cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
PAEDAGOGIA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)" : 8 Documents clear
PENINGKATAN KOMPETENSI SPEAKING MONOLOG PROCEDURE TEXT MELALUI METODE TPR plus Speaking PADA SISWA SMP KELAS IX Nurhadi, Nurhadi
PAEDAGOGIA Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (887.494 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i1.36095

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran speaking monolog procedure text dengan metode TPR plus Speaking, dan (2)meningkatkan kompetensispeaking monolog procedure text siswa dengan metode TPR plus Speaking. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart (1998) yang diadopsi oleh Burns(2010) dengan pola planning-action-observation-reflection, dilanjutkan dengan siklus berikutnya berupa revised panning-action-observation-reflection. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: (1) motivasi sebagian besar siswa meningkat setelah menggunakan metode TPR plus Speaking, dan (2) kompetensi speaking siswa meningkat dari Prasiklus 67,21 menjadi 73,53 di siklus I,dan 77,50 di siklus II.
PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASIDAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA SMA Wulandari, Yesi Tri; Suryanto, Edy; Saddhono, Kundharu
PAEDAGOGIA Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.909 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i1.36097

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis teks narasi siswa melalui metode Picture and Picture. Penelitian  tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari  perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas X TBB C. Sumber data berupa peristiwa, informan, dan dokumen.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode, triangulasi sumber data dan reviu informan.Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.Simpulan penelitian dapat dikemukakan bahwa penerapan metode Picture and Picture mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis teks narasi. Peningkatan tersebut dilakukan guru dengan prosedur: (1) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai; (2) menyajikan materi sebagai pengantar; (3) memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi; (4)  menanyakan alasan urutan gambar; (5) menanamkan konsep atau materi sesuai kompetensi yang akan dicapai; (f) memberikan simpulan/rangkuman material; dan (g menugasi siswa menulis sebuah teks narasi berdasarkan urutan gambar.
TEXT-MARKING, AN ALTERNATIVE WAY IN TEACHING READING REPORT TEXT Lusiana Prihastiwi; Martono Martono; Teguh Sarosa
PAEDAGOGIA Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.919 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i1.36098

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  (1) Peningkatan kemampuan siswa dalam membaca report text dan (2) Keadaan kelas saat text-marking diimplementasikan pada pembelajaran membaca siswa kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta tahun 2014/2015. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan mulai 1 Pebruari-22 Mei 2015. Setiap siklus penelitian terdapat langkah  planning, acting, observing, dan reflecting. Data penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara, survei, observasi dan data kuantitatif yang diperoleh melalui pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi textmarking dapat meningkatkan kemampuan membaca report text siswa dan keadaan kelas. Nilai rata-rata siswa diperoleh dari lima indikator membaca, yaitu: (a) menemukan ide pokok dan topik, (b) menentukan rujukan ,(c) menentukan makna kata berdasarkan konteks, (e) menemukan informasi tersurat dan rinci, dan (f) menemukan informasi tersirat meningkat. Peningkatan keadaan kelas meliputi (a) siswa fokus dalam proses pembelajaran, (b) siswa menjadi aktif dan antusias sehingga keadaan kelas kondusif, (c) siswa termotivasi untuk berdiskusi tentang kesulitan belajar dengan siswa lain maupun guru. Nilai rata-rata meningkat pada pretes (63,4), postes 1 (77,7), dan postes 2 (81,5).
MODEL PEMBELAJARAN KEBENCANAAN BERBASIS VIRTUAL SEBAGAI UPAYA MITIGASI DAN PROSES ADAPTASI TERHADAP BENCANA ALAM DI SMP Mantasia Mantasia; Hendra Jaya
PAEDAGOGIA Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1078.537 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i1.36089

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui: (1) Model pembelajaran kebencanaan berbasis virtual sebagai upaya mitigasi bencana; (2) Desain pembelajaran kebencanaan berbasis virtual sebagai upaya mitigasi bencana; (3) Kinerja pembelajaran kebencanaan berbasis virtual sebagai upaya mitigasi bencana dan proses adaptif terhadap bencana alam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D. Pengembangan perangkat lunak berupa model pembelajaran kebencanaan berbasis virtual ini dilaksanakan dengan pendekatan engineering yang memiliki  tahapan: analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian dapat dikemukakan: (1) Langkah-langkah sistematis pengembangan model pembelajaran kebencanaan berbasis virtual (MPKBV) diawali dengan studi pendahuluan  berupa analisis kebutuhan; (2) Pada tahap desain, pengembangan materi, dan penulisan program menghasilkan produk prototipe awal yang divalidasi ahli media dan ahli materi, perbaikan dilakukan setelah ada masukan dari para ahli; dan (3) Tanggapan terhadap MPKBV pada aspek materi/isi diperoleh skor 4,4 (kategori baik), aspek virtual diperoleh skor 4,7 (kategori sangat baik), dan aspek pemrograman diperoleh skor 4,5 (kategori sangat baik).
FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL Inas Sausan; Sri Mulyani; Budi Utami
PAEDAGOGIA Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.18 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i1.36099

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal (kemampuan memori, kemampuan matematika, kemampuan analisis, kecerdasan intelektual, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar) terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA 1 Kajen tahun 2015/2016 sebanyak 134 siswa yang dipilih secara  purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara terpisah kemampuan memori, kemampuan matematika, kemampuan analisis, kecerdasan intelektual, dan motivasi belajar bersifat sangat lemah terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol; sedangkan kebiasaan belajar terdapat pengaruh bersifat lemah terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol. Pada pengujian menggunakan analisis regresi linier berganda, secara serentak keenam variabel bebas tersebut memberikan pengaruh bersifat lemah terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol, dari uji F diperoleh nilai signifikan 0,006 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,362.
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES THREE TIER MULTIPLE CHOICE Rosi Nurhujaimah; Irma Ratna Kartika; Muktiningsih Nurjaydi
PAEDAGOGIA Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.791 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i1.36090

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis miskonsepsi siswa pada materi la-rutan penyangga menggunakan instrumen tes Three Tier Multiple Choice dan (2) Mengetahui persentase miskonsepsi siswa dan letak miskonsepsi materi kimia, khususnya pada pokok materi larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan tes berbentuk 13 butir soal pilihan ganda dengan alasan tertutup dan indeks CRI yang kemudian hasil jawaban siswa tiap butir soal dianalisis. Hasil pene-litian dapat dikemukakan: (1) Miskonsepsi pada pembelajaran kimia materi larutan penyangga tersebar di semua konsep dan (2) Miskonsepsi paling banyak terjadi pada prinsip kerja larutan penyangga sebesar 51% dan terendah pada sifat larutan penyangga sebesar 31%. Saran yang diajukan adalah perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap dari mana miskonsepsi siswa tersebut berasal dan bagaimana cara untuk mengatasi miskonsepsi tersebut.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM DOKUDRAMA TERHADAP MINAT SISWA BELAJAR MENDESKRIPSIKAN SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA DAN PERAN LEMBAGA NEGARA Ermawati Nur Hidayah; Rusnaini Rusnaini; Winarno Winarno
PAEDAGOGIA Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.985 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i1.36100

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh media pembelajaran film dokudrama terhadap minat belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat. Desain yang di-gunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design dengan menggunakan bentuk posttestonly control design. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode angket, observasi, dan analisis dokumen. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji T-test. Hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,864 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = n1 + n2 – 2 (30 + 30  – 2 = 58 ), sehingga diperoleh ttabel sebesar 2,002 (interpolasi). Maka thitung (5,864) >  ttabel(2,002) dan skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,22 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 76,64. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa  terdapat pengaruh media pembelajaran film dokudrama terhadap minat belajar siswa pada kom-petensi dasar mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.
TES DIAGNOSTIK MODEL MENTAL TIPE PILIHAN GANDA MULTI TINGKAT PADA MATERI KOLOID (TDM-PMTKOLOID) Wiji Wiji; Sri Mulyani; Galuh Yuliani; Rudina Okvasari
PAEDAGOGIA Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (819.569 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i1.36094

Abstract

Dalam penelitian ini telah dikembangkan tes diagnostik model mental dengan teknik pilihan ganda multitingkat pada materi sistem koloid (TDM-PMTKoloid) dengan menggunakan metode deskriptif. TDM-PMT-Koloid terdiri dari 9 butir pertanyaan (5 subkonsep) yang meliputi empat pilihan jawaban dan empat pilihan alasan. Pilihan jawaban merupakan representasi makroskopik dan simbolik yang dikembangkan melalui data primer percobaan dan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan alasan merupakan representasi model submikroskopis yang dikembangkan berdasarkan kajian beberapa buku teks General Chemistry. TDMPMT-Koloid telah dinyatakan valid dengan beberapa catatan perbaikan oleh lima orang panelis yang terdiri dari seorang profesor bidang Pendidikan Kimia, seorang doktor bidang Pendidikan Kimia, dan tiga orang doktor bidang Kimia Fisika. Uji reliabilitas menggunakan metoda Cronbach didapatkan koefisien reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0,782 untuk total soal dan antara 0,607-0,797 untuk setiap subkonsep. Hasil ujicoba TDM-PMT-Koloid terhadap 46 siswa ditemukan sebanyak 21%  memiliki model mental utuh (memahami konsep koloid dalam tiga level representasi); sebanyak 33% memiliki model mental parsial (memahami konsep koloid dalam salah satu level representasi); dan 46% memiliki model mental hampa (tidak memahami konsep koloid dalam semua level representasi).

Page 1 of 1 | Total Record : 8