cover
Contact Name
Kiki Fatmawati
Contact Email
kikifatmawati86@uinjambi.ac.id
Phone
+6282281174070
Journal Mail Official
pej.pgmi.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian Km.16, Muara Jambi-Jambi Telp/Faks. (0741)583183 / 082177191704
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
(PEJ) Primary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 25982206     DOI : https://doi.org/10.30631/pej
Core Subject : Education, Social,
Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education Jurnal (PEJ): Jurnal Program Studi PGMI berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2023): 2023.1" : 5 Documents clear
GAME EDUKATIF MATEMATIKA: EFEKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II Galih Dyah Galih Rizki Wulandari; Sumarni Sumarni; Ponirah Ponirah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 7 No. 1 (2023): 2023.1
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v7i1.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan game edukatif matematik terhadap prestasi belajar siswa khususnya dalam materi perkalian. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen yang dilaksanakan pada SD Negeri 2 Sokomoyo tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Sokomoyo, yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai statistic dari Uji T yakni 6,501 lebih besar dibandingkan nilai T table (6,501 > 1,761) dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat diasumsikan bahwa game edukatif matematik efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perkalian Abstract This study aims to determine the effectiveness of the use of mathematical educational games on student achievement, especially in multiplication material. This study used the Quasi Experiment method and was carried out at SD Negeri 2 Sokomoyo for the 2020/2021 academic year. The population of this research was the second-grade students of SD Negeri 2 Sokomoyo, which consists of 28 students. Data collection techniques was conducted by using pretest and posttest. The results showed that the statistical value of the T test, 6.501, was greater than the value of the T table (6.501 > 1.761) with a significance level of 0.05. Thus, it can be assumed that mathematical educational games are effective in improving student achievement in multiplication material.
PENERAPAN PENERAPAN MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN RASA KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VI MI RAYYA KOTA JAMBI: MEDIA POSTER, TEMATIK, KEPEDULIAN LINGKUNGAN Lily Nur Indah Sari Annisa
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 7 No. 1 (2023): 2023.1
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v7i1.104

Abstract

Kepedulian terhadap lingkungan di SD/MI haruslah dimaknai secara terintegrasi dalam pembelajaran tematik. Sikap Peserta didik terhadap kepedulian lingkungan dan tanggung jawab dapat dibiasakan dalam kegiatan pembelajaran. Namun, kenyataannya masih kurang kesadaran siswa kelas VI untuk peduli terhadap lingkungan terutama di sekolah. Hal ini disebabkan kurangnya guru memberikan peringatan atau himbauan berupa media kepada siswa bahwa betapa pentingnya menjaga lingkungan. Media poster merupakan solusi yang menjadi gambaran yang berguna sebagai himbauan, peringatan, pemberitahuan untuk peserta didik agar pedulli terhadap lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Jhon Elliot. Tujuan dalam penelitian ini agar terjadi peningkatan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan. Hasil penelian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan melalui media poster pada pembelajaran tematik di peroleh persentase kepedulian siswa terhadap lingkungan pra siklus dengan persentase 7,14%, siklus I 67,86% dan siklus II 92,86%. Serta terjadinya peningkatan aktivitas guru dan siswa siklus I 65% dan siklus II 92% dan juga peningkatan Pre Test 25%, Post Test siklus I 71,42% dan siklus II 92,86%.
VALIDITAS, PRAKTIKALITAS, DAN EFEKTIVITAS MODUL AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL Kiki Fatmawati; M. Syahran Jailani; Jum’atun Hasanah; Rinja Efendi
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 7 No. 1 (2023): 2023.1
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v7i1.107

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual dan untuk mengetahui penilaian kelayakan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual. Model pengembangan yang digunakan diadaptasikan dari model pengembangan Plomp dengan lima fase yakni fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes evaluasi, dan revisi, serta fase implementasi. Kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditetapkan oleh peneliti. Validasi bahan ajar berupa modul memperoleh hasil analisis validitas oleh ahli materi didapat dengan rerata 4,40. ahli desain dengan rerata 4,75, dan ahli bahasa dengan rerata 4,90. Dengan rentang skor 4,20 ≤ N ≤ 5,00 yaitu pada kriteria “Sangat Valid”. Berdasarkan respon guru dan siswa terhadap modul yang dikembangkan terdapat penilaian pratikalitas oleh guru dengan rerata 4,71 pada rentang skor 4,20 ≤ N ≤ 5,00 yaitu “Sangat Praktis”. Dan hasil respon siswa terhadap pratikalitas dengan rerata 4,49 pada rentang skor 4,20 ≤ N ≤ 5,00 yaitu “Sangat Praktis.” Kemudian keefektifan dari modul dilihat dari hasil tes siswa dengan nilai rata-rata siswa 76,25 dan 77,70 dengan presentase ketuntasan 87,5% dan 91,67% dengan kategori “Sangat Baik” dan Efetkif.” Dengan demikian, hasil pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual dikatakan valid, praktis dan efektif.
Media Pembelajaran RAKTEPEL (Rak Telur Pelangi) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Mahluddin; Kiki Fatmawati; Irwan Kurniawan
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 7 No. 1 (2023): 2023.1
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v7i1.108

Abstract

Salah satu tujuan seorang guru dalam mengajar ialah agar siswa paham materi yang di ajarkan. Namun, kenyataannya pemahaman siswa pada pembelajaran matematika di kelas III tergolong rendah. Hal ini disebabkan guru kurang kreatif dalam proses menagajar di dalam kelas sehingga siswa kurang dalam memahami materi yang di ajarkan dan tidak adanya media pembelajaran menarik agar membantu siswa dalam memahami materi yang di pelajari. Media RAKTEPEL ( Rak Telur Pelangi ) merupakan solusi untuk menjadi perantara siswa dalam meningkatkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model John Elliot. Tujuan dari penelitian ini adalah agar terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran matematika melalui penerapan media RAKTEPEL, diperoleh persentase ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa pra siklus dengan persentase 29,03%, Siklus I 70,97% dan siklus II 93,55%.
PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN BAGI SISWA KELAS IV MIN 4 KOTA PADANG Idriyeni
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 7 No. 1 (2023): 2023.1
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v7i1.109

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas IV yang mengalami kendala dalam memahami pembelajaran bahasa indonesia, hal ini berarti bahwa pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan membina kemampuan menggunakan bahasa Indonesia dalam menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan pandekatan lingkungan bagi siswa kelas IV MIN 4 Kota Padang. Penenlitian ini menggunakan deskriptif. Populasi dalam penenlitian ini berjumlah 26 orang. Sedangkan responden dalam penelitian ini berjumlah 22 orang yang diambil dari keseluruhan jumlah populasi. teknik analisis data dianalisis dengan model alir. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran menulis karangan pada tahap penulisan dilakukan dengan menugasi siswa mengembangkan kerangka karangan. Karangan dikembangkan dengan kata dan kalimat yang tepat dan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, tanda titik, dan tanda koma. Selanjutnya siswa menulis karangan menjadi deskripsi. Pembelajaran menulis karangan deskripsi pada tahap pascapenulisan dilakukan dengan menugasi siswa merevisi dengan memperhatikan EYD yang tepat. Kegiatan merevisi dilakukan dengan teman sebangku. Sebelum kegiatan merevisi dilakukan guru terlebih dahulu menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengoreksian. Pada saat merevisi guru juga melakukan bimbingan individu dengan mendatangi tempat duduk siswa. Setelah merevisi dilakukan selanjutnya siswa ditugaskan untuk memperbaiki kembali karangan yang telah selesai direvisi. Selanjutnya guru menugasi siswa untuk membacakan karangan ke depan kelas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5