Palopo baso hasyim; Subekti Masri; Abdul Mutakabbir; Kasmi Kasmi
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v8i2.8175

Abstract

The congregational prayers that have been scheduled at MAN Palopo are often not carried out by the students, this means that there have been violations related to student discipline against school rules. To overcome this, this research comes up with offering cinematherapy techniques which aim to improve student discipline in performing congregational prayers. This research was conducted using quantitative methods with a sample of 40 people selected by random sampling. This study reveals that there is an effect of cimematherapy techniques on increasing the discipline of congregational prayer at MAN Palopo MAN students.
Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Penanganan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Nadia Aulia Nadhirah; Mia Aprianti Putri; Mamat Supriatna; Dodi Suryana
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v8i2.7700

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana cara guru bimbingan dan konseling mencegah dan menangani perilaku cyberbullying pada remaja. Dengan dasar temuan bahwa 91% remaja di Indonesia mengaku bahwa mereka adalah pengguna internet, dengan hasil survei juga yang menunjukan bahwa 49% pengguna internet di Indonesia pernah mengalami cyberbullying. Dan dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam mencegah dan menangani perilaku cyberbullying pada kalangan remaja di Indonesia, guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok, teknik role playing, konseling kelompok, dan teknik miracle question. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka dengan menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari artikel, buku, e-book, hasil survei, dan lainnya. Dengan adanya hasil penelitian ini guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dalam mencegah dan menangani terjadinya perilaku cyberbullying pada remaja.
INTERNALIZAZI NILAI CINTA DAMAI SERAT WULANGREH PADA KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY (REBT) Yunita Dwi Setyoningsih
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v8i2.7737

Abstract

Nilai cinta damai yang ditemukan dalam serat wulangreh bisa digunakan sebagai pembentukan karakter konseli untuk mencapai keharmonisan berbasis karya sastra Jawa yang terintergasi dalam layanan konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dan intervensi perlakuan. Metode konseling dalam pengembangan nilai cinta damai dalam serat wulangreh berupa nasihat yang secara eskplisit mengungkapkan tata cara pergaulan berupa teks tembang-tembang Jawa. Hasil penelitian menyebutkan bahwa nilai cinta damai dalam serat wulangreh meliputi Tepo-sariro (Tenggang Rasa), Karyanira (Tanggung jawab), Asih (Saling Menghormati), Rereh (Pengendalian diri). Penelitian ini merekomendasikan perlunya layanan bidang pribadi sosial bimbingan dan konseling bermuatan budaya lokal untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa.
Keefektifan Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) untuk Meningkatkan Disiplin Roiyan One Febriani
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v8i2.7799

Abstract

Disiplin merupakan bentuk taat dan patuh seorang individu terhadap nilai dan norma di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan pendekatan CBM untuk meningkatkan disiplin diri mahasiswa. Rancangan penelitian adalah pretest posttest control group design. Dua belas mahasiswa dipilih sebagai subjek penelitian melalui teknik purposif sampling. Analisis data untuk membuktikan keefektifan pendekatan CBM menggunakan analisis statistik uji Two Independent Test-Mann-Whitney U. Berdasarkan uji analisis statistik membuktikan bahwa Ha diterima yang berarti pendekatan cognitive behavior modificationlebih efektif untuk meningkatkan disiplin mahasiswa dibandingkan dengan pendekatan realita. 
Efektivitas teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik Wulan Fitriyanti
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v8i2.8020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dilapangan yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu 7 orang peserta didik yang diseleksi melalui teknik purposive sampling, yakni melihat subjek dengan tingkat motivasi belajar rendah. Sedangkan penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang dikembangkan sendiri berdasarkan teori Schunk, Meece, and Pintrich (2014) yang terdiri dari 4 indikator. Kemudian hasil validitas yakni 0,566 dan reliabilitas yakni 0,814. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon, serta dibantu oleh SPSS versi 25. Kemudian dilakukan uji test statistic dengan nilai 0,018 kurang dari 0,050 menunjukkan hasil bahwa Ha diterima yang artinya teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik
Studi Korelasi Dukungan Orang Tua Terhadap Perencanaan Karir Anak Berkebutuhan Khusus Rischa Pramudia Trisnani; Silvia Yula Wardani
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v8i2.8049

Abstract

Setiap anak memiliki keistimewaan, baik yang bersifat berupa kelebihan maupun keterbatasan. Anak yang memiliki keterbatasan atau disebut dengan anak berkebutuhan khusus memiliki hak untuk mendapatkan kehidupan yang sama seperti anak lainnya. Dalam menjalani kehidupannya yang lebih mandiri di masa depan anak berkebutuhan khusus memerlukan dukungan dari orang yang ada di sekitarnya salah satunya adalah orang tua. Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik anak perlu memahami keadaan dirinya, potensi yang ada di dalam diri dan berbagai informasi untuk merencanakan sebuah karir yang akan datang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dengan perencanaan karir anak berkebutuhan khusus di Kota Madiun. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 45 anak. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai sig 2 tailed sebesar 0,00 0,005 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua terhadap perencanaan karir anak berkebutuhan khusus
Psychological Well-Being Guru BK sebagai Professional Helper di Sekolah Kristiana Firdausi; Ribut Purwaningrum
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v8i2.6811

Abstract

This study aimed to obtain a comprehensive depiction regarding school counselors' psychological well-being as a professional helper. The result of this study could be used as the basis for future studies to promote school counselors' psychological well-being. This study found that most respondents had not understood the concept of psychological well-being. However, they reported the majority of psychological well-being dimensions. Most of the respondents were aware of the dimensions of positive relations with others and environmental mastery. Ninety-five school counselors in this study were aware that psychological well-being is pivotal as it supports their professional performance and personal happiness. Future studies are recommended to investigate school counselors' psychological well-being further using other methods, such as case study, RnD, or mixed-method. This kind of study may indirectly improve the school counselors' understanding and competence. 
PROFIL KOMPETENSI KONSELOR PADA ALUMNI PPG-BK UNIVERSITAS ACHMAD DAHLAN Iis Lathifah Nuryanto; Uman Suherman; Ahman -; Yusi Riksayustiana
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v8i2.8571

Abstract

Kajian ini menganalisis tentang gambaran secara umum kompetensi konselor yang merupakan Alumni PPG-BK di Universitas Achmad Dahlan. Objek kajian berupa studi deskriptif tentang kompetensi konselor, maka produk akhir kajian ini diharapkan memberikan sumbangan pemikiran tentang gambaran kompetensi konselor di lapangan, sehingga meningkatkan pemahaman perlunya konselor yang memiliki kompetensi sebagai pendidik. .  
Rasch Model Analysis of the Social Prejudice Scale Nita Fitria; Nur Faizal; Edy Irawan; Astoni Nurdin; Ainur Rosidah
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/jkg.v8i2.7501

Abstract

The measurement of social prejudice requires valid and reliable instruments to produce objective data. Tests of validity and reliability with classical theory on the instrument were found to have many weaknesses that required in-depth analysis so that the data obtained were not biased. This study aims to analyze the social prejudice scale of students by using the Rasch model approach. 50 respondents were taken from students of Guidance and Counseling study program. The numbers of items on the scale of social prejudice were 25 items.  Data was analyzed using   WinstepS software. The method used in this analysis was Rasch modeling method.  Based on the analysis of 25 statements developed, there were 23 items that meet the standards that while the other items did not meet the standards. The reliability value of the scale is 0.86 which means that it is in a good category. The overall scale of social prejudice developed can be used to measure a student’s level of social prejudice.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Konseling Gusjigang Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022 Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2022 Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2021 Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2021 Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2020 Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2020 Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2019 Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2018 Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2018 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2017 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2016 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2015 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015 More Issue