cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Komputer Terapan
Published by Politeknik Caltex Riau
ISSN : 24434159     EISSN : 24605255     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Komputer Terapan e- ISSN : 2460-5255 (Online) p- ISSN : 2443-4159 (Print). Jurnal Komputer Terapan is scientific journal with a standard Indonesian-language format that covers Informatics Engineering, Information System, and Computer Engineering. Journal Komputer Terapan is published twice a year in May and November.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017" : 20 Documents clear
Proses Inferensi Dinamis Pada Software Effort Estimation Menggunakan Case Based Reasoning Borroek, Maria Rosario; Hadinata, Edrian
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Software effort estimation biasanya menjadi penentu sukses atau tidaknya kontrak negosiasi dan sepakat atau tidak sepakatnya sebuah proyek dijalankan. Keakurasian dari model estimasi biaya pengembangan software dibutuhkan untuk keefektifan prediksi, monitoring kontrol pengembangan software dan menaksir pengembangan software. Software tersebut akan menyampaikan berapa usaha yang dibutuhkan, biaya untuk menjalankan proyek, tenaga kerja yang diperlukan serta waktu kerja yang akan dihabiskan untuk menjalankannya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses inferensi secara dinamis dengan mengadopsi kemampuan Case Based Reasoning (CBR) untuk mengestimasi upaya pengembangan software. Perhitungan besaran fungsional dengan menggunakan COSMIC dataset yang dikemas dengan CBR akan memberikan hasil maksimal dalam hal menentukan kecepatan dalam proses estimasi khususnya pada tahap proposal atau penawaran projek software dimana perhitungan lebih efisien terhadap waktu karena memiliki refrensi terhadap kasus-kasus lama. Pengambilan dataset COSMIC yang sesuai berdasarkan tingkat kesamaan kasus menggunakan k-Nearest Neighbor (KNN) menghasilkan akurasi yang baik dengan perhitungan yang sederhana.
Usulan Model Kualitas Aplikasi Context Aware Mobile: Family Tracking pada Hybrid-Cross Platform Lestari, Indah; Trisnadoli, Anggy
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terdapat beberapa teknik pendekatan untuk meningkatkan kualitas komunikasi atau interaksi antar anggota keluarga, salah satunya penggunaan media yang dapat meningkatkan awareness orang tua kepada anak atau sebaliknya. Penelitian ini mengusulkan model kualitas yang dapat dijadikan referensi bagi pengembang aplikasi mobile untuk meningkatkan interaksi antar anggota keluarga dengan penerapan context aware pada fitur monitor keberadaan dan aktivitas anggota keluarga. Aplikasi ini kemudian disebut dengan Family Tracking. Lokasi dan waktu menjadi konteks dalam penelitian ini dengan penalaran konteks menggunakan teknik rules. Untuk monitoring, dibutuhkan teknologi yang umum digunakan keluarga dan bisa dibawa kemana saja, yaitu smartphone. Sehingga model kualitas ini akan spesifik pada lingkup aplikasi mobile. Terdapat beberapa pilihan sistem operasi smartphone, seperti Android, Windows dan iOS. Keragaman jenis sistem operasi ini menimbulkan tantangan bagaimana mengembangkan aplikasi dalam 1 kali tahap pemrograman tapi mampu menghasilkan aplikasi yang dapat berjalan di sistem operasi apa saja atau disebut juga dengan cross platform. Pendekatan hybrid dipilih karena menggunakan pendekatan pemrograman web. Dengan merujuk pada ISO 9126-2, dihasilkan usulan model yang terdiri atas  4 faktor kualitas dan 7 sub faktor kualitas, yaitu functionality (accuracy, security, suitability), usability, (learnability, operability)  efficiency (resource utilization) dan portability (adaptability, installability), serta 12 metriks yang dapat digunakan untuk evaluasi kualitas aplikasi setelah pengembangan selesai.
Analisis User Acceptance E-Skripsi Menggunakan Metode UTAUT Di STMIK Amikom Purwokerto Setiawan, Ito; WP, Muhammad Awiet
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan sistem informasi saat ini luar biasa, banyak perguruan tinggi menerapakan sistem informasi untuk melayani mahasiswa salah satunya adalah STMIK AMIKOM Purwokerto. Banyak sistem yang telah diterapkan salah satunya adalah E-Skripsi yang dibuat untuk dosen membimbing mahasiswa. Namun masih banyak dosen yang belum bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik terutama dosen non program studi karena belum adanya panduan penggunaan sistem secara tertulis, budaya terbiasa menggunakan sistem konvensional dan aplikasi tersebut juga masih dalam proses pengembangan. Maka perlu dilakukan suatu analisis identifikasi tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem E-Skripsi. Salah satu metode untuk melakukan analisis tingkat penerimaan sistem adalah metode Unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT). UTAUT merupakan sebuah model untuk menjelaskan perilaku pengguna terhadap teknologi informasi. Hasil menunjukan variabel X1, X2 dan X3 terhadap Y diterima namun variabel X4 dan Y terhadap Z ditolak
Pengaruh Frame yang Hilang pada Kualitas Video Konten Head-and-Shoulder dalam Layanan VoD Syahbana, Yoanda Alim; akbar, memen
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Video konten Head-and-Shoulder memiliki karakteristik khas. Video konten ini ditampilkan berupa seorang yang sedang menginformasikan sesuatu dalam sorotan kamera yang menampilkan kepala, bahu, hingga ke bagian atas diagfarma. Contoh umum video konten ini dapat dilihat pada video pembaca berita, reportase, ataupun seorang pembawa acara. Pada penelitian ini, video konten Head-and-Shoulder yang diambil dari repositori CDVL dijadikan objek penelitian. Video ini akan diturunkan kualitasnya dengan menghilangkan beberapa frame video. Video ini kemudian dinilai dalam sebuah penilaian kualitas video secara subjektif berdasarkan ITU P.910. Penilaian ini melibatkan 47 responden sebagai penonton awam. Hasil penilaian kemudian dianalisa untuk melihat bagaimana pengaruh kualitas video pada video konten Head-and-Shoulder akibat dari penghilangan frame. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video konten Head-and-Shoulder sangat baik dalam beradaptasi terhadap hilangnya frame video. 3 pola frame yang hilang dengan jumlah GOP yang berbeda menghasilkan nilai rata-rata MOS=2.89 dengan σMOS=0.05. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan dalam pengaturan strategi pentransmisian video dalam layanan Video on Demand (VoD).
Perancangan Aplikasi Kids Menu Care Berbasis Constraint Satisfaction Problem dan Algoritma Backtracking Yulina, Syefrida; Hajar, Dewi
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam rangka mengurangi kegemukan pada anak dan remaja, penting untuk melakukan perencanaan makan dan tumbuh kembang optimal. Dengan kondisi saat ini, para orang tua akan sangat membutuhkan sebuah pengetahuan tentang asupan makanan dan nutrisi yang diperlukan oleh anak dan remaja. Dalam mengatasi masalah ini, maka diperlukan aplikasi yang dapat digunakan sebagai perencanaan optimal menu makanan bagi anak dan remaja untuk pencegahan secara dini penyakit diabetes dari segi pola makan yang teratur dan takaran makanan yang sesuai dengan kebutuhan kalori. Penelitian ini merancang dan membangun sebuah aplikasi yang bernama Kids Menu Care yang dapat digunakan oleh orang tua atau anak/remaja yang teridentifikasi dalam kondisi pradiabetes. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan konsep Constraint Satisfaction Problem dan algoritma backtracking untuk penelusuran solusi/ menu makanan yang tepat. 
Pemetaan Potensi Pariwisata Kabupaten Waykanan Menggunakan Algoritma Dijkstra Mohamad, Mahatir; Ahmad, Imam; Fernando, Yusra
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten waykanan mempunyai potensi-potensi wisata yang unik dan menarik. Mulai dari wisata budaya sampai wisata alam yang tidak kalah indahnya dengan kabupaten yang lain di Provinsi Lampung. Dari sekian potensi wisata yang ada, wisata alam menjadi favorit dari para wisatawan luar daerah maupun dalam daerah. Sebagian besar lokasi wisata yang ada di kabupaten waykanan berada di daerah pelosok dan jauh dari pusat kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi pemetaan potensi pariwisata di kabupaten waykanan dengan menggunakan algoritma dijkstra untuk mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung dengan menghemat waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, kuisioner, dan tinjauan pustaka, sumber data/subjek yaitu dinas pariwata di kabupaten waykanan dan masyarakat yang berada dekat dengan lokasi wisata tersebut. Hasil yang di peroleh penulisan berhasil memetakan 40 pariwisata dan juga berhasil Dijkstra di tempuh untuk rute terpendek.
Deteksi Objek Lubang pada Citra Jalan Raya menggunakan Pengolahan Citra Digital Budiarto, Prima Yusuf; Sutikno, Sutikno
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan sistem transportasi terutama transportasi darat di Indonesia sangat pesat. Pesatnya perkembangan sistem transportasi darat di Indonesia harus didukung infrastruktur-infrastruktur yang memadai. Salah satu infrastruktur yang paling penting adalah jalan. Permasalahan yang sering terjadi akibat banyaknya alat transportasi darat, yaitu banyak ditemukan lubang-lubang pada jalan.Untuk dapat mendeteksi keberadaan lubang pada citra jalan dapat dilakukan secara komputasi, yaitu dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan. Penelitian ini mengimplementasikan metode jaringan syaraf tiruan backpropagation dan pengolahan citra digital. Dari hasil pengujian menghasilkan teknik yang digunakan ini mampu mendeteksi lubang pada citra jalan raya. Nilai laju pembelajaran dan jumlah data pelatihan mempengaruhi hasil dari dateksi. Semakin kecil nilai laju pemahaman dan semakin banyak data yang di gunakan dalam pelatihan mempunyai kecenderungan meningkatkan hasil akurasi deteksi lubang pada jalan raya.
Ekstraksi Tabel HTML ke Database Management System dengan Pendekatan Service Oriented Architecture Akbar, Memen; Wibowo, Ardianto
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan perkembangan berbagai bisnis proses, keberadaan data yang ada semakin berkembang dalam berbagai bentuk. Salah satu bentuk data adalah tabel di dalam sebuah halaman HTML. Berbeda dengan tabel pada database, tabel HTML memiliki struktur yang beragam. Nama atribut, pada tabel database selalu berada pada baris pertama. Sedangkan, pada tabel HTML, nama atribut dapat berada pada kolom pertama (row wise table) atau pada baris dan kolom pertama (column-row wise table). Sehingga, dalam proses ekstraksi, terlebih dahulu harus dikenali bagian pada tabel yang berperan sebagai nama kolom dan bagian tabel yang berperan sebagai data. Setelah diekstraksi, agar dapat digunakan untuk kebutuhan yang lebih lanjut, tabel HTML tersebut disimpan dalam sebuah database. Proses ini dilakukan dengan pendekatan Service Oriented Architecture sehingga ekstraksi dapat dilakukan secara otomatis. Penelitian ini mengembangkan sebuah model ekstraksi tabel HTML dengan pendekatan semantic tree dan memanfaatkan SOA dalam proses loading data ke database. Model yang dihasilkan berhasil mengekstrak tabel dari halaman web dengan 3 jenis bentuk layout, yaitu column wise, row wise, dan column-row wise dan menyimpannya dalam DBMS.
Prediksi Ketepatan Waktu Lulus Mahasiswa dengan k-Nearest Neighbor dan Naïve Bayes Classifier Sabilla, Wilda Imama; Putri, Tesa Eranti
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu aspek pengukuran kualitas dalam evaluasi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah ketepatan lulus mahasiswa. Jumlah prosentase mahasiswa yang lulus tepat waktu menjadi indikator keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar di suatu program studi. Penelitian ini menawarkan penggunaan metode penggalian data untuk memprediksi waktu lulus mahasiswa menggunakan dua metode yaitu k-Nearest Neighbour dan Naïve Bayes Classifier. Hasil dari penelitian ini berupa sistem yang dapat memprediksi ketepatan waktu lulus. Uji coba dilakukan dengan menggunakan data lulusan mahasiswa D3 Sistem Informasi Universitas Airlangga. Hasil uji coba menunjukkan bahwa metode k-Nearest Neighbor menghasilkan akurasi lebih tinggi dibandingkan dengan Naïve Bayes Classifier. Akurasi tertinggi diperoleh dengan menggunakan metode k-Nearest Neighbor yaitu sebesar 98.7%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun pada penelitian ini mampu memprediksi ketepatan waktu lulus dengan akurasi cukup tinggi.
Implementasi Location Based Service Pada Aplikasi Pencarian Agen Travel Tegal Abidin, Taufiq; Wiyugo, M.; Apriliani, Dyah
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Informasi agen travel yang ada saat ini sangat terbatas. Pemanfaatan teknologi dibutuhkan untuk memberikan informasi dengan cepat, dimana pemanfaatan teknologi dapat diakses kapan saja dan dimanapun keberadaan pengguna. Penggunaan teknologi informasi seperti menggunakan smartphone berbasis Android dapat digunakan untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi dan mengetahui letak serta rute lokasi agen travel. Oleh karena itu perlu dibangun sebuah aplikasi yang dapat memberikan solusi kepada masyarakat Kota Tegal dan Kabupaten Tegal untuk memperolah informasi agen travel yang lengkap. Perancangan dalam aplikasi ini menggunakan Unified Modelling Language dan dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP pada bagian backend serta bahasa pemrograman java Android pada bagian frontend dengan MySQL sebagai database. Hasil dari perancangan ini adalah aplikasi pencarian agen travel berbasis Android, dengan menggunakan metode Location Based Service yang memanfaatkan teknologi GPS dan Google Maps API. Kemudian aplikasi dilakukan dua pengujian, yaitu pengujian blackbox dan pengujian usability. Hasil untuk pengujian blackbox telah sukses, dimana aplikasi dapat menampilkan sesuai dengan fungsi-fungsinya. Kemudian mengenai hasil pengujian usability, ditunjukkan bahwa aplikasi dapat diterima user agen travel maupun user pengguna karena aplikasi ini telah memenuhi aspek usability.

Page 1 of 2 | Total Record : 20