cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 02167786     EISSN : 25281097     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & October).
Arjuna Subject : -
Articles 36 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2020)" : 36 Documents clear
Evaluasi tenaga pendamping desa profesional di provinsi kalimantan timur Roy, Juliansyah
INOVASI Vol 16, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.353 KB) | DOI: 10.29264/jinv.v16i1.7334

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menguji implementasi kebijakan, efisiensi dan efektivitas tugas, serta fungsi pemerintah pusat dan daerah dalam penyelenggaraan atau manajemen pengelolaan pendamping desa, mendalami masalah, melakukan analisa, dan mencari solusi serta merumuskan rekomendasi kebijakan baru. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif melalui metode survey dan observasi dilaksanakan pada September hingga November 2018 di 7 Kabupaten (Provinsi Kalimantan Timur). Untuk melengkapi kebutuhan analisa, jenis data berbasis primer dan sekunder. Di Kalimantan Timur, terdiri dari Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP), Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI). Tahun 2017 beberapa wilayah ketersediaan Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP), Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) masih banyak yang kosong, namun hingga oktober 2018 sudah terisi. Sebanyak 42 responden dominan menyatakan pada kinerja terhadap program pendampingan desa yang tergolong baik. Sedangkan, sisanya berada dikategori kurang baik, sangat baik, dan terakhir adalah rendah. Sedangkan, pola kualifikasi dari pendampng desa belum sepenuhnya terbentuk, sementara tuntutan bahwa pendamping desa harus profesional tidak diikuti dengan penghargaan yang layak bagi pendamping sebagai kader pemberdaya masyarakat di Desa, dengan skill dan pengetahuan yang mumpuni di kemudian hari.
Hubungan remunerasi bankir dan kinerja perbankan dalam perspektif multivariat Setiarno Putera, Muhammad Luthfi
INOVASI Vol 16, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.46 KB) | DOI: 10.29264/jinv.v15i2.5709

Abstract

Kapasitas dan kapabilitas bankir dalam merumuskan dan menjalankan kebijakan umumnya berdampak pada kinerja perbankan, yang menurut beberapa penelitian terdahulu dapat berhubungan dengan besaran penghargaan yang diberikan. Penelitian ini mengkaji kemungkinan adanya hubungan antara remunerasi bankir dan kinerja perbankan di Indonesia. Melalui analisis faktor sebagai pendekatan multivariat, diperoleh bahwa remunerasi dan ukuran bankir memiliki hubungan secara positif dengan faktor akuntansi, antara lain pendapatan, beban dan keuntungan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa keputusan pemberian remunerasi perlu dikelola untuk mengantisipasi risiko yang ditimbulkan faktor internal dan eksternal
Komparasi kinerja keuangan dan reaksi pasar pada perusahaan prospector dan defender Rahmanto, Basuki Toto; Lestari, Diyan
INOVASI Vol 16, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.23 KB) | DOI: 10.29264/jinv.v16i1.6649

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan dan reaksi pasar pada perusahaan bertipologi prospector dan defender. Populasi penelitian adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018. Teknik pemilihan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan jumlah observasi 102. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Mann-Whitney U test. Hasil penelitian diperoleh kinerja keuangan perusahaan prospector yang diproksi dari pertumbuhan laba, dividend payout ratio, dan return on investment lebih kecil dibandingkan perusahaan bertipologi defender. Kinerja keuangan yang diproksi pertumbuhan penjualan atas perusahaan bertipologi prospector lebih besar daripada perusahaan bertipologi defender. Tidak ada perbedaan reaksi pasar perusahaan prospector dengan perusahaan defender.
Pengaruh nilai tukar dan indeks pasar saham global terhadap indeks harga saham sektoral Imron HR, Imron HR; Fitri, Rosdiana; Hendryadi, Hendryadi
INOVASI Vol 16, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.199 KB) | DOI: 10.29264/jinv.v16i1.7273

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti emperik tentang pengaruh nilai tukar US dollar terhadap Rupiah (USD/IDR) dan Yen Jepang terhadap Rupiah (JPY/IDR)`, serta indek pasar saham global: indek pasar saham Amerika (S&P500), indek pasar saham Jepang (Nikkei 225), indek pasar saham China (SSE), dan Indek pasar saham Singapura (STI), terhadap indek harga saham sektoral di Indonesia. Menggunakan data time series 2013 – 2017 dengan model OLS.  Hasil penelitian menunjukan: Nilai tukar USD/IRD mempengaruhi seluruh sektor industri secara negatif signifikan, kecuali sektor pertanian USD/IDR berpengaruh positif signifikan. Indek pasar saham Amerika S&P500 berpengaruh secara negatif signifikan terhadap indek saham sektor Pertanian, Industri dasar/kimia, dan berpengaruh positif signifikan terhadap Sektor pertambangan, Aneka industri, Industri barang dan konsumsi, Properti/Real estate, Infrastruktur, Keuangan, dan Perdagangan. Pergerakan pasar negara mitra ekonomi Indonesia (China, Jepang, dan Singapura) tidak secara dominan mempengaruhi pasar saham Indonesia.
Faktor yang mendorong niat untuk social commerce di indonesia Hidayatulloh, Amir; Ganinda, Faishal Prahatma; Nugroho, Agung Dwi
INOVASI Vol 16, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.804 KB) | DOI: 10.29264/jinv.v16i1.6535

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mendorong niat individu untuk social commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Hajli’s Social Commerce Construct. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna internet. Sedangkan, sampel dalam penelitian ini adalah pengguna sosial media. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria pengguna media sosial yang minimal dua kali telah melakukan pembelian melalui media sosial yang dimilikinya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan bantuan google form. Responden penelitian ini berjumlah 162 responden. Responden dalam penelitian ini didominasi oleh responden berjenis kelamin perempuan, sedangkan usia responden didominasi oleh usia 21-25 tahun. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan PLS dengan bantuan alat WarpPLS. Penelitian ini menemukan hasil bahwa niat untuk social commece dipengaruhi oleh social commerce construct dan dukungan sosial. Selain itu, penelitian ini juga memperoleh hasil bahwa dukungan sosial dipengaruhi oleh social commerce construct. Oleh karena itu, penelitian ini mendukung Hajli’s Social Commerce Construct.
Peran kebijakan fiskal terhadap trade-off antara ketimpangan dan kemiskinan di indonesia Hardinandar, Fajrin
INOVASI Vol 16, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.332 KB) | DOI: 10.29264/jinv.v15i2.6108

Abstract

Hipotesis teoritis kami mencurigai adanya trade-off antara ketimpangan dan kemiskinan akibat dari ketergantungan terhadap dana transfer pusat oleh Provinsi-provinsi di Indonesia. Kami menggunakan metode AB-GMM dengan pendekatan Koyck untuk mendeteksi hal tersebut pada 32 provinsi di Indonesia sejak tahun 2010-2018. Hasil penelitian menunjukan kapasitas fiskal dan dana transfer meningkatkan output perekonomian dan mengurangi ketimpangan di pedesaan. Sementara output perekonomian merupakan determinan pengentasan kemiskinan. Namun dana bagi hasil pajak meningkatkan ketimpangan di perkotaan dan menurunkan kemiskinan di pedesaan juga perkotaan. Kemudian, pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum memperburuk kemiskinan di pedesaan. Sebaliknya, peran dana alokasi umum menurunkan angka kemiskinan di perkotaan. Dalam jangka panjang, 50 persen dari peningkatan output baru dapat dicapai setelah 10 periode. Sementara itu, perubahan jangka panjang pada ketimpangan jauh lebih cepat dibandingkan penurunan kemiskinan. Kami mengusulkan kebijakan silang dua arah dengan mengurangi eksplorasi sumber dana bagi hasil pajak di perkotaan dan meningkatkannya di pedesaan. Sebaliknya, jika tekanan fiskal di pedesaan lemah, maka dapat dimanfaatkan eksplorasi basis pendapatan asli daerah di perkotaan untuk mengurangi efek ketimpangan di pedesaan melalui distribusi silang.
Analisis persepsi konsumen terhadap 212 mart guna meningkatkan kualitas menggunakan metode fuzzy servqual Kusumanto, Ismu; Permata, Ekie Gilang; Tehniko, Tegie Gama; Nofirza, Nofirza; Hamdy, Muhammad Ihsan
INOVASI Vol 16, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.781 KB) | DOI: 10.29264/jinv.v16i1.6630

Abstract

Kualitas pelayanan adalah  hal utama bagi  minimarket untuk memuaskan harapan konsumen. 212 Mart merupakan pesaing baru dalam bisnis ritel, oleh karena itu 212 Mart harus memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan konsumen  agar konsumen merasa puas terhadap kualitas 212 Mart. Untuk mengukur kualitas pelayanan maka dilakukan penelitian terhadap persepsi dan harapan konsumen terhadap kualitas 212 Mart di Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisafaktor yang memepengaruhi persepsi konsumen terhadap 212 Mart dan bagaimana cara merancang pelayanan agar sesuai dengan harapan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di 212 Mart, sampel yang diambil adalah 100 orang. Data dari 100 sampel akan di uji menggunakan uji reliabilitas serta validitas agar data valid dan reliabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzyservqual. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis diketahui dimensi yang memiliki nilai gap paling tinggi adalah dimensi Assurance  (-1.5175),  sedangkan dimensi tangibles (-1,37), releability (-0,318), responsiveness (-0,176)  dan empathy (0,315).  Dari hasi nilai gap dapat disimpulkan bahwa dimensi assurance adalah dimensi yang harus ditingkatkan dengan melakukan 1) Menambah fasilitas pendingin ruangan agar konsumen merasa nyaman, 2) Mempekerjakan petugas keamanan atau menggunakan CCTV di area parkir 212 Mart.
Mengukur efektifitas program pengendalian inflasi pada hari besar keagamaan (idul fitri, natal dan tahun baru) di kota tegal Tulus, Tulus; Ahmad, Abdul Aziz; Suharno, Suharno
INOVASI Vol 16, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.793 KB) | DOI: 10.29264/jinv.v16i1.7013

Abstract

Dapat dipahami, bahwa setiap menjelang hari besar keagamaan terjadi kenaikan harga barang dan jasa hampir diseluruh daerah di Indonesia, tidak terkecuali di Kota Tegal. Upaya pengendalian inflasi daerah yang dilakukan olehTim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang dilakukan tidak lebih sebagai kegiatan rutin sehingga seringkali tidak efektif dalam mencapai sasaran pengendalian inflasi yang diharapkan. Sebagai bagian manajemen risiko pengendalian inflasi di Kota Tegal, maka perlu dilakukan inventarisir komoditas-komiditas apa saja yang berkontribusi baik secara frekuensi maupun andil mempengaruhi inflasi di Kota Tegal dalam setiap momentum hari besar keagamaan nasional, sehingga penanganan inflasi yang dilakukan lebih effektif dan terukur. Penulis mengambil data inflasi pada momentum hari besar keagamaan Idul Fitri, Natal dan Tahun baru  4 (empat) tahun dari tahun 2015-2018 yang diolah secara sederhana menggunakan program microsof excel dan dipetakan melalui 4 (empat) kuadaran yaitu kuadran I, II, III, dan IV yang menunjukkan frekuensi dan andil 10 (sepuluh) komoditas yang sering muncul dalam inflasi di moment idul fitri. Selanjutnya dipilih prioritas komoditas paling besar frekuensi dan andil yang terdapat di kuadran I untuk dilakukan treatment melalui perumusan strategis hal-hal yang perlu dilakukan.
Model daya tarik kuliner lokal sebagai pendorong daya tarik wisata kuliner Setiawan, Heri; Hamid, Abd.; Ummasyroh, Ummasyroh; Bustan, Jusmawi
INOVASI Vol 16, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.179 KB) | DOI: 10.29264/jinv.v16i1.6230

Abstract

Pengembangan destinasi wisata khususnya wisata kuliner tidak terlepas dari pemberdayaan dan pemanfaatan makanan tradisional menjadi simbol unik bagi wisatawan untuk datang dan menikmatinya. Model daya tarik kuliner lokal sebagai pendorong wisatawan untuk datang ke destinasi wisata kuliner dikembangkan untuk penelitian ini. Metode purposive sampling digunakan untuk menentukan jumlah sampel penelitian, dimana sampel penelitian diperoleh sebanyak 200 responden. Perangkat AMOS 22.0 dan SPSS 23.0 digunakan sebagai alat analisis data dan pengujian hipotesis penelitian. Hasil analisis data mendeskripsikan bahwa keterlibatan wisatawan dengan kuliner lokal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap daya tarik kuliner lokal. Pengetahuan wisatawan tentang kuliner lokal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap daya tarik kuliner lokal. Pengalaman wisatawan dengan kuliner lokal berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik kuliner lokal. Daya tarik kuliner lokal berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik wisata kuliner. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi pihak pengelola destinasi wisata kuliner dan peneliti lain
Konflik peran dan wewenang pekerjaan terhadap kepuasan kerja dengan kepercayaan sebagai variabel intervening Aini, Hekti Nur; Tricahyadinata, Irsan; Maria, Siti
INOVASI Vol 16, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.92 KB) | DOI: 10.29264/jinv.v15i2.6295

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh dari Konflik peran wewenang pekerjaan melalui kepercayaan terhadap kepuasan kerja pada karyawan kantor pusat PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda. Sampel dari penelitian ini adalah 77 karyawan. Metode analisis data menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatam Partial Least Square (PLS). Hasil peneltian ini menyimpulkan bahwa 1.konflik peran tidak berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kepercayaan, 2. konflik peran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, 3. wewenang pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, 4. wewenang pekerjaan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, 5.kepercayaan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja.

Page 1 of 4 | Total Record : 36