cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 25284061     EISSN : 25284053     DOI : -
Information Technology Journal Research and Development (ITJRD) adalah Jurnal Ilmiah yang dibangun oleh Prodi Teknik Informatika, Universitas Islam Riau untuk memberikan sarana bagi para akademisi dan peneliti untuk mempublikasikan tulisan dan karya ilmiah di Bidang Teknologi Informatika. Adapun ruang lingkup dalam jurnal ini meliputi bidang penelitian di teknik informatika, ilmu komputer, jaringan komputer, sistem informasi, desain grafis, pengelolaan citra dan multimedia.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2021)" : 12 Documents clear
Analisis Barang Bukti Digital Aplikasi Facebook Messenger Pada Smartphone Android Menggunakan Metode NIJ Ikhwan Anshori; Khairina Eka Setya Putri; Umar Ghoni
IT Journal Research and Development Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).4664

Abstract

Facebook Messenger menjadi media sosial yang popular di tahun 2019 dan angkat sangat pesat perkembangannya dari tahun ke tahun. Meningkatnya jumlah pengguna Facebook Messenger tentu membawa dampak positif dan negatif, salah satu efek negatifnya adalah digunakan untuk tindak kejahatan digital seperti perdagangan narkoba. Cara menangkap para pelaku kejahatan digital maka diperlukan barang bukti pada persidangan. Salah satu ilmu untuk medapatkan barang bukti digital adalah melakukan forensik digital. Forensik digital dapat dilakukan pada smartphone yang digunakan para pelaku kejahatan. Penelitian ini akan melakukan pengangkatan barang bukti kejahatan digital sebanyak mungkin dari facebook Messenger pada smartphone Android. Pada penelitian ini tool yang kami gunakan adalah Oxygen Forensic dengan menggunakan metode National Institute Of Justice (NIJ). Penelitian ini mengacu pada proses investigasi yang digunakan metode National Institute Of Justice (NIJ). Metode ini merekomendasikan sebuah tahapan dasar dalam proses forensik, yaitu persiapan, koleksi, pemeriksaan, analisis dan pelaporan. Metode penelitian yang digunakan berdasarkan pedoman forensik perangkat mobile yang dibuat oleh National Institute of Justice (NIJ)
Implementasi Aplikasi Pengukuran Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola Berbasis Web Mobile M. Soekarno Putra; Imam Solikin
IT Journal Research and Development Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5281

Abstract

Penelitian dilakukan pada pemain sepak bola di Universitas Bina Darma mengenai kondisi fisiknya. Kondisi fisik merupakan unsur yang penting dan menjadi dasar dalam mengernbangkan teknik, taktik, maupun strategi dalam bermain sepakbola. Pemain Sepak Bola perlu adannya pengukuran kodisi fisik atlet guna meningkatkan potensi fugsional atlet dan mengembangkan kemanpuan biomotor kestandar yang paling tinggi. Pengukuran kondisi fisik atlet yaitu atlet Sepak Bola di Universitas Binadarma masing dilakukan secara manual yaitu ditulis dalam kertas untuk poin-poin yang diperoleh selama pengukuran kondisi fisik. Kondisi seperti ini akan memperlambat untuk mengetahui berapa biomotor hasil yang diperoleh dalam pengukuran kondisi fisik atlet, dan kesulitan untuk mengetahui histori biomotor hasil pengukuran kodisi fisik sebelumnya, apa mengalami penurunan atau kenaikan biomotornya. Solusi dari permasalah tersebut dengan mengembangan sistem dalam mengukur kodisi fisik atlet Sepak Bola dalam bentuk Aplikasi Pengukuran Kondisi Fisik berbasis web mobile. Metode pangambangan aplikasi yang digunakan adalah metode waterfall dengan beberpa tahapan antara lain communication (project initiation & requirements gathering), planning (estimating, scheduling, tracking), modeling (analysis & design), construction (code & test), deployment (delivery, support, feedback). Tujuan dari penelitian ini untuk mempermudah dan mempercepat dalam pengukuran kondisi fisik atlet.
Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Attitude Toward Using Dengan Metode TAM Pada Sistem Informasi Magang Kerja Arif Setia Sandi A.; Bambang Soedijono; Asro Nasiri
IT Journal Research and Development Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5287

Abstract

Sistem Informasi Magang menjadi salah satu penerapan teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manfaat penggunaan (Perceived Usefulness) dan kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use) terhadap sikap penggunaan (Attitude Toward Using) pada Sistem Informasi Magang menggunakan Techonolgy Acceptance Model. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional, dengan mendapatkan data, dan menghubungkan tiap variabel yang diujikan untuk mendapatkan hasil yang bervariatif. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk penentuan kebijakan berikutnya dalam penerapan sistem informasi magang kerja.
Perancangan Aplikasi Penentuan Dosis Pemupukan Kelapa Sawit Menggunakan Metode SAW Berbasis Android Fitri Ayu; Ari Mustofa
IT Journal Research and Development Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5496

Abstract

Pemupukan merupakan salah satu syarat pemeliharaan tanaman termasuk pada tanaman kelapa sawit yang selama ini menjadi penghasil bahan baku utama untuk produksi minyak sawit. Namun sering terjadi persoalan-persoalan yang dialami para petani saat proses pemupukan seperti jenis pupuk yang tidak tepat dan dosis pupuk yang tidak sesuai dengan kebutuhan dilapangan sehingga para petani mendapatkan hasil panen yang tidak sebanding dengan jumlah biaya yang telah dikeluarkan untuk penggunaan pupuk. untuk mengatasi persoalan mengenai penentuan jumlah dosis pupuk diterapkan metode simple additive weightig (SAW) yang diimplementasikan dalam sistem pengambilan keputusan dalam menentukan dosis pemupukan pada tanaman kelapa sawit dengan menggunakan pupuk organik cair (POC) NASA. Proses pengolahan data yang telah didapat dari hasil pengujian sampel laboratorium oleh asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE) dianalisa dengan metode SAW untuk menentukan alternatif terbaik yang akan dijadikan sebagai acuan pada proses perhitungan terhadap rekomendasi dosis pupuk dengan cara membandingkan hasil konversi nilai setiap kriteria pada alternatif terpilih. Dari penelitian yang dilakukan dan telah diimplementasikan kedalam aplikasi yang dibangun berbasis android dapat memberikan hasil berupa rekomendasi jumlah dosis pupuk POC NASA terhadap tanaman kelapa sawit.
The Classification of Children Gadget Addiction: The Employment of Learning Vector Quantization 3 Okfalisa Okfalisa; Elvia Budianita; Musa Irfan; Hidayati Rusnedy; Saktioto Saktioto
IT Journal Research and Development Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5681

Abstract

The addiction of children to gadgets has a massive influence on their social growth. Thus, it is essential to note earlier on the addiction of children to such technologies. This study employed the learning vector quantization series 3 to classify the severity of gadget addiction due to the nature of this algorithm as one of the supervised artificial neural network methods. By analyzing the literature and interviewing child psychologists, this study highlighted 34 signs of schizophrenia with 2 level classifications. In order to obtain a sample of training and test data, 135 questionnaires were administered to parents as the target respondents. The learning rate parameter (α) used for classification is 0.1, 0.2, 0.3 with window (Ɛ) is 0.2, 0.3, 0.4, and the epsilon values (m) are 0.1, 0.2, 0.3. The confusion matrix revealed that the highest performance of this classification was found in the value of 0.2 learning rate, 0.01 learning rate reduction, window 0.3, and 80:20 of ratio data simulation. This outcome demonstrated the beneficial consequences of Learning Vector Quantization (LVQ) series 3 in the detection of children's gadget addiction.
Analisis Digital Forensik Rekaman Kamera CCTV Menggunakan Metode NIST (National Institute of Standards Technology) Desti Mualfah; Rizdqi Akbar Ramadhan
IT Journal Research and Development Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5731

Abstract

Conventional crimes recorded on CCTV (Closed Circuit Television) cameras are increasing, every criminal who is proven to have committed a certain crime will be punished in accordance with statutory regulations. The problem is how a case recorded on a CCTV camera can be used as digital evidence. Digital evidence is closely related to ensuring data security, privacy and integrity while following the stages of the digital forensic identification process. The identification stage using the NIST (National Institute of Standard Technolog) method is used for investigations in finding information related to metadata on CCTV camera footage so that it can provide structured information, describe and process information obtained from digital forensic investigation sources that can be implemented into the Chain of Custody document which aims to be used as legal digital evidence in court
Implementasi Metode National Institute of Justice (NIJ) Pada Fitur TRIM SOLID STATE DRIVE (SSD) Dengan Objek Eksperimental Sistem Operasi Windows, Linux dan Macintosh Rizdqi Akbar Ramadhan; Desti Mualfah
IT Journal Research and Development Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5750

Abstract

Solid State Drive (SSD) is the latest solution to speed up data processing from various multiplatform desktop computers. The TRIM features on SSDs has contribute for eliminating garbage data which is permanently deleted by users, where this method has the benefit of extending the service life of SSD devices. Contradiction of implement this method is obstacle potential for forensic investigators to recover deleted data in term of cyber crime in the case of evidence in the form of computers with SSD storage. The experimental object in this study is based on the perspective of mainstream operating systems, namely Windows, Linux and Macintosh installed on the SSD where each operating system simulates the deletion of stored data with a comparison of TRIM enable and TRIM disabled configurations. National Institute of Justice (NIJ) Digital Forensic method implemented in this case, because this method serves as a reference in the practice of Digital Forensics in this study. The SLEUTH KIT Autopsy software is a Digital Forensic tool being used in the perspective of investigators in the acquisition and analysis of SSD evidence in the case simulation of this study. Novelti obtained from the research content is that the operating system which is the object of experimentation is the latest release of Windows, Linux and Macintosh operating systems which certainly has great potential in terms of exploration, especially Digital Forensics. Windows has the greatest chance of recovery results among the other 2 operating systems in this study.
Implementasi Load Balancing Dengan Algoritma Penjadwalan Weighted Round Robin Dalam Mengatasi Beban Webserver Anggi Hanafiah; Rizky Wandri
IT Journal Research and Development Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5795

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari semua orang tidak terlepas dari berbagai macam informasi, terutama informasi yang dihasilkan dari sebuah website. Selain dari pemrograman yang handal, resource yang lain seperti webserver juga sangat perlu diperhatikan agar website dapat berjalan dengan baik. Seiring meningkatnya kebutuhan konten dan pengunjung website, maka website sering mengalami crash atau request yang overload. Hal ini dikarenakan masih menerapkan single server untuk menangani website tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu diterapkan sebuah load balance cluster, dimana beban kerja webserver tersebut dapat didistribusikan ke beberapa node cluster. Algoritma penjadwalan weighted round robin merupakan salah algoritma penjadwalan dimana beban kerja server dapat berjalan seimbang dengan cara memberikan jumlah bobot ke masing-masing node cluster.
Aplikasi Panduan Fitness Untuk Manula Menggunakan Teknologi Augmented Reality Des Suryani; Dedy Irfan; Ambiyar Ambiyar; Abdul Syukur; Zulfajri Zulfajri
IT Journal Research and Development Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5798

Abstract

Fitness adalah kegiatan pembentukan otot-otot tubuh atau fisik yang dilakukan secara rutin dan berkala, yang bertujuan untuk menjaga fitalitas tubuh agar tetap bugar dan sehat. Lansia merupakan tahap akhir dalam kehidupan manusia ditandai dengan menurunnya kemampuan kerja tubuh akibat penurunan dan perubahan fungsi organ tubuh. Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai media panduan gerakan fitness untuk manula yang dapat membantu minat lansia untuk menjalankan olahraga kapanpun dan dimanapun agar dapat mengurangi resiko jatuh dan penurunan kekuatan otot serta terhindarnya dari penyakit yang berbahaya. Aplikasi ini menggunakan Library kudan SDK yang mampu menampilkan animasi 3D gerakan fitness manula dengan menggunakan teknik markerless tracking dalam bentuk augmented reality. Hasil dari implementasi teknologi augmented reality yaitu aplikasi panduan fitness untuk manula yang dapat dijalankan pada smartphone dengan sistem operasi android. Setelah dilakukan pengujian dengan black box, fungsi-fungsi tombol pada aplikasi dapat berjalan dengan baik dan menampilkan hasil yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Aplikasi dapat menampilkan animasi 3D gerakan fitness manula dengan cepat pada siang hari dan malam hari, di dalam maupun di luar ruangan dengan syarat intensitas cahaya diatas 1 lux pada jarak minimal 10 cm dan maksimal jarak 60 cm dengan sudut diatas 10o hingga 90o. Pengujian kuesioner dengan jumlah 5 responden diperoleh hasil jawaban dengan total rata-rata persentase yaitu 87,2% kriteria sangat baik, maka aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untuk mempelajari gerakan fitness pada manula.
Klasifikasi Pola Kain Tenun Melayu Menggunakan Faster R-CNN Yoze Rizki; Reny Medikawati Taufiq; Harun Mukhtar; Dinia Putri
IT Journal Research and Development Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5831

Abstract

Motif tenun melayu sangat beragam. Keberagaman ini membuat sulit membedakan motif-motif kain tenun tersebut. Klasifikasi data diperlukan untuk mengidentifikasi karakteristik objek yang terkandung dalam basis data agar kemudian dikategorikan ke dalam kelompok yang berbeda. Tujuan penelitian yang dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui performa pengenalan dan klasifikasi motif tenun melayu menggunakan Faster R-CNN dengan model arsitektur VGG, dengan cara mengukur persentase dari tingkat akurasi, presisi, dan recall yang akan divalidasi menggunakan K-Fold Cross Validation. Penelitian ini menggunakan algoritma deteksi objek Faster R-CNN sebagai metode pengenalan dan klasifikasi pola kain berbasis citra digital. Faster R-CNN merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengenali objek pada citra digital. Kemampuan pengenalan objek ini digenean untuk mengenali dan mengklasifikasi motif-motif kain tenun melayu. Jumlah dataset yang digunakan berjumlah 100 citra yang diacak untuk masing-masing dari 5 (lima) fold pada K-fold cross validation. Data tersebut dibagi menjadi 80 data train dan 20 data test. Setelah dilakukan persiapan data, pre-processing, serta implementasi, dilakukan pengujian dengan hasil bahwa dari data latih yang berupa citra kain tenun melayu, didapatkan skor rata-rata training loss dari step pertama hingga step terakhir sebesar 1,915. Klasifikasi karakteristik pengenalan motif tenun melayu menggunakan Metode deteksi objek Faster R-CNN melalui validasi K-Fold Cross Validation dengan nilai k=5, didapatkan akurasi 82.14%, presisi 91.38% dan recall 91.36%.

Page 1 of 2 | Total Record : 12