cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 2502986X     EISSN : 25029878     DOI : -
Core Subject : Education,
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and September).
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020" : 8 Documents clear
HUBUNGAN STATUS AKREDITASI SEKOLAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS GURU DAN SISWA Sukriyah, Dewi; Agustina, Eka Nurmala Sari
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.457 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v4i2.1697

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan melihat hubungan antara status akreditasi dengan kemampuan berpikir kritis matematis guru matematika dan juga siswa. Pemilihan sekolah dilakukan secara acak berdasarkan data BAN SM untuk SMP di wilayah Sidoarjo. Sekolah dipilih untuk mewakili sekolah terakreditasi A, B, dan C. Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis yang meliputi aspek menginterpretasi, aspek menghubungkan, aspek menganalisis, aspek mengevaluasi, dan aspek memecahkan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dengan korelasi Gamma dan diperoleh hasil bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sekolah dengan kemampuan berpikir kritis matematis guru, sehingga dalam kasus ini kemampuan berpikir kritis tidak ada kaitannya dengan status akreditasi. Begitu juga analisis dari data kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sekolah dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Status akreditasi sekolah bukan tolak ukur utama kualitas berpikir kritis siswa
SOLUSI NUMERIK MODEL EPIDEMI SEIR PADA PENYEBARAN TUBERKULOSIS DENGAN METODE DEKOMPOSISI ADOMIAN Christyanti, Ratna Dwi; Syahdan, St
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.033 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v4i2.1677

Abstract

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang menyerang paru-paru. Dalam program penanggulangan TB, sangat perlu diperhatikan jumlah pasien dengan hasil pengobatan lengkap, meninggal, gagal, default dan pindah. Pada artikel ini, dibangun sebuah model matematika yang menggambarkan tingkat penyebaran infeksi penyakit TB dengan menggunakan metode Dekomposisi Adomian. Kemudian melakukan simulasi terhadap model penyebaran penyakit tersebut. Tahapan metode penelitian meliputi membangun model epidemi SEIR untuk penyebaran penyakit TB; mencari solusi untuk penyebaran penyakit TB dengan menggunakan metode Dekomposisi Adomian; melakukan simulasi berbantuan perangkat lunak; menganalisis hasil simulasi; serta menyimpulkan perilaku model yang dianalisis tersebut. Dari hasil simulasi, ditemukan bahwa model ini cukup baik untuk menggambarkan penyebaran penyakit TB dengan menggunakan parameter yang bersesuaian.
Solusi Numerik Model Epidemi Seir pada Penyebaran Tuberkulosis dengan Metode Dekomposisi Adomian Ratna Dwi Christyanti; St Syahdan
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v4i2.1677

Abstract

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang menyerang paru-paru. Dalam program penanggulangan TB, sangat perlu diperhatikan jumlah pasien dengan hasil pengobatan lengkap, meninggal, gagal, default dan pindah. Pada artikel ini, dibangun sebuah model matematika yang menggambarkan tingkat penyebaran infeksi penyakit TB dengan menggunakan metode Dekomposisi Adomian. Kemudian melakukan simulasi terhadap model penyebaran penyakit tersebut. Tahapan metode penelitian meliputi membangun model epidemi SEIR untuk penyebaran penyakit TB; mencari solusi untuk penyebaran penyakit TB dengan menggunakan metode Dekomposisi Adomian; melakukan simulasi berbantuan perangkat lunak; menganalisis hasil simulasi; serta menyimpulkan perilaku model yang dianalisis tersebut. Dari hasil simulasi, ditemukan bahwa model ini cukup baik untuk menggambarkan penyebaran penyakit TB dengan menggunakan parameter yang bersesuaian.
Pemetaan Pembangunan Sekolah di Kapuas Hulu Menggunakan Metode Multidimensional Scaling Shantika Martha
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v4i2.1065

Abstract

Pemetaan pembangunan sekolah diperlukan untuk melihat ketersediaan sarana pendidikan di suatu daerah. Di daerah perbatasan biasanya terjadi ketimpangan antara jumlah sarana pendidikan yang ada. Kapuas Hulu adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negara Sarawak Malaysia. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap pembangunan sekolah antar kecamatan di kabupaten Kapuas Hulu menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS). Berdasarkan hasil pemetaan, diperoleh empat kelompok daerah yang memiliki pola kedekatan yang sama antar kecamatan dengan nilai Stress sebesar 0.05821 dan R2 0.98917. 
Hubungan Status Akreditasi Sekolah dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Guru dan Siswa Dewi Sukriyah; Eka Nurmala Sari Agustina
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v4i2.1697

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan melihat hubungan antara status akreditasi dengan kemampuan berpikir kritis matematis guru matematika dan juga siswa. Pemilihan sekolah dilakukan secara acak berdasarkan data BAN SM untuk SMP di wilayah Sidoarjo. Sekolah dipilih untuk mewakili sekolah terakreditasi A, B, dan C. Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis yang meliputi aspek menginterpretasi, aspek menghubungkan, aspek menganalisis, aspek mengevaluasi, dan aspek memecahkan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dengan korelasi Gamma dan diperoleh hasil bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sekolah dengan kemampuan berpikir kritis matematis guru, sehingga dalam kasus ini kemampuan berpikir kritis tidak ada kaitannya dengan status akreditasi. Begitu juga analisis dari data kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sekolah dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Status akreditasi sekolah bukan tolak ukur utama kualitas berpikir kritis siswa
Simulasi Model Investasi Syariah Dengan Dana Tabbaru’ pada Fixed Income Wahyuning Murniati
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v4i2.1702

Abstract

Perkembangan konsep keuangan syariah terus meningkat seiring waktu. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat yang cenderung memilih keuangan syariah daripada konvensional, begitu pula dalam hal investasi. Model investasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model investasi syariah,  dimana peneliti menerapkan dana tabarru’ sebagai perwujudan profit-loss sharing. Pada penelitian ini dilakukan modifikasi data keuntungan harian investor dengan tujuan mendapatkan konsep fixed income sebagaimana konsep gaji yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan membandingkan hasil perhitungan profit dari model rentenir, model investasi syariah dan model investasi syariah dengan penambahan dana tabarru’. Hasil yang didapat dari simulasi ini menunjukkan bahwa model investasi syariah dengan penambahan dana tabarru’ merupakan model yang paling menguntungkan untuk kedua belah pihak daripada model investasi lainnya.
Analisis Tingkat Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang pada Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Siska Aprilia Hardiyanti; Wahyu Naris Wari; Dora Melati Nurita Sandi; Anis Armaning Tyas
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v4i2.1621

Abstract

Pelabuhan Ketapang merupakan tempat penyeberangan dengan moda transportasi laut antara Jawa dan Bali. Penelitian dilakukan pada kapal Prathita dan Mutis dengan sampel 100 penumpang dan analisis data menggunakan metode IPA. Data yang digunakan valid dan reliabel. Analisis tingkat pelayanan pelabuhan Ketapang Banyuwangi terhadap kepuasan penumpang menunjukkan bahwa yang paling banyak terdapat pada kuadran B dan kuadran D. Kuadran B (pelayanan perlu dipertahankan) meliputi faktor kondisi kapal, kecepatan pemrosesan tiket, pelayanan petugas yang cepat, tepat dan ramah serta ketepatan waktu tunggu di pelabuhan. Pada kuadran D (faktor tidak terlalu penting, tapi dilaksanakan dengan baik) meliputi kebersihan dan kerapihan pelabuhan, pengaturan parkir di kapal, petugas yang tidak memandang status sosial dalam pelayanannya dan petugas bertanggung jawab terhadap keamanan dan kenyamanan penumpang.
Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Problem Solving Mahasiswa Calon Guru Wisnu Siwi Satiti; Eliza Verdianingsih
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v4i2.1680

Abstract

Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam problem-solving karena mereka tidak mengetahui konsep yang mendasari masalah/soal. Pada umumnya mahasiswa menyelesaikan masalah matematika dengan sekedar fokus pada formula/rumus dan menyubtitusikan bilangan ke dalam formula tersebut tanpa memperhatikan prinsip yang relevan maupun strategi yang tepat. Akibatnya, mahasiswa tidak dapat menemukan solusi yang tepat.  Untuk mengatasi hal ini, diberikan scaffolding pada mahasiswa dalam aktivitas problem-solving.  Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran menyeluruh tentang bagaimana scaffolding membantu mahasiswa mengatasi kesulitan dalam problem-solving. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode design-research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding yang diberikan membantu mahasiswa menemukan dan mengaplikasikan konsep/prinsip yang relevan, memfasilitasi mahasiswa melakukan refleksi terhadap strategi penyelesaian, dan mahasiswa dapat menentukan solusi yang tepat melalui tahapan problem-solving.

Page 1 of 1 | Total Record : 8