cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bengkalis,
Riau
INDONESIA
INOVTEK POLBENG
ISSN : 20886225     EISSN : 25802798     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Inovasi dan Teknologi Politeknik Negeri Bengkalis merupakan jurnal berbasis penelitian ilmiah. Artikel ilmiah dapat berupa hasil penelitian, artikel penelitian asli, review dan kajian ilmiah
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019" : 24 Documents clear
KAJIAN PENENTUAN TITIK BERAT VERTIKAL PADA STUDI KELAYAKAN DESAIN KAPAL BARGE PENAMBANG TIMAH TERHADAP STABILITAS KAPAL Ahmad Syafiul
INOVTEK POLBENG Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1358.068 KB) | DOI: 10.35314/ip.v9i1.994

Abstract

Salah satu ladang bijih timah terbesar di dunia terdapat di Kepulauan Bangka Belitung-Indonesia. PT Timah (Persero) Tbk dipercaya mengelola penambangan bijih timah di Indonesia termasuk yang berada di laut sehingga untuk memaksimalkan produksi maka perlu dilakukan membangunan kapal milik sendiri dengan teknologi yang lebih canggih yang mampu menambang hingga kedalaman 60 m. Kapal Barge Penambang Timah (BPT) adalah kapal khusus yang digunakan untuk menambang timah yang terdapat di dasar laut dan di bawah dasar laut. Kapal Barge Penambang Timah memiliki displacement (Δ) = 3025 ton, panjang (LoA) = 68 m, Lebar (B)= 17 m, Tnggi (H) = 5 m, Sarat (T) = 3 m, dan mengacu pada conceptual design Kapal Bore Hole Mining (BHM) yang telah dikaji pada penelitian sebelumnya, kemudian dilakukan beberapa perbaikan dan optimalisasi desain untuk mendapatkan kajian stabilitas yang memenuhi aturan regulasi yang telah ditetapkan oleh IMO. Konfigurasi simulasi stabilitas Kapal Barge Penambang Timah menggunakan  loadcase variasi ketinggian titik berat vertikal (VCG) yang diukur dari dasar kapal (baseline) yakni: 3 m, 3.25 m, 3.5 m, 3.75 m, 3.8 m, 3.9 m, dan 4 m. Dalam simulasi dianggap bahwa kapal dalam keadaan evenkeel dan full load. Konfigurasi pada variasi VCG dilakukan karena adanya beban tiang bor dan tiang hisap beserta konstruksi penyangganya dengan ketinggian mencapai 60 meter yang dapat mempengaruhi ketinggian VCG Kapal secara keseluruhan yang berdampak pada stabilitas kapal. Dari hasil kajian dapat disimpulkan bahwa VCG maksimum Kapal Barge Penambang Timah adalah 3.75 m dengan margin faktor keamanan 1.82% untuk clausul IMO A.749(18) Ch.3. 3.123, dan rekomendasi yang diberikan untuk nilai VCG maksimum adalah 3.5 m dengan margin faktor keamanan 3.64% untuk clausul IMO A.749(18) Ch.3. 3.123. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah perlunya kajian AMDAL terhadap pembangunan Kapal Barge Penambang Timah.
KAJIAN LOADING-UNLOADING CRUDE OIL DARI PLATFORM KE FSO ABERKHA Zulfaidah Ariany
INOVTEK POLBENG Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1676.199 KB) | DOI: 10.35314/ip.v9i1.896

Abstract

FSO (Floating Storage & Offloading), is a floating / ship building that is used as a place to store crude oil. This crude oil is usually from FPS or FPU which is transferred to the FSO through a submerged turret loading (STL) system, then exported/offloaded to the tanker shelter through flexible hoses on the back of the FSO. The existence of FSO greatly benefits the oil industry, since it can be placed as close to the drilling area which is generally offshore. The method of loading ships that arrive can be done in various ways, including STS (ship to ship), Tandem (stern mooring), and SPM (single point mooring). A ship used to store oil is only referred to as a floating storage and offloading vessel (FSO). The results of the analysis show that the efficiency of pump usage has an effect on the fluid flow rate, it’s evident from the use of pumps to move crude oil in a pipeline resulting in an image with the highest stress value reaching 89 Pa at an efficiency value of 98%. criteria for safety factors that are allowed.
Pemodelan Non-uniform Coded-Modulation pada Kanal Akustik Bawah Air di Lingkungan Perairan Dangkal Sholihah Ayu Wulandari; Tri Budi Santoso; I Gede Puja Astawa; Muhamad Milchan
INOVTEK POLBENG Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.219 KB) | DOI: 10.35314/ip.v9i1.890

Abstract

In this paper, presented an OFDM performance evaluation with the Non-uniform Coded-Modulation in the underwater acoustic channel in shallow water. A row of binary information is encoded by BCH code (7.4) for error correction and combined with Non-uniform modulation which is the result of modification of the subcarrier arrangement of the OFDM standard IEEE 802.11a. Modeling uses 52 subcarriers consisting of 4 pilots and 48 subcarrier data which are divided into three parts, i.e.: 24 subcarrier data with 16-Quadrature Amplitude Modulation (16-QAM) modulation, 12 subcarrier data with Quadrature phase-shift keying (QPSK) modulation and 12 other data subcarriers with Binary key-shift keying (BPSK) modulation. The channel type used describes the Additive White Gaussian Noise (AWGN) condition and is the result of measurement data. The analysis is done in terms of Signal-to-Noise-Ratio (SNR) and Bit Error Rate (BER) show that the value of the error rate of 0.001, modulation of BPSK, QPSK, 16-QAM, and Non-uniform modulation required the power each 5 dB, 8.5 dB, 10.3 dB, and 7.9 dB. However, the proposed system is able to suppress the required power up to 6 dB. The proposed system also shows better performance than fixed modulation and Non-uniform Modulation, which in this case with low power to achieve the same error rate. In addition, the proposed system has a coding gain of 1.9 dB compared to a non-uniform modulation system. Real testing is also done with measurement data at Mangrove estuary, Surabaya. The results show performance similar to simulations performed on Gaussian noise channels.
DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN PONDASI DANGKAL TANAH EKSPANSIF PADAT MENGGUNAKAN TIRE-SOIL Putera Agung Maha Agung, ST.,MT
INOVTEK POLBENG Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1039.383 KB) | DOI: 10.35314/ip.v9i1.985

Abstract

Analisis daya dukung dan penurunan memainkan peranan penting untuk memprediksi kemampuan tanah di dalam mendukung pondasi. Tanah ekspansif memiliki daya dukung yang rendah dan penurunan yang besar saat mengalami pembasahan yang terus-menerus (rewetting), walaupun telah mengalami proses pemadatan. Pengunaan ban bekas(tire-soil) diuji dengan menggunakan model di laboratorium untuk dapat dimanfaatkan sebagai usaha memperbesar daya dukung dan mengurangi penurunan pondasi. Studi model menggunakan model pondasi dangkal dan 2 (dua) tipe tanah pondasi. Tipe pertama menggunakan tanah ekspansif asli yang dicampur 43,5% bentonite(TEA-B);dan tipe kedua adalah TEA-B yang dicampur bahan tambah tipe 15% fly ash(TEA-B + FA). Validasi data hasil pengujian menggunakan perangkat lunakProgram Elemen Hingga konvensional (PLAXIS) untuk analisis geoteknik. Data hasil pengujian menunjukkan bahwa daya dukung pondasi dangkal pada tanah tipe TEA-B + FA lebih besar daripada tanah tipe TEA-B; penurunan yang terjadi pada tanah TEA-B + FA adalah lebih kecil daripada TEA-B.
SISTEM INFORMASI KECELAKAAN MENGGUNAKAN SMS Khairudin Syah; Muharnis Muharnis
INOVTEK POLBENG Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1172.137 KB) | DOI: 10.35314/ip.v9i1.965

Abstract

Banyaknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti cacat seumur hidup bahkan meninggal dunia. Hal yang tidak diinginkan ini terjadi salah satu penyebabnya adalah keterlambatan informasi yang diperoleh oleh pihak keluarga atau pihak-pihak tertentu sehingga terlambatnya penanganan terhadap korban kecelakaan. Pada penelitian ini penulis membuat suatu sistem yang secara otomatis dapat menginformasikan suatu kecelakaan dan posisi atau lokasi dari kecalakaan tersebut kepada orang-orang tertentu melalui sms (short message service). Informasi ini secara otomatis akan terkirim dan akan diterima secara cepat kepada penerima pada saat terjadinya kecelakaan, sehingga akan mempercepat penanganan terhadap korban kecelakaan. Selain informasi kecelakaan secara cepat juga menginformasikan posisi atau titik lokasi terjadinya kecelakaan tersebut.
PEMANFAATKAN ARUS NETRAL TRANSFORMATOR STEP UP PADA GARDU DISTRIBUSI UNTUK DAYA LISTRIK M Nur Faizi
INOVTEK POLBENG Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.607 KB) | DOI: 10.35314/ip.v9i1.855

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan transformator step up untuk memanfaatkan daya listrik pada penghantar netral gardu distribusi.  Tujuan jangka panjang adalah menghasilkan desain dan karakteristik tranformator step up dalam pemanfaatan rugi-rugi daya dari penghantar netral sistem tiga fasa sistem empat kawat. Penelitian ini juga menghasilkan prototipe lengkap telah didemonstrasikan pada simulasi jaringan distribusi. Target khusus yang ingin dicapai yaitu pemanfaatan daya pada penghantar netral yang belum digunakan secara maksimal sehingga rugi-rugi daya ini dapat menjadi sumber listrik sebagai lampu penerangan terutama untuk daerah pedesaan. Penelitian menggunakan metoda pengukuran, simulasi dengan software ETAP selanjutnya mendesain transformator step up.  Pada penelitian ini menggunakan penghantar netral (N) tranformator sebagai penghantar fasa dan penghantar pembumian (PE) sebagai penghantar netral. Tegangan yang dihasilkan dari sistem ini akan dikonversikan ke level yang standar yaitu 220 volt sehingga dapat mengoperasikan lampu penerangan.
Cover dan Daftar ISI VOL.9 NO 1 - 2019 Supianto Supianto
INOVTEK POLBENG Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.602 KB) | DOI: 10.35314/ip.v9i1.999

Abstract

EVALUASI KARAKTERISTIK PAVING BLOCK DENGAN PENAMBAHAN LIMBAH ASPAL BUTON DAN PASIR PANTAI Achmad Zultan Mansur; Daud Nawir
INOVTEK POLBENG Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.931 KB) | DOI: 10.35314/ip.v9i1.927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi karateristik fisik hasil pengujian Marshall, uji tekan dan Catanbro dari paving block yang memanfaatkan limbah liquid aspal Buton dan pasir pantai dalam menentukan proporsi campuran optimum pada paving block yang memanfaatkan limbah liquid aspal Buton. Pengujian yang dilakukan berupa: pengujian sifat fisik aggregat, sifat fisik limbah liquid aspal buton, Marshall test, kuat tekan dan uji catanbro. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai uji tekan tertinggi didapat pada umur 21 hari dengan kadar limbah 16%, pengujian catanbro menujukkan bahwa campuran dengan variasi kadar limbah 16% dan 25 % memenuhi persyaratan spesifikasi, nilai kelenturan dari paving blok  dan hasil pengujian Marshall menpunjukkan hal yang sama dan proporsi kadar limbah yang tepat dipergunakan adalah 16 % sampai 25%, hal ditunjukkan oleh nilai-nilai VIM (Voids in Mixture), VMA (Voids in Mineral Aggregat) Dan VFB (Voids in filled with Bitument) dan nilai Flow (kelenturan) serta nilai uji tekan dan cantabro yang telah dilakukan.
STUDI NUMERIK PENGARUH PERUBAHAN OBSTACLE SEGITIGA TERPASANG DI DEPAN RETURNING BLADE TERHADAP KINERJA DARRIEUS WIND TURBINE TIPE NACA 0015 Bachtiar Bachtiar; Nopem Ariwiyono
INOVTEK POLBENG Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.465 KB) | DOI: 10.35314/ip.v9i1.905

Abstract

Angin merupakan salah satu sumber renewable terbaik dengan ketersediaan yang sangat melimpah. Penelitian ini menambahkan obstacle segitiga sama sisi diletakkan di depan sisi returning blade pada turbin Darrieus. Obstacle segitiga di depan returning blade diduga akan menurunkan drag sisi sudu returning blade dengan konsekuensi akan menurunkan torsi negatif dan akibatnya akan meningkatkan torsi total dan daya turbin Darrieus. Penelitian ini menggunakan metode numerik dengan menggunakan foil NACA 0015, panjang chord 20 cm, diameter Darrieus berukuran 800 cm, kecepatan angin 3 m/s. Penelitian dilakukan dengan memvariasikan jarak obstacle y = 20 cm, 40 cm dan 60 cm. Simulasi numerik menggunakan moving mesh dengan jenis turbulence model Reliazible k-epsilon (RKE). Simulasi numerik melakukan ploting terhadap koefisien torsi (Cm) dan koefisien daya (Cp) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja terbaik pada y = 60 cm dengan maksimum koefisien daya sebesar 0,377 pada TSR 1,535 atu meningkat sekitar 7,08%.
PERFORMA PENGENDALI ARUS STATOR DENGAN MENGGUNAKAN ANFIS PADA PENGEMUDIAN MOTOR INDUKSI BERBASIS VECTOR CONTROL Muhammad Rizani Rusli
INOVTEK POLBENG Vol 9, No 1 (2019): INOVTEK VOL.9 NO 1 - 2019
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1132.51 KB) | DOI: 10.35314/ip.v9i1.987

Abstract

Vector control terdiri atas dua pengendali arus stator dq-axis. Performa pengendalian motor induksi secara keseluruhan bergantung pada salah satu atau kedua pengendali arus stator tersebut. Umumnya pengendali arus stator menggunakan pengendali PI, namun pengendali ini memiliki beberapa kelemahan utama yaitu susahnya menentukan gain dari proportional maupun integral. ANFIS yang menggabungkan fuzzy logic controller dan artificial neural network menawarkan kemampuan training, adaptif, cepat, dan handal. Pada paper ini pengendali ANFIS diterapkan untuk pengendali arus stator d-axis pada pengemudian motor induksi berdaya 10 HP dengan metode pengemudian vector control. Keseluruhan sistemnya divalidasi melalui MATLAB/Simulink. Pengendali ANFIS dibandingkan dengan pengendali PI untuk mengevaluasi performa dari motor. Evaluasi performa yang diamati yaitu performa kecepatan dinamik dan performa arus dengan skema pengujian berbeban konstan dan bervariasi. Dari kedua pengujian, pengendali arus stator d-axis PI dan ANFIS menghasilkan trend respon kecepatan dinamik yang sama, namun pengendali arus stator d-axis ANFIS mampu mereduksi konsumsi arus fasa, ripple arus stator d-axis, dan THD arus fasa.

Page 1 of 3 | Total Record : 24