cover
Contact Name
Kiki Fatmawati
Contact Email
kikifatmawati86@uinjambi.ac.id
Phone
+6282281174070
Journal Mail Official
pej.pgmi.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian Km.16, Muara Jambi-Jambi Telp/Faks. (0741)583183 / 082177191704
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
(PEJ) Primary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 25982206     DOI : https://doi.org/10.30631/pej
Core Subject : Education, Social,
Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education Jurnal (PEJ): Jurnal Program Studi PGMI berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2018)" : 9 Documents clear
Development of Inquiry Model Worksheet for 4th Grader Elementary School Students Dian Jani Prasinta; M. Thoha B. S. Jaya; Arwin Surbakti
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.242 KB)

Abstract

This study aims to develop student worksheets, and to know the effectiveness of thematic based LKS through Inquiry model for fourth grade students of Elementary School I Pinang Jaya. This type of research is research and development (R & D) which refers to Borg & Gall's theory. The population of this research were all fourth grade students of SDN Kemiling Cluster 1 and the samples were 54 students obtained by multistage random samplin technique. Data collection techniques use learning and observation tests. Data analysis technique is done through quantitative analysis for product development that is effectiveness test used N-gain and t test. The results of this study indicate that the developed LKS feasible to be used and effective through experts from material experts and media experts in improving student learning outcomes.
Model Pembelajaran Debat untuk Peningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Irma Yulis; Aris Dwi Nugroho
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.203 KB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran Debat pada siswa klas V Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Telanai Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan model pembelajaran Debat dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Telanaipura Kota Jambi, sedangkan objek penelitian adalah model pembelajaran Debat, peningkatan Kecerdasan Emosional siswa pada materi politik luar negeri Indonesia. Data yang diperoleh melalui pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran debat dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II dengan persentase pada siklus I 77,72% dan siklus II 88.09%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran debat dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Telanaipura Kota Jambi.
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Ill-Structure Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi Syahrial Syahrial; Issaura Sherly Pamela
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.394 KB)

Abstract

Belajar memecahkan masalah dikategorikan Reed dalam keterampilan kogninif yang kompleks. Memecahkan sebuah masalah tergantung pada representasi subjektif yang disimpan dalam ingatan, serta pembentukan representasi internal merupakan sebuah proses yang aktif. Secara umum masalah diklasifikasikan dalam 2 jenis, yaitu: well-structure dan ill-structure. Masalah ill-syructure merupakan masalah dengan penyelesaian yang rumit, biasanya masalh ini tidak jelas, namun Keterampilan memecahkan jenis masalah ill-structure dapat dilatih untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah ill-structure. Keterampilan pemecahan masalah ill-structure dapat dilakukan dengan mengintegrasikan model problem based learning kedalam proses pembelajaran. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dimana terdapat satu kelas eksperimen dan dilakukan pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi semester 3 tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 41 orang. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah ill-structur mahasiswa. Hal ini terlihat dari signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,00. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah ill-structur mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi.
Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif di Indonesia Zeni Hafidhotun Nisak
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.254 KB)

Abstract

Pendidikan inklusif sejauh ini prakteknya sukar untuk ditemui, tetapi tawaran pendidikan inklusif yang mengakomodasi semua anak tanpa terkecuali dengan pola sistem yang menyesuaikan anak dan bukan sebaliknya paling tidak telah menginklusi orang-orang yang tereksklusi dengan mutu pendidikan yang sama. manfaat lingkungan pembelajaran yang inklusif adalah sebagai berikut: Manfaat bagi anak yaitu: kepercayaan diri anak menjadi lebih berkembang; bangga pada diri sendiri atas prestasi yang diperolehnya; dapat belajar secara mandiri dengan mencoba memahami dan mengaplikasikan pelajaran di sekolah dalam kehidupan sehari-hari; mampu berinteraksi secara aktif bersama teman dan guru; belajar menerima perbedaan dan beradaptasi terhadap perbedaan; dan anak menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran. Pembahasan dalam tulisan ini adalah deskriptif analitis menggunkan literatur yang relevan dengan pertanyaan-pertanyan yang muncul berdasarkan latar belakang masalah yang ada. Semua teori ataupun fakta yang ada dialisis sedemikan rupa untuk menggambrakan kondisi ideal yang harus dimiliki sebuah negara dalam era digital yang semakin pesat dan berkembang.
Iklim Kelas yang Kondusif untuk Membangun Pendidikan Karakter Kemandirian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Telanaipura Kota Jambi Yusria Yusria
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.921 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang penciptaan iklim kelas yang kondusif untuk menanamkan nilai karakter kemandirian siswa di SD IT Nurul Ilmi Telanaipura Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis induktif yaitu analisis yang berawal dari data dan bermuara pada simpulan-simpulan umum. Temuan data penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menanamkan nilai karakter kemandirian melalui penciptaan iklim kelas yang kondusif guru menggunakan cara-cara sebagai berikut: 1) penugasan kepada siswa lebih banyak diarahkan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan secara individu maupun kelompok, 2) membuat kontrak belajar dan aturan kelas, dan 3) mengembangkan kemandirian siswa melalui pengembangan kreativitas di kelas.
Professional Development in Education: A Theorical Discussion of Three Themes Khairatul Ulya
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.823 KB)

Abstract

Pengembangan profesional dalam pendidikan memainkan peran penting untuk pertumbuhan pribadi, kinerja pekerjaan, efektivitas organisasi dan keberhasilan semua siswa. Secara umum, pengembangan profesional telah disajikan melalui lima tema. Namun dalam kasus ini, makalah ini memilih tiga dari lima tema yang menjelaskan komitmen pribadi, kolaborasi dan refleksi pada praktik, serta konteks dan budaya dalam pengembangan profesional. Professional development in education plays an important role for personal growth, job performance, organisational effectiveness and success of all students. Generally, professional development has been presented through five themes. But in this case, this paper chooses three of five themes that explain personal commitment, collaboration and reflection on practice, and context and culture in the professional development.
Pendidikan Sekolah Dasar dan Peningkatan SDM Yang Berkualitas Zikra Hayati
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.361 KB)

Abstract

Ada keprihatinan yang perlu ditanggapi dan direspons secara serius di negeri kita berkenaan dengan pendidikan. Untuk saat ini, tampaknya pemerintah kita belum menganggap pendidikan merupakan salah satu faktor pokok penyebab terpuruknya bangsa ini. Terbukti bahwa tudingan-tudingan sebagian besar pengamat, apalagi para politisi hanya mengarah pada aspek ekonomi, politik saja. Pendidikan apalagi tingkat SD seolah bukan bagian pokok penyebab nyaris ambruknya negeri ini. Ironisnya lagi realita ini menunjukkan kapasitas dan wawasan bangsa ini masih belum bisa berpikir jauh kedepan. Artinya kapasitas dan wawasan kita hanya berkutat pada kondisi kekinian saja, tidak berpikir jangka panjang. Karena itu diperlukan keberanian untuk menetapkan prioritas di bidang pendidikan sehingga sektor-sektor yang lain mengalami pengurangan/ penghematan.
Pergulatan Ideologi Islamisasi Dalam Ideologi Nasional (Studi Sekolah Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Kota Jambi) Najmul Hayat
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.614 KB)

Abstract

Tulisan ini terlahir dari “keterpesonaan” penulis untuk melihat sejauhmana kontestasi pergulatan atau dominasi muatan ideologi Islamisasi dalam ideologi Nasional di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Ilmi Jambi, serta implikasinya terhadap siswa dan orang tua dalam konteks kehidupan pribadi, keluarga masyarakat, dan bernegara. Metodologi penelitian yang penulis gunakan adalah tinjauan pustaka, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menyimpulkan bahwa muatan Ideologi Islamisasi tergambar ke dalam 5 aspek yaitu : a) Aspek Visi, Misi, dan Tujuan, b) Karakteristik, c) Program, d) Program Pengembangan, dan e) Aspek Kegiatan Belajar di SIT Nurul Ilmi Kota Jambi.Ke lima muatan ini berimplikasi dalam bentuk meningkatnya kualitas dan kuantitas ke-Islamandan ke-Indonesiaan siswa dan orang tua secara terpadu dalam bingkai NKRI. Pergulatan ideologi hanya berada pada upaya membangun warga sekolah yang “Islami”, bukan mengarah ke “formalisme” Islam pada arus politik, pemerintahan, dan kekuasaan. Eksistensi SIT Nurul Ilmi Kota Jambi, tetap berada pada wilayah posisi gerakan Islam Inklusif-Strategis, bukan pada gerakan IslamSimbolik-Eksklusif.
DOUM: Sebuah Model Pembelajaran Psikologi Aris Dwi Nugroho
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 2 No. 1 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.348 KB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena pembelajaran di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Mahasiswa terlihat pasif, tidak ada gairah untuk memaksimalkan proses berpikirnya dalam forum diskusi dan hampir seluruh tugas yang diberikan hanya untuk memenuhi formalitas belaka, tanpa dapat memahami dan mengambil esensi dari tugas yang diberikan kepadanya. Melalui tulisan ini akan dilakukan sebuah penelitian dan pengembangan model pembelajaran DOUM (Dari, Oleh dan Untuk Mahasiswa) pada mata kuliah psikologi belajar, yang penekanannya pada aktivitas belajar mahasiswa dan proses pengembangan diri dan penerapan hasil dari belajar secara teoritis dengan realitas kehidupan mereka. Melalui model pembelajaran DOUM aspek yang akan dikembangkan adalah aktivitas belajar mahasiswa, yang meliputi keterampilan berpikir kompleks, memproses informasi, berkomunikasi efektif, bekerja sama, berkolaborasi, dan berdaya nalar yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model pembelajaran, dengan menggunakan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Dari hasil implementasi model pembelajaran DOUM sebanyak dua siklus, dapat disimpulkan bahwa terjdi peningkatan sebesar 48,07%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran DOUM tergolong efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 9