cover
Contact Name
Asrul Saputra
Contact Email
asrulsaputra.as7@gmail.com
Phone
+6282312952338
Journal Mail Official
tekniksipil@um-sorong.ac.id
Editorial Address
Jln. Pendidikan No. 27 Kelurahan Klabulu, Distrik Malaimsimsa, Kota Sorong
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Rancang Bangun
ISSN : 24768928     EISSN : 26144344     DOI : http://doi.org/10.33506/rb
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun (p-ISSN: 2476-8928, e-ISSN:2614-4344) is a peer-reviewed scientific journal published by LPPM Muhammadiyah University of Sorong which is managed by the Civil Engineering Journal Management Team, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Sorong. This journal is published twice a year, in April and October. The focus and scope of this journal are: Structural Engineering, Geotechnical Engineering, Transportation Engineering, Ocean Engineering, Earthquake Engineering, Water Resources Engineering, Construction Management and Building Materials and Structures
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 147 Documents
ANALISA TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS DI JALAN BASUKI RAHMAT KOTA SORONG Pristianto, Hendrik; Hidayati, Suci Nurul
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Rancang Bangun
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/rb.v3i1.6

Abstract

Perkembangan perekonomian di Indonesia , diiringi dengan berkembangnya jaringan transportasi yang pesat mengakibatkan jumlah atau volume lalu lintas terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini menimbulkan dampak pada lingkungan sekitar lintasan kendaraan. Salah satu dampaknya adalah polusi suara berupa kebisingan yang ditimbulkan oleh lalu lintas. Kebisingan didefinisikan sebagai suara yang tidak dikehendaki manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan yang terjadi pada Jalan Basuki Rahmat kemudian di bandingkan dengan Standar baku mutu tingkat kebisingan Menurut KepMen N0.48/MENLH/11/1996. Metode yang digunakan adalah survei langsung menggunakan alat Sound Level Meter. Dimana pengambilan data dilakukan selama 10 menit dan  pembacaan selama 5 detik sehingga di didapatkan 120 data nilai kebisingaan dalam satu kali pengamatan untuk rentang waktu satu jam. Penelitian ini juga mengambil data volume lalu lintas  dan data kecepatan kendaraan karena jumlah kendaraan dan kecepatan kendaraan juga menjadi faktor utama yang mempengaruhi dan erat kaitannya dengan kebisingan lalu lintas.. Selanjutnya data survei di analisis untuk didapatkan nilai Leq dimana nilai Leq adalah nilai tingkat kebisingan kendaraan. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan tingkat kebisingan berkisar antara 62,04 dBA – 66,67 dBA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebisingan pada ruas Jalan Basuki Rahmat telah melampaui baku tingkat kebisingan yang ditetapkan untuk kawasan pemukiman dan perumahan , tempat ibadah, rumah sakit dan sarana pendidikan yaitu sebesar 58 dBA ( 55 dBA + toleransi 3 dBA ). Penanganan kasus kebisingan dapat dilakukan sesuai pedoman mitigasi dampak kebisingan akibat lalu lintas jalan sehingga dapat dilakukan tindakan penanganan sesuai tingkat efektifitas yang dibutuhkan.
FORMULASI PROPORSI STYROFOAM TERHADAP PASIR MERAPI DAN PENGARUHNYA PADA KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR BATAKO RINGAN Saputro, Imam Trianggoro
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Rancang Bangun
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1079.812 KB) | DOI: 10.33506/rb.v3i1.8

Abstract

Pada saat ini, dunia konstruksi mengalami perkembangan yang pesat. Inovasi terhadap bata sebagai bahan bangunan banyak dilakukan. Hal ini karena bata konfensional cukup berat dengan berat volume lebih besar dari 1850 kg/m3. Batako ringan dihasilkan dengan mencampurkan material ringan ke dalam batako yaitu styrofoam. Styrofoam merupakan material ringan yang banyak dihasilkan dari barang buangan sehingga mudah diperoleh. Penelitian ini mencoba membuat batako ringan dengan mencampurkan bahan ringan styrofoam ke dalam batako. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui formulasi proporsi,berat volume, kuat tekan, dan kuat lentur dari batako styrofoam. Batako dibuat dari campuran semen, pasir, dan styrofoam. Proses pembuatan batako dilakukan dengan menggantikan volume agregat terhadap styrofoam sebesar 15%, 30%, 45%, dan 60%. Benda uji kuat tekan berupa silinder sedangkan benda uji kuat lentur berupa balok. Klasifikasi kuat tekan dilakukan menurut SNI 03-0349-1989. Hasil pengujian sampel silinder tanpa Styrofoam dan sampel silinder dengan penggantian volume styrofoam sebesar 15%, 30%, 45%, dan 60% menghasilkan berat volume yaitu 2052,92 kg/m3, 1866,58 kg/m3, 1639,01 kg/m3, 1396,26 kg/m3, dan 1044,68 kg/m3. Kuat tekan rata-rata setiap variasi silinder sebesar 8,703 MPa, 7,160 MPa, 6,012 MPa, 4,881 MPa, dan 2,876 MPa. Kuat Lentur rata-rata setiap variasi balok sebesar 1,810 MPa, 1,552 MPa, 1,495 MPa, 1,301 MPa, dan 0,883 MPa. Sesuai dengan hasil pengujian, batako dengan rasio styrofoam 30% dan 45% mempunyai kekuatan yang memenuhi klasifikasi III (SNI 03-0349-1989). Dengan memilih yang ringan dari 2 variasi batako, variasi styrofoam 45% yang paling sesuai untuk direkomendasikan.
STUDI KELAYAKAN KAPASITAS TAMPUNG DRAINASE JALAN FRANS KAISEPO KELURAHAN MALAINGKEDI KOTA SORONG Fauzan, Ahmad; Pristianto, Hendrik
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Rancang Bangun
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (917.249 KB) | DOI: 10.33506/rb.v3i1.9

Abstract

Kondisi dari keadaan di kawasan Jalan Frans Kaisepo Kelurahan Malaingkedi Kota Sorong. Hampir setiap tahun pada musim penghujan air meluap dari saluran drainase, sehingga terjadi genangan/banjir yang mengganggu aktivitas masyarakat. Berdasarkan identifikasi, genangan yang terjadi disebabkan oleh karena banyaknya sedimentasi sampah dan material bangunan di dalam saluran tersebut, sehingga air di dalam saluran drainase tidak mengalir dan kapasitas saluran drainase yang tidak mampu menampung akumulasi air hujan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kapasitas tampung drainase dan untuk mengetahui penyebab banjir, serta mencari solusinya. Setelah curah hujan maksimum didapat, maka dilanjutkan dengan perhitungan intensitas curah hujan. Selanjutnya perhitungan standar deviasi untuk mendapatkan perhitungan kala ulang dengan menggunakan metode log person type III. Dari perhitungan periode ulang tersebut, baru dilakukan perhitungan debit saluran yang ada.  Dari analisa yang telah dilakukan, kapasitas saluran tanpa adanya sedimentasi kondisi optimalnya didapat saluran ruas kanan mampu menampung 92.81%, saluran ruas kiri mampu menampung 73.31% intensitas hujan 2 tahun. Saluran ruas Kanan mampu menampung 72.02% dan ruas kiri mampu menampung 56.91% akibat intensitas hujan periode ulang 5 tahun. Saluran kanan mampu menampung 63.10% sedangkan kiri mampu menampung 49.08% akibat intensitas hujan periode ulang 10 tahun. debit banjir periode ulang untuk ruas jalan Frans Kaisepo di dapat: Ruas kanan : Q2 = 2.82 m3/dtk, Q2 = 3.64 m3/dtk, dan Q10 = 4.15 m3/dtk . Ruas kiri  : Q2 = 4.33 m3/dtk, Q5 = 5.58 m3/dtk, dan Q10 = 6.37 m3/dtk. Jadi Untuk mengatasi genangan yang ada pada ruas jalan tersebut perlu dilakukan pengerukkan/pembersihan sedimentasi terhadap saluran drainase yang ada sehingga bisa menampung Q2th, Q5th dan Q10th terhadap drainase ruas kanan, ruas kiri hanya bisa menampung Q2th. Sehingga drainase ruas kiri harus desain penampang baru agar bisa menampung Q5th dan Q10th.
PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG THE PLAZA SORONG Setya, Didie; Hatta, Talabudin M.
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Rancang Bangun
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.472 KB) | DOI: 10.33506/rb.v3i1.10

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang terletak diatas lempengan tektonik, sehingga menjadi rawan gempa, utamanya pada daerah sorong, sehingga untuk mengurangi resiko bencana yang ditimbulkan oleh gempa diperlukan konstruksi yang tahan terhadap gempa. Gedung The Plaza Sorong adalah gedung tertinggi di Papua maupun Papua Barat yang telah dibangun di Kota Sorong. Gedung ini berlokasi di jalan Jendral Ahmad Yani samping kanan Hasrat Abadi Kota Sorong. Desain struktur yang difungsikan sebagai plaza yang menyediakan tempat belanja, rumah sakit dan hotel dalam satu gedung sehingga diharapkan akan mampu melayani kebutuhan domestic, pelayanan kesehatan dan hunian masyarakat  di Kota Sorong maupun diluar Sorong. Dalam tugas akhir ini struktur gedung The Plaza Sorong didesain berdasarkan SRPMK atau Struktur Rangka Pemikul Momen Khusus. Pedoman utama dalam perencanaan ini dipakai SNI beton 03-2847-2002 dan SNI Gempa terbaru 03-1726-2012. Adapun pemodelan yang dibuat dilakukan dengan menggunakan bantuan software Structural Analisis Program (SAP) versi 14 dan Auto Cad. Untuk menganalisis beban gempa pada struktur dilakukan dengan menggunakan metode analisis dinamis. Beberapa item pekerjaan yang diperhitungkan meliputi elemen – elemen utama struktur diantaranya: balok, kolom dan pelat lantai. Dari hasil analisis dan perhitungan menunjukan bahwa struktur gedung The Plaza Sorong aman dan mampu dipertanggung jawabkan secara analitis maupun secara teoritis. Perencanaan ini di analisis dengan menggunakan metode dinamis. Hasil dari analisis ini berupa beban Aksial, Momen dan Geser. 
TINJAUAN PERENCANAAN STRUKTUR ATAS BANGUNAN GEDUNG VEGA HOTEL Rusdi, Achmad; Kilian, Abdul Haji; Satya, Diedie
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Rancang Bangun
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1440.286 KB) | DOI: 10.33506/rb.v3i1.35

Abstract

Ada berbagai penyebab yang bisa menjadi faktor tidak efektifnya perencanaan ( analisa struktur ) pada suatu struktur bangunan gedung, sering terjadi kekeliriuan yang tidak diketahui sebelumnya. Untuk itu kiranya perlu dilakukan tinjauan ulang untuk mengetahui kekuatan struktur gedung terhadap beban beban yang bekerja. Dari latar belakang t ersebut diatas dapat dirumuskan permasalahan yang timbul yaitu : apakah penampang kolom dan balok, serta tulangan yang digunakan telah aman terhadap beban beban yang bekerja? Tujuan penelitian ini adalah : tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan struktur yaitu kolom dan balok, terhadap beban beban yang bekerja. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi owner, konsultan, dan kontraktor dan mahasiswa teknik sipil yang ada di kota sorong dan pihak-pihak terkait langsung sehingga kendala-kendala yang dapat terjadi pada analisa struktur gedung di kota sorong dapat diantisipasi.
Evaluasi Tata Ruang Wilayah Distrik Mayamuk Dengan Menggunakan Aplikasi Arcgis Winarto, Rahman; Pristianto, Hendrik; Ibrahim, Ibrahim
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun Vol 4, No 1 (2018): Maret
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1433.227 KB) | DOI: 10.33506/rb.v4i1.191

Abstract

Kegiatan evaluasi tata ruang wilayah Distrik Mayamuk pada prinsipnya untuk menilai keselarasan antara tujuan, strategi, dan kebijakan yang termuat dalam dokumen rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Sorong. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Mengetahui perbandingan luas menurut RTRW dengan hasil analisis, 2). Mengetahui kesesuaian rencana tata ruang pada dokumen rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Sorong Distrik Mayamuk dengan yang terlaksana di Distrik Mayamuk, 3). Menghasilkan produk peta pola ruang tiap kelurahan dan peta tata ruang serta peta administrasi Distrik Mayamuk tahun 2017. Metode penelitian adalah pengambilan data citra foto udara dengan drone atau pesawat tanpa awak, data yang dikumpulkan adalah data primer dari citra foto udara dan data sekunder dari dokumen RTRW dan BPS Kab Sorong. Kesimpulan yang dihasilkan adalah 1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan luas Distrik Mayamuk adalah selisih 83,76 Ha. 2). Hasil analisis pola ruang Distrik Mayamuk kawasan lindung cagar alam sebesar 1,92 %, kawasan budi daya hutan produksi (HPK) sebesar 92,16%, permukiman sebesar 1,42%, pertanian lahan kering (PLK) sebesar 4,29%, kawasan industri dan pelabuhan terpadu sebesar 0,16% dan lahan kosong sebesar 0,02%, 3)Hasil peta pola ruang Kelurahan Makotyamsa, Makbalim, Yeflio, Makbusun, Arar, Klain, Klasmelek, Wen dan peta tata ruang serta peta administrasi Distrik Mayamuk.
Studi Analisis Stabilitas Dinding Penahan Tanah Semi Gravitasi Pada Ruas Jalan Sorong-Aimas Km 18 Kota Sorong Indriyanto, Arief; Rokhman, Rokhman
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun Vol 4, No 1 (2018): Maret
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.276 KB) | DOI: 10.33506/rb.v4i1.189

Abstract

Infrastruktur sebagai sarana transportasi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, khususnya yang menggunakan angkutan darat. Apabila diperhatikan, ada ratusan angkutan darat yang melintas setiap harinya dan hal ini, tidak dapat dilepaskan dari peran insfrastruktur jalan sebagai salah satu bagi angkutan darat tersebut melakukan aktifitasnya. Perlindungan infrastruktur dari bahaya longsoran merupakan hal penting agar prasarana tersebut dapat digunakan,Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kelongsoran adalah dengan membangun dinding penahan tanah. Studi ini bertujuan untuk menganalisis stabilitas dinding penahan tanah semi gravitasi pada ruas jalan km 18 Sorong-Aimas terhadap gaya guling, geser, dan daya dukung tanahnya. Perhitungan tekanan tanah dihitung dengan menggunakan Teori Coulomb serta perhitungan stabilitas terhadap keruntuhan kapasitas daya dukung tanah dihitung berdasarkan persamaan Vesic. Data-data yang diperlukan untuk analisa perhitungan di dapat dari hasil pengujian tanah di laboratorium Mekanika Tanah Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong. Hasil perhitungan stabilitas dinding penahan tanah terhadap penggulingan (fgl) = 2,912, terhadap penggeseran (fgs) = 2,598, dan terhadap daya dukung tanah (fdt) = 3,011.
Uji Eksperimental Variasi Kadar Semen Terhadap Nilai CBR Tanah Lempung Yang Distabilisasi Dengan Semen Iqbal, Iqbal; Rokhman, Rokhman
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun Vol 4, No 1 (2018): Maret
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.759 KB) | DOI: 10.33506/rb.v4i1.190

Abstract

Karakteristik tanah di wilayah kabupaten sorong terdiri dari tekstur halus, sedang dan kasar serta terdapat tanah gambut. Bagian terbesar atau mayoritas tekstur tanah di kabupaten sorong adalah tekstur halus. Jenis tanah ini daya dukungnya rendah apabila dijadikan untuk tanah dasar (subgrade). Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu usaha yang dilakukan untuk peningkatan daya dukung tanah tersebut adalah dengan melalui perbaikan tanah dengan metode stabilisasi menggunakan bahan adiktif salah satunya adalah semen. Jenis tanah diambil di daerah kampung wen distrik mayamuk kabupaten sorong. Contoh tanah ini akan dicampur dengan semen untuk kemudian diketahui karakteristik daya dukungnya berdasarkan uji CBR. Pada penelitian ini, penambahan semen akan dilakukan pada kadar 5%, 10%, 15%, dan 20% dari total berat kering tanah. Sebelum melakukan pengujian CBR terlebih dahulu sampel tanah yang telah dipadatkan diperam selama 7 hari pada kondisi kadar air optimum. Dari hasil pengujian CBR menunjukkan bahwa seiring penambahan semen telah meningkatkan daya dukung tanah secara signifikan, Nilai CBR semakin naik seiring penambahan semen, dimana nilai CBR tanah asli sebesar 20,45% terjadi peningkatan nilai CBR pada campuran 20% semen dengan waktu pemeraman 7 hari dengan nilai CBR sebesar 111,93%
Kajian Kuat Tekan Beton Menggunakan Pasir Quary Malanu Kampung Dengan Campuran Serat Aluminium Dan Logam Mandela, Wennie; Rusdi, Achmad; Silalahi, Wish Man
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun Vol 4, No 1 (2018): Maret
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.186 KB) | DOI: 10.33506/rb.v4i1.186

Abstract

Beton merupakan suatu campuran homogeny yang terdiri dari agregat halus (pasir/abu batu) danb agregat kasar (kerikil/ batu pecah) dan bahan pengikat pasta yaitu semen+air, dengan perbandingan tertentu, dan dapat pula ditambahkan pula dengan campuran lainnya apabila dianggap perlu. Beton diminati karena mempunyai sifat-sifat fisik dan karakter tertentu, dapat bervariasi sesuai dengan perubahan proporsi komponen material penyusunnya. Inovasi teknologi beton selalau dituntut guna menjawab tantangan tantangan akan kebutuhan, beton yanag dihasilkan diharapkan mempunyai kualitas tinggi meliputi kekuatan dan daya tahan tanpa mengabaikan nilai ekonomis, penambahan serat pada campuran beton meperlihatkan beberapa keuntungan potesial.Dalam penelitian ini serat yang digunakan adalah serat aluminium dan logam dan agregat dari PT. PII Kota Sorong dan Quary Malanu Kampung Jln F Kalasuat Kota Sorong Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental dengan cara membuat benda uji di Laboratorium Universitas Muhammadiyah Kota Sorong. Hasil yang diperoleh, hasil yang diperoleh, penambahan serat aluminium dan logam pada campuran beton normal mengalami penurunan kekutan beton dibandingkan serat aluminium dan logam. Semakin besar kadar penambahan serat aluminium dan logam yang di berikan maka kekuatan beton tersebut akan semakin menurun. Kuat tekan rata-rata hari ke 28 untuk beton normal 33.781 Mpa, pada serat aluminium dan logam 2% mengalami penurunan kuat tekan sebesar 60.895% dan serat aluminum dan logam 4% mengalami penurunan 60.339%.
Efektifitas Kinerja Bangunan Pengaman Pantai di Desa Munte Kabupaten Luwu Utara Samaila, Muh Akhsan; Hidayatun, Siti Marohatus
Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun Vol 4, No 1 (2018): Maret
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.798 KB) | DOI: 10.33506/rb.v4i1.187

Abstract

Garis Pantai Munte yang berhadapan dengan Teluk Bone, lebih banyak menghadapi masalah abrasi pantai yang menyebabkan permukiman dan fasilitas umum seperti sekolah, masjid terancam oleh hempasan gelombang. Dalam menangani permasalahan tersebut dilakukan pendekatan hard approach dengan pembangunan struktur bangunan pantai. Kinerja bangunan pantai diukur dengan efektifitas fungsionalnya untuk mereduksi energi gelombang. Untuk mencapai kriteria efektif maka dilakukan identifikasi masalah serta konsep kajian dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Kondisi bangunan eksisting pada Pantai Munte berupa groin dan detached breakwater. Dari hasil analisis deformasi gelombang menggunakan pemodelan terhadap bangunan eksisting, tinggi gelombang yang sampai dibibir pantai rata rata sebesar 0.86 m sedangkan kombinasi groin dan detached breakwater mereduksi tinggi gelombang yang sampai ke pantai hingga 0.26 m. Hasil tersebut menunjukkan efektifitas bangunan pengaman pantai sebesar 30.23%. Hasil perhitungan deformasi gelombang menggunakan pemodelan numerik menunjukkan hasil yang mendekati dengan perhitungan secara analitik sehingga pemodelan dapat digunakan untuk memperoleh salah satu parameter efektifitas yaitu reduksi tinggi gelombang.

Page 1 of 15 | Total Record : 147