cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. minahasa utara,
Sulawesi utara
INDONESIA
CogITo Smart Journal
Published by Universitas Klabat
ISSN : 25412221     EISSN : 24778079     DOI : -
CogITo Smart Journal adalah jurnal ilmiah di bidang Ilmu Komputer yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat anggota CORIS (Cooperation Research Inter University) dan IndoCEISS (Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society). CogITo Smart Journal dua kali setahun, yaitu setiap bulan Juni dan Desember. CogITo Smart Journal menerima berbagai naskah yang sifatnya baru dan asli dari hasil penelitian, telaah pustaka, dan resensi buku dari bidang Ilmu Komputer dan Informatika yang boleh ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Kata CogITo berasal dari Bahasa Latin yang berarti I Think. Sehihngga CogITo Smart berarti I Think Smart dalam Bahasa Inggris.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal" : 21 Documents clear
Perbandingan Performa Kinerja Node.js, PHP, dan Python dalam Aplikasi REST Anugerah Christian Rompis; Rizal Fathoni Aji
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.775 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.92.171-187

Abstract

Dengan berkembangnya jumlah aplikasi yang terhubung ke Internet, baik desktop maupun mobile, kebutuhan akan aplikasi server yang mampu menyediakan performa yang baik semakin meningkat. Salah satu cara mengoptimalkan performa server adalah dengan memakai bahasa pemrograman yang tepat. Dalam penelitian ini, tiga bahasa pemrograman yang terkait erat dengan web yakni Node.js, PHP, dan Python dibandingkan performanya dengan cara mengukur kecepatan respon serta konsumsi sumber daya komputasi. Dari penelitian ini didapati bahwa Node.js memiliki durasi respon yang paling cepat, sedangkan PHP adalah bahasa pemrograman yang memiliki performa umum yang paling baik.
Implementasi Sistem Pengontrolan Tower Air Universitas Klabat Menggunakan Mikrokontroler Marchel Thimoty Tombeng; Clarissa Angelica Tedjo; Natasya Andani Lembat
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.372 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.102.60-71

Abstract

Implementasi system pengontralan tower air di Universitas Klabat dilakukan untuk mengontrol pengisian air dalam bak penampungan. Implementasi  penelitian ini dibuat untuk menyelesaikan permasalahan air yang sering terjadi di Universitas Klabat yaitu terbuangnya air secara percuma atau habisnya persediaan air dalam bak penampungan sehingga warga kampus tidak mendapatkan pasokan air. Permasalahan tersebut muncul karena pengontrolan yang masih dilakukan secara manual. Sistem ini dapat menggantikan peranan petugas dalam pengontrolan pengisian bak penampungan sehingga permasalahan air yang sering terjadi terhindar. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) serta menggunakan proses model Prototyping. Perancangan sistem ini diimplementasikan menggunakan beberapa alat yaitu Mikrokontroler, menggunakan water level float sensor switch untuk mendeteksi ketersediaan air dalam bak, dan juga menggunakan Sim900 sehingga memungkinkan sistem mengirimkan SMS pemberitahuan kepada petugas. Hasil akhir dari penilitian ini adalah implementasi Sistem Pengontrolan Tower Air Universitas Klabat menggunakan mikrokontroler.Keywords : Pengontrolan, Mikrokontroler, SMS Gateway, Icomsat SIM900, Water Level Float Sensor Switch, Universitas Klabat.
Media Sosial Meditasi, Sharing, Dan Diskusi Ayat-Ayat Alkitab Berbasis Android Oktoverano Hendrik Lengkong; Marchel Tombeng; Evert Lensun; Alfin Luanmasa
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.792 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.117.219-229

Abstract

Media sosial merupakan sarana komunikasi umum yang digunakan saat ini. Berbagai jenis media sosial dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan komunikasi. Media sosial sendiri memiliki ciri khas yang umum, diantaranya jaring pertemanan yang dapat saling berbagi satu dengan yang lain melalui real time status, gambar atau foto, video, link, dan fitur pendukung lainnya. Namun fungsi inti dari media sosial ini adalah komunikasi dan sharing informasi, apakah itu invidu atau personal, group, atau bahkan organisasi. Selain dalam bidang sekuler, media sosial juga dikembangkan dalam bidang yang lebih spesifik lagi, yaitu keagamaan. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan sebuah aplikasi media sosial dalam bidang keagamaan Kristen yang berfokus pada bagian praktik keagamaan yaitu meditasi Alkitab. Media sosial yang dikembangkan berbasis android dan menggunakan backend Firebase Database. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah spiral yang merupakan suatu metode khusus dalam melakukan rekayasa perangkat lunak. Hasil pengembangan adalah aplikasi media sosial berbasis android dengan fitur meditasi, sharing, dan diskusi ayat-ayat Alkitab. Keywords : Media Sosial, Meditasi, Keagamaan, Firebase Database, Android, Metode Spiral
Faktor-Faktor Yang Berkontribusi Terhadap Niat Nasabah Menggunakan E-Banking Rinny Rantung
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.851 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.107.113-120

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survey yang di awali dengan interview kepada 8 orang responden, dengan tujuan untuk menemukan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap niat nasabah menggunakan elektronik banking (e-banking).  Berdasarkan hasil pengujian exploratory factor analysis terhadap 240 data responden dengan 12 butir pertanyaan yang sudah melalui proses validasi di dapati tiga faktor yang berkontribusi terhadap niat menggunakan e-banking.  Ketiga faktor tersebut adalah:  kemudahan bertransaksi, memperlancar online business, dan informasi yang jelas mengenai bertransaksi e-banking. Faktor yang berkontribusi paling besar adalah faktor kemudahan dan yang paling kecil kontribusinya adalah faktor informasi tentang e-banking.  Berdasarkan hasil uji independent t-test, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara faktor-faktor yang berkontribusi terhadap niat nasabah menggunakan e-banking dilihat berdasarkan usia, gender, pendidikan dan lamanya waktu menggunakan e-banking.  Penelitian ini juga memberikan beberapa masukan bagi pihak perbankan dalam penerapan teknologi e-banking,  dan bagi pengembangan penelitian selanjutnya.  Beberapa batasan dikemukan pula dalam penelitian ini.    Keywords : Electronic Banking, Kemudahan, Faktor Analisis, Teknologi
Sistem Pengarsipan Surat Keputusan Di Universitas Klabat Steven Lolong
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1520.023 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.98.11-23

Abstract

Pencatatan hasil keputusan berupa surat keputusan (SK) di Universitas Klabat (Unklab) masih bersifat manual dimana semua dicatat oleh sekretaris rapat dalam dokumen kertas. Dalam satu tahun dapat terjadi puluhan bahkan ratusan keputusan yang diambil dan dicatat di Unklab. Hal ini menjadi kesulitan pada waktu proses pencarian dokumen surat keputusan berdasarkan kriteria tertentu. Sehingga dibutuhkan dikembangkan sistem pengarsipan digital yang dapat membantu dan meningkatkan efektivitas pencarian dokumen. Pengembangan sistem pengarsipan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan RUP untuk tahapan pengembangan dan UML untul pendokumentasian rancangan. Pembangunan sistem menggunakan PHP dengan framework Codeigniter 3.1.3, basisdata MySQL, dan Bootstrap untuk framework HTML. Pengujian sistem menggunakan metode Black-box yang melibatkan pengguna dan pengembang. Hasil pengujian menyatakan bahwa sistem ini dapat memenuhi 11 kebutuhan pengguna. Sistem ini belum mendukung multi-rapat sehingga disarankan untuk peneliti selanjutkan agar dapat mengembangkan sistem ini untuk mendukung multi-rapat. Keywords : Sistem Pengarsipan Digital, Surat Keputusan, Universitas Klabat
Analisis Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Jiwasraya Pontianak Diana Fitriani
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.059 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.110.160-170

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja karyawan PT. Asuransi Jiwasraya Pontianak. Metode penelitian menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 20.00 didukung dengan analisis ordinary least square sebagai alat ukur kelayakan pengujian penelitian. Variabel penelitian berupa variable bebas yaitu teknologi informasi wireless (X1) dan teknologi informasi wireline (X2) sedangkan untuk variabel terikatnya adalah kinerja karyawan (Y). Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, kuesioner dan studi dokumenter. Kuesioner berisi pertanyaan berdasarkan teori dari Thamron  untuk variabel bebas sedangkan untuk variable terikat menggunakan teori dari Mangkunegara. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Jumlah responden sesuai dengan jumlah populasi yaitu sebesar 73 orang dengan teknik sampling jenuh. Berdasarkan penelitian  variabel teknologi informasi wireless (X1) berpengaruh sebesar 0.672%  dan  27.67% kinerja karyawan meningkat karena dipengaruhi oleh teknologi informasi wireline (X2). Secara simultan diperoleh nilai sebesar 46% berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan PT. Asuransi Jiwasraya Pontianak. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa PT. Asuransi Jiwasraya Pontianak memiliki karyawan dengan kinerja yang baik dan didukungan teknologi infomasi yang memadai. Keywords : Teknologi Informasi Wireless, Teknologi Informasi Wireline, Kinerja Karyawan, Deskriptif Analisis
GIS-Based Rainfall Estimator Evaluation and Interpolation Analysis Using ArcGIS Joe Yuan Mambu
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1069.822 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.118.230-242

Abstract

We have been always trying to predict the weather to minimize risk, produce strategy, and other decision making situation. To achieve this, monitoring method need to be used to gather data. Rainfall monitoring is one of the area that widely used and one of the mostly used method is satellite-based rainfall monitoring. However, there are limitation to apply to the Satellite Rainfall (SR) estimation specifically on its accuracy and lack of certainty. Thus, study that directed to measure the inaccuracies of SR measurements is needed by using data of distribution of Actual Rainfall (AR). The SR data is taken from the National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA)’s Hydro—Estimator while the AR data was from the National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA). Through the statistics and interpolation analysis using ArcGIS, the study shows a prominent result of SR estimation accuracy in the sample area and thus may opens up more similar implementation as well as stands as a good benchmark for future improvement of the method. This study also shows how interpolation method through a GIS software could provide a significant result on a geographical related studies. Keywords : GIS, Geospatial Analysis, Interpolation Analysis, Arcgis
Desain Sistem Informasi Akuntansi: Siklus Pembelian Ika Prayanthi
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.845 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.108.121-130

Abstract

Salah satu sistem yang penting yang harus diaplikasikan secara efektif dan efisien pada sebuah perusahaan atau organisasi baik profit maupun nonprofit adalah sistem informasi akuntansi. Salah satu siklus yang merupakan bagian dari sistem informasi akuntansi adalah siklus pembelian dimana siklus ini menentukan apakah perusahaan efisien dalam menggunakan sumber dayanya atau tidak. Penelitian ini difokuskan pada perancangan atau desain sistem informasi akuntansi terutama pada siklus pembelian khusus untuk perusahaan dagang dan manufaktur level menengah. Metode yang digunakan adalah kajian literatur, kajian lapangan serta desain atau perancangan sistem informasi akuntansi siklus pembelian. Hasil penelitian ini adalah desain sistem informasi akuntansi – siklus pembelian dalam bentuk document flowchart dan penjelasan dalam bentuk narasi. Pentingnya desain sistem informasi akuntansi siklus pembelian ini adalah agar dapat menghasilkan informasi yang berkualitas dalam bentuk laporan yang lebih akurat, dapat dipercaya serta tersedia bila dibutuhkan, membantu manajemen dalam mendapatkan informasi seputar aktivitas pada siklus pembelian, serta memfasilitasi adanya kecukupan pengontrolan pada proses bisnis terkait siklus pembelian sehingga meminimalisir terjadinya kecurangan.   Keywords : Akuntansi, Sistem Informasi, Siklus Pembelian
Pengaruh Promosi Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Pengusaha Muda Universitas Klabat Jein Rewah
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.049 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.99.24-36

Abstract

Wirausahawan muda di Indonesia sangatlah membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia menyebabkan bertambahnya lapangan kerja. Berdasarkan data dari lembaga riset digital marketing Emarketer tahun 2018 pengaruh teknologi informasi khususnya media sosial sangatlah membantu kegiatan promosi hal ini disebabkan karena dari 100 juta orang adalah pengguna aktif smartphone di Indonesia. Penerapan mata kuliah kewirausahaan di Universitas Klabat menghasilkan banyak mahasiswa dan alumi yang memiliki bisnis dan mereka melakukan promosi dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu sosial media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi berbasis teknologi informasi terhadap pengusaha muda Universitas Klabat yang terdiri dari beberapa variable independen yaitu: Content, Trust, Price, Product, dan secara serentak (Content, Trust, Price dan Product) terhadap Pengusaha Muda Universitas Klabat sebagai variable dependen baik secara parsial maupun secara serentak. Hasil dari pengujian tersebut akan dihitung hubungan langsung dan tidak langsung menggunakan analisis jalur. Pada pengujian serentak didapatkan hasil .000 < .05 yang berarti secara serentak Price, Content, Trust, Product berpengaruh signifikan terhadap Pengusaha muda. Besar pengaruh secara serentak adalah 45.9% dan sisanya sebesar 1- 45.9 = 54.1% adalah variable diluar penelitian ini yang berpengaruh terhadap pengusaha muda. Secara parsial content .098 > .05 berarti content tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengusaha muda dengan nilai koefisien .262, trust .080 > .05 berarti trust tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengusaha muda dengan nilai koefisien .296, price  .0893 > .05 berarti price tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengusaha muda dengan nilai koefisien .019. dan product .075 > .05 berarti product tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengusaha muda dengan nilai koefisien .288. Ini menunjukan dalam melakukan promosi online empat variabel berperan penting dengan kata lain harus memperhatikan Content, Trust, Price dan Product dalam setiap promosi berbasis TIK. Empat variabel ini saling terkait satu dengan yang lain dalam menopang promosi berbasis TIK dimana pengusaha muda harus menyeimbangkan empat variabel ini. Empat variabel ini tidak dapat berdiri sendiri dalam melakukan promosi berbasis TIK.Keywords : Pemasaran berbasis TIK, Teknologi Informasi, pengusaha muda, kewirausahaan
Perilaku Pelanggan untuk Mengadopsi M-Commerce di pada Generasi Y Johan Reimon Batmetan; Jaime Da Costa Lobo Suares; Suyoto Suyoto
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.812 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.111.188-199

Abstract

M-commerce adalah pilihan belanja online menggunakan smartphone yang semakin berkembang di Indonesia. Indonesia telah menjadi negara berkembang dengan tingkat penetrasi internet yang terus bertambah. Banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi m-commerce oleh generasi Y. Pengguna m-commerce sebagian besar merupakan generasi Y dan terus mendominasi dalam penggunaan m-commerce di Indonesia. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menjelaskan perilaku generation Y sebagai pelanggan m-commerce di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menemukan perilaku generasi Y sebagai m-commerce dalam melakukan transaksi m-commerce dan mengadopsi m-commerce. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Models (SEM) untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku Generasi Y dalam penggunaan m-commerce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas generasi Y sebanyak 82,8% memiliki perilaku untuk tetap mengadopsi m-commerce dan mempertahankannya di masa depan. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa kegunaan, kemudahan penggunaan, m-commerce yang mudah dipelajari, fleksibilitas dan kompatibel dalam berbagai perangkat mempengaruhi tingkat adopsi m-commerce di Indonesia. Penelitian ini diakhiri dengan diskusi tentang hasil untuk m-commerce dan akan terus mengadopsinya di masa depan.Keywords : Perilaku Pelanggan, M-Commerce, Y Generation, SEM, Indonesia

Page 1 of 3 | Total Record : 21