cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 2502986X     EISSN : 25029878     DOI : -
Core Subject : Education,
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and September).
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022" : 13 Documents clear
Pemodelan Stunting dan Gizi Kurang di Kabupaten Bone Bolango menggunakan Regresi Poisson Generalized Zubedi, Fahrezal; Oroh, Franky Alfrits; Aliu, Muftih Alwi
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v6i2.2507

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan model kasus Stunting dan Gizi Kurang dengan Regresi Poisson Generalized dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kejadian tersebut. Analisis Data menggunakan Regresi Poisson Generalized karena untuk menangani masalah overdispersi pada data. Hasil yang diperoleh yaitu variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting 2018 adalah Jumlah penduduk miskin dan untuk kejadian Stunting 2019 adalah Persentase balita diberi ASI eksklusif dan Jumlah penduduk miskin. Variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kejadian Gizi Kurang 2018 adalah Persentase balita diberi ASI eksklusif dan Jumlah bayi mendapatkan vitamin A dan untuk Gizi Kurang tahun 2019 adalah variabel Persentase balita diberi ASI eksklusif dan Persentase berat badan lahir rendah.
Pengembangan E-Modul Statistika Matematika Berbasis STEM Marsitin, Retno -
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v6i2.2505

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan sebuah e-modul statistika matematika berbasis STEM yang dinyatakan valid, efektif, layak. Penelitian ini adalah suatu penelitian dengan metode pengembangan dan tahapan pengembangannya: analisis, perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Validasi produk dengan memvalidasi untuk materi, pembelajaran dan desain. Setelah valid dilakukan uji produk. Pengumpulan data meliputi validasi untuk kevalidan, tes statistika matematika untuk keefektifan dan angket untuk respon untuk kelayakan. Analisis data yaitu deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil respon terhadap e-modul statistika matematika berbasis STEM sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yaitu memiliki kemudahan, daya tarik dan bermanfaat. Kesimpulan hasil penelitian adalah e-modul statistika matematika berbasis STEM dinyatakan valid, sangat efektif dan sangat layak.
Eksistensi Titik Tetap Pemetaan C-Kontraktif Diperumum pada Ruang Metrik Parsial Kompleks Ansar, Ahmad; Hikmah, Hikmah
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v6i2.2138

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan membuktikan eksistensi dan ketunggalan titik tetap persekutuan dari  pemetaan C-kontraktif lemah yang diperumum pada ruang metrik parsial kompleks. Dalam artikel ini dipaparkan beberapa teorema terkait ruang metrik kompleks dan ruang metrik parsial kompleks sebagai dasar dalam membuktikan teorema teorema titik tetap. Teorema utama yang diperoleh memperumum beberapa teorema-teorema terdahulu di ruang metrik kompleks yang telah dibuktikan.
Pengaruh Blended Learning Sebagai Iovasi Pembelajaran Selama Masa Pendemi Covid-19 terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Ningsih, Siska Candra; Sunanti, Titis
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v6i2.2232

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui pengaruh blended learning sebagai suatu inovasi pembelajaran selama masa pandemi covid-19 terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Desain penelitiannya adalah pre experimental design bentuk One Group Pretest-Postest dengan teknik penentuan sampel secara cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan uji statistik inferensial parametrik. Uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan statistik uji t diperoleh nilai t =  3,41 > t tabel = 2,093. Jadi H1 diterima yang artinya ada pengaruh Blended Learning terhadap kemandirian belajar. Blended learning mempengaruhi motivasi, kedisiplinan dan tanggung jawab mahasiswa dalam belajar. Blended learning juga mempengaruhi inisiatif mahasiswa dalam belajar dan keinginan mengevaluasi sendiri keberhasilannya dalam pembelajaran.
CREATIVE THINKING STUDENT ACTIVITIES IN SOLVING PROBLEMS IN PROBABILITY MATERIALS IN GRADE VII SMP PGRI 08 MALANG Anton Prayitno; Nia Wahyu Damayanti; Regina Rede Niga
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v6i2.1713

Abstract

This research was conducted to answer the questions that have been formulated, namely to find out the activities of students thinking creatively conducted class VII SMP PGRI 08 Malang in solving problems in the topic of probability The purpose of this research is to find out the creative thinking done by students. One method that will be used by researchers to find out students' creative thinking in solving math problems is by giving tests. This researcher aims to describe the student's job description or specific circumstances. Data collection was done by the method of test and interview. The researchers found that students were able to work on problems in three components: fluency, flexibility, and novelty. This research is describing the activities of students thinking creatively of junior high school students in solving mathematical problems. The research subjects consisted of SMP PGRI 08 Malang, which was one of the students who could think creatively, which was an instrument, a matter of tests capable of mathematics by working on a topic of  probability.
Pengembangan E-Modul Statistika Matematika Berbasis STEM Retno - Marsitin
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v6i2.2505

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan sebuah e-modul statistika matematika berbasis STEM yang dinyatakan valid, efektif, layak. Penelitian ini adalah suatu penelitian dengan metode pengembangan dan tahapan pengembangannya: analisis, perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Validasi produk dengan memvalidasi untuk materi, pembelajaran dan desain. Setelah valid dilakukan uji produk. Pengumpulan data meliputi validasi untuk kevalidan, tes statistika matematika untuk keefektifan dan angket untuk respon untuk kelayakan. Analisis data yaitu deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil respon terhadap e-modul statistika matematika berbasis STEM sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yaitu memiliki kemudahan, daya tarik dan bermanfaat. Kesimpulan hasil penelitian adalah e-modul statistika matematika berbasis STEM dinyatakan valid, sangat efektif dan sangat layak.
Pengaruh Pembelajaran AIR terhadap Keterampilan Pemecahan Permasalahan Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Hayatun Nufus; Suhandri Suhandri; Deby Oktaviani
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v6i2.1742

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap keterampilan pemecahan permasalahan matematis siswa; 2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran AIR dan Pengetahuan Awal Matematis (PAM) terhadap keterampilan pemecahan permasalahan matematika  siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan rancangan posttest-only control design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik tes menggunakan instrumen soal tes PAM dan soal postes keterampilan pemecahan permasalahan matematis. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t dan uji Anova dua arah. Hasil penelitian yaitu: 1) adanya pengaruh model pembelajaran AIR terhadap keterampilan pemecahan permasalahan matematis siswa; 2) tidak adanya pengaruh interaksi antara Pengetahuan Awal Matematis (PAM) dan model pembelajaran terhadap keterampilan pemecahan permasalahan matematis siswa.
Eksistensi Titik Tetap Pemetaan C-Kontraktif Diperumum pada Ruang Metrik Parsial Kompleks Ahmad Ansar; Hikmah Hikmah
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v6i2.2138

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan membuktikan eksistensi dan ketunggalan titik tetap persekutuan dari  pemetaan C-kontraktif lemah yang diperumum pada ruang metrik parsial kompleks. Dalam artikel ini dipaparkan beberapa teorema terkait ruang metrik kompleks dan ruang metrik parsial kompleks sebagai dasar dalam membuktikan teorema teorema titik tetap. Teorema utama yang diperoleh memperumum beberapa teorema-teorema terdahulu di ruang metrik kompleks yang telah dibuktikan.
Relevansi Model Pembelajaran IDEA dalam Menanamkan Pemahaman Konsep Yayan Eryk Setiawan
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v6i2.1952

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi pengembangan model pembelajaran IDEA dalam meningkatkan pemahaman konsep yang dilakukan dengan cara memberikan angket uji relevansi kepada 110 mahasiswa dan 10 dosen pendidikan matematika di Universitas Islam Malang. Dari hasil pengisian angket uji relevansi diperoleh bahwa relevansi model pembelajaran IDEA untuk meningkatkan pemahaman konsep ini sebesar 84,73% sesuai dengan kebutuhan mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman konsep dan 74,17% sesuai dengan kebutuhan dosen untuk membelajarkan pemahaman konsep. Ini artinya pengembangan model pembelajaran IDEA sangat relevan dengan kebutuhan mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman konsep dan relevan dengan kebutuhan dosen untuk membelajarkan pemahaman konsep. The purpose of this study was to determine the relevance of the development IDEA learning model in improving the concept understanding carried out by providing a relevance test questionnaire to 110 students and 10 lecturers of mathematics education at the Islamic University of Malang. From the results of the relevance test questionnaire obtained that the relevance of the IDEA learning model to improving concepts understanding is 84.73% according to the needs of students to develop understanding of concepts and 74.17% according to the needs of lecturers to teach understanding of concepts. This means that the development of the IDEA learning model is very relevant to the needs of students in improving understanding of concepts and relevant to the needs of lecturers to learn concept understanding. 
Pengaruh Blended Learning Sebagai Iovasi Pembelajaran Selama Masa Pendemi Covid-19 terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Siska Candra Ningsih; Titis Sunanti
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v6i2.2232

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui pengaruh blended learning sebagai suatu inovasi pembelajaran selama masa pandemi covid-19 terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Desain penelitiannya adalah pre experimental design bentuk One Group Pretest-Postest dengan teknik penentuan sampel secara cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan uji statistik inferensial parametrik. Uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan statistik uji t diperoleh nilai t =  3,41 > t tabel = 2,093. Jadi H1 diterima yang artinya ada pengaruh Blended Learning terhadap kemandirian belajar. Blended learning mempengaruhi motivasi, kedisiplinan dan tanggung jawab mahasiswa dalam belajar. Blended learning juga mempengaruhi inisiatif mahasiswa dalam belajar dan keinginan mengevaluasi sendiri keberhasilannya dalam pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 13