cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Forum Ekonomi : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 14111713     EISSN : 2528150X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansiis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 50 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 4 (2021)" : 50 Documents clear
Analisis pengaruh perilaku oportunistik dan mekanisme pemantauan terhadap manajemen laba Dzihny, Izzatu; Haryono, Slamet
FORUM EKONOMI Vol 23, No 4 (2021)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jfor.v23i4.10079

Abstract

Makalah ini menjelaskan sejauh mana perilaku oportunistik yang diproksikan dengan arus kas bebas, profitabilitas, dan leverage sebagai mekanisme pemantauan dapat mempengaruhi manajemen laba pada Perusahaan Makanan  dan Minuman yang terdaftar di BEI dari tahun 2015 hingga 2019. Model penelitian ini menggunakan regresi data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan FCF, ROA, dan DER memiliki kemampuan untuk mempengaruhi manajemen laba pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI pada periode 2015-2019. Secara parsial FCF dan ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, dan DER tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Hasil ini dapat menjadi acuan bagi para pemangku kepentingan yang ingin mendapatkan informasi keuangan yang tepat.
Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah Fakhrudin, Arif; Yudianto, Kifni; Melly A.D, You She
FORUM EKONOMI Vol 23, No 4 (2021)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jfor.v23i4.10111

Abstract

Persaingan yang semakin ketat menuntut para pelaku jasa khususnya di bidang pendidikan dimana salah satunya adalah STTKD Yogyakarta untuk memaksimalkan kinerjanya. Salah satu tantangannya adalah bagaimana menciptakan keputusan untuk memilih produk pendidikan yang ditawarkan STTKD Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta. Desain penelitian ini merupakan penelitian survei. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang kuliah di STTKD Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 145. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil uji validitas, terlihat untuk variabel word of mouth marketing, semua pertanyaan valid. Sementara untuk uji reliabilitas diperoleh koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,857. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh terlihat cukup besar sehingga menunjukan reliabel. Dari hasil uji validitas, terlihat untuk variabel keputusan kuliah, semua pertanyaan valid. Sementara untuk uji reliabilitas diperoleh koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,825. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh terlihat cukup besar sehingga menunjukan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif word of mouth marketing terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 5,831 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,550.
Pengaruh modal kerja dan dana pihak ketiga terhadap laba bersih Dewisari, Devi; Nurjanah, Nurjanah
FORUM EKONOMI Vol 23, No 4 (2021)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jfor.v23i4.10078

Abstract

Dunia perbankan menjadi salah satu penggerak perekonomian dengan mempermudah pengaturan lalu lintas keuangan seperti jasa mengumpulkan uang dari masyarakat melalui tabungan, giro, deposito serta menyalurkan kembali dalam bentuk pinjaman. Perbankan yang saat ini terdapat izin syariah salah satunya adalah PT. BRI Syariah Tbk. Sebagai bank tentunya dalam mengukur keberhasilan tetap berdasarkan laba yang diperoleh dalam masa satu periode. Untuk memperoleh laba salah satu dapat dilihat berdasarkan modal kerja yang dimiliki dalam operasional serta dana pihak ketiga yang terkumpul di bank dan menjadi hutang bank. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh laba dan dana pihak ketiga terhadap laba bersih pada PT. BRI Syariah Tbk. Dengan menggunakan metode kuantitatif dengan data dari modal kerja, dana pihak ketiga serta laba bersih tahun 2015-2010 (triwulan). Model analisis data ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji t (uji secara parsial) modal kerja didapatkan hasil thitung sebesar 2,079 dan nilai signifikan yang dihitung 0,019 <  0,005 berarti variabel modal kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih, variabel Dana Pihak Ketiga memperoleh nilai thitung sebesar -4,502 dan nilai signifikan yang dihitung 0,000 < 0,05 berarti variabel Dana Pihak Ketiga berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih. Hasil uji simultan yaitu modal kerja dan dana pihak ketiga memperoleh nilai Fhitung sebesar 15,923 dan nilai signifikan yang dihitung 0,000 < 0,05 sehingga variabel modal kerja dan dana pihak ketiga berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih PT. BRI Syariah Tbk.
Peran media sosial dalam mempengaruhi orientasi kewirausahaan Della, Della
FORUM EKONOMI Vol 23, No 4 (2021)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jfor.v23i4.10163

Abstract

Seperti yang kita ketahui bahwa peran sosial media sangat berpengaruh dan sama pentingnya dengan keimbangan dan keputusan kewirausahaan itu sendiri. Khususnya usaha mikro dan menengah yang sangat membutuhkan peran penting dari efektifitas dan keuntungan dari sosial media untuk mengembangkan dan memperluas usaha itu sendiri tanpa memerlukan biaya yang besar. Penggunaan sosial media pada saat ini menjadi sangat penting dan kritis. Disini saya akan membahas dan meneliti dan mengindentifikasikan dampak penting dan kritis dari media sosial terhadao usaha menengah dan mikro di bidang kuliner di Bandung. Penelitian ini bersifat deskripsif kuantitatif tentang UMKM yang berdasarkan keuntungan dan kelebihan dari penggunaan sosial media sebagai prioritas pemasarannya. Penelitian kecil ini akan membahas dua variabel yang akan digunakan yaitu orientasi kewirausaan sebagai variabel yang terikat dan peran penting dari sosial media sebagai variabel dependen. Saya akan menggunakan metode regresi linier sederhana sebagai tumpuan analisis untuk melihat perkembangan dan menilai beberapa hipotesis yang akan diuji. Kesimpulan dari penelitian ini adalah seberapa besar dampak media sosial pada orientasi kewirausahaan berbasis t dan f yang telah dibahas.
Analisis bauran pemasaran, perilaku konsumen dan citra merek terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Ramli S, Ramli S; Hasbullah, Hasbullah
FORUM EKONOMI Vol 23, No 4 (2021)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jfor.v23i4.10231

Abstract

Dalam era persaingan bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) atau sering disebut dengan nama air mineral saat ini semakin bervariasi dan sangat kompetitif, diperlukan terobosan baru yang dapat menimbulkan minat konsumen untuk memilih dan tertarik dengan produk yang ditawarkan. Banyak perusahaan yang melakukan berbagai macam ide-ide kreatif dalam mengatasi persaingan yang ada terutama pada perusahaan yang bergerak pada produk yang sama. Perusahaan saling berlomba untuk mempertahankan eksistensinya dan menjaga kepercayaan konsumen pada produk yang dipasarkannya. Produk dapat merebut hati konsumen yang senang mencoba-coba dan membandingkan antar produk yang satu dengan produk yang lainnya, perilaku konsumen tentu saja dapat menyebabkan permintaan air minum dalam kemasan sehingga akan berpengaruh pada penjualan. Semakin banyak perusahaan menawarkan produk air minum dalam kemasan mengakibatkan ketatnya persaingan, sehingga membuat pelaku bisnis saling bersaing. Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikannya 0,000 < 0,05 dan nilai thitung  5,611 > nilai ttabel 1,66196, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikannya 0,000 < 0,05 dan nilai thitung  7,451 > nilai ttabel 1,66196, perilaku konsumen berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikannya 0,980 > 0,05 dan  nilai thitung  - 0,025  <  nilai ttabel 1,66196 .Variabel citra merek yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Le Minerale di wilayah Kabupaten Mamuju dengan nilai koefesien beta 0,533 lebih besar dari nilai koefesien beta bauran pemasaran yaitu 0,404
Analisis liquidity, firm size dan good corporate governance terhadap financial performance Febrianto, Hendra Galuh; Fitriana, Amalia Indah; Rohmansyah, Budi
FORUM EKONOMI Vol 23, No 4 (2021)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jfor.v23i4.10354

Abstract

Dewasa ini, pengukuran kinerja perusahaan menjadi hal yang sangat penting bagi manajemen untuk melakukan evaluasi terhadap performa perusahaan dan perencanaan tujuan di masa mendatang. Berbagai informasi dihimpun agar pekerjaan yang dilakukan dapat dikendalikan dan dipertanggungjawabkan. Hal ini dilakukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas pada seluruh proses bisnis perusahaan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui apakah liquidity berpengaruh terhadap financial performance, untuk mengetahui pengaruh firm size terhadap financial performance dan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap financial performance. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan periode waktu 2018-2020 dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sub sektor industri dasar dan kimia dengan jumlah sampel sebanyak 23 sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS didapatkan hasil liquidity dan Institutional Ownership tidak berpengaruh terhadap financial performance, sedangkan firm size berpengaruh terhadap financial performance.
Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? Sebuah model untuk memahani intensi UMKM menggunakan QRIS Mahyuni, Luh Putu; Setiawan, I Wayan Arta
FORUM EKONOMI Vol 23, No 4 (2021)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jfor.v23i4.10158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi intensi UMKM menggunakan QRIS. Dengan memahami faktor-faktor pembentuk intensi UMKM menggunakan QRIS, strategi yang lebih efektif diharapkan dapat dirumuskan untuk mendorong lebih jauh adopsi QRIS oleh UMKM. Model dalam penelitian ini dikembangkan dari kerangka theory of planned behaviour dan technology acceptance model, serta disesuaikan dengan konteks UMKM Indonesia, melalui penelitian kualitatif yang telah dilakukan sebelumnya. Data empiris dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan 203 UMKM, kemudian dianalisis dengan teknik analisis PLS-SEM dibantu perangkat lunak SmartPLS 3. Penelitian ini membuktikan secara empiris bahwa pemahaman akan QRIS, persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan QRIS, pengaruh pihak eksternal yang dipandang penting, berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi UMKM menggunakan QRIS. Semakin baik pemahaman akan QRIS, semakin besar persepsi manfaat, semakin mudah penggunaan QRIS, dan semakin banyak rekomendasi konsumen dan teman dekat untuk menggunakan QRIS, maka semakin besar intensi UMKM menggunakan QRIS. Penelitian ini juga mengungkap faktor yang dinilai UMKM dapat menjadi kendala dalam penggunaan QRIS, yaitu koneksi internet tidak stabil, adanya biaya dan limit transaksi. Namun, penelitian ini belum mampu membuktikan adanya pengaruh signifikan antara persepsi hambatan dan intensi UMKM menggunakan QRIS. UMKM dalam penelitian ini menilai bahwa faktor kendala yang dihadapi tidaklah terlalu penting, sehingga tidak menjadi faktor yang dapat menghalangi minatnya menggunakan QRIS. Penelitian ini mengisi gap dalam literatur dengan menawarkan model empiris yang menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi intensi UMKM menggunakan QRIS. Beberapa rekomendasi juga ditawarkan bagi pengambil kebijakan terkait untuk dapat mendorong lebih jauh adopsi QRIS di kalangan UMKM Indonesia.  This study aims to empirically examine the factors influencing the intention of SMEs to use QR code Indonesia Standard (QRIS). By understanding the factors that shape the intention of SMEs to use QRIS, it is expected that a more effective strategy can be formulated to further encourage the adoption of QRIS by SMEs. The model in this study was developed from the framework of the theory of planned behavior and technology acceptance model, and adapted to the context of Indonesian MSMEs. Empirical data was collected through a questionnaire involving 203 MSMEs, then analyzed using the PLS-SEM analysis technique. This study finds that understanding of QRIS, perceived benefits and ease of use of QRIS, the influence of important external parties, have a positive and significant effect on the intention of SMEs to use QRIS. This study also reveals the factors considered by MSMEs to be obstacles in using QRIS, namely unstable internet connections, fees and transaction limits. However, this study has not been able to find a significant effect between perceived barriers and MSMEs' intention to use QRIS. MSMEs in this study consider the obstacles faced were not so important, so these could not hinder their interest in using QRIS. This study fills a gap in the literature by offering an empirical model that explains various factors influencing the intention of SMEs to use QRIS. Several recommendations were also offered for relevant policy makers to be able to further encourage the adoption of QRIS among Indonesian MSMEs.
Analisis kinerja pegawai pada kebijakan work from home Alpianti, Tetty; Atthahara, Haura; Gumilar, Gungun
FORUM EKONOMI Vol 23, No 4 (2021)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jfor.v23i4.10089

Abstract

Pemerintah Indonesia mengambil suatu kebijakan akibat ditetapkannya Covid 19 sebagai pandemi, salah satu kebijakan Pemerintah yaitu dengan diberlakukannya Bekerja dari Rumah atau Work From Home (WFH). Menindaklanjuti sesuai dengan instruksi dari Presiden Indonesia yang berkaitan dengan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah. Hal tersebut upaya untuk memutus mata rantai Covid 19. Pemerintah Kota Bekasi mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota Bekasi Nomor 800/2072/BKKPD Tahun 2020. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bekasi salah satu instansi yang diwajibkan untuk bekerja di rumah, namun tidak semuanya untuk bekerja di rumah ada sebagian yang masih bekerja di kantor. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja pegawai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bekasi terhadap kebijakan bekerja dari rumah. Dalam mengkaji permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dari artikel ini bahwa secara keseluruhan kinerja pegawai pada kebijakan work from home di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bekasi sudah cukup baik.
Kepuasan kerja pengemudi transportasi online di Indonesia Setiawan, Indra; Esthi, Raniasari Bimanti
FORUM EKONOMI Vol 23, No 4 (2021)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jfor.v23i4.10227

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh penilaian kinerja terhadap kepuasan kerja pengemudi transportasi online di Indonesia, (2) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pengemudi transportasi online di Indonesia, dan (3) mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja pengemudi transportasi online di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengemudi transportasi online di Indonesia. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Metode analisis data menggunakan SEM dengan pendekatan PLS untuk mengetahui hubungan-hubungan antar variabel yang diuji. Hasil dari penelitian ini adalah penilaian kinerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja, ada pengaruh antara motivasi kerja dengan kepuasan kerja, dan kompensasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja.
The effect of current ratio, net profit margin and debt to equity ratio on financial distress Purwanto, Dewinda Yanuaridha Krisvarahma; Pardistya, Irfan Yoga
FORUM EKONOMI Vol 23, No 4 (2021)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jfor.v23i4.10179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CR (Current Ratio), NPM (Net Profit Margin) dan DER (Debt to Equity Ratio) terhadap Financial Distress pada perusahaan Subsektor Ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda. Financial Distress diukur dengan menggunakan pendekatan Altman Z-Score. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan subsektor ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 13 perusahaan yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Secara parsial CR (Current Ratio) dan NPM (Net Profit Margin) berpengaruh positif signifikan terhadap Financial Distress pada perusahaan Subsektor Ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. 2). DER (Debt to Equity Ratio) secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Financial Distress pada perusahaan Subsektor Ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. 3) CR (Current Ratio), NPM (Net Profit Margin) dan DER (Debt to Equity Ratio) secara simultan berpengaruh terhadap financial distress pada perusahaan subsektor ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019.