cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi_guru@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldwijacendekia@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Kampus PGSD Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang No. 67A Kebumen Jawa Tengah
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
ISSN : 25811843     EISSN : 25811835     DOI : -
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu sosial dan humaniora, dan pendidikan matematika dan ilmu alam. Pengajuan artikel, serta proses peninjauan, tidak dikenakan biaya (gratis). Jurnal ini juga telah menjadi anggota CrossRef. Oleh karena itu, Semua artikel yang diterbitkan oleh jurnal ini akan memiliki nomor DOI.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik" : 10 Documents clear
PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN KABUPATEN/KOTA Euis Dartini
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.764 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.13058

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Nagarasari pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih rendah. Terlihat dari hasil evaluasi yang telah dilaksanakan, hanya 21% siswa yang mencapai batas minimal kecapaian kompetensi. Tingkat kejenuhan siswa terhadap pelajaran IPS sangatlah tinggi. Hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah. Penggunaan metode karyawisata ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran karyawisata. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Nagarasari Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 28 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan non test. Dimana dilakukan observasi dan dokumentasi.hasil penelitian menunjukan perubahan hasil belajar yang significant sebelum dan setelah pembelajaran. Dimana pada siklus pertama menunjukan 57% siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Dan pada siklus kedua menunjukan 82% siswa telah menyelesaikan batas KKM
PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR Ika W Utamining Tias
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.61 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.13060

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa IPA karena lebih dominan berorientasi pada produk dan bukan pada proses. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V dengan menerapkan model penemuan terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 10 Metro Timur meningkat pada persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I sebesar 63,33% menjadi 86,67%  pada siklus II
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELAS IV SD NEGERI 01 DAYA ASRI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT Arum Sulastri
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.986 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.13050

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan pembelajaran menulis deskripsi bahasa Indonesia siswa kelas IV. Subject penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi. dan refleksi.  Data kegiatan tersebut dikumpulkan melalui lembar observasi, hasil tes pada setiap akhir siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I rata-rata aktivitas siswa (51%), siklus II (70%) dan siklus III (81%). Peningkatan rata-rata aktivitas siklus I ke siklus II (19%) dan siklus II ke siklus III (11%). Rata-rata hasil belajar siswa siklus I (65%), siklus II (69%) dan siklus III (73%). Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa siklus I ke siklus II (4%) dan siklus II ke siklus III (4%). Pada siklus I kinerja guru belum maksimal dalam penguasaan kelas, dengan rata-rata aktivitas (46,5%). Pada siklus II kinerja guru meningkat yaitu dapat membimbing dan menguasai kelas (55%) dan siklus III (61%). Kinerja guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II (8,5%) dan siklus II ke siklus III (6%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV. Bedasarkan hasil temuan, disarankan pada guru bidang studi bahasa Indonesia hendaknya menerapkan media gambar berseri dalam pembelajaran.
PENERAPAN MIND MAP PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK UNTUK PENGEMBANGAN SOFT SKILL MAHASISWA PGSD Muhammad Chamdani
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.744 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.14408

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada pembelajaran Perkembangan Belajar Peserta Didik, (2) meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Perkembangan Belajar Peserta Didik, (3) mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap pengembangan soft skill melalui penerapan mind map untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Perkembangan Belajar Peserta Didik. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar FKIP UNS tahun akademik 2016/2017 yang mengikuti perkuliahan Perkembangan Belajar Peserta Didik sebanyak 36 mahasiswa. Objek penelitian ini adalah tindakan pengembangan soft skill mahasiswa yang diterapkan, kepemilikan atribut soft skill mahasiswa, persiapan belajar mahasiswa (tugas mind map), aktivitas/ kegiatan mahasiswa dalam pembelajaran, hasil belajar mahasiswa, dan persepsi mahasiswa terhadap penerapan mind map. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan yang diterapkan dalam penelitian ini dapat (1) meningkatkan proses pembelajaran mahasiswa (2) meningkatkan hasil belajar mahasiswa (3) mahasiswa memiliki respon positif terhadap penerapan mind map dalam perkuliahan perkembangan belajar peserta didik untuk pengembangan soft skill mahasiswa.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SD BERBASIS BUDAYA DI YOGYAKARTA Dinar Martia Azizah; Anesa Surya
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.359 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.13052

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan hambatan pembelajaran bahasa Inggris SD berbasis budaya di Yogyakarta. Hasil penelitian diharapkan menjadi bahan kajian untuk mengembangkan kebijakan pendidikan berbasis budaya di SD.Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek penelitian meliputi 5 SD Negeri berbasis budaya di Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada teknik analisis data Milles dan Huberman (2014). Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa silabus dan RPP yang digunakan kurang menunjukkan adanya integrasi budaya. Indikator dan tujuan pembelajaran masih bersifat umum. Integrasi budaya yang paling sering ditemukan dalam pembelajaran adalah penanaman nilai luhur. Hal tersebut dilakukan guru melalui contoh kalimat, teks, dialog, serta pembiasaan perilaku yang mencerminkan nilai luhur. Unsur budaya artefak dan adat istiadat tidak banyak ditemukan selama proses pembelajaran. Guru telah memahami hakikat penilaian berbasis budaya, namun belum menggunakan format penilaian yang sesuai dengan buku pedoman. Hambatan yang guru temukan dalam pembelajaran antara lain kurang meratanya bimbingan teknis pendidikan berbasis budaya, belum dicantumkannya contoh integrasi budaya dalam pembelajaran di buku pedoman, belum tersedianya buku teks dan media pembelajaran bahasa Inggris berbasis budaya, serta minimnya anggaran sekolah untuk menunjang pembelajaran bahasa Inggris
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENCAPAI PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DI SEKOLAH DASAR Rokhmaniyah Rokhmaniyah
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.353 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.14410

Abstract

Sumber daya yang ada di sekolah harus dikelola dengan benar untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Artikel ini mendeskripsikan hasil penelitian yang bertujuan untuk menganalisis manajemen sumber daya manusia di Sekolah Dasar Negeri 1 Kutosari Kebumen untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi sekolah. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, tenaga administrasi sekolah, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian dinyatakan bahwa manajemen sumber daya manusia dalam penelitian ini dilakukan melalui langkah-langkah: rekruitmen, seleksi, penempatan, pengembangan, penilaian kinerja, pemberian imbalan, pemeliharaan hubungan baik, dan pemutusan hubungan kerja. Untuk mengoptimalkan sumber daya manusia dilakukan melalui pembinaan, pengawasan, bimbingan teknis, workshop, dan studi lanjut.
ANALISIS LEARNING TRAJECTORY MATEMATIS DALAM KONSEP PERKALIAN BILANGAN CACAH DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR Ejen Jenal Mutaqin
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.214 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.13054

Abstract

Strategi atau cara siswa kelas rendah sekolah dasar dalam melakukan perkalian cukup variatif. Hal ini mendorong peneliti untuk mengkaji lebih jauh tentang Learning Trajectory perkalian siswa kelas rendah sekolah dasar melalui penelitian. Fokus penelitian ini adalah berusaha mengungkap pola empiricallearning trajectorykonsep perkalian di kelas rendah sekolah dasar.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dimana subjeknya adalah siswa kelas rendah sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) Secara umum terdapat lima pola empirical learning trajectory perkalian bilangan cacah di kelas rendah sekolah dasar yaitu: pemodelan dengan benda konkret, pemodelan dengan gambar, penjumlahan, raraban, dan pola buku teks BSE. Hypothetical learning  trajectoryperkalian dapat disusun berdasarkan pola empirical learning trajectory  sehingga dapat digunakan guru sebagai petunjuk dalam membagi tahapan pembelajaran dan dapat memberikan berbagai alternatif strategi ataupun scaffolding untuk membantu dan mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian bilangan cacah di kelas rendah sekolah dasar.
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERITA DI KELAS VI SDN Sriwidayah Sriwidayah
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.917 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.14490

Abstract

Adanya permasalahan mengenai rendahnya keterampilan menyimak siswa membuat timbulnya gagasan baru dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa tersebut. Dimana gagasan baru tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Sehingga dapat membangkitkan motivasi serta mengontrol respon siswa. Penerapan media dalam proses pembelajaran keterampilan menyimak adalah dengan menggunakan media VCD dongeng. Dengan latar belakang seperti itulah yang membuat penulis melakukan penelitian untuk mengetahui apakah dengan digunakan media VCD dongeng dapat meningkatkan keterampilan siswa.Hasil peningkatan keterampilan menyimak menggunakan media VCD dongeng yang dicapai oleh siswa sebagai subjek penelitian yang berjumlah 8 anak adalah sebanyak 100 % dari jumlah siswa. Hendaknya media VCD dongeng ini dapat digunakan dalam pembelajaran keteramoilan menyimak agar siswa dapat lebih termotivasi dalam melaksanakan proses menyimak. Harapan penulis semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi seluruh pihak umumnya, dan bagi penulis khususnya.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF VS PRESENTASI DISKUSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP (KEEFEKTIFAN DAN DAYA TARIK PEMBELAJARAN) MAHASISWA PADA MATAKULIAH PENDIDIKAN IPS DI JURUSAN PGSD FKIP UNIKU Eli Hermawati
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.525 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.13056

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh matakuliah konsep dasar IPS semester satu yang menerapkan presentasi diskusi tetapi kurang mendapat respon positif dari mahasiswa, terlebih untuk mahasiswa semester satu yang masih perlu banyak pemahaman konsep dasar. Dimulai dari belum bisa mengemukakan pendapatnya secara lugas, tidak percaya diri, dan merasa jenuh. Oleh karena itu peneliti merubah gaya mengajar menggunakan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep mahasiswa antara penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan presentasi diskusi. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan PGSD FKIP UNIKU pada matakuliah Pendidikan IPS SD dengan sample penelitian semester 2 Kelas B dan C. Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan pendekatan  kuantitatif. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep mahasiswa antara penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode presentasi diskusi. Hal ini terlihat dari Uji Mann-Whitney pemahaman konsep mahasiswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif mengalami peningkatan lebih tinggi daripada dengan menggunakan presentasi diskusi. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada para dosen penggunaan pembelajaran kooperatif dapat menjadi sumber rujukan dalam memilih pendekatan pembelajaran dalam memberi perkuliahan kepada mahasiswa
MPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR MASALAH DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI KABUPATEN KEBUMEN) Wahyudi Wahyudi; Muhamad Chamdani
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 1 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.112 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i1.14492

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan secara mendalam tentang  implementasi kurikulum 2013 pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Kebumen, (2) mendeskripsikan secara rinci permasalahan dan alternatif solusinya dalam  implementasi kurikulum 2013 pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di wilayah Kabupaten Kebumen pada tahun 2017. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 40 sekolah dasar yang telah melaksanakan kurikulum 2013. Teknik Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan forum grup diskusi. Sumber data meliputi siswa, guru, dan kepala sekolah. Analisis datanya menggunakan analisis kualitatif, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi kurikulum 2013 pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Kebumen menapai 68,3%. (2) permasalahan yang dihadapi adalah: (a) kelengkapan, keterbacaan, kegrafikan, dan ketepatan waktu pengadaan buku siswa, (b) kesesuaian, kelengkapan, keterbacaan, dan ketepatan pengadaan buku guru, (c) materi pelatihan, kompetensi instruktur, dan alokasi waktu pelatihan guru, (d) pemahaman buku teks, pencapaian Kompetensi Inti, dan pendekatan Saintifik pada proses pembelajaran, (e) pemahaman tentang konsep dan prosedur penilaian, (f) manajemen sekolah, (g) layanan bantuan kesulitan belajar, peminatan, konseling, dan administrasi kesiswaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut telah direkomendasikan alternatif solusi sesuai dengan jenis permasalahannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10