cover
Contact Name
Susilo
Contact Email
neo.meld@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsolma@uhamka.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal SOLMA
ISSN : 2252584x     EISSN : 26141531     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal SOLMA dikelola dan diterbitkan oleh LPPM UHAMKA.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2022)" : 25 Documents clear
Improving the Knowledge and Skills of Kelurahan Officials in Managing Data and Land Use Maps to Support Administrative Order in Semarang City Tjaturahono Budi Sanjoto; Sriyanto Sriyanto; Satya Budi Nugraha; Wahid Akhsin Budi Nur Sidiq
Jurnal SOLMA Vol. 11 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v11i1.7333

Abstract

Background: Kemajuan teknologi pada era industri 4.0 yang merupakan era digital menuntut segala informasi untuk mudah diakses termasuk informasi spasial. Salah satunya adalah informasi tentang pengunaan lahan di suatu wilayah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi perangkat kelurahan dalam mengelola data dan peta penggunaan lahan di wilayahnya. Metode: Mitra kegiatan pengabdian ini adalah perangkat Kelurahan Pakintelan, Kelurahan Sekaran dan Kelurahan Patemon. Peserta bimtek sejumlah enam orang perangkat dari ketiga kelurahan tersebut. Kegiatan dilakukan dengan memberikan bimbingan teknis (bimtek) untuk mengelola data dan peta penggunaan lahan. Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan perangkat kelurahan dalam mengelola data dan peta penggunaan lahan di wilayah masing-masing. Selain itu tersedianya peta penggunaan lahan terbaru untuk ketiga kelurahan. Kesimpulan: Peningkatan pengetahuan dan keterampilan perangkat kelurahan dalam mengelola data dan peta penggunaan lahan dapat membantu dalam mewujudkan tertib administrasi di tingkat kelurahan di Kota Semarang.
Pemanfaatan Sosial Blogging untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Digital Yulia Rahmawati; Farida Nurhayati
Jurnal SOLMA Vol. 11 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v11i1.7663

Abstract

Background: Literasi digital telah menjadi kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Namun, pemahaman terhadap literasi digital belum diketahui oleh semua orang, termasuk di antaranya para kader Nasyiatul ‘Aisyiyah Jakarta Selatan. Mereka masih belum bisa mengelola blog dan media sosial meskipun sudah memiliki akunnya. Akun blog dan media sosial mereka ibarat mati suri yang jarang ada postingan atau berbagi informasi yang disebarkan. Oleh karena itu, Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah Jakarta Selatan bekerja sama dengan dosen Prodi Komunikasi, FISIP UHAMKA mengadakan kegiatan pelatihan pemanfaatan sosial blogging dalam mengembangkan kompetensi literasi digital. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan pelatihan literasi digital dalam keterampilan mengelola blog kepada para kader PDNA Jakarta Selatan dalam mengelola blog dan memberi wawasan komptensi literasi digital. Metode: Pelatihan dilakukan dengan ceramah, diskusi dan praktik. Setelah diskusi dilanjutkan dengan praktik membuat tulisan yang diposting di blog peserta. Luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat berupa tulisan postingan blog dari para kader PDNA Jakarta Selatan. Kesimpulan: Para kader Nasyiatul ‘Aisyiyah Jakarta Selatan memiliki kemampuan dalam mengelola blog untuk meningkatkan komptensi literasi digital.
Pendampingan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) dalam Penerapan Cara Produksi Pangan yang Baik–Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) di Kota Bandung Widyastiwi Widyastiwi; Mohammad Roseno; Yayat Sudaryat
Jurnal SOLMA Vol. 11 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v11i1.7769

Abstract

Pendahuluan: Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) wajib menerapkan Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB-IRT) dalam kegiatan produksinya. Rendahnya penerapan CPPB-IRT dikhawatirkan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan sehingga pangan yang dihasilkan kurang terjamin mutu, kelayakan dan keamanan bagi kesehatan. Pendampingan IRTP bertujuan untuk meningkatkan penerapan CPPB-IRT sehingga dapat memenuhi level CPPB-IRT yang memenuhi persyaratan Dinas Kesehatan Kota Bandung. Metode: Pendampingan dilakukan pada dua mitra IRTP di Kota Bandung dengan level CPPB-IRT rendah dengan mempertimbangkan resiko bahaya terjadinya cemaran pangan. Dilakukan observasi awal penerapan CPPB-IRT dengan format standar BPOM untuk menentukan level penerapan CPPB-IRT, kemudian dilakukan pelatihan dan pendampingan dalam perbaikan penyimpangan CPPB-IRT. Pendampingan dilakukan sampai kedua mitra mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). Hasil: Pada observasi awal level penerapan CPPB-IRT menunjukkan bahwa kedua mitra memiliki level penerapan IV, yang merupakan level paling rendah. Setelah dilakukan proses pelatihan dan pendampingan, didapatkan perbaikan pada bangunan dan fasilitas, higienitas dan sanitasi karyawan, penyimpanan bahan baku dan bahan jadi, alur produksi, serta pelabelan pangan. Hasil pemeriksaan akhir menunjukkan adanya peningkatan level penerapan CPPB-IRT dari level IV menjadi level I. Kedua mitra juga telah mendapatkan SPP-IRT. Kesimpulan: Pelatihan dan pendampingan IRTP berkontribusi pada peningkatan level penerapan CPPB-IRT kedua mitra dan penerbitan SPP-IRT atas produk pangan yang diproduksinya.
Penataan Literasi dan Pengadaan Reading Corner di Paud Al-Hasan Rini Yudiati; Anni Annisa; Ananda Ananda
Jurnal SOLMA Vol. 11 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v11i1.7820

Abstract

Background: PAUD Al-Hasan merupakan salah satu sekolah PAUD yang memerlukan pembenahan dari segi kurikulum dan metode pengajaran. Untuk menunjang proses pembelajaran, mereka harus memiliki perpustakaan mini guna menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Potensi yang ada di PAUD Al-Hasan berupa minimnya koleksi buku bacaan, fasilitas ruangan yang belum termanfaatkan dengan baik sehingga memerlukan suatu gagasan untuk penataan ruang agar nyaman digunakan sebagai perpustakaan atau Sudut Baca. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mewujudkan Pojok Baca sebagai perpustakaan mini yang nyaman dan menarik di PAUD Al-Hasan Kabupaten Sumenep. Metode: Metode yang digunakan adalah observasi, perancangan desain, implementasi dan sosialisasi. Hasil: Hasil kegiatan masyarakat adalah merancang ruangan yang tidak digunakan sebagai Pojok Baca untuk siswa PAUD Al-Hasan dan masyarakat umum, mengumpulkan buku cerita bergambar dengan meminta bantuan orang tua, desa, dan mencari melalui bazar murah untuk berpartisipasi. Namun jumlah buku yang terkumpul masih sedikit karena kami mengumpulkan buku secara bertahap sambil menunggu bazar murah. penambahan kurikulum untuk kegiatan membaca rutin setiap minggunya. Kesimpulan: Kesimpulannya dengan adanya kegiatan ini PAUD Al-Hasan dapat melaksanakan kegiatan membaca setiap minggu sesuai dengan kurikulum baru yaitu kegiatan rutin membaca cerita bergambar dan sosialisasi kepada masyarakat umum agar dapat memanfaatkan pojok baca juga.
Pendampingan Guru Reflektif untuk Pembuatan Transkrip Pembelajaran di SMAN Malang Eko Susetyarini; Ainur Rofieq; Roimil Latifa; Endrik Nurrohman
Jurnal SOLMA Vol. 11 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v11i1.7842

Abstract

Background: Guru atau dosen telah berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sumberpucung. 95% guru belum memahami cara menuliskan transkrip video pembelajaran. Tujuan pendampingan untuk menyusun transkrip pembelajaran berbasis Lesson study learning community (LS-LC): matapelajaran Biologi, Bahasa dan IPS. Metode: Pelaksanaan dilakukan dengan pendekatan kualitatif, metode workshop, dan simulasi yang diikuti oleh 12 orang guru biologi, bahasa dan IPS. Tahapan workshop dan simulasi: 1). Materi tentang guru reflektif berbasis LS-LC, 2). Contoh transkrip pembelajaran. 2). Simulasi 3). Evaluasi dan Analisis data. Hasil: Jumlah percakapan guru/siswa yang dituliskan di transkrip mata pelajaran Biologi ada 95, Bahasa ada 35, IPS ada 29. Pola pembelajaran linier. Mata pelajaran Biologi ke arah student center, mata pelajaran Bahasa ke teacher center dan IPS ke student center. Kesimpulan: Guru SMA Negeri 1 Sumberpucung paham membuat transkrip dan merefleksi pembelajaran.
Pelatihan Online Citation dan Reference Manager dengan Menggunakan Aplikasi Mendeley dalam Meningkatkan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Sri Elviani; Ramadona Simbolon; Zenni Riana; Yusrita; Nur Augus Fahmi
Jurnal SOLMA Vol. 11 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v11i1.7872

Abstract

Background: Tindakan plagiasi sering sekali dilakukan secara tidak sengaja oleh mahasiswa dalam menulis karya ilmiah ataupun tugas akhir seperti skripsi. Hal ini terjadi disebabkan karena mahasiswa belum memahami bagaimana membuat sebuah sitiran yang baik dan benar. Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam dalam membuat sitasi dibutuhkan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai citation dan refernce manager. Mendeley adalah salah satu aplikasi “citation dan reference manager” yang penggunaannya mudah dipahami. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang bertujuan untuk melatih dan mendampingi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Muslim Nusantara dan Universitas Budi Darma dalam menambah pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan meraka membuat sitasi dan daftar pustaka dengan menggunakan mendeley. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah yang dilakukan oleh pemateri, demostrasi oleh pemateri, praktek dan latihan oleh peserta dan pendampingan oleh pemateri. Hasil: setelah mengikuti pelatihan mahasiswa memahami dan terampil dalam mengaplikasikan mendeley, sehingga memudahkan mereka membuat sitasi dan reference manager dalam menulis karya ilmiah. Dengan pemahaman dan keterampilan dalam membuat sitasi dan reference manager akan menghindari mahasiswa dalam praktik Tindakan plagiarism yang dilakukan secara tidak sengaja dalam menghasilkan sebuah karya ilmiah. Kesimpulan: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dapat menggunakan aplikasi Mendeley dan terampil dalam membuat sitasi dan reference manager dalam menghasilkan sebuah karya ilmiah.
Pelatihan dan Pendampingan Kader dalam Meningkatkan Fungsi Keluarga dengan Masalah TBC Ardenny Ardenny
Jurnal SOLMA Vol. 11 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v11i1.7884

Abstract

Background: Salah satu strategi inovasi yang akan dilakukan dalam rangka peningkatan Indeks Keluarga Sehat di wilayah kerja Puskesmas Se-Kota Pekanbaru adalah dengan melibatkan peran kader yang menjadi mitra tenaga kesehatan melalui program intervensi keluarga sehat. Untuk meningkatkan Indeks Keluarga Sehat pada Indikator Penderita TB Paru berobat sesuai standar melalui Pelatihan dan Pendampingan Kader dalam Meningkatkan Fungsi Keluarga dengan Masalah TBC Tahun 2021. Metode: Nama Mitra Kader Puskesmas, jumlah peserta 17, pelatihan dan pendampingan dan pengambilan data melalui penyebaran kuesioner dan observasi. Hasil: Peningkatan keterampilan kader TB setelah diberikan Pelatihan dan Pendampingan Kader dalam meningkatkan Fungsi Keluarga dengan masalah TBC sebanyak 10 orang (58,8%). Kepatuhan penderita TB dalam mendapatkan pengobatan sesuai standar sebanyak 10 orang (100,0%). Umumnya Indeks Keluarga Sehat Puskesmas Tenayan Raya meningkat 90%. Kesimpulan: Terdapat peningkatan keterampilan kader TB setelah diberikan Pelatihan dan Pendampingan Kader dalam meningkatkan Fungsi Keluarga dengan masalah TBC sebanyak 10 orang (58,8%).
Peningkatan Pengetahuan Guru Tentang PjBL dan Kreatifitas Melalui Kegiatan Webinar Supriyatin Soelaiman; Nailul Rahmi Aulya; Refirman Dj; Vonny Vonny; Rizki Aditya Yanuar; Inne Sintiya Rahma; Verdiana Rahmadhani
Jurnal SOLMA Vol. 11 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v11i1.7886

Abstract

Background: Sistem pembelajaran IPA menitikberatkan pada pemberian kemampuan untuk mengeksplorasi dan memahami alam di sekitar secara ilmiah untuk meningkatkan berbagai kompetensi. Terlebih dalam menjawab tantangan pembelajaran Abad 21 yang dimana dengan kemajuan bidang teknologi dan informasi sehingga menuntut dunia pendidikan agar memberikan bekal kepada siswa umtuk meningkatkan kompetensinya, pembelajaran IPA harus mampu membangun HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, yang salah satunya adalah kemampuan berpikir kreatif maka dari itu guru juga harus berpikir kreatif dalam merancang model pembelajaran. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan ini ialah dengan melakukan survey analisis kebutuhan yang kemudian dilanjutkan menggunakan metode webinar (web-based seminar). Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru MGMP IPA dan MTs wilayah Bekasi, Jawa Barat sekitar 100 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan ialah dengan penilaian pre-test beserta post-test serta penilaian LKPD untuk mengukur tingkat pengetahuan dan Kreativitas kemudian dibuktikan dengan uji T. Hasil: Hasil kegiatan ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru setelah mengikuti kegiatan webinar. Uji t terhadap skor pre-test dan post-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, dengan p-value =3,55e-05. Uji korelasi antara pengetahuan dan Kreativitas menampilkan terdapat adanya korelasi yang signifikan, dengan p-value = 0,007241. Kesimpulan: Setelah kegiatan ini, dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru selama mengikuti kegiatan webinar.
Inovasi Media Evaluasi pada Pembelajaran IPA di Masa Pandemi: Graphics Interchange Format (GIF) Daniar Setyo Rini; Eka Putri Azrai; Ade Suryanda
Jurnal SOLMA Vol. 11 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v11i1.7895

Abstract

Background: Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat kegiatan pembelajaran berlangsung secara daring. Perubahan sistem pembelajaran tersebut berdampak pada menurunnya motivasi sebagian siswa terhadap pembelajaran. Segala upaya dilakukan guru untuk dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu media digital yang sejak dulu banyak dikenal tapi belum banyak dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah GIF. Inovasi penggunaan GIF sebagai media evaluasi diduga dapat meningkatkan motivasi siswa. Peningkatan perspektif guru terhadap penggunaan GIF diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode: Mitra dalam kegiatan pengabdian tahun ini adalah Guru IPA yang tergabung dalam MGMP Guru IPA di Kabupaten Bekasi sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode survey disertai dengan metode webinar, data motivasi belajar siswa dari perspektif guru diukur menggunakan instrumen TASC (Teacher’ as social context) yang diberikan secara pretest dan postest. Hasil: Berdasarkan data pre-test dan post-test yang diperoleh dari 65 orang responden terlihat bahwa ada peningkatan sebanyak 0,035 poin motivasi belajar siswa dalam perspektif guru. Skor rata-rata untuk masing-masing butir pernyataan berada pada kisaran 2,9-3,0 maka dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswa sudah cukup baik dilihat dari perspektif guru mengenai perilaku mereka dalam melakukan pembelajaran. Kesimpulan: Terjadi peningkatan motivasi siswa dalam perspektif guru terhadap penggunaan GIF sebagai media evaluasi dalam pembelajaran IPA.
Pelatihan Menjadi Guru bagi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah Putri Rachmadyanti; Hendrik Pandu Paksi; Vicky Dwi Wicaksono; Ganes Gunansyah; Suprayitno
Jurnal SOLMA Vol. 11 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v11i1.7918

Abstract

Background: Kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) saat pandemic covid-19 ini memberikan dampak terhadap peran orang tua dalam mendampingi anak belajar. Orang tua menggantikan peran guru di kelas untuk dihadirkan dari rumah menjadi tantangan tersendiri. Masalah ini juga dihadapi oleh para orang tua di lingkungan Perumahan Citra Gading Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Masalah yang dihadapi para orang tua adalah sulitnya membagi waktu antara bekerja dan mendampingi anak belajar, serta kurangnya pengetahuan tentang cara mendampingi anak belajar dengan efektif. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan mengajar bagi para orang tua. Target yang diharapkan adalah 65% dari mitra merasa sangat puas dan memahami ketrampilan dalam membimbing belajar anak selama BDR. Data dideskripsikan melalui survey kepuasan dan proses pendampingan bagi orang tua selama megikuti pelatihan. Metode: Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi pemberian pemahaman konseptual tentang psikologi perkembangan anak usia Sekolah Dasar, strategi mendampingi anak belajar, dan strategi menata ruang belajar anak. Pelatihan dilanjutkan dengan praktik langsung mendampingi anak belajar dari rumah. Pelatihan ini dilakukan secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan. Hasil: Pada akhir kegatan, berdasarkan hasil survey dan pemantauan selama mengikuti pelatihan, terdapat 83% sasaran mitra yang mampu menujukkan peningkatan ketrampilan dalam mendampingi anak belajar. Selain itu, mitra juga menunjukkan ketrampilan dalam menata ruang belajar bagi anak. Kesimpulan: Pelatihan bagi Orang Tua ini mendapat respon yang baik dari masyarakat serta dapat meningkatkan motivasi untuk mendampingi anak belajar di rumah dengan efektif dan efisien.

Page 1 of 3 | Total Record : 25